Ketahui 10 Jenis-Jenis Coklat Sebelum Menggunakannya!

3 min read

jenis jenis coklat

Coklat memang banyak tersedia di pasaran. Namun, apakah sudah tahu jenis-jenis coklat sesuai dengan kegunaanya?

Yuk, ketahui lebih lanjut! 

 Jenis-Jenis Coklat

Sebelum kamu menggunakannya, sebaiknya pelajari terlebih dahulu komponen dan jenis-jenis coklat yang akan kamu gunakan nantinya.

Tujuannya agar hasil akhirnya jadi lebih sempurna.

Berikut ini akan kami jelaskan mengenai jenis-jenis coklat untuk kamu gunakan nantinya.

1. Chocolate Paste

Perlu kamu tahu bahwa pasta coklat ini terbuat dari ekstrak coklat yang cukup kental. Biasanya, chocolate paste ini tersedia dalam bentuk cair dengan botol kemasan. 

Jenis coklat yang satu ini juga memiliki manfaat untuk menambah aroma dalam puding, cake, maupun roti. Tujuannya adalah agar adonan memiliki cita rasa coklat yang relatif kuat. 

2. Cocoa Butter

Selanjutnya adalah cocoa butter. Mentega kakao ini merupakan lemak nabati yang berwarna kuning pucat. 

Cocoa butter ini sendiri terbuat dari biji kakao yang mendapat perlakuan fermentasi. Nah, biji kakao tersebut lantas dipanggang dan dipisahkan dari biji kakaonya. 

Umumnya, jenis coklat yang satu ini biasanya sering digunakan dalam olahan es krim dan aneka olahan dessert

Untuk kamu yang suka dengan coklat, tentunya sangat wajib untuk mencoba olahan dari cocoa butter ini. 

3. Coating Chocolate

Coating chocolate atau yang biasa orang-orang kenal dengan baking imported chocolate ini merupakan varian coklat yang berguna sebagai coklat pelapis untuk olahan makanan. 

Chocolate jenis ini terbuat dari lemak nabati, gula, lesitin, vanili, dan susu. Ada berbagai produk dari coating chocolate yang terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Unsweetened chocolate atau coklat yang memiliki rasa pekat tanpa mengandung gula. 
  • Bittersweet merupakan cokelat yang memiliki rasa sedikit pahit dan sedikit mengandung gula. 
  • Semisweet merupakan jenis cokelat yang memiliki cita rasa cenderung manis. 
Baca Juga:  Sistem Delivery Order Makanan: Urgensi dan Tips Untuk Pemilik Restoran

4. Meises

Pasti kamu sudah familiar dengan varian yang satu ini. Meises atau rice chocolate ini terbuat dari bubur coklat padat atau coklat murni, minyak sawit, susu, lesitin, essence, gula, dan lemak coklat. 

Varian coklat yang satu ini memang banyak kamu temukan dan orang-orang gunakan dalam campuran pembuatan roti maupun olahan makanan manis lainnya. 

Meises sendiri memiliki bentuk yang padat dan mudah ditemukan di pasaran. Jenis coklat ini juga hadir dalam berbagai warna dan rasa yang sangat unik. 

Kategori coklat yang satu ini sangat nikmat jika kamu menambahkannya dalam olahan berbagai makanan. Mulai dari kue donat, kue pukis, martabak manis atau terang bulan, hingga roti tawar panggang. 

Selain itu, meises juga bisa kamu sajikan sebagai penghias dari minuman manis, seperti contohnya es serut. 

5. Compound Chocolate

Jenis lain yang bisa kamu jadikan sebagai bahan dasar pembuatan kue adalah compound chocolate

Compound chocolate ini juga biasa disebut dengan istilah cooking chocolate. Varian coklat yang satu ini merupakan jenis coklat yang sering orang gunakan untuk keperluan baking maupun industri pangan. 

Pada dasarnya, compound chocolate ini bisa kamu panaskan secara langsung, bahkan tanpa mengubah rasa alami dari coklat tersebut. 

Jika kamu membiarkan coklat ini dalam suhu ruangan, maka coklatnya akan mudah membeku. Kamu bisa membuat kreasi kue dengan varian coklat yang satu ini. Jangan lupa untuk menambahkan berbagai macam rasa juga untuk menambah kenikmatannya. 

Perlu kamu ketahui, bahwa jenis compound chocolate ini memiliki beberapa variasi yang berbeda, antara lain adalah:

  • Dark cooking chocolate
  • Milk cooking chocolate
  • White cooking chocolate

6. Couverture Chocolate

Couverture Chocolate bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue.

Baca Juga:  Bisnis Makanan Sehat untuk Diet yang Rupanya Menjanjikan

Varian coklat yang satu ini sering digunakan dalam pembuatan kue. Coklat ini memiliki kandungan lemak coklat atau cocoa butter yang sangat tinggi, yakni mencapai 32 hingga 40 persen. 

Kandungan lemak yang tinggi ini tentunya menjadikan jenis couverture chocolate ini memiliki kualitas yang sangat tinggi. 

Kualitas inilah yang membuat coklat jenis couverture ini lebih mahal daripada jenis coklat lainnya. Produk olahan couverture chocolate ini sangat peka terhadap suhu tinggi, sehingga akan lebih mudah untuk meleleh. 

Couverture chocolate ini tersedia dalam bentuk batangan dan banyak beredar di supermarket maupun swalayan. Beberapa variasi coklat dari jenis couverture chocolate ini antara lain adalah dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate

7. Cocoa Powder

Coklat bubuk atau cocoa butter ini merupakan jenis coklat yang biasanya tersedia dalam bentuk bubuk. Cocoa powder ini biasanya akan digunakan untuk campuran dari berbagai macam olahan makanan hingga minuman. 

Cocoa powder ini biasanya digunakan dalam campuran minuman coklat, hingga berbagai adonan kue. Apakah kamu sering mengonsumsi minuman coklat hangat atau es coklat? Nah, jenis cocoa powder inilah yang mungkin akan kamu minum dalam bentuk minuman coklat tersebut.

8. Dark Chocolate

Jenis lainnya yang perlu kamu ketahui adalah dark chocolate. Coklat yang satu ini terkenal memiliki rasa pahit yang sangat pekat. 

Dark chocolate sendiri bisa kamu bedakan menjadi dua, yakni bittersweet dan semisweet. Untuk jenis semisweet chocolate memiliki rasa yang cenderung manis, sementara bittersweet chocolate cenderung lebih pahit karena mengandung kakao 35 persen. 

9. Milk Chocolate

Coklat susu atau milk chocolate ini mengandung kakao dan susu kental manis atau bubuk susu. Pada umumnya, milk chocolate ini juga mengandung setidaknya 10 persen dari kakao, 3 persen lebih lemak mentega atau cocoa butter, dan 12 persen susu. 

Baca Juga:  Makanan Khas Thailand Halal dan Bisa Kamu Coba

Perlu kamu ketahui, bahwa milk chocolate memiliki tekstur yang lebih lembut daripada dark chocolate. Selain itu, warna coklatnya pun lebih terang dan rasa coklatnya tidak terlalu terasa. 

Namun, kamu perlu berhati-hati ketika akan membuat olahan dari milk chocolate ini. Sebab, jenis coklat yang satu ini sangat rentan terhadap suhu panas yang berlebihan. 

Karena teksturnya yang lembut, milk chocolate ini sangat cocok kamu jadikan sebagai bahan pembuatan es krim, saus coklat, atau kudapan ringan untuk camilan anak. 

10. White Chocolate

Coklat putih ini termasuk dalam kategori coklat juga. Pasalnya, coklat putih ini tidak mengandung padatan kakao. 

Namun, white chocolate ini mengandung bahan cocoa butter 20 persen dan 14 persen susu dan krim. White chocolate ini memiliki cita rasa yang manis dan lembut. 

Jenis Coklat Mana yang Ingin Kamu Gunakan?

Itulah jenis-jenis coklat yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan kue atau menu lainnya.

Jenis-jenis coklat ini perlu kamu pelajari agar tidak salah pilih untuk bahan dasar saat memasak. 

Jadi, mana yang akan kamu gunakan? 


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, resep dan juga tips hanya di fnbpreneur.id