Cara Membuat Kembang Tahu yang Lembut dan Bergizi Tinggi

3 min read

cara membuat kembang tahu yang lembut

Cara membuat kembang tahu yang lembut bukan sesuatu yang sulit untuk kamu lakukan. Meskipun memang tidak sering, mungkin kamu sudah pernah mencoba menyantap lembutnya kembang tahu dengan siraman saus gula jahenya yang manis dan hangat. 

Teksturnya yang lembut dan mirip dengan silky pudding ini berasal dari sari atau susu kedelai. Kali ini kamu bisa mencoba membuat kembang tahu sendiri di rumah.

Proses pembuatannya pun tidak rumit, asal kamu simak dulu triknya berikut ini!

Bahan dan Alat Membuat Kembang Tahu

Kembang tahu yang disajikan bersama kuah jahe mengandung senyawa antioksidan. Sehingga bisa membuat tubuh terasa hangat dan memperkuat imun.

Nah, sebelum mempelajari bagaimana cara membuat kembang tahu yang lembut, kamu harus mempersiapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu.

Bahan Membuat Kembang Tahu:

  • 500 gram kacang kedelai yang sudah direndam selama 4-8 jam
  • 4 sdm bubuk batu tahu
  • 100 gram gula pasir
  • Garam 

Alat untuk membuat kembang tahu:

  • Panci
  • Kompor
  • Baskom
  • Alat penyaring
  • Sendok pengaduk
  • Blender
  • Cetakan

Cara Membuat Kembang Tahu yang Lembut

Kembang tahu paling cocok kamu nikmati ketika hujan, karena bisa membuat perut terasa nyaman dan hangat.

Lantas, bagaimana cara membuat kembang tahu yang lembut?

Ikuti langkah-langkah berikut!

1. Membersihkan Kulit Kedelai

Kembang tahu yang enak merupakan kembang tahu yang memiliki tekstur lembut dan berwarna putih. Karena itu, kamu harus membuang kulit dari kedelai terlebih dahulu sebelum mengolahnya. 

Tujuannya adalah agar hasil dari kembang tahu tersebut tidak memiliki tekstur yang kasar. Perendaman kedelai pun harus kamu lakukan selama 4 jam. Tujuannya supaya kulit bisa terlepas dengan sendirinya, setelah kamu mencuci kedelai menggunakan air yang mengalir. 

Baca Juga:  Cara Membuat Spaghetti Brulee, Creamy dan Anti Gosong!

2. Melumatkan Kedelai

Kemudian, kedelai yang sudah bersih dari kulitnya tersebut bisa kamu blender hingga tekstur benar-benar halus. Selama proses memblender ini, maka sari atau susu kacang kedelainya pun akan keluar. 

Semakin lama proses penghancuran yang kamu lakukan, maka semakin banyak juga susu yang akan keluar. Karena itu, kamu bisa melakukan penghalusan kedelai ini berkali-kali agar bisa mendapatkan lebih banyak sari kedelai. 

3. Saring Ampas Kedelai

Cara membuat kembang tahu yang lembut selanjutnya adalah dengan menyaring ampas kedelai setelah menghaluskannya menggunakan blender. Perlu kamu ketahui, bahwa meskipun kamu sudah memblender kedelai dengan waktu yang cukup lama, kacang kedelai tersebut tidak akan hancur sempurna. 

Karena itu, jangan buang ampas kedelai terlebih dahulu setelah menyaringnya. Sebab, masih ada sisa susu kedelai yang masih terkandung di dalamnya. Jadi, kamu bisa memeras dan menyaringnya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa memblendernya kembali bersama dengan air hasil saringan tersebut. 

Melalui cara ini, kamu un akan mendapatkan sari susu yang lebih kental. Setelah itu, kamu bisa menyaringnya kembali. Kamu bisa menggunakan kain tahu yang tidak terlalu rapat untuk menyaring susu kedelai tersebut. Tentunya, hal tersebut akan membuat kembang tahu menjadi lebih lembut dan bertekstur halus. 

4. Gunakan Batu Tahu

Cara membuat kembang tahu selanjutnya adalah dengan menggunakan batu tahu. Tujuan dari penggunaan batu tahu ini adalah untuk membuat susu kedelai lebih set dan mengeras, namun tetap terasa lembut. 

Batu tahu sendiri sering disebut dengan obat tahu, gypsum powder, atau GDL tahu (Glucono Delta Lactone). Obat tahu ini memiliki peranan sebagai tambahan. Obat tahu ini akan mengentalkan sari atau susu kedelai serta menurunkan pH larutan. 

Jenis yang sebaiknya kamu gunakan adalah purity atau murni. Selain itu, gunakan juga batu tahu yang terdapat keterangan “tambahan bahan makanan”, “food additive” atau “food grade” pada kemasannya. 

Penggunaan batu tahu ini harus kamu seduh terlebih dahulu agar bisa larut secara sempurna. Jika tidak larut, maka fungsi dari batu tahu untuk memadatkan kembang tahu tidak akan maksimal. 

Baca Juga:  Cara Membuat Es Pisang Ijo Enak dan Lembut

5. Pengerasan Kembang Tahu

Cara membuat kembang tahu selanjutnya adalah dengan mengeraskan kembang tahu. Larutan batu tahu sebaiknya tidak kamu tuang secara langsung ke dalam seluruh adonan. 

Sehingga proses pengerasan larutan sari atau susu kedelai tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Selain itu, akan jauh lebih mudah apabila batu tahu sudah langsung dibagi ke dalam wadah kecil. Sehingga proses pengerasannya akan lebih cepat. 

6. Rebus Sari Kedelai

Sebelum mencampurkan adonan dengan batu tahu, maka sebaiknya rebus terlebih dahulu sari atau susu kedelai. Ketika merebusnya, jangan lupa untuk mengaduknya secara terus menerus. Sehingga larutan dan sari kedelai terpisah dengan air. 

7. Campurkan Susu Kedelai dengan Batu Tahu

Cara membuat kembang tahu yang lembut yang terakhir adalah mencampurkan susu kedelai dengan batu tahu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Aduk terlebih dahulu batu tahu hingga larut. 
  • Tuang rebusan sari kedelai yang masih hangat ke dalam wadah berisi larutan batu tahu. 
  • Goyangkan wadah agar batu tahu tercampur dengan rata. 
  • Setelah itu, tutup wadah dengan kain kering. Tunggu hingga teksturnya memadat.
  • Jika sudah memadat, kembang tahu bisa kamu sajikan, baik dalam keadaan dingin atau hangat. 

Baca juga:

Penyajian Kembang Tahu

Apabila kembang tahu dan kuah jahe sudah selesai kamu siapkan, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyajikan kembang tahu tersebut. Proses penyajiannya juga tidak sulit, sehingga akan mempermudah kamu ketika ingin menyantapnya atau menyusunnya untuk menambah estetika.

Kembang tahu ini juga bisa kamu sajikan dalam sebuah mangkuk kecil seperti halnya penyajian ronde. Berikut cara lengkapnya:

  1. Pertama, keluarkan kembang tahu dari cetakan. 
  2. Tata kembang tahu dalam mangkuk secara rapi. 
  3. Setelah itu, guyur dengan kuah jahe hingga separuh kembang tahunya terendam kuah. 
Baca Juga:  Apa Itu Croissant? Begini Cara Membuatnya, Simpel Banget!

Selain bisa menambah nilai estetika, cara membuat kembang tahu yang lembut untuk penyajian dalam mangkuk ini juga berfungsi untuk memadukan cita rasa kembang tahu dan kuah jahenya. 

Ketika menyendoknya, maka kamu bisa sekaligus mencampurkan potongan kembang tahu dan kuah jahenya sekaligus. Sehingga, ketika kamu menyantapnya, kamu akan merasakan perpaduan tekstur yang lembut, manis, dan hangat dalam satu suapan sekaligus. 

Manfaat Kembang Tahu

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara membuat kembang tahu, maka kamu juga harus mengetahui apa saja manfaatnya untuk tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

  • Kaya akan nutrisi yang diperlukan tubuh. 
  • Dapat menjadi ASI booster
  • Menurunkan resiko kanker payudara. 
  • Meringankan gejala saat menopause. 
  • Rekomendasi bagi para penderita diabetes melitus. 
  • Menurunkan kadar kolesterol. 
  • Meringankan gangguan pencernaan. 
  • Menurunkan tekanan darah. 
  • Bekerja sebagai zat pembangun. 

Sudah Tahu Bagaimana Cara Membuat Kembang Tahu?

Itulah cara membuat kembang tahu yang lembut dan bisa kamu coba di rumah.

Menjadi sehat memang tidak harus menggunakan bahan makanan yang mahal dan rumit dalam pembuatannya.

Hal terbukti terbukti dari banyaknya manfaat dari kembang tahu.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat kembang tahu dirumah?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.