Ide Usaha Makanan Ringan Serba 5000, Banyak Dibeli!

5 min read

usaha makanan ringan serba 5000

Bisnis makanan dan minuman menjadi salah satu favorit para wirausahawan karena makanan merupakan kebutuhan primer manusia. Menurut BPS, UMKM penyedia makan dan minum cukup berkembang pesat. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba peluang bisnis yang sederhana, yakni usaha makanan ringan serba 5000.

Meskipun harga jualnya terhitung sangat terjangkau, kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan. Menjual makanan ringan cukup simpel, tidak memakan tenaga dan waktu yang berlebihan. 

16 Usaha Makanan Ringan Serba 5000

Meskipun tidak terhitung sebagai salah satu makanan berat, masyarakat tetap sering membeli makanan ringan sebagai camilan atau teman makan. Oleh karena itu, berjualan makanan ringan cukup menjanjikan. Berikut ini adalah ide usaha makanan ringan serba 5000 yang bisa kamu coba.

1. Basreng

Ide yang pertama adalah camilan favorit remaja, yaitu basreng yang merupakan singkatan dari bakso goreng. Bakso utuh dipotong tipis-tipis, lalu digoreng. Setelah digoreng biasanya dibumbui penyedap rasa, cabai bubuk, dan daun jeruk. Kombinasi bumbu tersebut menjadi cita rasa favorit basreng di kalangan pembeli.

Khusus baksonya sendiri, kamu bisa membeli bakso di pasar atau mengolah sendiri dari awal. Sebaiknya, gunakan bakso berbahan ikan tenggiri agar terdapat aroma yang menggugah selera. Kamu bisa menjualnya dalam kemasan plastik.

2. Cilok

Salah satu olahan tepung tapioka khas Sunda, yaitu cilok merupakan camilan yang cukup diminati oleh pelajar di Indonesia. Bentuknya bulat sedang seperti bakso, terkadang terdapat isian daging atau potongan telur di dalamnya. Penyajian cilok bisa dengan kuah, sambal, atau saus kacang.

Harga tepung tapioka tidak begitu pricey, sehingga kamu mengeluarkan modal yang tidak begitu besar. Tak hanya itu, cilok yang cukup banyak penggemarnya ini akan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Gunakan kemasan plastik atau wadah seperti mangkuk agar mempermudah pembeli untuk memakannya.

3. Cimol

Ide usaha makanan ringan serba 5000 lainnya adalah cimol. Sama seperti cilok, cimol berbahan dasar tepung tapioka yang harganya cukup terjangkau dan sama-sama bulat. Perbedaannya terletak dari cara mengolahnya. Apabila cilok direbus atau dikukus, cimol digoreng. Rasanya sendiri berasal dari penyedap rasa dan cabai bubuk.

Varian cimol sendiri cukup beragam, mulai dari yang kopong hingga ada berisi. Biasanya yang paling laku di pasaran adalah bentuk cimol yang kopong. Sensasi mengunyahnya serta paduan renyah dan chewy membuat pembeli tertarik untuk terus menerus menyantapnya. 

Baca Juga:  Ketahui 10 Jenis-Jenis Coklat Sebelum Menggunakannya!

4. Cireng Isi Ayam Suwir

Camilan favorit lainnya yang memiliki peluang usaha besar adalah cireng isi ayam suwir. Meskipun berbahan dasar tepung kanji, kunci kelezatannya berasal dari isian ayamnya. Seperti namanya, isian cireng berupa ayam yang sudah disuwir. Rasanya sendiri cukup bervariatif, tergantung tingkat kepedasan dari isiannya.

Kamu bisa menjualnya dengan dua macam varian produk, yaitu cireng matang atau frozen. Mengingat cireng yang sudah matang berpotensi cepat basi, maka opsi penjualan versi frozen akan menarik perhatian dan meningkatkan penjualan.

5. Keripik Kulit

Bagi pemula, keripik kulit dapat menjadi opsi pilihan ide usaha serba 5000. Target konsumennya sendiri cukup luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai keripik kulit. 

Karena itulah, kamu berpeluang mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Apalagi keripik kulit dapat bertahan dalam waktu lama dan tidak cepat basi.

Kulit yang dijadikan keripik ini adalah kulit ayam yang merupakan favorit sebagian besar orang Indonesia. Cocok untuk disantap pada saat menikmati makan siang atau sekedar menjadi camilan. Pastikan untuk selalu riset pasar terlebih dahulu agar tahu apakah modal yang kamu keluarkan sebanding dengan harga jualnya.

6. Keripik Sayuran

Branding makanan sehat cukup menarik perhatian bagi masyarakat setelah hadirnya pandemi beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut berasal dari meningkatnya kesadaran akan kesehatan tubuh. Salah satu makanan ringan yang akan menarik perhatian adalah keripik sayuran.

Sayuran yang dapat kamu olah menjadi keripik, antara lain jengkol, ubi, daun pepaya, bayam, jamur, daun kelor, hingga wortel. Mengingat sayuran kaya akan nutrisi, tentu keripik sayuran termasuk camilan bergizi. Selain itu, harga sayur tidak begitu mahal, sehingga modal yang kamu keluarkan pun tidak begitu banyak.

7. Makaroni Basah

Sejak dulu, makaroni basah selalu bertahan sebagai salah satu camilan favorit di sekolahan. Tak heran apabila banyak yang berjualan dalam bentuk gerobak hingga kedai tempat makan. Makaroni basah merupakan camilan makaroni yang bentuknya lembut karena cara memasaknya direbus.

Banyak sekali UMKM yang menyediakan makaroni basah hingga menjadi populer di daerah Jawa Barat. Supaya dapat berkompetisi di pasaran, kamu harus memiliki branding yang cukup kuat. 

Tantangan menjual makaroni basah adalah mudah basi karena cara memasaknya direbus dan tidak sekering camilan makaroni pada umumnya.

8. Makaroni Pedas

Sebagian besar masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan usia menyukai makaroni. Rahasia utama mengapa makaroni tetap berjaya hingga sekarang adalah harganya yang ramah kantong dan tersedia dalam berbagai campuran rasa. Kemudian, pembeli juga dapat mencoba tester apabila beli di tempat langsung.

Baca Juga:  9 Ide dan Peluang Usaha Makanan Internasional, Banyak Peminat!

Bila makaroni basah teksturnya lembut, makaroni pedas ini teksturnya renyah, karena cara memasaknya digoreng. Modal biaya yang perlu kamu keluarkan untuk memulai usaha makaroni tidak begitu besar. Khususnya, bila kamu dapat mencari pemasok bahan baku yang sesuai dengan budget.

9. Martabak Mini

Apam balik, terang bulan, kue Bandung, atau martabak dalam bentuk kecil (mini) merupakan salah satu ide usaha makanan ringan serba 5000 yang bisa kamu coba. Bahan baku yang kamu perlukan sama seperti bahan baku martabak pada umumnya, namun ukurannya jauh lebih kecil.

Biasanya anak-anak dan remaja menyukai martabak mini, karena harganya yang ramah kantong dan ukurannya yang tidak terlalu besar. Martabak pada umumnya berukuran yang cukup besar dan akan cepat terasa kenyang karena porsinya memang tidak ditujukan untuk satu orang saja. 

Sehingga, kehadiran martabak kecil dapat menjadi solusi masalah tersebut. Konsumen tetap bisa mengonsumsi martabak, meskipun hanya sendirian dengan porsi yang tidak akan membuat cepat kenyang.

10. Mie Lidi

Makanan ringan favorit generasi milenial pada zamannya adalah mie lidi. Zaman dulu, para pedagang menjajakan mie lidi di depan sekolah dan ditaburi bumbu penyedap rasa serta bubuk cabai. Camilan ini sederhananya berasal dari mie kering panjang. 

Banyak varian rasa lainnya yang cocok untuk mie lidi, seperti jagung bakar, keju, hingga balado. Kamu bisa menjualnya secara online melalui ecommerce atau media sosial. Karena mie lidi dapat bertahan lama dalam kemasan dan tidak mudah basi.

11. Otak-otak

Kudapan asal Sumatera Selatan, yaitu otak-otak berbahan dasar ikan tenggiri atau sejenisnya yang menghasilkan aroma dan cita rasa gurih. Bahan baku dari otak-otak sendiri tidak begitu mahal dan ramah kantong. Tetapi, kamu juga bisa membeli otak-otak mentah yang sudah jadi, sehingga kamu tinggal menggorengnya saja.

Camilan asin dengan rasa yang gurih kerap memberikan pengalaman yang berkesan bagi mereka yang hobi makan. Kamu bisa memanfaatkan otak-otak sebagai salah satu ide usaha makanan ringan serba 5000, karena target pasarnya luas dan modalnya pun tidak terlalu besar.

12. Pastel

Pastel merupakan salah satu kudapan yang mirip dengan pastry dengan isian bihun, sayur, ataupun daging. Biasanya, penjual gorengan menjajakan pastel sebagai salah satu varian gorengan. Cara memasak pastel dapat dipanggang ataupun digoreng sesuai preferensi. Meskipun demikian, di Indonesia pastel kebanyakan digoreng.

Bahan kulit pastel berasal dari tepung terigu, sehingga dapat diperkirakan bahwa biaya bahan baku pembuatan pastel tidak terlalu mahal atau pricey. Bahkan, saat bulan puasa, pastel menjadi salah satu kudapan terpopuler sebagai menu berbuka. Kamu bisa menggunakan momen tersebut untuk berjualan pastel.

Baca Juga:  Rekomendasi Bisnis Makanan Sehat untuk Anak Sekolah

13. Pizza Mini

Selain martabak, pizza versi kecil juga cukup menarik perhatian anak-anak. Karena pizza merupakan makanan cepat saji yang cukup populer di dunia. Tak heran apabila anak-anak sangat mengincar pizza mini. Selain harganya yang ramah di kantong, rasanya juga mirip dengan pizza aslinya.

Biasanya cara membuat pizza mini cukup menggunakan teflon saja tanpa perlu memanggangnya di bawah tungku. Modal yang kamu keluarkan cukup untuk adonan roti dan topping, seperti sosis, keju, bawang bombay, dan saus. Mengingat target konsumen anak-anak, sebaiknya membuka lahan usaha dekat dengan sekolah.

14. Risol Mayo

Risoles atau risol merupakan pastry seperti pastel berisi daging atau sayuran, namun berlapis tepung panir di bagian luarnya. Seperti pastel, camilan ini terkadang dijajakan oleh penjual gorengan. 

Risol mayo merupakan terobosan baru di zaman sekarang, karena adanya perkembangan rasa di bagian isiannya. Selain berisi daging atau sayuran, terdapat mayones di dalamnya. Hasilnya, membuat cita rasanya semakin lezat. Tak heran apabila hampir semua kalangan usia senang membeli kudapan ini.

15. Tahu Crispy

Ide usaha makanan ringan serba 5000 lainnya adalah tahu crispy. Tekstur luar tahu yang renyah dan gurih membuat banyak pembeli ketagihan untuk terus menyantapnya. Bagian kriuknya berasal dari adonan tepung tapioka. Meskipun demikian, bagian dalamnya tetap lembut seperti tahu pada umumnya.

Camilan yang satu ini cukup menjanjikan karena kehadirannya cukup populer di semua kalangan usia. Saking banyak peminatnya, tahu crispy termasuk sebagai salah satu camilan yang laris di jual pada buku Dhila Sina yang berjudul Gurih-Gurih Club Hits di Instagram – Resep Jajanan & Camilan Laris Dijual.

16. Bola Ubi

Bulat, khas, dan manis adalah tiga kata yang cocok untuk mendeskripsikan bola ubi. Bentuk dari bola ubi sendiri adalah bulat sempurna dan kopong. Bahan utama yang kamu butuhkan untuk membuat kudapan ini adalah ubi ungu, tepung maizena, tepung tapioka, dan gula pasir.

Mengingat bentuk dan warnanya yang cukup menarik, banyak remaja dan orang dewasa yang sering menyantap kudapan ini. Oleh karena itu, bola ubi dapat menjadi referensi ide usaha makanan ringan serba 5000 yang dapat kamu coba.

Jenis Usaha Makanan Ringan Serba 5000 Manakah yang Mau Kamu Coba?

Nah, itu dia 16 contoh ide usaha makanan ringan 5000 yang berpotensi menghasilkan laba besar. Semua makanan tersebut memiliki challenge masing-masing. Misalnya mudah basi, mudah patah, dan sebagainya. Meskipun begitu, pastikan kamu memilih makanan yang kamu sukai dan enjoy untuk kamu buat dan jual ya!


Temukan inspirasi bisnis makanan, bisnis minuman dan tips lainnya hanya di fnbpreneur.id