14 Bisnis Kuliner di Bulan Ramadhan yang Bisa Kamu Coba

10 min read

ide bisnis kuliner di bulan ramadhan

Bisnis kuliner merupakan salah satu pekerjaan menguntungkan saat bulan Ramadhan. Pada bulan ini masyarakat biasanya lebih konsumtif daripada bulan-bulan lain. Hal itu menyebabkan tingginya permintaan kebutuhan konsumsi semakin tinggi dan menjadi peluang bisnis. Artikel ini akan memberikan rekomendasi bisnis kuliner di bulan ramadhan yang mungkin perlu kamu coba untuk menambah penghasilanmu.


Peluang Bisnis Kuliner di Bulan Ramadhan

Berikut ini beberapa bisnis yang berpeluang mendapat keuntungan besar sehingga perlu kamu coba.

1. Frozen Food

Kuliner makanan yang satu ini memang mencapai titik tertinggi selama pandemi covid-19. Kini banyak orang yang semakin sadar bahwa salah satu cara aman untuk mengurangi aktivitas di luar rumah adalah dengan menyimpan makanan siap saji dalam kulkas. Oleh karena itu, kamu bisa memulai kuliner frozen food di bulan ramadhan.

Buatlah menu makanan yang mudah dibuat dan praktis diolah konsumen, namun rasanya tetap lezat, misalnya menu bento ala restoran jepang. Selain itu, pastikan kamu juga menggunakan bahan yang masih segar agar cita rasanya bertahan lama dan tetap terjaga setelah masuk ke dalam freezer.

2. Kue Kering

Siapa yang tak suka berbisnis kue kering? Bisnis kuliner di bulan ramadhan yang paling menjanjikan ini sekarang semakin banyak peminatnya. Mulai dari menjadi pembuatnya langsung maupun hanya sebagai reseller. Sajian kue kering manis sangat cocok untuk menemani buka puasa para konsumen. Karena banyak orang yang tidak suka langsung memakan makanan berat saat berbuka.

Selain itu, banyak orang yang membutuhkan kue kering menjelang lebaran untuk menjamu tamu yang datang silaturahmi. Hal itu menyebabkan kue kering permintaannya semakin tinggi.

3. Es Buah 

Selain makanan, minuman juga merupakan ide bisnis kuliner ramadhan yang bisa kamu coba. Biasanya minuman banyak konsumen gunakan untuk takjil. Bagi konsumen yang tidak suka minuman yang bertekstur kental seperti kolak, maka akan memilih es buah yang lebih menyegarkan. 

Banyak sekali varian es buah yang bisa kamu jadikan referensi, antara lain mulai dari yang sederhana seperti es buah berisi melon, kelapa, sagu mutiara, blewah, agar-agar, hingga sop buah yang lebih lengkap buahnya dan lebih lezat rasanya.

Untuk menambah cita rasa es buah dan menarik hati konsumen, kamu bisa menambahkan topping tertentu seperti pudding, grass jelly, maupun boba. Jika ingin es yang lebih segar, kamu bisa mengganti kuahnya dengan es jeruk.

4. Katering Sahur dan Buka Puasa

Rekomendasi bisnis lain yaitu paket katering yang langsung kamu antarkan ke tempat tinggal konsumen. Pertimbangkan juga ongkos kirim sehingga harga makanan akan lebih tinggi dari harga pada umumnya. Namun kamu perlu membuat kesepakatan terlebih dahulu bersama konsumen, akan mengambil katering sendiri atau diantar melalui jasa kamu, kemudian sesuaikan harganya.

Jasa katering untuk buka dan sahur ini memang sangat berguna bagi konsumen yang tidak memiliki waktu memasak makanan buka maupun sahur. Contohnya konsumen yang sehari-harinya bekerja dikantor maupun mahasiswa yang tinggal sendiri di kos. Kemudian agar lebih menarik, tawarkan diskon khusus kepada calon konsumen.

5. Minuman Herbal

Bisnis kuliner di bulan ramadhan selanjutnya adalah minuman herbal seperti jamu yang saat ini semakin banyak peminatnya karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Saat puasa dan dalam kondisi pandemi seperti ini, tentu mengkonsumsi jamu menjadi salah satu cara untuk menjaga imun dari virus.

Minuman herbal seperti lemon sereh juga cocok untuk menemani buka puasa karena kesegarannya yang tak kalah dengan es buah. Namun jangan lupa untuk mengingatkan konsumen bahwa meminum jamu sebaiknya setelah makan supaya lambung tetap aman dan nyaman.

6. Pasta Bites

Makanan ini memudahkan konsumen untuk menikmatinya sebagai camilan seperti fried macaroni and cheese ball. Cita rasa kejunya akan langsung membuat konsumen jatuh cinta. Selain itu, kamu bisa menambahkan pelengkap dengan aneka dipping sauce, misalnya honey mustang, bolognese sauce, creamy ranch sauce, marinara sauce.

7. Makanan Sehat

Saat ini banyak orang yang sudah sadar akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat, bahkan beberapa sudah menjadi pelanggan setia. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis di bulan ramadhan seperti menjual salad wrap, poke bowl, shirataki noodle, dan masih banyak lagi.

8. Kurma atau Olahan Kurma

Buah kurma menjadi menu wajib untuk berbuka puasa selama bulan ramadhan. Karena buah ini merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW yang selalu diburu para konsumen, sehingga keuntungannya pun sangat tinggi jika kamu mau mencobanya. Kamu bisa menjual kurma secara utuh maupun berupa kurma yang sudah kamu olah menjadi produk lain seperti coklat kurma, susu kurma, kurma keju, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Ketahui 10 Jenis-Jenis Coklat Sebelum Menggunakannya!

Ide bisnis kuliner ramadhan yang satu ini memang menjadi favorit para konsumen Indonesia, terutama kurma-kurma tertentu seperti kurma medjool, kurma safawi, kurma sukkari, kurma anbara. Kamu bisa menggunakan kurma-kurma tersebut untuk memulai bisnis dan menjualnya kembali dengan harga grosir melalui pasar online maupun pasar offline.

9. Aneka Jenis Kolak

Hidangan manis selalu identik dengan sunnah berbuka puasa. Kuah santannya yang legit dan gurih dengan potongan pisang, ubi, dan kolang-kaling juga cukup mengenyangkan dan mengembalikan energi setelah berpuasa.

Agar kolak menjadi lebih menarik, mungkin kamu bisa menambahkan bahan yang memancing penasaran konsumen. Misalnya kamu bisa mengganti santan dengan susu almond atau dairy, kemudian menambahkan biji salak ke dalam kolak, tambahkan juga cita rasa durian pada kolak agar lebih menggoda.

10. Lauk Lengkap untuk Keluarga

Tidak semua keluarga memiliki waktu untuk menyiapkan menu buka dan sahur, apalagi jika kondisi pandemi sudah mulai membaik dan masyarakat kembali beraktivitas normal. Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan bisnis masakan lauk pauk lengkap yang siap dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan keluarga-keluarga tersebut. 

Bisnis kuliner di bulan ramadhan yang paling populer yaitu ayam goreng, tahu tempe, ikan goreng, dan berbagai macam sayur yang bisa kamu ganti setiap harinya. Selain itu kamu juga bisa menawarkan lauk secara paket agar keluarga tidak perlu memesan berkali-kali.

Namun saat memasak, sebaiknya kurangi takaran garam pada menu kamu supaya konsumen tidak kehausan setelah mengkonsumsi. Hal itu akan lebih sehat dan menjaga kualitas ibadah puasa dari konsumen kamu.

11. Aneka Jajanan Pasar

Bisnis kuliner yang satu ini memang semakin tinggi peminatnya. Banyak para penjual jajanan pasar yang setiap hari diburu banyak konsumen, terutama saat puasa dan menjelang berbuka. Selain porsinya yang tidak terlalu banyak, harganya juga relatif murah untuk semua kalangan. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan membuat jajanan sendiri tau mengambil dari berbagai pembuat kue jika tidak mau repot.

12. Gorengan Kekinian

Bagi masyarakat Indonesia, berbuka tanpa menu gorengan rasanya kurang lengkap. Jadi segala macam gorengan seperti bakwan, tempe mendoan, tempe kripsi, pisang goreng, dan lain-lain pasti akan laku dan menjadi incaran pertama para konsumen menjelang berbuka. Namun kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan menambahkan keunikan agar berbeda dengan yang lain.

Misalnya, tambahkan potongan daging udang pada bakwan mengisi tahu dengan cabe yang pedas, menambah madu pada ubi maupun pisang goreng, menambah saus yang cocok untuk pelengkap gorengan, memotong gorengan menjadi kecil-kecil lalu masukkan ke dalam wadah agar lebih menarik dan lain sebagainya.

13. Es Krim dan Gelato

Setelah menjalani puasa seharian penuh, biasanya banyak konsumen yang mencari hidangan dingin untuk berbuka, sehingga menjual es krim dan gelato menjadi pilihan yang tepat. Es krim terbuat dari bahan yang cukup sederhana yaitu gula, krim, susu, dan bahan perasa tambahan, sedangkan gelato membutuhkan tambahan berupa kuning telur.

Buatlah gelato dengan hati-hati agar menghasilkan tekstur yang padat dan lebih menarik. Tambahkan juga aneka rasa buah-buahan dalam es krim maupun gelato supaya lebih segar untuk konsumen nikmati saat berbuka puasa.

14. Dessert Box

Tren dessert semakin meningkat seiring perkembangan zaman. Kamu bisa menjadikan peluang ini sebagai bisnis kuliner di bulan ramadhan. Buatlah dessert yang kaya akan buah sehingga baik untuk kesehatan pencernaan, seperti banana pudding dengan brown sugar.


Sudah Siapkah Bisnis Kuliner di Bulan Ramadhan?

Setelah membaca rekomendasi bisnis pada artikel ini, sebaiknya kamu segera memulai untuk menyusun strategi bisnismu di bulan ramadhan untuk mendapatkan keuntungan besar.

7 Ide dan Tips Bisnis Kuliner Ramadan Sukses Meraup Keuntungan

  5 min read

ide dan tips bisnis kuliner ramadan

Ramadan adalah momen berharga bagi seluruh umat islam berbagai negara. Tidak heran jika banyak sebagian besar kalangan masyarakat yang membuka usaha kuliner dan jenis jajanan lainnya untuk menu berbuka puasa hingga hidangan di hari lebaran. Oleh karena itu, Kamu memerlukan tips bisnis kuliner ramadan untuk meningkatkan keuntungan yang akan Kamu dapatkan.Lalu, apa sajakah tips dan trik tersebut? Apa sajakah ide usaha kuliner yang cocok diterapkan saat bulan penuh berkah ini? Yuk ketahui tips dan trik bisnis bulan ramadan sekarang juga!


Tips Bisnis Kuliner Ramadan Sukses

Beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk meraih kesuksesan dalam usaha kuliner bulan ramadan, antara lain :

Baca Juga:  Makanan Khas Italia yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan 

1. Bangun bisnis kuliner dengan digital marketing

Teknik pemasaran menjadi poin penting bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk usaha. Maka dari itu, Kamu bisa memulai bisnis kuliner dengan cara membangun trik marketing secara digital. Dengan ini terdapat banyak keuntungan yang akan Kamu peroleh.

Penggunaan media digital membuat Kamu tidak perlu melakukan print out untuk selebaran atau kertas promosi produk. Kamu hanya perlu melakukan desain untuk poster secara digital yang berisi tentang segala jenis produk makanan yang Kamu miliki.

Selain itu, Kamu bisa memanfaatkan peranan website untuk melakukan pemasaran produk secara global. Dengan ini, Kamu bisa dengan mudah mengunggah poster atau konten di situs website. Bahkan Kamu bisa menjadikan platform tersebut sebagai media untuk menghubungkan produsen dengan konsumen.

Sehingga konsumen dapat memilih berbagai produk dan melakukan pemesanan melalui satu platform. Selain itu, Kamu juga akan lebih mudah dalam mengkoordinir pemasaran hingga penjualan produk melalui website. Tentunya biaya yang akan Kamu keluarkan memiliki nominal yang lebih kecil tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.

2. Tips Bisnis Kuliner Ramadan dengan manfaatkan peran influencer

Tips bisnis kuliner ramadan lainnya yang bisa Kamu terapkan yakni dengan bekerja sama dengan influencer. Dengan banyaknya followers dari media sosial para influencer itu, maka produk kuliner yang Kamu miliki semakin cepat beredar di kalangan masyarakat. Hal ini tentunya efektif Kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan kuliner saat bulan ramadan.

Baca Juga:  8 Makanan Khas Bali Favorit Wisatawan Lokal dan Internasional

Kamu bisa mengatur jadwal promosi produk yang perlu dilakukan oleh influencer. Tentunya usaha kuliner yang Kamu miliki juga perlu memiliki media sosial seperti instagram yang saat ini memiliki banyak pengguna. Sehingga saat promosi produk dilakukan maka influencer akan langsung mengarahkannya pada akun sosial media yang Kamu miliki.

3. Tips Bisnis kuliner dengan Optimalkan konten media sosial

Dalam berbisnis, tentunya Kamu memerlukan hal yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk usaha. Salah satu hal yang bisa Kamu lakukan dengan aktif di media sosial seperti instagram maupun platform lainnya.

Kamu bisa secara mandiri mempromosikan produk melalui konten media sosial yang menarik dan menampilkan ciri khas dari suatu produk. Tentunya Kamu bisa melakukan pemasaran produk melalui konten feed berupa foto, video, hingga story instagram.

Kamu juga bisa menampilkan beberapa testimoni dari konsumen untuk menampilkan bahwa produk yang Kamu jual berkualitas tinggi dan memberikan kepercayaan kepada konsumen.

4. Pastikan produk berkualitas

Sebagai seorang pelaku usaha, Kamu perlu menempatkan diri sebagai seorang konsumen yang menginginkan produk berkualitas. Apalagi produk usaha yang Kamu miliki adalah jenis makanan yang perlu menyesuaikan dengan selera konsumen.

Oleh karena itu, tips bisnis kuliner ramadan selanjutnya yakni Kamu perlu memastikan bahwa produk kuliner yang Kamu miliki berkualitas tinggi. Mulai dari pemilihan bahan makanan hingga proses pengemasan dan distribusi perlu diperhatikan untuk menjaga kualitas makanan dari produsen hingga ke tangan konsumen.

Terutama saat proses pembuatan makanan dan keadaan tempat produksi kuliner. Kamu harus memastikan keadaan tempat tersebut bersih dan menggunakan bahan serta alat masak yang bersih dan berkualitas. Karena hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap hasil akhir dan menjadi penentu bagi konsumen untuk melakukan pemesanan kembali atau tidak.

Rasa yang lezat dan tampilan yang cantik mampu menarik minat konsumen untuk terus membeli produk kuliner pada kedai yang Kamu miliki. Oleh karena itu, proses pengemasan produk juga perlu Kamu perhatikan baik itu kuliner yang akan dikonsumsi langsung atau delivery.

5. Menjalankan bisnis kuliner sambil bersedekah

Saat bulan ramadan Kamu terdapat banyak hal yang bisa Kamu lakukan dengan berwirausaha sambil berbagi dengan sesama. Maka dari itu, berbisnis sambil bersedekah menjadi tips bisnis kuliner ramadan yang perlu Kamu terapkan tahun ini. Kamu bisa membuka bisnis kuliner yang menyajikan beberapa hidangan gratis untuk para pelanggan. Bahkan Kamu juga bisa menerapkan pada waktu-waktu tertentu semua produk kuliner akan berlaku gratis.

Atau terdapat cara lain yakni dengan cara membagikan produk makanan kepada orang lain baik itu pejalan kaki atau penggunaan kendaraan bermotor. Tentunya hal ini tidak membuat usaha yang Kamu jalankan menjadi rugi. Melainkan Kamu bisa menjalankan bisnis sekaligus berbagai kepada sesama saat bulan suci ini.

Baca Juga:  Tips Sukses Bisnis Dimsum di Kalangan Anak Muda

6. Pelayanan yang cepat

Hal yang yang perlu Kamu lakukan untuk menarik minat konsumen adalah menjamin kualitas pelayanan bagi pelanggan. Hal ini dapat Kamu terapkan melalui sistem pelayanan yang cepat sehingga konsumen tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama. Tentunya Kamu perlu tenaga yang ekstra untuk melayani banyak pelanggan.

Tetapi dengan tips ini, pelanggan akan merasa senang dan nyaman berbelanja produk makanan apalagi untuk dihidangkan saat berbuka puasa. Dengan ini, Kamu memerlukan beberapa tenaga kerja untuk membantu melayani pesanan konsumen.

7. Tips bisnis kuliner dengan mengikuti tren

Saat ini tidak hanya sistem kehidupan manusia yang semakin modern. Tetapi terdapat berbagai jenis kuliner yang semakin beragam dengan kreasi dan rasa yang mampu menarik minat konsumen. Oleh karena itu, tips bisnis kuliner ramadan yang bisa Kamu terapkan selanjutnya adalah membuat inovasi produk usaha yang kekinian seperti dessert atau jenis hidangan lainnya.

Baca Juga:  Cara Daftar GoFood untuk Pemula dengan Mudah

Ide Bisnis Kuliner Ramadan Laris Manis

Setelah Kamu mengetahui beberapa tips bisnis kuliner ramadan maka langkah yang perlu Kamu lakukan adalah menentukan kuliner apa saja yang akan Kamu sediakan. Berikut beberapa ide kuliner yang bisa menjadi produk usaha saat bulan ramadan mulai dari jenis kue kering hingga makanan matang.

1. Bisnis kuliner takjil

Ramadan tidak lepas dari kegiatan ngabuburit saat sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Tentunya pada waktu itu banyak kalangan remaja hingga masyarakat dewasa yang berkeliling kampung atau kota untuk jalan-jalan sore sambil mencari jajanan.

Kamu bisa memanfaatkan momen tersebut dengan mendirikan usaha kuliner takjil mulai dari makanan khas hingga jajanan modern. Hal ini tentunya memiliki peluang yang besar saat bulan ramadan apalagi Kamu memiliki kedai di wilayah strategis. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa menerapkan sistem titip pada beberapa toko sebagai cara untuk memasarkan produk usaha.

2. Hampers makanan

Tips bisnis kuliner ramadan selanjutnya adalah hampers makanan yang biasanya diberikan untuk orang tersayang. Umumnya jenis makanan yang menjadi produk hampers adalah makanan ringan atau berbagai jenis kue manis. Usaha ini cocok Kamu terapkan apalagi untuk seseorang yang hobi memasak.

Kamu bisa menyalurkan ide dan kreativitas dalam bentuk masakan dan menjualnya untuk memperoleh keuntungan. Selain itu, produk hampers makanan ini juga memiliki eksistensi yang tinggi di kalangan masyarakat. Tidak sedikit konsumen yang memerlukan hampers makanan untuk oleh-oleh bagi keluarga atau bahkan untuk karyawan kantor.

3. Bisnis  kuliner minuman

Jenis usaha lainnya yang bisa memberikan keuntungan bagi Kamu saat bulan ramadan adalah usaha minuman segar. Berbagai jenis minuman ini dapat berupa jus, es buah, atau minuman modern lainnya. Bahkan saat bulan ramadan terdapat banyak kaum remaja yang suka menikmati indahnya momen berbuka puasa di luar rumah.

Baca Juga:  Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil Wajib Coba!

Tentunya hal ini dapat Kamu jadikan sebagai peluang usaha dengan menghadirkan produk minuman segar dan lezat. Tentunya Kamu juga bisa menyediakan berbagai jenis jajanan untuk melengkapi hidangan saat berbuka puasa. Lokasi kedai yang strategis dan nyaman juga dapat menarik minat banyak konsumen untuk berkunjung dan membeli minuman yang Kamu jual.

4. Bisnis makanan matang

Saat bulan ramadan, aktivitas kerja di luar rumah masih membuat sebagian orang merasa sibuk atau bahkan lebih padat dari jadwal hari biasa. Oleh karena itu, bagi kalangan karyawan atau para pekerja akan lebih memilih membeli makanan matang atau siap saji yang bisa menjadi santapan saat berbuka puasa.

Hal ini tentunya menjadi peluang bagi Kamu untuk menjalankan usaha dengan menghidangkan aneka jenis makanan matang. Tentunya dalam hal ini Kamu perlu memastikan lokasi tempat Kamu berjualan memiliki kualitas yang baik, lingkungan yang bersih, dan menjamin rasa dari setiap menu makanan.

Selain itu, jenis makanan juga bisa bervariasi mulai dari olahan sayur, ikan, daging, hingga jajanan pendamping untuk berbuka puasa. Sehingga terdapat banyak pilihan menu yang membuat konsumen nyaman dalam menentukan jenis makanan yang diinginkan.

5. Aneka kue kering dan kue basah

Saat menjelang hari lebaran, kue kering atau kue basah tentunya masih melekat untuk setiap orang. Berbagai jenis kue akan menjadi hidangan untuk menyambut tamu yang berkunjung ke rumah-rumah. Oleh karena itu, Kamu bisa membuka usaha kuliner kue kering dan kue basah khusus untuk persiapan hari lebaran.

6. Bisnis catering

Catering menjadi tips bisnis kuliner ramadan yang cocok Kamu terapkan apalagi untuk karyawan atau mahasiswa. Bahkan Kamu juga bisa menyediakan jasa catering untuk acara tertentu saat bulan ramadan atau menjelang lebaran. Dengan kualitas makanan yang terjamin dan layanan catering yang memuaskan pastinya bisnis Kamu bisa berjalan sukses.

7. Bisnis kuliner dessert box

Saat ini dessert box menjadi jenis jajanan yang ngetren di kalangan masyarakat. Tidak hanya kaum remaja tetapi masyarakat dewasa juga menyukai jenis makanan manis dengan beraneka topping ini. Kamu bisa berkreasi dengan menghadirkan produk yang lezat dengan pengemasan yang unik dan cantik saat bulan ramadan tiba.

Yuk Raup Keuntungan dan Berkah dengan Tips Bisnis Kuliner Ramadan!

Dari banyaknya jenis kuliner yang bisa Kamu jadikan sebagai produk usaha, manakah yang menjadi pilihan Kamu? Di bulan penuh berkah ini, Kamu memiliki banyak peluang usaha dan menerapkan tips bisnis kuliner ramadan untuk meraup banyak keuntungan. Lalu, tunggu apalagi, ayo jalankan bisnis makanan saat ramadan tiba dan sukses selalu!


Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Indonesia dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.