Cara Membuat Tahu Bulat Sederhana bagi Pemula

4 min read

Cara Membuat Tahu Bulat Sederhana Bagi Pemula

Banyak sekali, mungkin kamu salah satunya, yang browsing mengenai cara membuat tahu bulat sederhana beserta resep di platform mesin pencarian seperti google hingga youtube. Agar bisa menikmati tahu bulat tanpa harus repot keluar rumah jika sewaktu-waktu ingin memakannya.

Sebab bentuknya yang unik membuat camilan ini langsung mendapat pamor tersendiri bagi penggemarnya. Camilan murah dengan toping berbagai rasa atau ada juga yang memodifikasinya dengan cara mengisi tahu tersebut.

Penjual tahu bulat menggunakan mobil dengan bak terbuka untuk mejual dagangannya. Ada yang berkeliling namun ada pula yang stay di suatu tempat. Harga dari makanan ringan ini sangat terjangkau, sehingga bisa menjangkau semua kalangan pembeli. Dari anak-anak hingga orang dewasa.

Penjual tahu bulat ini biasanya membandrol dengan harga per biji sekitar 500 perak. Maka, tidak mengherankan bukan apabila jajanan ini menyandang istilah jajanan receh.

Apa Itu Tahu Bulat?

Tahu bulat menjadi jajanan favorit dengan harga receh yang banyak memiliki peminat. Bahkan dari awal kemunculannya hingga saat ini. Bentuknya yang unik membuat banyak orang penasaran untuk membelinya. Sebab yang kebanyakan orang tahu, tahu selalu berbentuk kotak atau segitiga.

Cemilan yang memiliki bahan dasar dari kacang kedelai ini, pengolahannya menjadi tahu kopong berbentuk bulat, menggunakan moda transportasi roda empat berjenis pick up yang terbuka di bagian belakangnya.

Camilan receh ini menjadi semakin populer sejak kemunculan video gaming dengan nama sama, yaitu ‘Tahu Bulat’ pada tahun 2016. 

Mensinyalir pertama kali kemunculan tahu bulat ini ada di Bandung, Jawa Barat dan menjamur di berbagai sudut dengan berbagai saus yang masing-masing penjual memodifikasinya sendiri dengan ciri khas masing-masing.

Banyak penjual yang menjadikan tahu bulat sebagai komoditas dagang. Sebab tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Di samping itu, untuk menjual dagangan tidak membutuhkan tempat dagang atau sewa ruko. Sehingga membuatnya menjadi lebih ekonomis dari segi modal dan praktis dari segi persiapan.

Karena menggunakan moda transportasi mobil sebagai media untuk menggelar jajanan, maka dari itu bisa dengan fleksibel mencari tempat berjualan. Misal saat pagi hari, berjualan di sekitaran anak sekolah.

Baca Juga:  Cara Membuat Kentang Crispy dan Enak Seperti Fast Food

Kemudian siang hari berpindah ke daerah perkantoran yang banyak memiliki jam makan siang. Lalu, saat sore hari hingga petang bisa memilih spot yang biasa untuk tempat nongkrong.

Resep dan Bahan yang Diperlukan

Jika kamu merasa ingin makan tahu bulat namun ternyata tidak ada yang berjualan di sekitaran rumah, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bahan yang diperlukan tidaklah sulit untuk dicari, bahkan bisa kamu dapatkan di warung sayur yang jual di dekat lingkungan tempat tinggalmu. Berikut daftar bahan yang perlu kamu persiapkan. Agar bisa menikmati bersama orang serumah, resep tahu bulat ini merupakan porsi untuk 5 orang.

Bahan-bahan untuk membuat tahu bulat cukup sederhana, yaitu:

  • Tahu putih halus berjumlah 15 buah atau sekitar 700 gram
  • 3 butir telur (hanya membutuhkan kuning telurnya saja)
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sendok teh kaldu bubuk
  • 1,5 sendok teh garam
  • 1,5 sendok teh baking powder
  • 0,5 sendok teh lada putih bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Tahu Bulat

Setelah mempersiapkan bahan untuk membuat tahu bulat sederhana ini, selanjutnya adalah ke proses membuat adonan kemudian memasaknya. Berikut resep dan cara membuat tahu bulat sederhana.

Persiapan Sebelum Memasak

1. Persiapkan tempat atau wadah yang bersih dengan ukuran cukup besar agar nyaman saat menggunakannya. Lalu, tahu yang sudah siap dihancurkan hingga halus.

menghaluskan tahu

2. Untuk menghaluskannya, bisa menggunakan garpu atau tangan kosong. Pastikan tangan sudah bersih sebelum menghaluskannya.

3. Setelah tahu hancur dan halus, persiapkan kain bersih, selanjutnya taruh tahu di atas kain tersebut. Kamu bisa menggunakan kain putih seperti katun atau yang berbahan kaos. Bahan kaos lebih baik karena akan lebih mudah untuk menggunakannya karena lebih lentur.

memasukkan tahu ke kain

4. Setelah adonan tahu ditaruh di atas kain, ambil sudut-sudut kain kemudian peras hingga kandungan air di dalam tahu yang sudah halus berkurang. Ini bertujuan agar hasil gorengan tahu benar-benar menjadi tahu kopong dan hal ini juga mengurangi keasaman dari tahu tersebut.

5. Setelah itu keluarkan tahu dari kain, lalu taruh di tempat yang bersih dengan diameter yang cukup lebar.

mengeluarkan adonan tahu dari kain

6. Siapkan cobek untuk menghaluskan bahan untuk bumbu tahu. Sebaiknya gunakan cobek yang terbuat dari batu, agar hasil ulekan lebih cepat halus. Kemudian, masukkan bawang putih, garam, dan juga lada.

Baca Juga:  Cara Membuat Katsu Ala Restoran Jepang dengan Mudah

siapkan cobek dan bumbu untuk membuat tahu bulat sederhana

7. Setelah bumbu menjadi halus, campurkan hasil ulekan bumbu tersebut dengan adonan tahu. Uleni hingga bumbu tercampur merata. Tambahkan baking powder, kuning telur, dan juga kaldu bubuk.

ulek bumbu yang sudah dimasukkan

Pastikan semuanya tercampur dengan sempurna. Baking powder berfungsi untuk membuat tahu menjadi lebih mengembang dan empuk. Sedangkan kaldu bubuk untuk menambah rasa gurih dari tahu.

menambahkan tahu

8. Setelah tercampur semua bahannya, bentuk adonan berbentuk bulat. Bentuk bulatan stabil dan jangan terlalu besar. Lalu, letakkan dengan rapi di loyang atau wadah.

membentuk tahu bulat sederhana dengan bulat bulat

9. Setelah itu simpan di dalam lemari es atau kulkas selama 2 hingga 3 jam. Sebaiknya menggunakan wadah yang tertutup agar tidak terkontaminasi hal lain yang tersimpan di lemari es.

menyimpan tahu bulat di lemari es

Proses Menggoreng Tahu Bulat

1. Siapkan wajan lalu panaskan minyak secukupnya. Meski secukupnya, usahakan minyak agak banyak saat memasukkan tahu, adonan tahu bisa tenggelam sepenuhnya ke dalam minyak jadi kematangannya bisa langsung merata ke seluruh permukaannya.

panaskan minyak untuk menggoreng tahu bulat sederhana

2. Kemudian keluarkan adonan tahu dari lemari es kemudian masukkan adonan tahu yang sudah berbentuk bulat ke dalam minyak yang sudah panas tadi.

masukkan tahu bulat dari kulkas

3. Goreng hingga tahu mengembang dan berwarna kuning kecoklatan. Apabila sudah berwarna kecoklatan, angkat tahu kemudian tiriskan sampai tahu tidak terlalu berminyak.

angkat tahu bulat yang telah matang

4. Taruh di piring yang sudah ada tisu makan agar menyerap minyak dari gorengan tahu.

sajikan tahu bulat yang sudah matang

5. Sajikan panas-panas dengan cabe atau saus. Bisa juga di atas gorengan tahu bulat taburkan bubuk berbagai rasa seperti pedas manis atau pedas asin.

Resep Saus Mentega Tahu Bulat

Jika ingin saus spesial yang membuat santapan tahu bulat menjadi lebih nikmat bisa juga menambahkan saus yang cukup sederhana untuk membuatnya namun akan membuat camilan kamu menjadi lebih istimewa.

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan kecap
  • 0,5 butir bawang bombay cincang kasar memanjang
  • 0,5 sendok teh garam
  • 0,25 sendok teh lada hitam bubuk
  • 2 sendok makan margarin
  • 75 gram kacang polong
  • 1 sendok makan tepung bumbu larutkan dengan air
  • 250 ml air

Cara Membuat Saus Mentega

  1. Persiapkan wajan lalu tuang margarin kemudian masak dengan api kecil.
  2. Setelah panas tumis bawang bombay hingga berbau harum atau terlihat layu. Tambahkan garam, lada hitam bubuk, kecap, kacang polong. Aduk hingga layu kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit.
  3. Setelah mendidih dan kadar air menyusut, tambahkan tepung bumbu yang sudah melarutkannya dengan air. Aduk hingga mengental dan tercampur sempurna.
  4. Setelah itu, matikan api dan sajikan saus mentega dalam mangkuk dan siap menjadi pendamping saat menikmati camilan tahu bulat.
Baca Juga:  Aneka Resep Mi Ayam Khas Indonesia, Semua Pasti Suka!

Sudah Bisa Membuat Tahu Bulat Sendiri?

Itu tadi penjelasan mengenai cara membuat tahu bulat sederhana yang bisa menjadi camilan favorit murah meriah. Bahkan, karena pembuatan yang mudah dan tidak membutuhkan modal yang besar, tahu bulat bisa menjadi kesempatan bisnis di bidang kuliner.

Saat ini, di berbagai platform jualan online, sudah banyak yang mulai menjual produk tahu bulat instan berkemasan yang bisa langsung digoreng ketika kamu menginginkannya.

Kemudahan dalam mendapatkan bahan baku serta cara pembuatan yang cukup simpel dalam pembuatannya, membuat tahu bulat menjadi camilan yang sering menjadi andalan ketika ingin ngemil di rumah.

Dengan membuat sendiri, sudah pasti, kamu akan lebih merasa aman dari segi kebersihan, baik dari penggunaan bahan hingga cara mengolahnya. Jadi kamu tidak perlu merasa was-was ketika akan menyantapnya, sehingga akan terasa lebih nikmat ketika memakannya.

Jadi tunggu apalagi, segera nikmati cemilan murah dengan rasa tidak murahan tentunya. Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu semua yang membutuhkan ide untuk mencoba membuat cemilan tahu bulat ala rumahan. 

Selamat mencoba!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar resep makanan, bisnis kuliner, maupun franchise untuk mengembangkan bisnismu hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.