6 Ide Bisnis Makanan Organik, Wajib Coba!

4 min read

bisnis makanan organik

Ketika pergi ke supermarket, tidak jarang kamu akan menemukan makanan berlabel organik.

Makanan organik umumnya berupa sayur, buah, atau produk makanan yang terbuat dari bahan organik.

Makanan organik pada saat ini cukup banyak peminatnya, sehingga cocok untuk kamu manfaatkan sebagai peluang bisnis makanan organik.

Apa itu Makanan Organik?

Makanan organik adalah makanan yang dalam proses dan produksinya menggunakan cara tradisional (konvensional).

Artinya, makanan organik yang pada proses penanaman, penemilaharan, hingga pengelolaannya tidak memakai bahan kimia. 

Makanan yang masuk istilah organik adalah makanan nabati, seperti sayuran atau buah-buahan.

Selain itu, istilah makanan organik pada makanan hewani, yakni telur, produk susu, dan daging yang pada produksinya tidak menggunakan bahan kimia, seperti hormon pertumbuhan.

Pada prosesnya, pertanian biasanya memproduksi sendiri pupuk alami, seperti pupuk kandang untuk penanaman tanaman organik.

Sementara itu, peternakan organik fokus perhatiannya pada proses untuk  meminimalkan polusi dan meningkatkan kualitas tanah.

Ide Bisnis Makanan Organik

Seiring dengan banyaknya permintaan makanan organik di pasaran, membuat usaha di bidang ini punya peluang besar dalam mendatangkan profit.

Hal ini beriringan dengan kesadaran masyarakat yang sudah banyak menerapkan hidup sehat.

Berikut ini adalah ide bisnis makanan organik yang patut kamu pertimbangkan untuk memulai usaha.

Simak bersama, ya!

1. Salad Organik

Salad mempunyai pasar yang lebih spesifik, yaitu orang yang menerapkan gaya hidup vegetarian. Di Indonesia, vegetarian masih tergolong masyarakat yang eksklusif atau punya pasarnya sendiri. 

Kamu perlu mencari formula yang tepat agar makanan tetap enak meski tanpa memakai bahan daging. Hal ini menjadi tantangan yang akan kamu hadapi ketika menekuni bisnis ini.

Kamu bisa menjual salad dengan menggunakan sayuran organik. Selain untuk kaum vegan, salad merupakan salah satu makanan pilihan bagi orang-orang saat melakukan program diet. Cara pembuatannya memang sama seperti salad biasa, tetapi bahan yang kamu gunakan adalah organik.

Baca Juga:  Franchise Murah untuk Pemula, Laris dan Minim Risiko!

2. Jamur Organik

Jamur adalah salah satu makanan yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Karena itu, tidak sedikit juga yang memulai pertanian budidaya jamur organik sebagai sumber nafkah. Jamur pun bisa kamu olah menjadi berbagai macam makanan. Sehingga, cocok untuk kamu yang akan memulai bisnis makanan organik.

Kamu bisa membuat usaha rumah makan dengan menu olahan jamur, misalnya jamur organik asam manis. Tidak lupa menggunakan pendamping jamur yang menggunakan bahan organik juga, seperti nasi merah organik.

3. Beras Merah Organik

Beras merah adalah beras yang dinilai lebih baik dari beras biasa, karena memiliki kadar gula yang rendah. Karena itulah, beras merah cukup banyak peminatnya di Indonesia.  Tujuannya untuk mengurangi berat badan atau menerapkan pola hidup sehat. Karena beras merah menimbulkan efek kenyang lebih lama.

Manfaat beras merah organik selain untuk diet adalah menjaga kesehatan tulang, meminimalkan risiko terkena penyakit jantung, dan mengurangi kadar gula dalam tubuh. Selain itu, beras merah organik bisa melancarkan saluran pencernaan. 

Karena keunggulannya tersebut, beras merah bisa menjadi bisnis makanan organik yang tepat untuk kamu.

4. Mie Sayur Organik

Mie adalah makanan yang akan terus mempunyai tempat di hati masyarakat, mie instan contohnya. Namun, mie instan tidak bagus untuk kesehatan bila kamu konsumsi secara berlebihan, karena kandungannya yang tidak baik. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan mie organik sebagai ide bisnis makanan organik.

Umumnya, mie organik terbuat dari ekstrak sayur atau buah. Sayur organik yang bisa kamu gunakan adalah sawi hijau, wortel, dan lainnya. Makanan ini pun bisa dinikmati oleh segala usia, karena terbuat dari sayur organik.

Ketika menjalani bisnis ini, yang perlu kamu pastikan adalah mie yang kamu gunakan bebas dari bahan kimia, seperti pewarna, pengawet, atau boraks.

5. Bumbu Organik

Bumbu masak adalah bahan utama untuk memperkaya cita rasa makanan. Itulah mengapa bumbu adalah sesuatu yang banyak orang cari. Kamu bisa memanfaatkannya dengan berbisnis bumbu organik. 

Bumbu organik merupakan bumbu yang tidak memakai MSG, rendah natrium, dan glukosa. Produk yang bisa kamu buat bisa berupa bumbu masak, rempah-rempah, sampai tepung bumbu.

Baca Juga:  8 Makanan Khas Malaysia yang Wajib Kamu Coba

6. Keripik Organik

Keripik adalah cemilan yang banyak orang suka. Kamu bisa gunakan kepopuleran keripik sebagai ide bisnis makanan organik yang enak. Bukan hanya enak, jika keripik terbuat dari bahan organik, konsumen akan mendapatkan vitamin. Keripik menyehatkan ini bisa kamu buat dari sayur organik, seperti bayam, ubi merah, brokoli, dan wortel.

Tips Sukses Bisnis Makanan Organik

Peluang bisnis makanan organik cukup meyakinkan. Karena peluang usaha yang besar, banyak orang terjun ke dalam bisnis ini dan menambah persaingan. Agar bisa bersaing, kamu perlu tahu tips agar bisnismu bisa tetap eksis, seperti berikut ini:

1. Sesuaikan dengan Minat Pasar

Pada bisnis makanan organik, kamu tidak boleh asal jual produk organik. Kamu perlu memastikan minat yang muncul di masyarakat pada saat ini dan bagaimana persaingannya.

Coba jual makanan organik yang banyak persaingan yang menandakan produk tersebut banyak peminatnya. Kamu juga bisa mencoba memodifikasi produk yang sudah ada untuk bersaing menjual produk organik tersebut..

Jika baru memulai bisnis, kamu perlu pintar membaca peluang agar membuat masyarakat mengenal produk kamu. Tonjolkan sisi unik dari produk, jika memang produk tersebut sudah banyak di pasaran.

2. Tentukan Harga yang Tepat

Kamu perlu mempertimbangkan harga yang sesuai dengan konsumen kamu saat berbisnis makanan organik. Lihatlah modal awal yang kamu habiskan untuk membuat makanan organik. Mulai dari bahan, alat, tenaga, kemasan, dan waktu yang kamu habiskan. 

Cermati dan jumlahkan, kemudian berikan kenaikan harga yang sesuai dan tidak terlalu tinggi. Cara tersebut bisa membuat kamu memperoleh laba yang sesuai dari modal awal. Jadi, jangan jual produk terlalu murah atau terlalu mahal. 

Jika nanti produk kamu terkenal dan banyak permintaan dari konsumen, kamu bisa menaikan harganya sedikit demi sedikit.

3. Promosi Makanan Organik dengan Cara Tepat

Promosi adalah faktor penting dalam bisnis makanan organik. Kecanggihan teknologi dan adanya internet, promosi bukan menjadi suatu hal yang sulit kamu lakukan. Kamu bisa mempromosikan secara offline ataupun online. Gunakanlah platform media sosial sebagai media promosi produk kamu.

Kamu bisa menggunakan e-commerce yang beragam untuk menjangkau target pasar kamu. Kamu juga bisa membuat website agar usaha kamu terlihat lebih profesional. Jika melakukan promosi pada berbagai tempat di internet, kamu bisa meningkatkan penjualan produk makanan organik tersebut.

Baca Juga:  7 Jenis Kemasan Makanan yang Cocok untuk Bisnis Kulinermu

Karena produk organik adalah makanan yang punya batas waktu kesegaran, jadi perhatikan waktu pengiriman, agar pelanggan puas dengan produk kamu.

4. Perhatikan Packaging

Ketika membuka bisnis makanan organik, kamu harus mengetahui hal terkecil sekalipun, packaging misalnya. Meski pengemasan adalah sesuatu di luar dari makanan organik, namun kamu harus memperhatikannya. 

Makanan organik adalah makanan yang cepat kadaluarsa, jadi kamu harus memikirkan pengemasan yang melindungi makanan tetap segar.

Jika makanan organik yang kamu jual punya masa berlaku yang pendek, kamu harus memastikan kemasan bisa melindungi panas atau dari hal yang mempercepat masa berlakunya.

Tertarik dengan Bisnis Makanan Organik?

Itu dia beberapa ide makanan organik yang bisa kamu mulai menjadi bisnis.

Tertarik untuk mencoba?

Bisnis makanan organik memang cukup menjanjikan, tetapi kamu juga membutuhkan keseriusan, kerja keras, dan tidak mudah menyerah untuk bisa sukses dalam bisnis ini. 

Jangan lupa untuk mengembangkan kreatifitas agar produk makanan organik kamu semakin menarik.

Kamu bisa menu varian baru yang berbeda dengan kompetitor atau packaging yang anti mainstream.

Semoga Membantu!


Temukan inspirasi bisnis makanan, makanan sehat, bisnis minuman dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.