Pentingnya Box Delivery untuk Mengantar Makanan dengan Baik

3 min read

pentingnya box delivery untuk antar makanan

Sebagai pelaku bisnis akan sangat bijak untuk menyadari pentingnya box delivery untuk mengantar makanan.

Terlebih sejak pemberlakuan PPKM yang sangat ketat beberapa waktu lalu di tengah pandemi COVID19 membuat penjualan makanan dengan metode take away atau delivery semakin menjadi primadona.

Bahkan tak sedikit pebisnis yang dengan berani memulai bisnis makanan hanya dengan mengandalkan metode penjualan ini, yaitu sama sekali tidak menyediakan dine in.

Oleh karena itu sebelum lebih dalam membahas mengenai box delivery, simak terlebih dahulu mengenai pentingnya deliver makanan dengan baik ke pelanggan.

Pentingnya Mengantar Makanan dengan Baik ke Pelanggan

Banyak pemilik bisnis menjadikan rasa makanan yang mereka jual sebagai fokus tunggal. Kalimat seperti “kalau enak pasti dicari” adalah hal yang kerap kita dengar.

Bukan keputusan yang mutlak salah, namun rasa enak bukanlah satu-satunya hal penting yang membuat bisnis makanan bertahan.

Terlebih lagi, mengingatnya semakin banyaknya pesaing yang juga menjual makanan enak. Yuk, simak pentingnya mengirim makanan dengan baik ke pelanggan, berikut ini. Agar, kamu paham bahwa hal ini tak kalah pentingnya dengan rasa makanan yang kamu jual.

Kepuasan Pelanggan

Penting untuk kamu pahami bahwa kepuasan pelanggan tidak dimulai ketika ia selesai makan lalu kembali membuka aplikasi di smartphone untuk memberikan rating kepuasan

Jauh sebelum itu, yaitu proses deliver hingga makanan tersebut sampai di tangan pelanggan, adalah hal penting yang perlu kamu beri perhatian khusus. Makanan yang terkirim dengan baik adalah awal kepuasan pelanggan.

Baca Juga:  15 Bisnis Makanan Rumahan yang Bisa Dijual Secara Online

Menggugah Selera Makan, Menggugah Pembelian Berulang

Bayangkan kamu menerima makanan dalam kondisi rapi dalam box dan dalam kondisi berantakan? Mana yang lebih membuatmu berselera?

Tentu saja makanan yang masih rapi secara visual akan lebih menggugah selera makan. Makanan yang mampu menggugah selera makan tentu akan menggugah pembelian berulang karena pelanggan merasa puas. Dari sini kita dapat mulai menilai pentingnya box delivery.

Pentingnya Box Delivery untuk Mengantar Makanan

Berikut beberapa alasan mengapa box delivery adalah investasi terbaik untuk bisnis makanan.

1. Menjaga Kualitas Makanan

Telah kamu tahu sekilas pada bagian sebelumnya, bahwa pentingnya box delivery adalah untuk menjaga kualitas makanan. Proses delivery oleh kurir dapat berjalan mulus ataupun tidak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan box yang berkualitas baik untuk menjaga kualitas makanan. Pebisnis mungkin ragu karena semakin baik kualitas box, semakin mahal pula harganya.

Namun demikian, box adalah investasi yang sepadan dalam sebuah bisnis makanan. Mengapa demikian? Yuk, lanjutkan membaca agar kamu paham.

2. Pentingnya Box Delivery yang Tidak Kamu Sadari: Membuat Kesan

Sebut saja bahwa box makanan memiliki fungsi magic untuk membuat kesan di hati dan ingatan pelanggan. Warna, bentuk, dan tulisan pada box misalnya. Atau setidaknya, kesan yang paling sederhana namun penting, yaitu kebersihan.

Kesan-kesan baik yang tertinggal di hati dan pikiran pelanggan ini akan turut berperan dalam pengambilan keputusan pembelian berikutnya. Inilah pentingnya box delivery.

3. Keseriusan Sebuah Bisnis

Box delivery menunjukkan keseriusan sebuah bisnis. Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa beberapa pebisnis melakukan kesalahan dengan hanya fokus pada rasa makanan.

Pebisnis makanan yang berani memberikan fokus pada pentingnya box delivery telah menunjukkan pada pelanggannya bahwa ia menjalankan bisnis dengan serius sehingga memperhatikan semua aspek, termasuk kemasan.

Baca Juga:  Ragam Daun yang Bisa Dimakan Mentah, Cocok untuk Lalapan!

4. Membuat Pelanggan Mengingat Brand

Box delivery dengan desain yang unik akan memiliki fungsi ganda. Tidak hanya berperan untuk menjaga kualitas makanan, tetapi juga membuat pelanggan lebih mudah untuk mengingat brand makanan tersebut.

Pada poin sebelumnya, kamu mengetahui bahwa box delivery menimbulkan kesan pada konsumen. Misalnya, jika ada box delivery warna mereka di hadapan mu. Kamu pasti akan langsung mengasosiasikan pada brand tertentu sesuai pengetahuan dan pengalaman mu.

Baca Juga: 7 Tantangan yang Biasa Dihadapi Para Pebisnis Kuliner

Jadi, mengenai hal ini tentu kamu sepakat bahwa kemasan makanan adalah salah satu strategi marketing yang ampuh, bukn?. Demikian pentingnya box delivery sebagai bagian penting untuk membangun branding.

5. Promosi oleh Pelanggan

Berapa banyak orang yang memotret makanannya lalu mengunggahnya ke media sosial? Tak terhitung, bukan? Apa kamu salah satunya?

Pentingnya box delivery adalah kamu bisa mendapatkan promosi dari pelanggan secara gratis bahkan mungkin tanpa kamu minta.

Makanan dengan visual yang rapi dan menarik serta box yang unik tentu akan mendorong orang-orang masa kini untuk mengunggahnya ke media sosial mereka. Ini adalah kesepadanan investasi pada box delivery dalam bisnis makanan.

Sudah Tahu Pentingnya Box Delivery?

Setelah membaca semua penjelasan di atas tentu kini kamu sudah sangat paham pentingnya box delivery. Dapat kamu pahami bahwa box makanan dan proses deliver sama pentingnya dengan rasa makanan yang dijual itu sendiri.

Ketiganya bagaikan kaki dari meja berkaki tiga yang menopang satu sama lain. Jika salah satu antaranya lemah, maka akan melemahkan keutuhan meja. Meja dalam hal ini adalah bisnis makanan itu sendiri.

Bayangkan saja misalnya, makanan dikemas dengan box kualitas baik, tetapi rasa kurang enak. Atau kondisi sebaliknya, makanan enak tetapi karena box delivery kualitasnya kurang baik maka banyaknya guncangan saat proses deliver menurunkan kualitas makanan

Baca Juga:  Bagaimana Cara agar Daging Sapi Cepat Empuk? Ini Rahasianya!

Kedua kondisi ini tidak akan terjadi seandainya ketiga hal tadi menjadi fokus perhatian pemilik bisnis.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya box delivery, keputusan paling bijak untuk diambil saat ini adalah berinvestasi lebih pada box delivery untuk meningkatkan bisnis.

Tak hanya berperan penting dalam menjaga kualitas makanan, kenyataannya box delivery adalah satu penopang utama dalam bisnis makanan.

Dapatkan berbagai informasi dan tips seputar bisnis kuliner untuk mengembangkan bisnis kulinermu hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.