Makanan Khas India yang Terkenal, Favorit Wisatawan!

5 min read

makanan khas india

Selain terkenal akan Taj Mahal, India juga terkenal memiliki banyak makanan khas.

Jika kamu berkunjung ke sana, maka mencoba makanan khas India ini merupakan salah satu hal yang harus kamu lakukan.

Bahkan, berkat rasanya yang beragam pengalaman kulinermu akan semakin kaya!

Makanan Khas India yang Harus Dicoba

Ada banyak daftar makanan khas India yang bisa kamu coba, mulai makanan berat sampai cemilan. Beberapa makanan tersebut juga tentunya memiliki rasa yang khas.

Berikut adalah daftar makanan khas India yang harus kamu coba.

1. Biryani

Mungkin  ini merupakan makanan India yang paling terkenal di dunia. Ciri khas dari makanan ini adalah menggunakan beras basmati, yang memiliki bentuk lebih panjang dan agak kering. Makanan ini juga memiliki  rasa yang kuat, hal ini karena dalam prosesnya menggunakan banyak rempah seperti ketumbar sampai kapulaga.

Proses pembuatannya juga unik. Beras yang akan digunakan dipilih lalu dicuci dan direbus dalam panci tanpa bumbu. Setelah itu, beras yang sudah setengah masak akan dicampur dengan kaldu berbumbu, kemudian akan dibiarkan dalam panci tertutup sampai matang dan kaldu akan meresap dalam nasi. Pada penyajiannya, nasi biryani ini akan ditambahkan dengan pelengkap seperti aneka daging dan sayuran.

2. Butter Chicken

Jika kamu datang ke restoran makanan khas India, maka menu butter chicken ini akan selalu kamu temukan. Ini juga termasuk makanan India yang cukup banyak penggemarnya. Jika dari bentuk, sajian ayam mentega ini lebih terlihat seperti kare ala Jepang. Bedanya, pada menu ini kamu akan menemukan lebih banyak rempah.

3. Idli

Makanan lainnya yang juga merupakan makanan khas India adalah Idli. Makanan ini memiliki bentuk menyerupai pancake. Idli sendiri terbuat dari fermentasi lentil dan juga beras. Pada penyajiannya, makanan ini akan disajikan bersamaan dengan kari sayuran dengan rasa yang pedas.

4. Gulab Jamun

Jika kamu mencari makanan manis atau makanan untuk pencuci mulut khas India, maka Gulab Jamun adalah salah satu yang bisa kamu coba. Makanan ini sendiri memiliki rasa yang sangat manis. Gulab Jamun merupakan makanan yang terbuat dari susu dan berbentuk bulat. Nantinya, adonan susu ini akan kamu rendam dalam sirup gula untuk menambah rasa menjadi lebih manis.

5. Kathi Roll

Untuk kamu yang penggemar cemilan, India juga terkenal memiliki banyak cemilan khas yang bisa kamu coba. Kathi Roll merupakan salah satu menu cemilan yang cukup terkenal dari India. Makanan ini bahkan bisa kamu temukan dengan mudah. ini merupakan jenis makanan street food yang akan banyak kamu temukan di kaki lima.

Baca Juga:  Sistem Delivery Order Makanan: Urgensi dan Tips Untuk Pemilik Restoran

Secara sekilas, maka bentuk dari kahi roll ini akan mirip dengan kebab. Perbedaan paling mencolok adalah pada roti untuk membungkus. Pada kathi roll, maka jenis rotinya adalah  paratha, ini semacam flat bread khas dari India.

6. Papri Chaat

Cemilan lainnya yang juga cukup terkenal dari India adalah papri chaat. Ini merupakan salah satu snack yang menjadi favorit orang India. Jika kamu lihat dari bentuknya, maka adonan ini mirip dengan pangsit goreng. Nantinya, di dalamnya akan terdapat kentang rebus dan juga kacang polong. Makanan ini juga akan disiram dengan saus yoghurt sebagai pelengkap dan penambah rasa.

7. Pani Puri

Jajanan lainnya yang juga cukup terkenal dari India adalah pani puri. Jika kamu ke India, maka makanan ini akan mudah kamu temukan. Makanan ini memiliki rasa  asam manis yang khas. Secara sekilas, bentuknya, makanan khas India mirip dengan bola ubi. Yang membedakan adalah makanan ini memiliki tekstur yang lebih garing dan renyah.

Pada penyajiannya, pani puri juga menggunakan kuah yang terbuat dari cabai hijau, daun mint, jintan bubuk, daun ketumbar, jahe, gula,air asam, jeruk nipis, dan juga garam. Nantinya, pani puri akan dicelupkan ke dalam kuah ini untuk menambah rasanya.

8. Jalebi

Jalebi adalah manisan yang juga merupakan makanan yang harus kamu coba ketika ke India. Bentuknya mirip dengan pretzel. Dalam penyajiannya, maka makanan ini akan disiram dengan kuah sirup gula yang kental. Yang unik adalah makanan ini bisa dihidangkan dalam kondisi dingin maupun panas.

9. Ayam Tandoori

Untuk kamu yang menggemari makanan olahan ayam, maka kamu perlu mencoba ayam tandoori. Ini merupakan ayam panggang khas India. Proses pembuatannya juga dilakukan dengan menggunakan banyak bumbu khas India yaitu kasoori methi. Nama tandoori sendiri merupakan istilah untuk proses pembuatannya.

Pada proses ini, maka ayam dipanggang dalam oven yang sangat panas dengan temperatur mencapai 300 derajat celcius. Nantinya, ayam tersebut akan dilumuri dengan mustard, garam masala, garam, yoghurt, bubuk cabai, ketumbar, dan juga bumbu jinten.

Salah satu keunikan dari ayam tandoori adalah warnanya merah saat disajikan. Makanan ini juga memiliki rasa gurih yang khas. Makanan ini juga termasuk makanan yang menjadi favorit bagi para turis saat berkunjung ke India.

10. Dosa

Jika kamu penggemar crepe, maka dosa ini merupakan crepe khas India. Bedanya, jika umumnya crepe disajikan dengan menggunakan topping manis atau es krim maka dosa ini adalah kebalikannya. Dosa biasanya akan diisi dengan kentang. Pada penyajiannya, dosa biasanya akan dimakan bersama sambar. Sambar sendiri merupakan sejenis bubur atau sup dengan bahan dasar sayuran lentil. Makanan ini sendiri cocok untuk menu sarapan ataupun makan malam.

Baca Juga:  Rekomendasi Restoran Claypot Rice Jakarta, Lezat dan Otentik!

11. Rogan Josh

Jika berbicara tentang makanan khas India, maka mungkin akan identik dengan kari. Anggapan ini memang tidak salah. India memang memiliki banyak sekali jenis kari. Satu yang paling terkenal adalah rogan josh. Ini merupakan jenis kari yang biasanya akan disajikan dengan penggunaan daging, baik daging kambing ataupun sapi. 

12. Samosa

Cemilan lainnya yang juga cukup terkenal dari India adalah samosa. Ini merupakan makanan yang bentuknya mirip dengan pastel. Untuk isiannya, ada beberapa bahan yang biasa digunakan pada samosa ini, dari mulai daging, kentang, kacang kapri, bawang bombay, maupun ketumbar.

13. Naan

Makanan khas India lainnya yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah naan. Ini merupakan makanan sejenis roti khas India yang tentunya harus kamu coba. Roti ini sendiri terbuat dari tepung ragi sebagai bahan utamanya. Biasanya, naan ini akan menjadi makanan pendamping untuk banyak makan India lainnya. Orang India sendiri biasa menyantap naan dengan ayam tandoori atau palak paneer.

14. Tikka Masala

Satu lagi jenis kari dari India yang harus kamu coba adalah tikka masala. Ini merupakan makanan sejenis kari ayam yang cukup terkenal juga dari India. Keunikan dari makanan ini adalah bahan yang digunakan. Pada tikka masala masala, proses memasaknya akan banyak menggunakan yoghurt, cream, dan tomat. Tikka masala juga memiliki rasa kari yang sangat kuat.

15. Vada

Cemilan lain yang juga cukup terkenal dari India adalah vada. Makanan ini bisa kamu temukan dengan mudah di hampir semua wilayah India. Bentuk dari makanan ini mirip dengan donat. Jika soal rasa, maka makanan ini memiliki rasa asin dan gurih.

16. Laddu

Untuk kamu yang menggemari makanan manis, maka laddu merupakan makanan yang tidak boleh kamu lewatkan. Bentuk dari makanan ini mirip dengan bola ubi. Laddu sendiri terbuat dari campuran tepung, susu, dan juga gula. Makanan ini biasanya akan mudah kamu temukan dalam berbagai acara keagamaan.

Bahan utama dari makanan ini adalah tepung dan gula. Tepung yang digunakan sendiri merupakan tepung gandum yang kasar. Selain itu, tepung lain yang digunakan untuk bahan baku makanan ini adalah tepung kacang panjang dan juga kelapa. Nantinya, sebelum adonan tersebut dibentuk dan digoreng akan diolesi terlebih dahulu dengan mentega khas India yaitu ghee.

17. Pappadum

India juga memiliki banyak makanan pendamping yang cukup terkenal. Salah satunya adalah Pappadum. Pappadum sendiri mirip dengan kerupuk. Makanan ini juga biasa dijadikan sebagai snack.

18. Kofta

Makanan yang satu ini mungkin akan mengingatkan kamu pada bakso. Keduanya sama-sama berbentuk bola dengan isian daging. Daging yang digunakan sendiri biasanya adalah daging kambing.

19. Dhokla

Makanan khas India lainnya yang juga akan sangat mudah kamu temukan adalah dhokla. Makanan ini identik dengan makanan untuk vegetarian. Bahan yang digunakan pun cukup sederhana. Hanya membutuhkan tepung beras yang akan dicampur dengan kacang. Dhokla sendiri bisa menjadi makanan utama ataupun hanya untuk  cemilan.

Baca Juga:  12 Teknik Memasak yang Perlu Pebisnis Kuliner Tahu

20. Chloe Bhature

Untuk kamu yang mencari makanan India dengan gaya rumahan, maka makanan ini tidak bisa kamu lewatkan. Chloe Bhature merupakan makanan yang mirip dengan kari kacang. Yang unik dari makanan ini adlah dalam penyajiannya, chloe bhature ini akan disajikan dengan roti dengan rasa gurih dan garing.

Proses pembuatan makanan ii juga cukup panjang. Sebelum diolah, kacang harus direndam selama semalam. Baru setelah itu, kacang akan diberi bumbu dan dicampur dengan yoghurt.

21. Gajar Halwa

Mencari makanan manis untuk hidangan penutup, maka gajar halwa adalah salah satu makanan yang harus kamu coba. Makanan ini terbuat dari parutan wortel. Selain wortel, makanan ni juga akan dicampur dengan susu kental dengan rasa manis.

22. Kulfi

Untuk kamu yang pecinta es krim, maka es krim khas India ini juga tidak bisa kamu lewatkan. Kulfi merupakan es krim yang cocok untuk kamu makan ketika suasana panas. Kulfi sendiri terbuat dari susu yang dicampur dengan kacang.

23. Kheer

Beras juga merupakan makanan pokok untuk masyarakat India. Inilah alasan mengapa banyak makanan dari India yang menggunakan beras sebagai bahan baku utamanya, salah satunya adalah kheer. Ini merupakan dessert khas India yang terbuat dari beras dengan campuran tepung tapioka, tepung gandum, gula, dan juga susu.

Selain campuran tadi, makanan ini juga menggunakan kunyit dan kapulaga untuk membuat aroma dan rasa menjadi lebih nikmat. Hidangan ini biasanya akan disajikan sebagai pencuci mulut. Dan untuk melengkapi hidangan ini biasanya akan menggunakan topping seperti kismis, almond, atau kacang mete.

Tertarik Mencoba Makanan Khas India?

Dari semua daftar makanan khas India di atas, banyak sajian kuliner yang bisa kamu coba.

Pilihannya juga cukup banyak, dari mulai makanan berat sampai cemilan.

Tentunya, juga memiliki rasa yang beragam.

Jadi makanan khas India mana yang ingin kamu coba?


Temukan inspirasi makanan lainnya mulai dari makanan Asia, makanan Eropa hingga tips hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.