Resep Kembang Tahu Kuah Jahe, Enak dan Menyehatkan!

3 min read

Resep Kembang Tahu Kuah Jahe

Saat musim hujan tiba, resep kembang tahu kuah jahe sangat diminati.

Supaya badan tetap sehat dan tidak gampang drop, sebaiknya kamu mengonsumsinya.

Berikut kami bagikan  resep kembang tahu kuah jahe jika ingin lebih hemat dan menyehatkan badan.

Sejarah Kembang Tahu

Kamu mungkin mengira minuman hangat kembang tahu ini asli dari Indonesia, bukan? Ternyata, wedang kembang tahu atau tahwa berasal dari China dan orang Tionghoa sendirilah yang mengenalkannya. 

Wedang ini sangat unik karena menggunakan bunga tahu sebagai isiannya. Tekstur bunga tahu tersebut agak padat dan lembut, sehingga dapat mengenyangkan. Wedang tahwa dapat menghangatkan badan, karena menggunakan kuah jahe. Minuman yang disajikan dalam kondisi hangat ini juga memiliki rasa kuah yang manis.

Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Kembang Tahu

Jika ingin membuat kembang tahu sendiri, kamu wajib menyiapkan kacang kedelai. Kamu bisa membelinya di pasar atau bahkan marketplace online, seperti Tokopedia

Kacang kedelai akan diproses menjadi susu dan selanjutnya diolah menjadi kembang tahu. Sebelum mencoba resep kembang tahu kuah jahe, kamu bisa menyiapkan bahan dan mengikuti panduan pembuatan kembang tahu berikut lebih dulu:

Cara membuat susu kedelai:

  • Siapkan kacang kedelai secukupnya kemudian rendam semalaman agar kulitnya mudah mengelupas.
  • Apabila kacang mulai membesar, maka pisahkan semua kulit dan bilas hingga benar-benar bersih.
  • Hancurkan kacang kedelai yang sudah bersih menggunakan blender. Pastikan untuk menambahkan air bersih saat proses blender agar hasilnya bisa halus maksimal.
  • Saring sari kedelai menggunakan saringan rapat agar bebas dari ampas.
  • Rebus susu kedelai menggunakan api kecil untuk mendapatkan kematangan yang sempurna.
Baca Juga:  6 Minuman Khas Lebaran, Wajib Ada di Meja Makan!

Resep untuk membuat isian kembang tahu kuah jahe:

  • Gunakan 750 ml susu kedelai yang sudah kamu buat dan tambahkan 1 sdm agar-agar tawar, sejumput garam, dan gula secukupnya.
  • Pertama, masak 750 ml susu kedelai dan masukkan satu bungkus agar-agar. Supaya agar-agar tidak menggumpal, aduk-aduk terus saat memasukkannya.
  • Selanjutnya, tambahkan garam dan gula, kemudian masak hingga matang dan mendidih.
  • Proses memasak sebaiknya menggunakan api kecil agar tidak meluber dan memberikan citarasa yang lebih nikmat.
  • Apabila sudah matang, matikan api dan segera tuang kedalam cetakan atau wadah. Diamkan hingga kembang tahu dingin dan memadat.

Resep Kembang Tahu Kuah Jahe

Nah, setelah mengetahui cara membuat kembang tahu, kamu bisa membuat wedang hangat ini dengan menambahkan kuah jahe yang khas. Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya:

Bahan kuah:

  • 750 ml air bersih
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
  • 2 batang serai, geprek 
  • 50 gr jahe, kupas dan memarkan
  • 150 gr gula aren, sisir halus
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  • Tuangkan air ke dalam panci kemudian rebus hingga mendidih.
  • Selanjutnya, masukkan daun pandan, batang serai, dan jahe. Rebus kembali menggunakan api kecil agar kandungan rempah keluar maksimal.
  • Tambahkan irisan gula aren dan garam agar memberikan citarasa manis dan gurih pada kuah.
  • Aduk rebusan kuah jahe supaya gula cepat larut dan semua rasa menyatu.
  • Apabila dirasa sudah matang, maka segera matikan api.
  • Tata isian kembang tahu yang sudah mengeras ke dalam mangkok saji lalu siram dengan kuah jahe panas. 

Manfaat Kembang Tahu Kuah Jahe Untuk Kesehatan

Resep kembang tahu kuah jahe tidak hanya mudah diikuti, karena kembang tahu sendiri memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Di bawah ini merupakan manfaat yang kamu akan kamu dapatkan jika rutin mengonsumsi wedang kembang tahu:

1. Menurunkan Kolesterol

Kamu yang kerap mengonsumsi makanan berlemak dan gorengan, tentu memiliki resiko kolesterol lebih tinggi. Agar kadar kolesterol jahat dalam darah tetap terkontrol, kamu bisa mulai rutin mengonsumsi wedang kembang tahu.

Baca Juga:  Cara Membuat Laksa Oncom Khas Sunda yang Lezat, Dijamin Nagih!

Karena kembang tahu memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Gizi dan nutrisi dalam kembang tahu juga mampu menurunkan kolesterol secara signifikan. Manfaat menakjubkan dari tofu flower ini juga bisa kamu jadikan variasi menu diet sehat.

2. Melancarkan Produksi ASI

Bagi kamu yang memiliki masalah ASI kurang lancar, bisa mengonsumsi wedang tahwa. Wanita Jepang yang baru saja melahirkan, biasanya akan diberikan makanan dengan bahan dasar tofu flower sebagai ASI booster.

Kamu bisa mengikuti resep kembang tahu kuah jahe di atas. Tahwa juga akan memberikan rasa nyaman, karena dapat menghangatkan. Tidak khayal jika wedang yang satu ini mendapat sebutan sebagai comfort food.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Minuman wedang ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Karena kandungan jahe pada kuah wedang tersebut. Jahe merupakan tanaman rimpang yang kaya dengan kandungan aktif seperti flavonoid, alkaloid, saponin, amine, dan terpenoid.

Semua kandungan tersebut efektif untuk merelaksasi dan melancarkan pembuluh darah. Kondisi ini pun akan membuat tekanan darah menurun dan terkontrol. Selain itu, pandan juga mengandung antioksidan yang dapat membersihkan plak pembuluh darah.

Baca juga:

4. Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan merupakan organ yang memegang peranan penting dalam kesehatan. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga diproduksi di saluran cerna. Resep kembang tahu kuah jahe di kamu ikuti dan konsumsi untuk menyehatkan saluran cerna. Karena kandungan zat aktif pada daun pandan dan jahe. 

Lesitin merupakan zat aktif jahe yang akan melindung pencernaan sehingga menurunkan resiko diare. Selain itu, jahe juga dapat meredakan kembung dan mual.

5. Mencegah Resiko Jantung Koroner

Penyakit jantung koroner disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat dan mengonsumsi makanan tinggi lemak. Agar dapat menurunkan resiko penyakit jantung koroner kamu bisa mengonsumsi wedang kembang tahu.

Kandungan nutrisi pada tofu flower dan jahe mampu memerangi radikal bebas dan meluruhkan plak-plak pada pembuluh darah. Apabila pembuluh darah bersih dari sumbatan plak karena lemak yang menumpuk, tentu akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. 

Baca Juga:  Deretan Menu Sehat Tanpa Minyak, Cocok untuk Katering!

6. Mencegah Risiko Kanker Payudara

Resiko kanker payudara banyak mengintai para wanita. Penyakit ini terkenal ganas dan mematikan. Kamu bisa menghindari penyakit ini dengan mulai menerapkan pola makan dan hidup sehat. Selain itu, kamu juga bisa memasukkan kembang tahu kuah jahe dalam menu diet sehat.

Kandungan isoflavon pada kembang tahu akan membantu produksi estrogen, sehingga payudara dapat menghasilkan sel-sel alami dengan kondisi baik. Sehingga bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Tertarik Mencoba Resep Kembang Tahu Kuah Jahe Sendiri?

Itulah pemaparan resep kembang tahu kuah jahe, sejarah, cara membuat, dan manfaatnya untuk kesehatan. Minuman hangat ini jelas mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan karena menggunakan bahan-bahan alami plant-based. Supaya lebih sehat, sebaiknya gunakan gula non rafinasi seperti gula aren atau madu.

Kamu juga bisa mengolah kembang tahu menjadi kreasi masakan lainnya seperti sup dengan rasa kuah yang gurih dan segar. Selain itu, kamu juga bisa membuat tumisan kembang tahu dicampur dengan sayuran lainnya.

Sangat menarik, bukan?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.