Minuman Khas Korea yang Menjadi Favorit Para Wisatawan

5 min read

korean drink

Jika membahas soal makanan khas Korea, kamu yang K-popers tentu sudah hafal di luar kepala. Makanan seperti Kimbab, Ramyeon, Tteopokki, Samyang, dan masih banyak lagi. Nah, lalu bagaimana dengan minuman khasnya?

Tidak kalah dengan makanannya, banyak minuman khas Korea yang menjadi incaran para wisatawan. Artikel ini akan membahas lebih lengkap tentang apa saja minumannya.

Minuman Khas Korea Favorit Wisatawan

Berikut ini kami rangkum beberapa minuman Korea yang biasanya sangat diminati oleh wisatawan dari berbagai negara.

Selamat mencoba!

1. Soju

Soju merupakan salah satu minuman beralkohol yang paling populer di Korea. Bahan dasarnya  hanya terbuat dari beras biasa, atau bahkan sebagian produsen menggunakan bahan tambahan atau pengganti seperti ubi jalar, gandum, kentang, tepung tapioka. Minuman ini berwarna bening dengan kandungan alkohol yang berbeda-beda antara 10% hingga 25%. Namun saat ini sudah banyak ditemukan Soju yang rasanya buah-buahan dan tentu lebih nikmat.

Soju adalah minuman yang terkenal dalam drama korea. Teksturnya mirip dengan sake atau minuman asal Jepang, yang membedakan hanya proses pembuatannya. Meski memiliki rasa, soju tidak memiliki warna, sehingga jika kamu melihat pertama kali teksturnya mirip dengan air putih. Harga soju beragam mulai dari Rp 10.000,00 hingga Rp 100.000,00.

2. Sikhye

Minuman khas Korea selanjutnya ini pasti sering kamu lihat dalam acara variety show Korea seperti Happy Together dan Running Man. Minuman ini biasanya banyak terjual di rumah spa dan pemandian air hangat tradisional korea. Bahan dasarnya dari beras dan air rendaman gandum, namun memiliki cita rasa unik yang hanya bisa kamu temukan di Korea.

Sikhye adalah minuman khas Korea Selatan yang bisa kamu sajikan dalam keadaan dingin untuk hidangan penutup. Selain memiliki manfaat sebagai ramuan berendam, sikhye juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan manusia. Kamu bisa membeli minuman ini dengan harga sekitar Rp 50.000,00 untuk setiap 2 liter.

3. Omija Tea

Minuman ini adalah teh khas Korea yang membuat kamu sulit membedakan dengan sirup stroberi. Warnanya merah terang memiliki 5 rasa yaitu manis, pahit, asam, asin, pedas bercampur menjadi satu. Buah berry memang banyak dikonsumsi oleh orang Korea karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

4. Daechu Tea

Minuman khas Korea lain yang tergolong jenis teh ini terbuat dari olahan buah jojoba atau lebih populer dengan nama kurma Korea. Teh ini memiliki kandungan zat besi tinggi sehingga cocok untuk para penderita anemia sekaligus bisa mengurangi rasa capek dalam tubuh. Rasa teh ini sangat manis dan gurih alami tanpa campuran apapun. 

Baca Juga:  Cara Daftar GoFood untuk Pemula dengan Mudah

Selain zat besi, terdapat kandungan lain dalam daechu tea antara lain vitamin B, vitamin C, dan kalium yang sudah tentu sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Teh ini bisa kamu temukan di Tea Garden Korea atau belilah melalui marketplace dengan harga yang tergolong murah yaitu antara Rp 80.000,00 hingga Rp 100.000,00.

5. Banana Milk

Minuman ini pasti sering kamu lihat dalam drama-drama Korea. Pabriknya telah berdiri sejak tahun 1974. Awalnya minuman banana milk menjadi favorit kalangan anak-anak, namun saat ini banyak produsen yang menjual luas ke seluruh kalangan hingga banyak susu kemasan khas Indonesia yang memiliki rasa sama seperti banana milk.

Meskipun namanya adalah banana milk, namun menariknya banyak cita rasa lain yang tersedia seperti rasa strawberry, melon, dan rasa buah-buahan yang lain. Harganya sekitar 1.200 won yang mudah kamu temukan di berbagai supermarket Korea.

6. Corn Tea

Minuman korea selanjutnya ini banyak dikonsumsi oleh para kpopers Indonesia selain Soju. Terbuat dari teh jagung kering atau biji jagung bakar, sehingga teh ini sangat baik untuk kesehatan namun bisa mengecilkan rahang atau membentuk rahang seperti v-line.

7. Minuman Baekseju

Minuman ini memang mengandung alkohol, namun sangat menyehatkan. Korea adalah negara yang terkenal dengan minuman beralkohol sehat. Sehingga baekseju terbuat dari fermentasi herbal seperti berry dan ginseng. Nama lain dari minuman ini adalah Wine-100, khasiatnya baik untuk kesehatan dan membuat kamu lebih panjang umur.

8. Mogwa Cha

Minuman khas korea ini mengandung buah yang menyerupai buah pir, hanya saja berbau wangi, namanya yaitu buah quice. Cara membuatnya cukup mudah dengan mengawetkan buah quice hingga menjadi manisan dan bisa kamu jadikan sebagai teh. Rasanya memang cenderung pahit dan aneh, tetapi memiliki manfaat dan khasiat untuk meredakan tenggorokan.

Jika kamu mengunjungi Korea, jangan lupa membeli minuman tradisional yang bisa kamu dapatkan di Dawon di Kuningin Museum of Fine Art. Kamu bisa menikmati langsung maupun membawa pulang dalam kemasan 4 box dengan harga sekitar Rp 400.000,00.

9. Saenggang Cha

Teh jahe korea memiliki rasa yang mirip dengan wedang jahe Indonesia atau salabat dari Filipina. Teh jahe ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan menghangatkan tubuh. Perbedaannya dengan wedang jahe lain, saenggang cha menggunakan akar jahe sebagai bahan utamanya. Minuman ini tentu saja sangat cocok untuk kamu yang berkunjung ke korea saat musim dingin.

10. Minuman Sujeonggwa

Minuman terbuat dari buah punch atau buah kesemek yang telah melalui proses pengeringan terlebih dahulu. Pada umumnya minuman ini ditambah dengan kacang pinus dan kayu manis sebagai pemanis alami. Kamu bisa menemukan dalam perayaan atau festival di Korea dan cocok kamu nikmati saat panas atau dingin.

Baca Juga:  Makanan Amerika yang Terkenal di Indonesia yang Perlu Kamu Coba

Jika kamu ingin membuat sendiri, caranya cukup mudah hanya dengan merebus semua bahan selama 40 menit, kemudian saring. Sujeonggwa biasanya dijual dalam bentuk kemasan instan dengan berat 5 kg setiap kemasannya dan harganya cukup murah yaitu sekitar Rp 75.000,00.

11. Nok Cha

Minuman khas korea ini berbahan dasar teh hijau dan memiliki beberapa manfaat yaitu melawan sel kanker, melawan bakteri, menurunkan lemak tubuh, dan menurunkan kadar kolesterol. Selain sebagai minuman, masyarakat umumnya menggunakan nok cha sebagai bahan memasak, bahan es krim, kue kering atau bahkan masker. 

Nok cha sangat mudah kamu temukan di Korea, sehingga saat berkunjung tidak perlu khawatir tidak mendapatkannya. Sedangkan bagi kamu yang belum memiliki kesempatan ke Korea, kamu bisa membeli melalui marketplace.

12. Yuja Cha

Teh satu ini lebih nikmat karena ada tambahan sirup atau sitrun dalam penyajiannya. Sekilas memang mirip dengan nam manao atau minuman khas Thailand yang bahan dasarnya adalah lemon. Selain ditambahkan sitrun, ada juga yang lebih menyukai tambahan madu, sehingga menjadi minuman yang menyehatkan tubuh, terutama jika kamu sedang mengalami sakit batuk.

Sitrun untuk campuran teh yuja cha bukan berasal dari sembarangan buah, melainkan dari buah limau saja. Sehingga cita rasanya mirip dengan lemon tea yang biasa kamu minum. Bagi kamu yang ingin mencoba, cukup siapkan uang sekitar Rp 120.000,00 untuk setiap 500 gram. Minuman ini mudah kamu temukan di berbagai marketplace Indonesia.

13. Makgeolli

Minuman khas korea ini hampir mirip dengan soju karena sama-sama mengandung alkohol dan terbuat dari beras atau gandum hasil proses fermentasi. Makgeolli bisa mudah kamu temukan pada warung-warung tenda karena memang sudah populer sejak zaman dahulu. Perbedaan makgeolli dengan soju adalah tidak melewati proses penyaringan sehingga berwarna putih seperti susu.

Kandungan alkohol pada makgeolli sekitar 6% hingga 8%, sehingga tidak cocok untuk kamu yang tidak suka minum minuman beralkohol.

14. Yulmu

Minuman yang satu ini memang masih asing di telinga, namun rasanya tidak kalah dengan jenis teh lain. Bahkan yulmu memiliki kadar protein jauh lebih tinggi dari pada kopi. Cara membuatnya juga sangat mudah, hanya dengan menyeduh yulmu yang masih berbentuk bubuk. Yulmu banyak tersedia dalam kemasan sachet dan mudah kamu temukan pada toko maupun swalayan Korea dengan harga yang cukup variatif.

15. Teh Krisan

Minuman khas Korea selanjutnya berasal dari bunga putih dan kuning tanaman krisan yang sudah dikeringkan kemudian direndam bersama madu selama satu bulan. Hasil rendaman tersebut selanjutnya menjadi seduhan teh. Warna tehnya sangat memukau dengan bunga krisan yang berbentuk mengembang seperti balon dalam air. 

Baca Juga:  Papeda Makanan Khas Papua yang Terbuat dari Sagu!

Teh krisan ini memiliki rasa bunga yang sangat lembut dan rasa manisnya bisa kamu peroleh dengan cara menambahkan sesendok gula. Manfaat teh krisan adalah untuk membantu kamu mengatasi flu selama berbulan-bulan saat musim dingin dan meredakan penyakit hipertensi atau darah tinggi.

16. Subak Hwachae

Minuman ini dalam bahasa inggris terkenal dengan sebutan Korean Watermelon Punch. Dari namanya tentu kamu sudah bisa menebak bahwa bahan dasarnya adalah semangka. Cara membuatnya yaitu dengan memasukkan buah semangka, nanas, melon, lemon, dan blueberry ke dalam soda yang sudah tercampur dengan es dan jus semangka.

Minuman khas Korea subak hwachae memang belum diketahui secara pasti apakah ada di Indonesia atau tidak. Namun jika ingin mencoba, kamu bisa membuatnya sendiri karena banyak resep yang bisa kamu temukan melalui Google, sehingga kamu tidak akan kesulitan.

17. Honey Citron Sparkling Iced Tea

Minuman asam ini memang banyak digemari karena rasa selai jeruk sitrunnya yang segar dan bisa membuat lidah ketagihan. Jika kamu berkunjung ke Korea, minuman teh ini menjadi hal wajib untuk kamu coba.

Namun jika ingin membuatnya sendiri, cukup sediakan selai marmalade jeruk sitrun korea, minuman sparkling water, dan tentu saja es batu sesuai selera. Bahan-bahan tersebut cukup kamu campurkan saja maka jadilah minuman honey citron yang rasanya tidak kalah dengan khas korea.

Yuk Coba Minuman Khas Korea!

Selain makanan, itulah beberapa minuman khas yang perlu kamu coba saat berkunjung ke Korea maupun dengan membuat sendiri berdasarkan resep yang kamu baca dari Google. Beberapa minuman tersebut mungkin sudah familiar di Indonesia, namun ada juga yang cukup tidak populer.

Kalau kamu pecinta Korea, tak salah untuk mencoba semua minuman khas korea dengan segala keunikan rasa dan manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan tubuh kamu. 

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, makanan Asia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.