Resep Gyoza Jepang Isi Daging Ayam, Mudah Dibuat di Rumah!

3 min read

gyoza jepang

Gyoza merupakan jenis pangsit yang berasal dari Jepang. Bahan utama pembuatan gyoza, yaitu dengan mencincang sayuran terdiri dari bawang putih, kubis, dan kucai. Proses lainnya, yaitu mencampurnya dengan hasil cincang isian daging. Kamu dapat menemukan resep gyoza baik di kedai sederhana hingga di restoran terbaik.

Masyarakat Jepang mengenal gyoza sebagai salah satu jenis makanan yang murah, meskipun kamu tetap dapat menemukan variasi gyoza dengan harga mahal. Salah satu kawasan di Negeri Sakura bernama Gyoza Town telah menghadirkan gyoza dengan berbagai olahan dan pilihan yang menarik serta cita rasa yang beragam. 

Sejarah Gyoza 

Sebelum membahas resep gyoza asli Jepang, tentunya kamu dapat mengetahui sejarah dari gyoza terlebih dahulu. Gyoza sebagai jenis pangsit, ternyata disinyalir berasal dari China. Gyoza memiliki sebutan asli ialah jiaozi. ‘Jiao’ dalam bahasa China memilik arti tanduk, karena makanan ini berwujud seperti tanduk.

Konon, Zhang Zhongjing, merupakan ahli pengobatan tradisional dari Negeri Ginseng yang menciptakan gyoza. Permulaan sejarah gyoza, yaitu terjadi saat musim dingin. Akibat dari cukup banyaknya masyarakat yang mengalami gejala kedinginan, Zhang Zhongjing menciptakan ide makanan agar suhu tubuh meningkat.

Bahan awal gyoza, yaitu menggunakan daging kambing muda dengan merica dan obat tradisional yang diisi pada sebuah lapisan tipis. Modifikasi resep gyoza terus berlanjut dan menjadi salah satu makanan wajib untuk merayakan tahun baru China. Perang Dunia II menjadi waktu atau momen perkiraan gyoza masuk ke Jepang.

Setelah tentara Jepang menginvasi China dan perang telah selesai, maka tentara Jepang melakukan modifikasi terhadap jiaozi. Modifikasi ini juga beserta pembaharuan nama menjadi gyoza.

Baca Juga:  Resep dan Cara Membuat Buras yang Enak dan Lembut

Banyak menu kedai atau restoran yang membedakan gyoza menjadi tiga jenis. Jenis gyoza dengan nama sui gyoza menyajikan santapan gyoza bersama dengan kuah kaldu ringan. Gyoza dengan nama age gyoza merupakan hasil proses memasak dengan cara deep fried, sehingga memiliki tekstur yang renyah. 

Terdapat juga gyoza yang pembuatannya melalui proses menggoreng, sehingga memiliki nama pan fried gyoza. Sebelah sisinya digoreng atau dipanggang memanfaatkan minyak wijen, sedangkan sisi lainnya dalam wajan pada kondisi terkukus.

Bahan Pelengkap Wajib dalam Sajian Gyoza

Kamu bisa menambahkan saus tiram pada resep gyoza sebagai pelengkap hidangan. Saus tiram adalah sejenis saus berwarna hitam dengan kekentalan yang mirip sirup. Rasa dari saus ini mengandung perpaduan antara asin dan manis.

Pembuatan saus tiram mengandalkan ekstrak tiram dilanjutkan proses karamelisasi menggunakan gula. Contoh lain saus yang serupa dengan saus tiram ialah saus hoisin dari China.

Kamu bisa menikmati saus tiram secara langsung atau kombinasikan dengan saus lainnya. Fungsi saus sebagai pelengkap, yaitu untuk cocolan atau dengan mencampur langsung pada bahan isian di resep gyoza. Jenis saus ini mengandung nutrisi, seperti vitamin, mineral, protein dan hampir tidak mengandung lemak. 

Hidangan sederhana ini memiliki cita rasa yang khas dari asinnya garam pada tiram serta manis gula dari hasil proses karamelisasi. Saus tiram yang saat ini beredar di tengah masyarakat merupakan saus tiram dengan kemasan botol kaca. Sehingga, memudahkan kamu dalam mengambil atau menuangkannya sesuai kebutuhan. 

Penyimpanan saus tiram, yaitu dengan memasukkannya ke dalam kulkas setelah selesai diambil isinya. Apabila penyimpanan terjadi selain di luar kulkas, dapat menyebabkan munculnya jamur pada tutup botol.

Baca Juga:  Cara Membuat Es Pisang Ijo Enak dan Lembut

Bahan pelengkap lain yang bisa kamu tambahkan pada resep gyoza asli Jepang andalanmu adalah mayones. Bahan tambahan pada sajian salad atau burger umumnya juga banyak yang menggunakan mayones. 

Mayones berasal dari bahasa Prancis Kuno, yaitu tepatnya dari kata moyeu yang memiliki arti kuning telur. Selain kuning telur, pembuatan mayones juga dengan mencampurkan cuka, minyak sayur, hingga jus lemon.

Apabila kamu ingin menaikkan berat badan, maka mayones merupakan pilihan yang baik karena kandungan kalori pada mayones cukup tinggi. Kamu bisa menambahkan mayones pada hidangan gyoza yang kamu buat. Belakangan ini juga marak bermunculan mayones dengan kandungan kadar lemak yang lebih rendah.  

Resep Gyoza Asli Jepang

Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatan gyoza khas Jepang. Beberapa hal yang kamu persiapkan dan praktekkan dengan seksama.

1. Bahan-bahan

Bahan utama:

  • 150 gr tepung terigu
  • 1 sdm tepung tapioka
  • ¼ sdt garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • 90 ml air panas yang mendidih

Bahan isian:

  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt gula pasir
  • 150 gr daging ayam, dicincang halus
  • 100 gr daging udang, dicincang kasar
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdt minyak wijen
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sdt garam

Bahan pelengkap untuk saus:

  • Saus tiram
  • Mayones

2. Cara Pembuatan

Cara membuat kulit pada resep gyoza, seperti berikut ini:

  • Ambil wadah baskom, lalu masukkan terigu, tapioka, dan garam. Aduklah dengan rata bahan-bahan tersebut. Bentuklah cekungan di tengahnya.
  • Kemudian, silahkan tuang minyak goreng beserta air panas. Air panas harus dituang dengan bertahap hingga konsistensi menjadi kalis. Aduk dengan rata juga cepat menggunakan sendok kayu. Uleni atau lumatkan adonan hingga bertekstur kalis. 

Youtube Dapur Dina

  • Diamkan dan biarkan selama kurang lebih 20 menit hingga tekstur adonan menjadi lentur hingga mudah saat dicetak.
  • Pilah dan bagi adonan menjadi 4 bagian yang berbeda. Gilinglah dan pipihkan adonan hingga menjadi tipis.
  • Bentuk dan cetak adonan tipis dengan diameter sekitar 8 cm dan berwujud bulat. Terus lakukan dalam membentuk dan mencetak hingga adonan yang tersedia habis.
  • Silahkan taburi setiap lembar kulit dengan terigu. Hal ini bertujuan agar lembar kulit tidak saling menempel.
Baca Juga:  Cara Membuat Ayam KFC Renyah dan Gurih, Ini Resep Rahasianya!

Cara membuat isian pada resep gyoza, yaitu:

  • Siapkan wadah yang lain untuk mencampur semua bahan isian dan aduklah hingga rata. Ambil sedikit adonan untuk dicicipi tingkat ketepatan rasanya.
  • Ambilah satu lembar kulit gyoza, kemudian beri isian pada bagian tengahnya hanya sebanyak 1 sdt. Tangkupkan menjadi bentuk setengah lingkaran, lipat kemudian tumpuk di sepanjang sisi.
  • Tekanlah sedikit dari bagian ujung. Lakukan dan ulangi terus hingga habis.
  • Siapkan wajan datar yang anti lengket, lalu panaskan wajan tersebut. Tuang sedikit minyak goreng pada wajan, lalu tatalah gyoza yang telah dicetak. Biarkan masak gyoza hingga sisi bawah terlihat kecoklatan.
  • Tuang air hingga mencapai kedalaman ¼ tinggi gyoza. Silahkan tutup wajan, lalu biarkan serta diamkan hingga masak dan airnya habis sehingga kulit gyoza terlihat matang dan transparan atau bening. 
  • Angkat gyoza, hidangkan saus tiram dan mayones terpisah pada piring kecil, lalu sajikan untuk menu hidangan bersama keluarga.  

Tertarik untuk Mencoba Resep Gyoza?

Setelah menyimak resep gyoza asli Jepang, tentunya kamu semakin tertarik untuk mencobanya di rumah bukan?  Jangan lupa untuk menambahkan bahan pelengkap lain, seperti irisan atau lembaran sayuran untuk nutrisi tambahan.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar resep makanan, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id