Manfaat dari Buah Naga yang Sangat Mendukung Kesehatan

3 min read

Tidak hanya memiliki rasa yang enak, manfaat dari buah naga juga sangat banyak untuk tubuh. Terdapat dua varietas buah naga yang paling banyak dikonsumsi saat ini, yaitu daging buah putih dengan biji hitam dan daging buah merah dengan biji hitam. Lantas, apa saja manfaatnya? Yuk, simak bersama di sini!


13 Manfaat dari Buah Naga

Buah naga sendiri termasuk buah yang rendah kalori, namun memiliki banyak vitamin. Berikut adalah berbagai manfaat buah naga yang bisa kamu rasakan:

1. Antioksidan

Salah satu manfaat dari buah naga paling utama adalah sebagai sumber antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang bisa melindungi sel dalam tubuh dari radikal bebas. Apalagi radikal bebas inilah yang bisa menjadi penyebab dari berbagai penyakit berbahaya.

Terdapat beberapa antioksidan yang terdapat di dalam buah naga, di antaranya:

  • Betalains yang akan membantu melindungi tubuh dari kolesterol jahat.
  • Hydroxycinnamates, yaitu merupakan sekelompok senyawa antioksidan yang bisa melindungi diri dari kanker.
  • Flavonoid, yaitu antioksidan yang bisa membantu kesehatan otak dan juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Baik untuk Usus

Manfaat lain dari buah naga adalah membantu kesehatan pada organ usus, sekaligus bisa mengobati masalah pada organ ini. Usus sendiri merupakan tempat bagi banyak mikroorganisme dan juga bakteri.

Buah naga sendiri mengandung probiotik yang bisa meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Mengonsumsi probiotik dengan teratur juga akan bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan juga diare.

Baca Juga:  5 Contoh Copywriting Makanan untuk Memikat Calon Pembelimu

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Buah naga juga berperan untuk membentuk pertahanan tubuh yang kuat. Manfaat dari buah naga yang satu ini terjadi, karena di dalam buah ini mengandung vitamin C dan karotenoid yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Manfaat kekebalan ini juga bisa didapatkan karena kandungan yang ada dalam buah naga bisa melindungi sel darah putih dari kerusakan. Dalam sistem imun tubuh, sel darah putih berperan untuk menghancurkan zat berbahaya. Namun, sangat rentan untuk rusak karena radikal bebas.

4. Melancarkan Pencernaan

Tidak hanya baik untuk usus, buah naga juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Buah naga sendiri bisa membantu pertumbuhan bakteri baik yang bisa membantu untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, buah naga juga memiliki banyak serat yang bisa membantu menyehatkan pencernaan.

5. Baik untuk Jantung

Manfaat dari buah naga lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung. Kandungan betalain yang terdapat pada buah naga dengan daging buah berwarna merah diyakini bisa menurunkan kolesterol jahat. Betalain sendiri merupakan zat yang menciptakan warna merah pada daging buah.

Selain itu, biji buah naga juga kaya akan asam lemak omega 3 dan omega 9 yang sangat baik untuk jantung dan bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

6. Bisa Mengurangi Risiko Kanker

Selain baik untuk jantung, kandungan betalain yang ada pada buah naga juga baik untuk menekan sel kanker. Hal tersebut karena kandungan betalain bisa melawan stres oksidati yang bisa menyebabkan kanker.

Selain itu, kandungan vitamin C yang ada pada buah naga juga sangat berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang sangat kuat dan bisa mencegah berbagai penyakit kronis seperti diabetes, alzheimer, dan lainnya.

7. Menyehatkan Tulang

Salah satu kandungan yang ada dalam buah naga adalah magnesium. Bahkan bisa dibilang kandungan magnesium yang ada pada buah naga merupakan yang paling banyak dibandingkan buah lainnya. 

Kandungan magnesium ini sendiri akan sangat membantu kesehatan tulang. Karena itu, buah naga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Sehingga dapat membantu pertumbuhan dan menguatkan tulang mereka.

Baca Juga:  Inspirasi Bisnis Makanan Kering Modal Minim yang Laris Manis

8. Melawan Penuaan Kulit

Penuaan kulit bisa terjadi karena banyak faktor. Di sini, buah naga akan berperan sebagai sumber antioksidan yang bisa membantu mengobati kulit yang terbakar, kulit kering, ataupun masalah jerawat.

Selain kandungan antioksidan, kandungan vitamin C pada buah naga juga bisa membantu untuk merawat kulit agar lebih cerah. Dua alasan inilah yang membuat buah naga bisa mengatasi penuaan pada kulit.

9. Membantu Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat dari buah naga berikutnya adalah bisa membantu untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Salah satu alasannya karena di dalam buah naga sangat banyak mengandung serat. Serat dengan jumlah tinggi ini akan membantu kamu untuk menjaga kadar gula darah.

Karena itu, dengan rutin mengonsumsi buah naga, maka kadar gula darah dalam tubuh akan menjadi seimbang. Ini merupakan hal penting yang perlu dijaga oleh penderita diabetes, sehingga kadar gula darah tidak tinggi.

10. Sumber Magnesium

Sudah dijelaskan sebelumnya jika kandungan magnesium di dalam buah naga merupakan salah satu yang paling tinggi diantara buah lainnya. Dalam buah naga sendiri, setidaknya 18 persennya adalah magnesium.

Kandungan magnesium ini sendiri sangat dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh. Selain itu, magnesium sendiri berperan dalam reaksi pemecahan makanan menjadi energi, kontraksi otot, pembentukan tulang, dan juga pembuatan DNA.

11. Membantu Menyehatkan Rambut

Jika kamu memiliki masalah pada rambut, maka buah naga juga bisa menjadi solusi untuk masalah tersebut. Karena manfaat ekstrak bubuk dari buah naga bisa memperbaiki tekstur rambut dan juga mengurangi kerusakan rambut.

Kamu hanya perlu mencampurkan ekstrak bubuk dari buah naga dengan segelas susu, lalu mengonsumsinya sekali sehari. Hal tersebut dipercaya bisa membantu rambut menjadi lebih tebal, hitam, dan berkilau. Kamu juga bisa mengoleskan jus buah naga sebagai perawatan dari luar.

12. Mencegah Masalah pada Mata

Kandungan lain yang ada pada buah naga adalah beta karoten. Adanya kandungan ini dapat membantu untuk mencegah masalah pada mata, seperti katarak. Selain itu, buah naga juga bisa mencegah penurunan fungsi mata sekaligus mencegah gangguan penglihatan yang terjadi karena faktor usia lanjut.

Baca Juga:  10 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh (Lengkap)

13. Membantu Perkembangan Janin Selama Proses Kehamilan

Di dalam buah naga juga banyak mengandung vitamin B, folat, dan juga zat besi. Semua kandungan tersebut menjadikan buah naga sebagai buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Vitamin B dan folat bisa membantu untuk mencegah cacat lahir dan juga bisa meningkatkan energi saat kehamilan. Sedangkan kalsium akan membantu perkembangan tulang. 


Sudah Tahu Apa Saja Manfaat dari Buah Naga?

Itulah berbagai manfaat dari buah naga yang membuatnya menjadi salah satu pilihan buah yang baik untuk kamu konsumsi setiap hari. Selain itu, ada banyak cara untuk mengonsumsi buah naga, mulai dari dibuat salad, smoothie, jus, bahkan dimakan langsung.

Meski memiliki banyak manfaat, mengonsumsi buah naga yang berlebihan juga tidak disarankan. Karena akan ada beberapa efek samping yang bisa terjadi, seperti tenggorokan gatal, bibir gatal, dan lainnya. Jadi, apakah kamu sudah mengonsumsi buah naga secara rutin dan secukupnya?

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.