Makanan Khas Myanmar, Wajib Coba Saat Berlibur!

3 min read

makanan khas myanmar

Makanan khas Myanmar memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya masuk dalam daftar kuliner yang wajib kamu cicipi ketika berlibur ke negara tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa daftar makanan Myanmar yang unik dan wajib kamu coba apabila berlibur kesana!

Makanan khas Myanmar yang Wajib Dicoba

Selain budaya dan wisatanya, kuliner juga menjadi daya tarik Myanmar. Makanan Myanmar memiliki cita rasa yang berbeda dengan makanan Indonesia.

Jika kamu berkunjung ke negeri tanah emas ini, maka wajib mencicipi hidangan khasnya. Berikut ini ada beberapa makanan khas Myanmar yang wajib kamu coba:

1. Ohn No Khao Swe

Ohn No Khao Swe

Source: Umi Organic

Makanan Myanmar pertama yang wajib kamu coba adalah Ohn No Khao Swe yang merupakan kuliner berbahan dasar mie gandum. Ciri khas utama dari makanan ini adalah siraman kuah karinya yang sangat gurih. Makanan ini juga dilengkapi dengan topping berupa daging ayam, irisan bawang, cabai, dan telur rebus. 

2. Hto-hpu Nwe

Hto-hpu Nwe

Source: Phinemo.com

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Hto-hpu Nwe ini memiliki arti yang sangat sederhana, yakni ‘tahu hangat’. Namun sebenarnya, makanan khas Myanmar satu ini tidak terbuat dari bahan dasar tahu, melainkan tepung kacang polong lembek yang menyerupai bubur berwarna kekuningan. 

Lalu, untuk penyajiannya sendiri dihidangkan dengan kaldu daging, minyak cabai, irisan daging, dan potongan sayur. Sekilas, tampilannya memang mirip dengan bubur ayam Indonesia. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. 

3. Nga Htamin

Nga Htamin

Source: iTrip

Makanan Myanmar selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Nga Htamin. Nga Htamin ini mirip dengan nasi kuning dari Indonesia, baik dari tampilan maupun rasanya. Nasi dari Nga Htamin ini memiliki warna kuning yang berasal dari kunyit dan rempah lain yang bisa menghasilkan rasa unik. 

Baca Juga:  Makanan Khas India yang Terkenal, Favorit Wisatawan!

Biasanya, Nga Htamin akan disajikan dengan ikan rebus, pasta tomat, kentang rebus, dan irisan bawang goreng. Jika kamu suka pedas, maka bisa menambahkan irisan cabai goreng. Nga Htamin ini juga merupakan salah satu menu utama yang bisa kamu santap kapan saja. 

4. Laphet Thohk

Laphet Thohk

Source: Merdeka

Mungkin beberapa orang hanya mengenal salad dengan gambaran umum saja. Padahal, di Myanmar ada salad yang cukup unik. Karena bahan yang digunakan adalah daun teh yang difermentasi. 

Makanan khas Myanmar ini disebut dengan Laphet Thohk. Laphet Thohk sendiri bisa kamu nikmati sebagai makanan pembuka maupun pendamping nasi. Bahkan, kamu juga bisa menikmati Laphet Thohk sebagai camilan. 

Proses pembuatannya memang cukup panjang. Cara memasaknya sendiri adalah dengan mencampurkan daun teh hasil fermentasi dengan kacang, tomat, kubis, bawang merah, dan bawang putih. 

5. Mohinga

Laphet Thohk

Source: Eat Travel Photo and Love

Makanan bernama Mohinga ini merupakan sup ikan yang tersaji dengan mie beras dan bumbu rempah pilihan. Mulai dari jahe, bubuk cabe, kunyit, bawang putih, dan serai. 

Hidangan ini merupakan hidangan nasional Myanmar yang biasanya disantap sebagai menu sarapan. Namun, kamu juga bisa menikmati Mohinga sebagai camilan untuk siang maupun malam hari. 

6. Mont Di

Mont Di

Source: Facebook

Berbahan dasar bihun, Mont Di merupakan makanan khas yang cukup populer bagi masyarakat Myanmar. Salah satu kunci dari cita rasa makanan ini adalah penggunaan bahan Nga Pi atau pasta ikan. 

Biasanya, pasta ikan ini memang sangat umum digunakan dalam masakan-masakan Myanmar. Agar lebih lezat, Mont Di juga bisa kamu nikmati bersama dengan Nga-shwe sebagai lauknya. 

Nga-shwe sendiri adalah semacam ikan yang lebih menyerupai belut berbalut tepung. Berkat pembuatan dan penyajiannya yang membutuhkan waktu sangat singkat, maka para wisatawan asing pun menganggap Mont Di sebagai makanan cepat saji. 

Baca Juga:  Macam Macam Tempura, Mulai dari Udang Hingga Daun Mapple!

7. Burmese Curry

Burmese Curry

Source: Sunbasket

Kuliner khas Myanmar yang perlu kamu coba selanjutnya adalah Burmese Curry. Burmese Curry atau kari Burma ini merupakan hidangan dari Myanmar yang tersaji dengan nasi layaknya nasi uduk dari Indonesia. 

Rasanya sendiri sebenarnya hampir mirip dengan rasa kari pada umumnya. Namun, Myanmar memiliki aneka pilihan daging yang bisa kamu pilih sesuai selera. Mulai dari daging sapi, daging domba, ikan, ayam, hingga daging babi. 

Kari dengan kuah kuning kental ini cukup mudah kamu temukan apabila berkunjung ke Myanmar. Penjualnya sendiri beragam, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima. 

8. Sanwin Makin

Sanwin Makin

Source: IDN Times

Makanan khas Myanmar yang cukup terkenal lainnya adalah Sanwin Makin. Makanan ini bisa kamu santap sebagai makanan penutup. Sanwin Makin sendiri merupakan sejenis kue manis berwarna coklat. Makanan ini terbuat dari gandum, gula, mentega, dan kelapa. 

Masyarakat Myanmar sendiri menganggap bahwa rasa dari Sanwin Makin ini sangatlah enak dan bisa menjadi mood booster. Selain itu, makanan ini juga mengandung nutrisi yang bisa menyehatkan tubuh. Pembuatan dari Sanwin Makin ini menggunakan tepung gandum. 

Selain itu, agar tekstur rasa manis dan gurihnya seimbang, biasanya akan ditambahkan mentega, gula, dan kelapa dalam adonannya. Nantinya adonan yang sudah jadi dipanggang menggunakan oven. Setelah matang, Sanwin Makin akan disajikan dengan potongan persegi panjang kecil. 

9. Mala Hin

Mala Hin

Source: IDN Times

Bagi para vegetarian, Mala Hin merupakan salah satu makanan Myanmar yang wajib dicoba. Mala Hin sendiri terbuat dari bihun, kacang polong, tahu, wortel, kailan, dan sayuran lainnya. Semua kondimen tersebut nantinya akan disiram dengan saus kacang pedas dan diberikan taburan kacang diatasnya. 

10. Kyay Oh

Kyay Oh

Source: Taste Atlas

Makanan khas Myanmar selanjutnya yang bisa kamu coba adalah Kyay Oh. Kuliner yang satu ini menggunakan mie sebagai bahan pokoknya. Kyay Oh hampir mirip dengan Mont Di, namun kuahnya berasal dari kaldu daging ayam. 

Baca Juga:  Makanan Pendamping Ramen Wajib Ada, Menambah Selera!

Hal tersebut membuat risiko akan timbulnya reaksi alergi pada tubuh menjadi lebih rendah daripada Mont Di yang menggunakan kaldu ikan. Seporsi dari Kyay Oh biasanya disajikan dengan pokcoy, irisan daging ayam, telur puyuh, dan tahu. 

11. Ngapi

Ngapi

Source: Wikiwand

Makanan bernama Ngapi ini merupakan salah satu makanan yang cukup unik dan populer di Myanmar. Ngapi terbuat dari udang dan ikan fermentasi. Ngapi sendiri memiliki cita rasa yang sangat lezat. Makanan ini biasanya dapat kamu nikmati secara langsung seperti memakan sambal.

Namun, ternyata tidak sedikit juga yang menikmati Ngapi sebagai bumbu tambahan untuk makanan lainnya. Seperti memakannya sebagai lauk untuk nasi. Cara memasak Ngapi pun sangat beragam. Ada Ngapi yang sangat asin, namun ada juga yang tidak asin sama sekali. 

Ada juga Ngapi yang dimasak dengan kental dan ada juga yang encer. Selain itu, ada juga yang memasak Ngapi dengan menggunakan ikan laut maupun ikan air tawar. 

Makanan khas Myanmar Mana yang Sudah Kamu Cicipi?

Itulah beberapa makanan khas Myanmar yang populer dan juga unik. Jadi, selain melihat aneka pagoda yang cantik, kamu juga perlu menyempatkan diri untuk berwisata kuliner dan mencicipi masakan khas Myanmar apabila sedang berlibur kesana. Mana makanan yang paling membuatmu penasaran?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.