Cara Membuat Es Leci Yakult Nikmat, Mudah Banget!

2 min read

Cara Membuat Es Leci Yakult

Banyak orang di beberapa negara tropis, khususnya Indonesia, mengenal buah leci, buah berkulit merah namun berdaging putih. Buah leci tidak hanya bisa kamu makan polosan begitu saja, lho. Kebanyakan buah leci dikreasikan menjadi dessert atau minuman yang menyegarkan, salah satunya bisa kamu lihat dari artikel cara membuat es leci yakult ini.

Iya, yakult minuman probiotik berukuran imut itu. Sejak beberapa tahun lalu, campuran keduanya menjadi hits di kalangan anak muda. Maka dari itu, kami akan bagikan cara membuat es leci yakult yang mudah, nikmat, dan pastinya menyegarkan. Tapi sebelumnya, simak dulu beberapa fakta menarik dari buah leci dan yakult berikut ini.


Buah Leci, Buah Tropis Imut yang Manis nan Menyegarkan

Leci atau lychee atau lici adalah salah satu buah yang tumbuh subur di wilayah beriklim tropis dari genus Litchi. Siapa sangka, buah dengan kulit dan cita rasa yang sama-sama unik ini adalah buah asli dataran China yang memiliki julukan alligator strawberry. 

Meskipun bagian luarnya terlihat kasar dan keras, kamu bisa mengupasnya hanya dengan menggunakan jari.

Rasa buahnya sangat manis, beraroma harum, dan bertekstur kenyal. Seperti yang kita tahu, buah akan selalu memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh jika tidak kamu konsumsi secara berlebihan. Biar tak penasaran, mari ketahui manfaat buah leci berikut ini.


Manfaat Buah Leci

Walaupun sebenarnya belum ada banyak penelitian yang bisa membuktikan manfaat buah leci, tapi ada beberapa potensi baik leci untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker.
  • Mengontrol keseimbangan cairan tubuh, kadar gula darah, dan tekanan darah.
  • Melancarkan pencernaan dan aliran darah.
  • Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.
  • Mengurangi peradangan dan perkembangan tumor dalam tubuh.
  • Mengurangi potensi katarak pada mata.
  • Menyembuhkan sakit influenza.
  • Membantu produksi energi tubuh.
  • Sumber serat selama program diet.
Baca Juga:   4 Macam Resep Saus Steak Kaya Rasa Ala Restoran

Kandungan Gizi Buah Leci

Pada dasarnya, leci mengandung sekitar 82% air dan 16,5% karbohidrat. Atau dalam 1 buah leci terdapat 6 kkal, 1,6 gram karbohidrat, 0,13 serat, 1,5 gram gula, dan 0,08 protein. 

Tak lupa buah leci juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin B3 (niasin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B6 (pyridoxine), fosfor, magnesium, kalium, tembaga, dan mangan. 

Sebagai buah kaya vitamin C, leci banyak mengandung senyawa tumbuhan penting berupa zat antioksidan dan polifenol yang dibutuhkan tubuh manusia. Beberapa senyawa tersebut adalah epikatekin dan zat rutin yang berguna untuk kesehatan jantung dan menurunkan resiko kanker.


Kandungan Gizi dan Manfaat Yakult

Singkatnya, yakult adalah minuman probiotik tubuh yang dikemas dalam botol kecil semi transparan. Seperti yang mungkin kamu tahu, yakult baik untuk melancarkan pencernaan dan menyeimbangkan jumlah bakteri usus. 

Sebab, dalam satu botol yakult, terdapat lebih dari 6,5 miliar bakteri Lactobacillus casei shirota strain yang usus manusia perlukan untuk terhindar dari sembelit, diare, dan radang usus.

Selain itu, dalam 1 botol yakult berukuran 65 ml, kamu juga akan mendapatkan nutrisi energi sebanyak 50 kkal, 11 gram karbohidrat, 1 gram protein, dan kurang dari 0,1 gram lemak. 

Ternyata, selain bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan usus, yakult punya manfaat lain yang tak kalah penting untuk tubuh manusia. Berikut ini penjelasannya.

  • Mengatasi GERD atau sakit lambung dan infeksi lambung.
  • Mengurangi perut kembung.
  • Melancarkan BAB pada ibu hamil.
  • Membantu proses detoks alami dalam pencernaan.
  • Mengurangi kolesterol jahat.
  • Menurunkan kadar lemak jenuh pada tubuh.
  • Meminimalisir penyakit pencernaan kronis.

Agar manfaat yakult bekerja optimal, konsumsilah 1-2 botol per hari yang baiknya kamu simpan dalam kulkas dengan suhu di bawah 10° C. Ingat, dingin ya, bukan beku.

Baca Juga:  Resep Kolak Singkong yang Empuk dan Enak, Cara Membuatnya Mudah!

Resep Cara Membuat Es Leci Yakult

Mungkin kamu atau pembaca lain pernah ke suatu cafe atau restoran lalu menemukan es leci yakult. Jika kamu bayangkan, terlihat menyegarkan bukan? Apalagi bayanginnya waktu siang hari atau setelah berpanas-panasan. Nah daripada beli, mending kamu buat sendiri di rumah.

Cara membuat es leci yakult sangat mudah, lho. Kamu hanya perlu siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah-langkah cara membuat es leci yakult pada resep yang akan kami bahas di bawah ini. Oh iya, resep ini menggunakan takaran sendok makan ya jadi siapapun pasti bisa membuatnya.

Bahan Membuat Es Leci Yakult

  • 2 botol yakult
  • 5-10 sdm sirup leci, merk bebas (sesuai selera)
  • 8 buah leci, boleh leci kalengan atau leci segar
  • 200 ml air putih
  • 1-2 sdm nata de coco, opsional
  • Biji selasih secukupnya, opsional (untuk hiasan)
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Leci Yakult

Langkah Membuat Es Leci Yakult

  1. Pastikan leci sudah terkupas dari kulitnya. Jika memakai leci kalengan, maka pisahkan buah leci dari airnya.
  2. Blender yakult, 6 buah leci, dan air hingga buah leci hancur.
  3. Masukkan es batu, buah leci kupas, dan nata de coco ke dalam gelas.
  4. Tuang campuran yakult dan buah leci ke dalam gelas berukuran sedang.
  5. Hias dengan biji selasih dan es yakult leci siap disajikan.

Yuk, Praktekkan Cara Membuat Es Leci Yakult!

Bagaimana, mudah bukan? Kamu hanya perlu waktu sekitar 5 menit untuk meracik semua bahan di atas. Resep dan cara membuat es leci yakult di atas untuk 1 porsi, jadi kalau kamu berencana membuat lebih dari 1 porsi, maka cukup kalikan jumlah takaran sesuai banyaknya porsi.

Tak hanya cara pembuatannya yang mudah, kamu juga bisa mendapatkan bahan-bahannya dengan mudah di supermarket terdekat. Karena ada campuran yakult, minuman ini jadi lebih sehat dengan kalori yang hanya sekitar 80 kcal. Sekian dari artikel resep es leci yakult ini, jangan lupa praktekkan di rumah ya!

Baca Juga:  7 Makanan Eropa yang Mudah Dibuat Beserta Resepnya

Dapatkan rekomendasi dan inspirasi resep minuman lainnya hanya di fnbpreneur.id