Resep Takoyaki Rumahan untuk Bisnis, Paling Cuan!

2 min read

resep takoyaki

Aneka street food tengah marak di seluruh Indonesia, salah satunya yaitu takoyaki. Banyak orang yang melirik jajanan khas Jepang ini menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Maka, tak heran resep takoyaki telah banyak beredar di internet. 

Selain resepnya, ada hal lain yang perlu untuk kamu ketahui, yaitu isian takoyaki yang beraneka ragam. Penasaran apa dan bagaimana kedua hal tersebut? Inilah pembahasan selengkapnya.

Isian untuk Membuat Resep Takoyaki Rumahan

Kamu bisa membuat resep takoyaki dengan pilihan isian, seperti berikut ini:

1. Isian dari Daging 

Ini adalah rekomendasi pertama untuk isian takoyaki jualan kamu. Daging yang sering digunakan, yaitu udang, kepiting, ayam, hingga gurita.

Agar lebih nikmat, beri bumbu pada daging-daging tersebut dan masak hingga matang. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan pembusukan yang terjadi pada bahan-bahan mentah tersebut.

Pastikan daging tersebut telah kamu potong dan simpan pada tempat yang kedap udara. Demi mengurangi proses pembusukan akibat bakteri yang masuk.

2. Olahan Susu

Beragam jenis keju dapat kamu gunakan untuk isian takoyaki. Namun, yang lebih sering adalah keju jenis cheddar dan mozarella.

Penggunaan kedua jenis keju tersebut menyesuaikan kebutuhan. Jika kamu hanya membutuhkan rasa gurih, cheddar adalah pilihan yang tepat. Jika ingin memberikan kesan “molor”, mozarella adalah solusinya. 

3. Isian Takoyaki Vegan

Seperti namanya, takoyaki ini berisikan aneka sayuran. Eits, tidak semua sayuran bisa kamu jadikan isi dari takoyaki. Wortel dan buncis adalah jenis sayuran yang bisa kamu gunakan. Selain murah, kedua sayuran ini mudah untuk ditemukan.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Membuat Hot Dog Sosis yang Sederhana dan Enak?

Setelah mempertimbangkan dua keunggulan tersebut, resep takoyaki yang akan kamu hasilkan akan jauh lebih hemat. Oleh karena itu, kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar.

4. Frozen Food

Ini adalah pilihan yang paling banyak untuk isian takoyaki. Beraneka jenis olahan ikan bahkan daging bisa kamu temukan berupa frozen food.

Beberapa contoh frozen food yang banyak menjadi pilihan adalah berbagai aneka sosis, otak-otak, pentol, dan lain sebagainya. Memilih frozen food sebagai isian resep takoyaki rumahan adalah pilihan yang tepat. Karena tidak mudah busuk dan mudah kamu temukan di supermarket terdekat.

Resep Takoyaki Sederhana untuk Jualan

Artikel ini akan memberikan tutorial membuat resep untuk takoyaki yang sangat sederhana. Tidak memerlukan bahan yang mahal, kamu cukup menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan. Berikut daftar bahan, peralatan, dan cara pengolahannya:

1. Siapkan Peralatan dan Bahan

Peralatan yang wajib kamu siapkan, antara lain kompor, cetakan takoyaki, tusuk sate, botol saos, saringan, baskom kecil, dan sendok.

Agar lebih irit, kamu bisa memanfaatkan peralatan masak yang kamu miliki. Jika kamu tidak memiliki tusuk sate, kamu dapat menggantinya dengan garpu yang telah dimodifikasi. Selain itu, jika tidak memiliki botol saos, kamu bisa memanfaatkan baskom dan sendok sayur untuk mengambil adonan takoyaki.

Youtube makan di Rumah

Setelah memastikan peralatan sudah lengkap, barulah siapkan bahan-bahan untuk adonan takoyaki, seperti berikut:

  • 250 gram tepung terigu
  • 2 bungkus penyedap rasa (sapi, ayam, jamur)
  • 1 butir telur ayam
  • ½ sdt garam
  • 1 gelas air atau secukupnya
  • Secukupnya katsuobushi (ikan cakalang asap), daun bawang, merica bubuk, MSG (jika perlu), saos sambal, mayonaise, dan isian takoyaki.

2. Campurkan Semua Bahan

Siapkan baskom sebagai bahan untuk mencampurkan adonan takoyaki. Setelah itu, siapkan bahan-bahan untuk adonan, seperti tepung terigu, penyedap rasa, garam dan air.

Baca Juga:  Peluang Usaha Bisnis Gado-Gado dan Berapa Modalnya

Kelima bahan tersebut diaduk hingga rata. Pastikan langkah resep takoyaki ini telah tercampur rata dengan tekstur yang sesuai untuk adonan takoyaki.

Youtube makan di Rumah

Setelah tercampur dengan baik, masukan telur dengan jumlah yang menyesuaikan adonan. Aduk kembali adonan hingga lembut.

Agar rasa lebih nikmat, berikan potongan daun bawang setelah adonan tercampur. Karena, daun bawang dapat menambah rasa yang segar saat memakannya.

3. Saring Adonan

Ketika mengaduk adonan, kamu kerap menemukan tepung yang menggumpal. Adanya gumpalan tersebut akan mengganggu rasa dari takoyaki. Oleh karena itu, kamu perlu menghancurkan tepung yang menggumpal dengan bantuan saringan dan baskom kecil.

Tuang adonan secara perlahan dan tekan-tekan agar tepung yang menggumpal akan larut. Kemudian, aduk kembali untuk menghasilkan adonan yang tercampur rata. Setelah itu, tuangkan adonan pada botol saos atau baskom kecil beserta sendok sayur.

Demi mempersingkat waktu, kamu bisa mulai untuk memanaskan cetakan takoyaki. Lumuri cetakan dengan minyak goreng dan gunakan api sedang.

4. Mulai Membuat Takoyaki

Tidak perlu menuangkan adonan terlalu penuh. Ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam membalik adonan sehingga tidak tumpah.

Ketika adonan bagian bawah telah mengeras, kamu bisa masukan isian sesuai selera dan tunggu beberapa saat. Setelah itu, posisikan adonan yang telah mengeras pada bagian luar dengan bantuan tusuk sate atau garpu yang telah di modifikasi.

Cara ini juga dapat menjadi kunci sukses dari kelezatan resep takoyaki. Jika terburu-buru, kamu akan menghasilkan adonan yang mentah dan tidak enak untuk dimakan. Jangan lupa untuk putar-putar takoyaki agar matang secara merata.

Setelah berwarna kecoklatan, angkat takoyaki dan siap untuk disajikan. Supaya menambah kenikmatan takoyaki, berikan mayonaise dan saos sesuai selera. Setelah itu, taburkan katsuobushi agar terlihat takoyaki, seperti asli Jepang.

Baca Juga:  Resep Kue Nastar Lembut dan Mudah Dibuat, Cocok Untuk Jualan

Mudahnya Menerapkan Resep Takoyaki untuk Jualan

Sejalan dengan cara pembuatannya, takoyaki juga mudah meraup keuntungan. Karena bahan yang mudah didapat dengan beragam jenis isian, takoyaki menjadi makanan ringan yang banyak peminatnya.

Maka dari itu, mulailah menerapkan resep takoyaki rumahan ini untuk jualan. Keuntungan yang besar telah menanti kamu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis maknanan, bisnis minuman, hingga resep hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.