Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan, Sangat Berlimpah!

3 min read

manfaat-buah-melon-untuk-kesehatan

Buah melon memiliki manfaat yang berlimpah untuk kesehatan. Selain itu, rasanya yang enak dan menyegarkan serta mudah diolah, membuat tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya.

Kandungan gizi pada buah melon menyebabkan buah yang satu ini kaya akan manfaat. Yuk, cari tahu apa saja kandungan buah melon dan manfaatnya untuk kesehatan!


Kandungan Gizi Pada Buah Melon

Buah melon memiliki kandungan air yang tinggi dengan kandungan gizi lebih beragam dibandingkan buah lainnya. Apabila mengonsumsi sepotong buah melon dengan berat 100 gram, kamu akan mendapatkan kandungan gizi, yaitu:

  • 0,5 gram protein 
  • 9 gram karbohidrat
  • 0,15 gram lemak
  • energi 36 kkal
  • 9 gram serat.

Di samping itu, terdapat pula kandungan vitamin, yaitu: 

  • 0, 04 mg vitamin B1 (thiamin)
  • 0,01 vitamin B2 (riboflavin)
  • 0,16 mg vitamin B5 (asam pantotenat)
  • 0,4 mg vitamin B3 (niasin)
  • 0,09 mg vitamin B6
  • 18 mg vitamin C.

Tidak cukup sampai di situ, masih ada juga kandungan gizi yang lainnya, seperti 

  • 6 mg kalsium
  • 0,17 mg besi
  • 11 mg fosfor
  • 228 mg kalium
  • 18 mg natrium
  • 0,09 mg zinc.

13 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan

Berikut 13 manfaat buah melon untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui, yaitu:

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah melon pertama adalah mampu menurunkan berat badan. Jika kamu ingin diet sehat, cobalah untuk mengonsumsi melon. Sebab, buah melon kaya akan serat sehingga bisa memberikan rasa kenyang setelah mengonsumsinya. 

Selain itu, kandungan kalori yang rendah membuat buah dengan daging lembut ini menjadi opsi terbaik untuk yang ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga:  10 Makanan yang Cocok untuk Sahur Agar Kuat Puasa

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kesehatan kulit sangat penting untuk kamu jaga. Nah, kamu bisa memanfaatkan buah melon agar kesehatan kulit tetap terjaga. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah melon dapat membantu memproduksi kolagen yaitu zat yang mampu mempercepat terangkatnya sel-sel mati dan proses regenerasi kulit.

Sehingga, mengonsumsi buah melon merupakan langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh. Terutama untuk menjaga agar kulit tetap bersih, sehat, dan berkilau.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah melon untuk kesehatan ketiga adalah bisa mencegah penyakit jantung. Perlu kamu ketahui, salah satu penyebab penyakit jantung adalah karena adanya pembekuan sel darah merah.

Maka dari itu, kamu bisa menikmati buah melon sekaligus mencegah datangnya penyakit. Karena melon mampu mencegah pembekuan sel darah merah tersebut.

4. Memelihara Kesehatan Mata

Memiliki mata yang sangat merupakan impian setiap orang. Kandungan vitamin A pada buah melon dapat membantu kamu untuk memelihara kesehatan mata. Sehingga, mata dapat terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan sekitar, sinar matahar, dan bertambahnya usia.

5. Baik untuk Ibu Hamil

Selain dapat memelihara kesehatan mata, buah melon juga baik untuk ibu hamil. Saat mengandung janin, ibu hamil membutuhkan mineral dan asupan vitamin lebih banyak. 

Kandungan gizi yang terdapat pada buah melon sangat berguna bagi kehamilan. Di antaranya, yaitu vitamin C yang dapat menguatkan daya tahan tubuh. Lalu, vitamin B6 yang membantu pertumbuhan tulang belakang pada janin, serta kalium yang akan meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

6. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya. Seperti asma, diabetes melitus, kanker paru-paru, kanker payudara, hipertensi, katarak, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kamu perlu melawan radikal bebas agar terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi melon. Karena buah melon dapat berperan sebagai antioksidan yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas.

Baca Juga:  9 Manfaat Aplikasi Kasir untuk Bisnis Makanan dan Minuman

7. Mencegah Kanker

Manfaat buah melon untuk kesehatan berikutnya, yaitu dapat mencegah kanker. Seperti yang sudah kamu ketahui, melon dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Sehingga, dengan rutin mengonsumsi melon dapat membantu kamu terhindari dari penyakit kanker terutama kanker prostat dan payudara. 

8. Menyeimbangkan Gula Darah

Memiliki gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian saraf. Sehingga, bisa menghambat kamu dalam beraktivitas seperti mati rasa pada bagian kaki dan tangan serta merasakan sensasi kesemutan yang luar biasa.

Kamu dapat mengontrol gula darah dengan rajin mengonsumsi melon. Sehingga, gula darah bisa seimbang dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

9. Membantu Memperbaiki Mood

Apabila kamu sering mengalami perubahan emosi yang mendadak, hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan. Misalnya, memperburuk proses pencernaan dan kondisi kesehatan jantung. Oleh karena itu, kamu harus menjaga mood agar stabil.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah melon. Karena buah melon mengandung vitamin B6 yang dapat memicu tumbuhnya hormon serotonin. Sehingga, bisa membantu menaikkan mood menjadi lebih baik.

10. Mengatasi Gangguan Tidur

Manfaat buah melon untuk kesehatan lainnya, yaitu dapat mengatasi gangguan tidur. Jika kamu sering mengalami tidur yang tak nyenyak atau bahkan insomnia, segera atasi dengan mengonsumsi melon.

Karena dengan kandungan vitamin B6, melon mampu menghasilkan hormon melatonin yang dapat mengatasi gangguan tidur. Sehingga, tubuh kamu akan terasa lebih segar saat bangun tidur dan siap untuk beraktivitas. 

11. Mencegah Infeksi

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah melon mampu mencegah infeksi. Pasalnya, perpindahan sel-sel imun ke area yang terkena infeksi dapat dipercepat. Selain itu, bisa juga merangsang sel-sel untuk memakan bakteri.

Supaya sistem kekebalan tubuh kamu tetap kuat dan terlindungi dari bakteri kuman yang berbahaya, sebaiknya konsumsi buah melon dengan cukup. Sehingga, kesehatan kamu akan tetap terjaga.

12. Memperlancar Proses Pencernaan

Apabila proses pencernaan terganggu, pasti akan terasa sangat tidak nyaman. Kamu bisa memperlancarkan proses pencernaan dengan memperbanyak konsumsi  buah dan sayur, termasuk buah melon.

Baca Juga:  Tips Menentukan Nama Produk Makanan dan Minuman dengan Mudah

Jika kamu memiliki sistem pencernaan yang baik, tentu dapat menghambat munculnya racun dalam tubuh. Selain itu, melon juga bisa membantu kamu dalam mengatasi sembelit. Karena itu, tak ada salahnya untuk terus mengonsumsi buah melon secara rutin.

13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat buah melon untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C pada melon akan membantu kamu dalam mencegah munculnya infeksi di saluran pernapasan. Selain itu, vitamin C tersebut juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh supaya lebih kuat. 


Manfaat Buah Melon Apa yang Paling Kamu Butuhkan?

Demikian informasi mengenai 13 manfaat buah melon untuk kesehatan yang harus kamu ketahui, mulai dari menurunkan berat badan hingga meningkatkan metabolisme tubuh. Nah, kamu dapat menikmati buah melon secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus yang segar.

Asalkan kamu rutin mengonsumsi buah melon, kesehatan pasti akan tetap terjaga. Sehingga, kamu bisa hidup lebih sehat dan dapat terbebas dari berbagai penyakit berbahaya serta mematikan. 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.