7 Jenis Kemasan Makanan yang Cocok untuk Bisnis Kulinermu

4 min read

jenis kemasan bisnis kuliner (1)

Setiap makanan harus memiliki kemasan yang sesuai, sebab kemasan merupakan salah satu peran penting untuk melindungi makanan dari hal yang bisa merusaknya. Misalnya seperti debu, kotoran, maupun hal negatif lainnya. Oleh karena itu, memilih jenis kemasan bisnis kuliner perlu kamu perhatikan secara detail. Memilih kemasan juga harus sesuai dengan makanan yang ada di dalamnya, sebab agar tidak terlihat aneh.

Jangan lupa untuk memastikan daya tahan kemasan, apakah bisa memuat isi makanan dengan benar. Kamu harus memperhatikan kemasan yang memiliki daya tahan awet, tidak tumpah, dan memiliki bentuk menarik. Hal ini bertujuan untuk membuat calon pelanggan merasa nyaman ketika memesan makanan yang kamu jual.

Jenis Kemasan Bisnis Kuliner

Untuk memuaskan para pelanggan, maka kamu juga harus memberikan packaging yang menarik dengan desain menakjubkan. Jika kamu masih merasa bingung ingin menggunakan desain apa untuk bisnis kuliner kamu, maka berikut referensi kemasan makanan yang bisa kamu contoh!

1. Kemasan Snack Box

jenis kemasan snack box untuk bisnis kuliner

Jika kamu adalah pelaku usaha makanan ringan, misalnya dessert, buah-buahan, roti, dan makanan jenis lainnya. Maka kemasan ini sangat cocok digunakan sebagai packaging untuk bisnis kamu!

Jenis kemasan seperti snack box juga sering digunakan dalam acara, misalnya tahlilan, seminar, dan acara sejenisnya. Kamu bisa mengisi snack box dengan makanan jualan kamu, jajanan pasar, maupun makanan ringan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Kemasan Paper Bowl

kemasan paper bowl untuk bisnis kuliner

Kemasan yang berjenis paper bowl sangat cocok kamu gunakan sebagai packaging untuk makanan yang berkuah. Misalnya seperti rice box, mie ayam, bakso, bakmi, dan makanan lainnya.

Kemasan ini memiliki bentuk bulat dan akan memberikan kesan yang unik dalam isi makanan. Apalagi kamu juga bisa menggunakan desain dan warna yang beragam, jadi pelanggan akan sangat tertarik dengan makanan yang kamu jual.

3. Kemasan Muffin Box

kemasan muffin box

Jika kamu memiliki toko atau bisnis rumahan kue, berarti kemasan ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Sebab, kemasan ini berbeda dengan kemasan lainnya. 

Di dalam kemasan akan terdapat lubang yang bertujuan untuk menaruh cupcakes buatan kamu, hal ini agar cupcakes memiliki pembatas sehingga tidak bercampur satu sama lain dan terlihat lebih rapi.

4. Kemasan Pizza Box

jenis kemasan pizza box untuk bisnis kuliner

Kemasan box untuk pizza sudah tidak asing dikalangan masyarakat, sebab kemasan tersebut dapat menyesuaikan diameter pada loyang pizza. 

Sehingga hal itu dapat membuat pizza tidak akan terlihat kecil maupun sempit. Apalagi kamu juga bisa membuat desain luar box secara luas, jadi kemasan ini akan terlihat lebih menarik.

Kemasan ini sangat cocok kamu gunakan untuk membungkus pizza agar tetap hangat dan dapat menggugah selera pelanggan.

5. Kemasan Paper

kemasan paper

Kemasan paper ini memiliki penyebutan food to go, mengapa demikian? Sebab kemasan ini terkesan sederhana untuk menjadi packaging makanan yang pelanggan pesan.

Paper packaging hanya akan menggunakan kantong kertas sebagai kemasan makanan, kemasan ini bisa kamu gunakan untuk membungkus makanan bertipe junk food seperti kentang goreng, burger, atau sejenisnya.

Karena kemasan ini lebih sering digunakan untuk membungkus fast food, maka bahan kertas dari kemasan juga harus memiliki daya tahan dan anti terhadap minyak maupun air.

6. Kemasan Lunch Box

kemasan bisnis kuliner berjenis lunch box

Jika kamu memiliki bisnis kuliner yang berjenis bento, maka kemasan satu ini sangat cocok untuk kamu gunakan.

Dengan menggunakan kemasan ini, makanan bento yang kamu jual akan memiliki pembatas untuk membagi setiap makanan agar tidak bercampur satu sama lain. Jenis kemasan ini pun mudah dan aman untuk dibawa oleh pelanggan.

Kamu bisa mulai berjualan bento dengan paket berisi nasi dan berbagai lauk. Misalnya seperti nasi dengan ayam dan salad, atau nasi dengan lauk pauk lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membuat desain yang unik agar pelanggan semakin tertarik dengan makanan yang kamu jual tersebut.

7. Kemasan Food Pail

kemasan food pail

Food pail adalah jenis kemasan yang cocok untuk kamu gunakan dalam membungkus noodle box dan rice box. Dilengkapi dengan sumpit, pelanggan akan lebih mudah dalam menyantap makanannya, baik itu pada perjalanan tertentu maupun makan di rumah.

Pastikan untuk membuat desain food pail yang kreatif dan juga unik, misalnya menggunakan warna cerah orange dan jangan lupa cantumkan logo bisnis kamu. Kemudian cetak food pail sesuai pilihan kamu dan pastikan mencetaknya dalam jumlah yang tidak sedikit ya guys!

Tips Memilih Kemasan Bisnis Kuliner

Dalam memilih jenis kemasan, kamu juga harus memperhatikan banyak poin. Sebab, jika salah dalam memilih bisa berdampak pada makanan yang kamu jual. Alhasil bisnis kamu pun muncul permasalahan dan berisiko hancur, jika pelanggan sudah tidak menaruh minat dan terlanjur kecewa.

Maka dari itu, berikut beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan dalam memilih kemasan :

1. Pilih Kemasan yang Sesuai dengan Isi Makanan

Makanan akan memiliki kemasan masing-masing dengan jenis yang berbeda, misalnya saja makanan ringan seperti kerupuk yang sering menggunakan plastik dengan udara khusus yang tersedia. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga krupuk agar tetap terasa gurih dan tidak gampang rusak. 

Baca Juga: Pentingnya Box Delivery untuk Mengantar Makanan

Sedangkan kue yang biasanya menggunakan kemasan kotak karton, agar membuat kue tidak mudah jatuh. Oleh sebab itu, pastikan memilih kemasan yang sesuai dengan makanan didalamnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan kesan yang serasi dan tidak terlihat aneh.

Apalagi dengan daya tahan yang kemasan miliki masing-masing, jadi kamu harus menyesuaikan kemasan dengan jenis makanan yang nantinya akan diisi.

2. Pilih Fitur dengan Ketepatan yang Sempurna

Sejatinya, tips kedua masih ada kaitannya dengan yang pertama. Jadi kamu harus menentukan jenis kemasan yang memiliki fitur sesuai dengan makanan yang akan kamu jual.

Setiap jenis makanan akan memerlukan fitur yang berbeda-beda dalam penjagaan keadaan yang baik. Jadi hal ini sangat penting untuk kamu pahami, pastikan kamu sudah mengerti mengenai karakteristik produk makanan yang akan kamu jual. Dengan demikian, memilih suatu jenis packaging akan menjadi lebih mudah.

Contohnya, jika kamu menjual produk makanan yang berbasis beku seperti bakso aci frozen maupun makanan beku lainnya, maka kemasan yang cocok dan paling tepat adalah dengan menggunakan kemasan jenis vakum. 

Sebab jenis kemasan ini tidak mengandung udara, sehingga frozen food pun tidak akan terkena udara luar, jadi hal ini akan membantu makanan untuk memperpanjang masa kadaluarsa dan tidak mudah busuk.

3. Menggunakan Material yang Benar

Setelah karakteristik produk makanan yang akan kamu jual berhasil dipahami, maka selanjutnya adalah pilih material bahan kemasan yang benar. Bahan dalam pembuatan kemasan memiliki banyak sekali ragamnya, antara lain meliputi plastik, kaca, kertas, dan jenis bahan lainnya.

Material adalah salah satu pertimbangan yang harus kamu perhatikan dalam memilih kemasan, sebab ini berkaitan dengan seberapa mampu kemasan dalam melindungi makanan.

Misalnya saja, jika kamu ingin menjual keripik singkong, maka pilihlah jenis kemasan yang anti udara dan air agar keripik tidak mudah melempem. Namun kamu juga harus memperhatikan biaya kemasan, jika ingin memilih materialnya. Jika lebih ingin mudah dan tidak ribet, gunakan catatan pengeluaran kemasan.

4. Pilih Kemasan yang Kedap Udara

Salah satu penyebab dari kerusakan makanan adalah udara. Sebab udara memiliki kandungan bakteri dan debu yang banyak, jadi hal inilah yang bisa merusak makanan dan membuatnya menjadi mudah basi. Selain itu, bakteri dan debu yang terbawa oleh udara juga akan mengakibatkan kesehatan terancam.

Maka dari itu, kamu perlu untuk memastikan apakah kemasan yang kamu akan kamu gunakan sudah kedap udara atau belum. Hal ini bertujuan untuk mencegah masuknya udara ke dalam kemasan. Selain itu, kemasan yang kedap udara juga dapat membuat makanan berumur panjang.

5. Pilih Kemasan yang Kedap Air

Selain udara, ternyata air juga termasuk musuh makanan. Jika makanan terkena air, maka kualitasnya juga akan ikut menurun. Apalagi jenis makanan kering, hal ini akan mengakibatkan tekstur menjadi lebih layu dari aslinya.

Oleh karena itu, kamu juga perlu memilih kemasan yang memiliki bahan tahan air. Salah satunya adalah plastik. Lain halnya jika kamu menggunakan kemasan bahan kertas, maka pastikan memilih jenis kertas yang mempunyai lapisan bahan tahan air.

Sudah Tahu Kemasan Bisnis Kuliner yang Cocok?

Melihat ulasan di atas, apakah kamu sudah menentukan mau memakai jenis kemasan bisnis kuliner apa? Yang terpenting jangan lupa untuk sesuaikan dengan produk makanan yang akan kamu jual ya!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips bisnis kuliner untuk mengembangkan bisnis F&B mu hanya di fnbpreneur.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *