Cara Membuat Wedang Uwuh Sederhana dengan Mudah

2 min read

Cara Membuat Wedang Uwuh Sederhana dengan Mudah

Pernahkah kamu mencoba nikmatnya khasiat serta cara membuat wedang uwuh? Selain cocok sebagai teman minum saat musim hujan, minuman tradisional asal Yogyakarta ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Itu karena bahan-bahannya terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah tradisional Indonesia.

Minuman khas ini sudah ada sejak lama dan semakin diminati masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh, terutama semenjak pandemi virus Covid-19 mewabah. Nah, penasaran apa saja khasiat beserta resep dan cara membuat wedang uwuh? Langsung saja simak artikel ini sampai akhir!

Khasiat Wedang Uwuh

Hal yang tak kalah penting untuk kamu ketahui sebelum membahas tentang cara membuat wedang uwuh adalah khasiat minuman ini. Dalam bahasa Jawa, wedang memiliki arti ‘minuman’, sedangkan uwuh artinya ‘sampah’. 

Yang dimaksud dengan sampah adalah bahwa minuman ini terbuat dari campuran bahan rempah-rempah yang membuat tampilannya mirip ‘sampah’. Meskipun begitu, ternyata minuman tradisional ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Apa saja khasiatnya? Berikut ini penjelasannya:

1. Sebagai Antioksidan

Seperti yang kamu tahu bahwa antioksidan sangat penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Nah, dalam minuman ini terdapat beberapa bahan atau rempah yang kaya akan antioksidan, misalnya serai dan cengkeh. Oleh sebab itulah, rutin minum wedang uwuh dapat menurunkan risiko tubuh terkena berbagai macam penyakit kronis.

Baca Juga:  Rekomendasi Hidangan Mie Sumatra Lezat Lengkap dengan Resepnya

2. Meredakan Batuk dan Pilek

Khasiat selanjutnya adalah mampu meredakan batuk dan pilek yang sangat rentan menjangkiti tubuh akibat cuaca dingin. Akan tetapi, kamu dapat mengonsumsinya sebagai minuman herbal pengganti obat-obatan kimia untuk meringankan gejala batuk dan pilek.

Itu karena dalam minuman khas ini terdapat gula batu yang dipercaya efektif untuk meringankan batuk dan meluruhkan lendir di tenggorokan. Tak hanya itu, kandungan jahe merah dalam minuman ini juga sangat bagus untuk dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

3. Sebagai Anti Inflamasi

Salah satu alasan mengapa kamu harus tahu bagaimana cara membuat wedang uwuh adalah khasiatnya sebagai anti inflamasi yang baik untuk mencegah peradangan. Mengonsumsinya secara teratur sangat baik untuk meminimalisir terjadinya infeksi serta memperbaiki kerusakan jaringan akibat penyakit berbahaya dalam tubuh.

Sumber anti inflamasi ini berasal dari rempah kayu manis dan kapulaga. Kedua bahan ini punya sifat anti peradangan yang sangat kuat sehingga mampu melindungi sel dari kerusakan akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi zat karbohidrat dan lemak. 

4. Sebagai Anti Mikroba

Bahan sereh dalam minuman ini terbukti berkhasiat sebagai anti mikroba yang membantu dalam melawan bakteri penyebab infeksi mulut dan gigi berlubang. Selain itu, ada sari rempah kayu secang yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi kulit, infeksi sendi, hingga keracunan makanan. 

5. Menyehatkan Jantung

Rebusan aneka rempah-rempah tradisional Indonesia dalam minuman ini, terutama kayu secang dan kayu manis, terbukti mampu menjaga kesehatan jantung kamu. Pasalnya, kayu secang yang berpigmen merah punya efek yang bagus untuk menyehatkan jantung.

Penelitian lain membuktikan bahwa konsumsi kayu manis secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Itu karena kayu manis mampu menekan tingkat LDL atau kolesterol jahat dan trigliserida yang menjadi penyebab utama gangguan pada jantung.

Baca Juga:  Cara Membuat Es Leci Yakult Nikmat, Mudah Banget!

Resep Wedang Uwuh

Selanjutnya, kamu juga harus tahu resep wedang uwuh yang simpel, nikmat, dan dijamin berkhasiat. Inilah resep bahan yang patut kamu praktekkan di rumah:

Langkah pertama untuk resep atau cara membuat wedang uwuh tentu saja menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Di antaranya:

  • 200 gram jahe 
  • 1 ruas jari kencur
  • 4 butir cengkeh 
  • 5 cm kayu manis
  • 2 batang serai yang dimemarkan
  • 3 lembar daun pala
  • 2 lembar daun pandan
  • 1.000 ml air
  • Gula batu sesuai selera
  • 10 gram kayu secang kering
  • 4 buah kapulaga

Cara Membuat Wedang Uwuh

Setelah menyiapkan bahan-bahan, selanjutnya artikel ini akan membahas mengenai cara membuat wedang uwuh yang sederhana dan mudah yang dirangkum dari Youtube Domo Bramantyo . Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Geprek Batang Serai dan Jahe

cara membuat wedang uwuh adalah dengan geprek serai dan jahe

Sebelum merebus rempah-rempah, pertama-tama geprek dahulu batang serai dan jahe yang tadi sudah disiapkan. Tujuannya adalah supaya aroma serai dan jahe lebih keluar saat proses perebusan.

2. Iris Kencur dan Memarkan Kapulaga

iris kencur dan memarkan kapulaga

Berikutnya, iris-iris kencur lalu memarkan buah kapulaga. Ini dilakukan agar sari dari kedua bahan tersebut bisa lebih larut ketika direbus.

3. Rebus Bahan-Bahan

rebus bahan untuk membuat wedang uwuh

Kemudian, rebus bahan rempah-rempah dengan 1.000 ml air, seperti jahe, cengkeh, kapulaga, batang serai, daun pandan, daun pala, kayu manis, kencur, gula batu, dan kayu secang kering. Rebus hingga mendidih, harum, dan air rebusan berubah warna menjadi kemerahan yang menandakan keluarnya pigmen merah dari kayu secang.

4. Sajikan Wedang Uwuh

sajikan wedang uwuh

Apabila rebusan rempah-rempah sudah mendidih dan mengeluarkan aroma khas, maka wedang uwuh pun siap disajikan. Minuman tradisional ini paling cocok dinikmati saat masih hangat, apalagi saat cuaca dingin di musim hujan seperti sekarang.

Baca Juga:  Kumpulan Jenis dan Resep Nasi Goreng Enak dan Spesial

Tertarik Mencoba Resep dan Cara Membuat Wedang Uwuh?

Nah, itulah artikel tentang khasiat, resep, serta cara membuat wedang uwuh yang bisa kamu praktekkan di rumah. Selain proses pembuatannya yang mudah, bahan-bahannya juga relatif mudah ditemukan. Konsumsi secara rutin dan rasakan sendiri manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh kamu!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar resep minuman dan makanan, strategi bisnis kuliner, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.