7 Inspirasi Desain Menu Makanan dan Minuman di Kafe

3 min read

inspirasi desain menu makanan dan minuman

Sebelum membangun bisnis kafe, kamu perlu mempersiapkan berbagai jenis hal seperti modal usaha, lokasi kedai, desain interior kedai, bahan baku, sampai dengan desain menu makanan dan minuman.

Kedai kafe biasanya sangat identik dengan nuansa tenang, estetik, dan daya tarik khusus lainnya. Hal-hal inilah yang membuat kedai cafe menjadi tempat yang kondusif untuk bersantai, bekerja, belajar, hingga ngobrol santai bersama teman dekat.

Kenyamanan pelanggan merupakan salah satu prioritas utama dalam setiap bisnis cafe. Selain harus didukung dengan desain interior yang estetik, nilai keindahan ini juga perlu dipadukan dalam aspek penunjang yang lain seperti presentasi sajian hingga desain menunya.

Desain Menu yang Baik Menggambarkan Karakter Cafe

Desain menu sajian mempunyai tanggung jawab yang cukup besar dalam mempermainkan emosi pelanggan. Penyajian desain menu yang menarik tentu akan terpatri dalam benak pelanggan yang membuat mereka teringat dengan brand kafe kamu.

Desain menu yang unik merupakan refleksi dari karakter kafe yang juga unik. Itulah sebabnya umumnya kafe selalu menyelaraskan desain interior cafenya dengan desain menu sajiannya.

Selain itu, penggunaan dan penempatan unsur desain yang benar dapat ‘merayu’ pelanggan untuk memesan menu tertentu. Meski tampak sepele, penyajian desain menu makanan dan minuman juga berpengaruh pada keberhasilan bisnis kafe kamu.

Semakin kreatif tampilan menunya akan semakin membuat pelanggan takjub dan bersemangat. Untuk itu buatlah desain menu menarik yang bisa mencuri hati pelanggan dan menciptakan kesan yang menyenangkan.

Contoh Desain Menu Cafe Unik

Masih bingung dengan pilihan konsep desain untuk menu kafe kamu? Berikut adalah inspirasi desain menu makanan dan minuman unik, appealing, dan mampu membuat pelanggan tertarik.

Baca Juga:  7 Tantangan yang Biasa Dihadapi Saat Mengembangkan Bisnis Kuliner

1. Italian Don Menu

italian don menu

Inspirasi desain menu makanan dan minuman kafe pertama datang dari Italian Don Menu. Desain menu ini tampil dengan dominasi warna biru navy yang elegan dan tampak berkelas.

Desain teks menu yang kontras dan berwarna emas juga turut mendukung nuansa royal yang dipancarkan dari selembar menu sajian.

Bagi kamu yang memiliki bisnis kafe dengan konsep elit, klasik dan elegan, inspirasi desain ini dapat menjadi referensi yang berguna dalam menyusun tampilan menu makanan di kafe kamu.

Kamu bisa menempatkan logo dan nama brand cafe di posisi serupa dengan tone warna yang senada. Selanjutnya masukkan seluruh menu makanan maupun minuman yang tersedia di kafe kamu. 

Sesuai ukuran layout atau halaman dengan jumlah menu yang kamu miliki. Jika menu makanannya banyak maka buatlah ukuran halaman yang panjang dan agak lebar. 

Sebaliknya, jika menu yang kamu miliki masih sedikit, buatlah layout desain yang ramping dan perbesar ukuran font. Hal ini supaya tampilan menunya tidak menyisakan space kosong yang terlalu lebar.

2. Petit Dejeneur

petit dejeneur

Jika kamu bosan dengan daftar menu yang tertulis dalam media kertas, maka model ini bisa jadi alternatif desain menu makanan dan minuman yang unik dan kreatif. 

Kamu dapat menggunakan potongan papan sebesar tablet dan tuliskan daftar menu secara rapi di atas permukaan kayu yang halus. Silahkan sesuaikan warna dan tipografi penulisan dengan konsep kedai kafe milikmu.

Selanjutnya, hias dengan gambar ilustrasi menarik dan relevan dengan menu yang tersedia. Misalnya secangkir kopi, sebuah roti, cutlery, dan lain sebagainya.

3. BK Tea

bk tea

Desain menu makanan dan minuman unik dari BK Tea ini juga bisa kamu terapkan sebagai inspirasi desain menu di cafe. Kamu dapat menggunakan papan jalan dari MDF (Medium Density Fibreboard) dan menambahkan teks menu di atas permukaan papan tersebut.

Baca Juga:  Apa itu F&B? Pengertian, Manfaat, dan Tren F&B Saat Ini

Tampak dari contoh gambar di atas, kamu bisa menuliskan brand logo, lokasi, informasi kontak, dan daftar menu yang tersedia dengan konsep handwriting atau tulis tangan. 

Cara ini memang terlihat cukup rumit dan konvensional. Meski begitu, membuat desain menu cafe dengan tulisan tangan manual juga bisa jadi ide yang unik karena setiap tulisan tangan manusia rata-rata memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Agar mempermudah proses pembuatannya, kamu mulai dulu dengan membuat sketsa awal sebagai panduan. Setelah kamu yakin dengan hasil sketsa tersebut, bisa dilanjut dengan proses penebalan garis dan pewarnaan. 

Hindari penggunaan warna yang bertabrakan, berlebihan, dan tone warna yang terlalu mencolok. Hal ini karena pilihan warna tersebut dapat merusak nilai estetika asli yang ada dalam papan kayu atau MDF. Cukup gunakan warna teks yang sifatnya netral seperti hitam maupun putih.

4. Press Letters

press letters

Contoh desain menu makanan dan minuman ini ditampilkan langsung di dinding kafe layaknya potongan surat kabar. Konsep desain ini terlihat sangat sederhana tapi sangat cantik, elegan, dan sangat modern.

Kamu hanya butuh menempelkan karakter (huruf dan angka) timbul serta pembatas antar menu yang terbuat dari kayu. Tampilannya hampir sama dengan tulisan dalam kertas bergaris yang berderet rapi dari atas menuju ke bawah (horizontal).

Untuk pengaplikasian warna karakter dan garis kayunya dapat kamu sesuaikan dengan warna cat dinding kafe kamu. Usahakan untuk gunakan warna karakter yang kontras dengan warna tembok dan warna garis. 

Sementara untuk kayu pembatasnya, kamu bisa pilih warna yang seimbang dengan tone warna dinding dan tone warna karakter. Seperti pada contoh gambar di atas.

5. Hanging Sign Menu

hanging sign menu

Selanjutnya kamu juga bisa mengadopsi inspirasi desain menu makanan dan minuman dengan sistem gantung seperti gambar yang tertera. Dengan begitu, para pelanggan sudah tidak perlu lagi bergantian membaca buku menu karena segala informasi yang tersedia sudah bisa pelanggan baca secara mudah.

Baca Juga:  Apa itu Marinasi? Pengertian, Kelebihan, dan Tips Melakukannya

Baca Juga: Tips untuk Menghasilkan Foto Makanan yang Eye Catching

Kamu dapat menggunakan papan menu berbahan kayu, PVC, metal, dan lain sebagainya sesuai dengan konsep kafe yang kamu tonjolkan. Terapkan juga penggunaan jenis tipografi, warna, dan ukuran font yang tepat dan sesuai dengan kaidah desain yang benar.

6. Chalkboard Style

chalkboard style

Inspirasi desain chalkboard atau papan tulis kapur ini sifatnya lebih fleksibel. Kamu dapat menentukan gaya penulisan menu yang beragam hanya dengan bermodalkan kapur dan keterampilan menggambar. 

Penggunaan desain menu makanan dan minuman model ini juga mudah diubah apabila terdapat pembaharuan informasi menu maupun harga.

7. Wooden Menu Holder

wooden menu

Jika kamu kurang puas dengan desain menu yang hanya berupa lembaran kertas, maka model ini dapat menjawab ketidakpuasan kamu. Kamu bisa menyusun daftar menu dengan konsep yang sama seperti gambar sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.

Selanjutnya, kamu perlu menyediakan papan kayu khusus dan potong sedikit sisi kanan atas dan kanan bawahnya. Potongan kayu ini akan menjadi tempat melingkarnya tali elastis yang akan menjepit lipatan kertas menu.

Mana Desain Menu Makanan Pilihanmu?

Jika berbicara masalah inspirasi desain menu makanan dan minuman cafe, tentu tidak akan ada habisnya. Semakin maju perkembangan zaman semakin banyak juga referensi desain yang tersebar di kancah internet.

Yang terpenting adalah bagaimana cara kamu membuat desain menu yang unik dan bisa membuat pelanggan tertarik. Kamu bebas menuangkan ide kreatif dalam proses penyusunan konsep desain sampai dengan proses eksekusinya.

Referensi hanyalah pemicu dan pengkaya inspirasi. Melalui referensi, kamu juga bisa mempelajari aspek penting dalam dunia desain seperti pemilihan tipografi, warna, gambar, konten, dan elemen penting lainnya.


Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, franchise, hingga resep hanya di fnbpreneur.id.