10 Makanan yang Cocok untuk Sahur Agar Kuat Puasa

5 min read

makanan untuk sahur

Selama bulan puasa, sahur akan menjadi bagian penting dalam menjalani ibadah ini. Agar puasa tetap sehat dan kuat, makanan untuk sahur tentu saja harus diperhatikan. Menu sahur yang bergizi merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Apalagi saat ini ada banyak inspirasi makanan untuk sahur yang bisa kamu coba.


Makanan yang Cocok untuk Sahur

Tidak sekedar mengenyangkan, namun juga kamu perlu memikirkan masalah gizi. Yang perlu diingat, jangan sampai karena menu sahur yang salah maka puasa kamu menjadi hanya bermalasan. 

Makanan untuk sahur ini juga cukup penting untuk menjaga asupan gizi kamu selama berpuasa. Berikut adalah inspirasi makanan untuk sahur yang bisa kamu coba gunakan:

1. Telur

Jika berbicara makanan untuk sahur yang pas, maka salah satunya adalah telur. Makanan ini juga mengandung protein yang sangat tinggi. Selain itu, dengan mengkonsumsi telur juga membuat perut akan kenyang dalam waktu lebih lama. 

Menu telur ini juga bisa kamu buat dengan berbagai variasi. Dari mulai direbus, dibuat dadar, mata sapi atau orak-arik. Kamu juga bisa menambahkan sayuran lain untuk menambah makanan ini menjadi lebih bergizi.

2. Alpukat

Jika berbicara buah, maka menu sahur yang bisa kamu coba adalah alpukat. Selain memiliki banyak nutrisi, mengkonsumsi alpukat juga bisa menjaga stamina tubuh cukup terjaga selama seharian berpuasa. Selain itu, alpukat juga memiliki banyak serat, hal ini akan membuat perut terasa kenyang lebih lama dan lebih nyaman.

3. Kurma

Ketika memasuki bulan Ramadhan, maka popularitas kurma juga akan semakin meningkat. Selain untuk menu berbuka, kurma juga sangat baik untuk pilihan menu sahur. Dengan mengkonsumsi kurma ketika sahur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kurma sendiri mengandung banyak serat sehingga sangat baik untuk pencernaan.

Selain itu, serat pada kurma juga berguna untuk mengatur gula dalam darah dan mencegah lonjakan gula darah seketika. Manfaat lain dari kurma adalah memperlambat penyerapan makanan, sehingga kamu akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

4. Oatmeal

Inspirasi makanan untuk sahur lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah oatmeal. Salah satu keuntungan dari mengkonsumsi oatmeal adalah rasa kenyang yang lebih lama. Penyerapan oatmeal oleh tubuh memang agak lama, hal ini juga yang membuat kamu bisa merasakan lapar lebih lama. Selain itu, oatmeal juga mengandung karbohidrat kompleks yang cukup baik untuk menjadi sumber energi untuk kamu seharian.

Baca Juga:  15 Tips Memilih Lokasi untuk Bisnis Kuliner yang Tepat

Ada banyak makanan untuk sahur berbahan dasar oatmeal yang bisa kamu konsumsi. Salah satunya adalah membuat bubur oatmeal, kamu juga bisa mengoperasikannya dengan menambahkan beberapa topping seperti buah pisang atau smoothie misalnya.

5. Nasi Merah

Jika kamu merupakan orang yang harus makan nasi, maka nasi merah bisa menjadi salah satu pilihan. Nasi merah dinilai lebih banyak mengandung nutrisi dan gizi jika dibandingkan dengan nasi putih.

Salah satunya adalah nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak. Selain baik untuk pencernaan, kandungan serat ini juga membuat kamu merasakan kenyang lebih lama. Di dalam nasi merah juga terkandung karbohidrat kompleks yang bisa menjadi sumber energi untuk kamu selama berpuasa

6. Biji-Bijian

Makanan untuk sahur lainnya yang juga bisa membuat puasa kamu optimal adalah aneka biji-bijian. Kamu bisa menggunakan kacang almond, kacang polong, atau kacang kedelai sebagai inspirasi makanan untuk sahur. Biji-bijian ini cukup baik karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Salah satu kandungan yang banyak terdapat di dalam biji-bijian adalah protein dan mineral. Selain itu, kandungan lemak di dalam biji-bijian juga cukup banyak. Bahkan, lemak baiknya ini cukup mengenyangkan.

7. Sup Sayur

Jika kamu juga berniat menurunkan berat badan selama bulan puasa, maka makanan untuk sahur yang bisa menjadi pilihan adalah sup sayur. Dalam sup sayur ini sudah pasti akan terkandung banyak sekali nutrisi dan vitamin. 

Kamu juga tidak perlu takut kelaparan ketika mengkonsumsi sup sayur ini. Sup akan memiliki banyak sekali kandungan air dari berbagai sayuran. Hal inilah yang akan membuat kamu kenyang lebih lama.

8. Apel

Untuk kamu yang takut kekurangan cairan ketika berpuasa, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi apel sebagai menu sahur.  Apel sendiri merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat dan kadar air yang cukup tinggi. Hal ini yang nantinya akan menjadi sumber cairan untuk tubuh kamu selama berpuasa.

Ketika kamu mengkonsumsi apel, maka sebaiknya makan juga dengan kulitnya. Menurut penelitian di dalam kulit apel terdapat serata yang bernama serat pektin. Kandungan ini memiliki peran untuk menekan nafsu makan.

9. Ikan

Tidak hanya mengenyangkan, konsumsi ikan ketika sahur juga memiliki banyak manfaat lain. Ikan mengandung banyak nutrisi yang akan sangat baik untuk tubuh. Salah satu contohnya adalah kandungan protein dan juga lemak. Dengan mengkonsumsi ikan maka setidaknya kebutuhan nutrisi harian yang tubuh butuhkan tetap terjaga meskipun kamu sedang berpuasa.

10. Daging Merah

Makanan untuk sahur lainnya yang juga bisa memberikan energi tambahan selama berpuasa adalah daging merah. Baik daging ayam ataupun daging sapi, keduanya sama-sama memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein ini lah yang akan menjadi sumber energi tambahan untuk tubuh.

11. Yoghurt

Produk olahan susu yang sudah difermentasi ini juga merupakan salah satu makanan untuk sahur yang pas dan bisa menjadi pilihan. Selain mengandung banyak protein, konsumsi yoghurt juga cukup baik untuk melancarkan metabolisme. Selain itu, kandungan kalsium dan juga VIt D serta probiotik akan berperang untuk melawan bakteri jahat di usus.

Baca Juga:  5 Hal Yang Harus Ada Di Perencanaan Usaha Makanan

Tips Menu Sahur yang Baik

Ketika memikirkan makanan untuk sahur, kamu juga perlu memikirkan apakah makanan tersebut cukup membantu untuk kamu berpuasa atau tidak. Jangan sampai karena salah pemilihan menu sahur puasa kamu juga menjadi berantakan. Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan ketika akan mempersiapkan atau mencari inspirasi makanan untuk sahur.

1. Pastikan Kebutuhan Akan Cairan Tubuh Terpenuhi

Ini merupakan salah satu hal yang penting untuk kamu perhatikan ketika memilih makanan untuk sahur. Ketika sahur, maka pastikan kebutuhan akan asupan cairan terpenuhi, Hal ini untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi selama puasa.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kebutuhan cairan ini aman. Dari mulai minum air putih atau minum segelas jus. Kamu juga bisa mendapatkan cairan tubuh dengan mengkonsumsi sayur atau buah.

2. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Secara mudah, karbohidrat kompleks merupakan karbohidrat yang proses penyerapan ke dalam tubuhnya cukup lama. Hal ini akan membuat efek kenyang juga lebih lama. Cara ini juga akan membuat kamu tetap memiliki banyak energi ketika berpuasa.

Beberapa contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini adalah gandum ataupun nasi merah. Selain yang mengandung karbohidrat kompleks, sebaiknya kamu juga mengkonsumsi makanan yang tinggi serat.

3. Perhatikan Komposisi Nutrisi

Ketika kamu mencari inspirasi makanan untuk sahur, maka sebaiknya kamu juga memperhatikan masalah komposisi akan nutrisi. Pastikan ketika sahur tersebut, kamu juga mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin, protein, mineral, dan zat gizi yang tubuh butuhkan lainnya. 

4. Jangan Lupa untuk Makan Buah dan Sayur

Menu makanan untuk sahur yang tidak boleh kamu lupakan adalah buah dan sayur. kedua makanan ini banyak mengandung nutrisi dan juga gizi yang sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi kedua jenis makanan ini, maka setidaknya kebutuhan nutrisi kamu tetap terpenuhi,

Selain itu, di dalam buah dan sayur juga banyak terkandung cairan. Ini merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh akan tetap terpenuhi selama kamu puasa.

5. Konsumsi Makanan yang Tinggi Protein

Selain karbohidrat kompleks, makanan untuk sahur yang kamu konsumsi juga sebaiknya mengandung banyak protein. Fungsi utama dari protein adalah sebagai cadangan energi bagi tubuh.

Konsumsi makanan dengan kandungan protein cukup tinggi juga sangat disarankan. Protein mampu memberikan energi dengan konstan Beberapa makanan yang banyak mengandung protein diantaranya adalah daging, telur, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan

6. Konsumsi Makanan yang Kaya Akan Zat Besi

Khususnya untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit anemia, maka mengkonsumsi zat besi ketika sahur merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Ketika berpuasa, maka tubuh akan benar-benar kekurangan zat besi secara signifikan.

Baca Juga:  Strategi Membuat Menu Makanan dan Minuman untuk Cross Selling

Kehilangan banyak zat besi tentunya akan sangat berdampak, terutama bagi penderita anemia. Beberapa makanan yang bisa menjadi inspirasi makanan untuk sahur dengan kandungan zat besi tinggi antara lain hati ayam atau sayur bayam.

7. Perhatikan Asupan Mineral

Tiga mineral yang cukup penting bagi tubuh adalah magnesium, potasium, dan juga kalium.Ketiganya akan memiliki banyak fungsi, Salah satu manfaat dari kandungan mineral itu adalah cadangan energi untuk tubuh. Makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mendapatkan mineral tersebut adalah pisang.

8. Jangan Lupa Konsumsi Susu

menu sahur yang tidak boleh kamu lupakan juga adalah susu. Minuman ini sudah terkenal dengan banyaknya kandungan gizi yang ada di dalamnya. Dari mulai protein, vitamin, dan berbagai mineral.

Konsumsi susu ini juga akan membantu tubuh untuk mendapatkan ntrisi yang tetap terjaga selama puasa. Di lain sisi, konsumsi susu juga bisa menjaga kondisi tubuh agar puasa kamu tetap optimal.


Menu Sahur Tepat, Puasa Pasti Kuat!

Sebagian orang terbiasa untuk melewatkan sahur, atau mungkin mengkonsumsi makanan untuk sahur dengan tidak tepat. Hal ini bisa menimbulkan masalah. Dari kondisi yang akan menurun sampai ibadah yang akan terganggu. 

Puasa merupakan ibadah yang mengharuskan kondisi fisik prima. Itulah mengapa, langkah persiapannya pun sangat perlu diperhatikan.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memilih makanan untuk sahur dengan tepat, seperti:

1. Persiapan Tubuh

Ini merupakan fungsi utama makan sahur. Ketika sahur, maka kamu akan membawa perbekalan untuk menjalani puasa. Itulah mengapa menu sahur yang kamu konsumsi juga perlu kamu perhatikan.

2. Mencegah Dehidrasi

Ketika kamu puasa, maka mungkin saja kebutuhan tubuh akan cairan menjadi terganggu. Dan untuk menghindari hal tersebut, maka makan sahur merupakan salah satu solusinya,

Dari semua penjelasan di atas, terlihat jika pemilihan menu sahur merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan, Makanan untuk sahur yang tepat merupakan salah satu kunci agar puasa menjadi kuat!


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, franchise, hingga resep hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.