Inspirasi Usaha Makanan yang Cocok untuk Mahasiswa

5 min read

Siapa di antara kamu yang sedang kuliah dan perlu uang tambahan? Daripada kamu meminta uang dari bapak dan ibu di rumah, ada baiknya jika kamu membuka usaha sendiri.

Apabila kamu perlu inspirasi, usaha makanan untuk mahasiswa berikut ini bisa menjadi ide yang cocok untukmu.

Inspirasi Usaha Makanan yang Cocok untuk Mahasiswa

Meskipun ada banyak jenis usaha yang dapat seorang mahasiswa kerjakan, usaha berjualan makanan biasanya menjadi primadona bagi kebanyakan mahasiswa.

Berikut usaha makanan yang bisa kamu lakoni sebagai mahasiswa.

Simak bersama, ya!

1. Sosis Bakar

Sosis Bakar

Cookpad.com

Nah, ini dia salah satu makanan yang banyak digemari oleh mahasiswa, terutama untuk dibawa pulang. Berjualan sosis bakar bisa jadi adalah usaha makanan untuk mahasiswa yang bisa memberikan keuntungan legit. Kamu juga bisa Lebih nikmat menjual sosis beserta olesan saus sambal atau kecap agar lebih nikmat.

Mau tahu cara memasaknya? Pertama, kamu siapkan dulu beberapa sosis untuk kamu iris-iris kerat dan olesi dengan mentega. Setelah itu, siapkan tusuk sate sesuai kebutuhan dan susun mereka pada tusuk-tusuk sate. 

Gunakan alat pemanggang untuk memasak sosis yang telah kamu tusuk hingga warnanya sedikit gelap. Setelah matang, tempatkan pada wadahnya dan olesi dengan saus sambal dan mayonaise.

Sebagai penambah daya tarik konsumen, kamu bisa menggunakan saus tiram atau kecap ikan untuk “topping” ekstra. Kamu bisa juga menaburkan biji wijen di atas sosis selagi dipanggang untuk menambah rasa pada sosis bakar.

Jika kamu menjual sosis bakar yang ukurannya kecil, kamu mungkin bisa menjualnya seharga Rp 13.000,- per porsi. Sementara itu, jika sosis bakar kamu berukuran besar, harga satu porsinya bisa Rp 18.000,- atau lebih. 

Idenya begini, kamu dapat menjual sosis bakar sebanyak 4 buah (jika kecil) atau 2 buah (jika besar) dalam satu porsi.

2. Tahu Bulat

Tahu Bulat

Wikipedia.org

Tahukah kamu jika tahu bulat juga dapat kamu jadikan sebagai usaha makanan untuk mahasiswa yang modalnya terbilang sedikit? Bahan yang kamu perlukan cukup tahu-tahu kecil berbentuk bulat dan alat memasak serta beberapa bumbu. 

Kamu mungkin hanya membutuhkan bumbu sejenis kecap atau mayonaise sebagai pelengkap sajian untuk produk makanan yang kamu jual.

Resepnya kurang lebih seperti ini, siapkan 500 gram tahu putih, 1 butir telur ayam, dan 1 sdt garam. Sedangkan untuk bumbu tahu bulat, kamu perlu 1 sdt baking powder, 1 sdt penyedap rasa, dan 4 siung bawang putih untuk dihaluskan.

Baca Juga:  20 Ide Nama Unik dan Menarik untuk Usaha Makanan

Begini cara memasaknya:

  • Remas tahu putih sampar hancur dan keluar airnya.
  • Haluskan bawang, kemudian masukkan bawang bersama penyedap rasa, garam, baking powder, dan telur ke dalam adonan.
  • Aduk adonan hingga merata (jika masih terlalu lembek, tambahkan tepung tapioka).
  • Dinginkan adonan dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit.
  • Jika sudah dingin, keluarkan dan bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil.
  • Goreng adonan dalam minyak panas hingga berwarna coklat dan garing.

Kamu bisa mematok harga sekitar Rp 7.500,- hingga Rp 9.000,- per porsi. Satu porsi tahu bulat sebaiknya berisi 7 sampai 9 butir tahu. Silakan tambahkan saus tomat atau sambal agar pembeli kamu tertarik.

3. Seblak

seblak

Kulinerkota.com

Kuliner seblak ternyata tidak cuma populer bagi anak-anak sekolahan saja, mahasiswa pun dapat juga menikmati seblak. Jika kamu suka hidangan bercita rasa pedas, seblak dapat menjadi inspirasi usaha makanan untuk mahasiswa yang bagus bagimu.

Jika ingin menjalankan usaha ini, kamu membutuhkan sejumlah bahan, seperti 200 gram kerupuk aci, 2 buah sosis, 1 butir telur, dan air secukupnya. Adapun bahan bumbu halusnya, yaitu bawang putih 3 siung, bawang merah 4 siung, kencur kecil 2 butir, dan penyedap rasa secukupnya. 

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat seblak ala rumahan:

  • Haluskan semua bumbu, bawang-bawang dan kencur, lalu sisihkan.
  • Iris-iris sosis menjadi potongan kecil-kecil.
  • Tumis bumbu halus sampai harum bersama telur dan air putih, kurang lebih satu gelas saja.
  • Masukkan kerupuk aci, sosis, dan penyedap rasa, lalu masak sampai matang.
  • Siapkan wadah-wadah dengan alas kertas roti, lalu tuangkan seblak ke dalam wadah tersebut. Seblak pun siap kamu jual.

Ada bermacam-macam “topping” untuk seblak, mulai dari pangsit, mie, daging ayam, hingga tulang ayam lunak. Bumbunya pun tidak harus yang pedas melulu, melainkan bisa berasa asin-manis dan manis-pedas tergantung selera konsumen.

Karena bahan-bahan dan proses memasak seblak tergolong sulit, jangan ragu untuk memasang harga yang sedikit tinggi, asal masih terjangkau. Sebagai contoh, Rp 13.000,- untuk seblak biasa tanpa topping dan Rp 17.000,- untuk seblak dengan topping.

4. Bakwan

Bakwan

cookpad.com

Siapa yang tak suka makanan gorengan sejenis bakwan? Dari semua makanan yang artikel ini jelaskan, berjualan bakwan mungkin saja merupakan usaha makanan untuk mahasiswa yang paling mudah. Bahan-bahannya terbilang gampang kamu cari dan cara memasaknya pun tidak terlalu sulit.

Karena kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berupa bunga kol 2 buah, wortel 2 buah, daun bawang 2 tangkai, dan 8 sdm tepung terigu. Ada juga bahan bumbu halusnya, yaitu bawang putih 2–3 siung, 2 sdt merica, 1 sdt ketumbar, dan penyedap rasa secukupnya. Siapkan juga air putih untuk melumatkan adonan bakwan.

Berikut adalah cara memasaknya:

  • Haluskan semua bumbu halus, tetapi jangan dulu ditumis.
  • Potong-potong bunga kol, daun bawang, dan wortel hingga menjadi irisan-irisan tipis panjang.
  • Siapkan wadah besar, lalu campurkan irisan-irisan sayuran itu bersama tepung terigu dan air, kemudian aduk hingga merata.
  • Masukkan bumbu halus ke dalam adonan bakwan dan aduk kembali hingga merata.
  • Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan masukkan adonan bala-bala ke dalam minyak, atur adonan agar tak menempel satu sama lain.
  • Bolak-balik adonan bakwan sampai berwarna coklat dan garing, lalu angkat dan tiriskan.
Baca Juga:  12 Jenis Gula Beserta Manfaatnya Untuk Bisnis Minuman

Kamu bisa memasang harga Rp 1.000,- per bala-bala jika kamu menjualnya dalam bentuk satuan. Bila bakwan tersebut kamu jual dalam bentuk bungkusan, silakan patok harga kurang lebih Rp 4.500,- per bungkus.

5. Roti Bakar

Roti Bakar

Cookpad.com

Kebanyakan orang beranggapan jika roti itu lebih baik dibuat menjadi sandwich saja. Pada kenyataannya, roti bakar pun bisa menjadi sebuah usaha makanan untuk mahasiswa yang sedap dan berkesan di mata pembeli. Belum lagi aneka “topping” yang dapat kamu berikan pada roti bakar tersebut untuk menggugah konsumen.

Bahan utama roti bakar tentu saja adalah setangkup roti tawar, beserta mentega, parutan keju, dan taburan meses. Sedangkan untuk topping tambahannya, kamu bisa menggunakan taburan kacang almond, selai aneka rasa, atau susu kental manis.

Langkah pertama dalam proses pembuatan roti bakar, yakni menyiapkan alat pemanggang dan olesi bagian atasnya dengan mentega. Sebelum kamu panaskan pemanggang, olesi juga roti-roti tawar tersebut dengan mentega, baru kamu panggang di atas api kecil. 

Sambil dimasak, berikan taburan topping pada roti, baik di sisinya maupun di atas roti, dan bolak-balikkan supaya topping tersebut meresap.

Begitu roti bakar berwarna kecoklatan dan toppingnya meresap ke dalam roti, angkat dan tempatkan dalam wadah-wadah sebelum kamu jual. Bila perlu, silakan berikan topping tambahan untuk memikat hati para pembeli.

Kamu boleh saja menjual satu porsi roti bakar dengan harga Rp 7.000,- untuk yang toppingnya hanya satu. Sementara untuk roti bakar dengan dua topping, silakan patok harga sekitar Rp 10.000,- per porsi.

6. Keripik Kentang

Keripik Kentang

Liputan6.com

Percayakah kamu bahwa keripik kentang juga bisa menjadi peluang usaha makanan untuk mahasiswa masa kini? Mungkin sudah banyak merek keripik kentang yang beredar di pasaran, namun harga mereka cenderung mahal. 

Oleh sebab itu, kamu bisa memproduksi dan menjual keripik kentang buatan sendiri dengan harga terjangkau untuk menarik minat beli konsumen dari kalangan mahasiswa.

Bahan-bahan membuat keripik kentang sendiri, yakni kentang berukuran sedang atau besar sebanyak 6 sampai 7 buah dan garam atau merica sebanyak 5 sdt. Jangan lupakan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng keripik.

Baca Juga:  Menu Mie Gacoan yang Selalu Diminati Pembeli Setiap Tahun

Sebelum kamu memasak keripik kentang, pertama cucilah kentang-kentang tersebut dan iris-iris tipis. Diamkan irisan-irisan kentang itu dalam air bersih selama kurang lebih sepuluh menit. Kemudian, tiriskan airnya dan rendam kembali, kali ini airnya harus kamu tambahkan bumbu penyedap dan diamkan lagi selama 25 menit.

Sekarang waktunya kamu memanaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan irisan-irisan kentang satu per satu ke dalam minyak panas dan bolak-balikkan sampai mereka kering. 

Setelah keripik kentang tersebut matang dan berwarna keemasan, angkat dan biarkan dingin, baru kamu isikan ke dalam plastik-plastik bening untuk dijual.

Keripik kentang cenderung mudah untuk kamu masak, sehingga harganya tak perlu-mahal-mahal. Coba patok harga Rp 8.500,- untuk keripik kentang dengan porsi sedikit dan Rp 13.500,- untuk yang porsinya banyak.

7. Jus Buah

Jus Buah

Kordanews.com

Kendati rata-rata mahasiswa lebih suka minuman manis atau minuman bersoda, tidak ada salahnya jika kamu mencoba berjualan jus. Ya, menjual jus buah boleh jadi cocok untuk kamu para mahasiswa yang ingin membuka usaha makanan yang unik. Belum lagi jus buah itu lebih bernutrisi ketimbang soda.

Kamu akan membutuhkan bahan utama berupa buah-buahan segar, misalnya pepaya, alpukat, jambu, atau mangga. Bahan-bahan tambahannya adalah air putih dan bahan pemanis seperti gula pasir atau susu kental manis. Pastikan airnya tidak terlalu banyak agar jus tak menjadi encer, begitu pula dengan pemanis.

Langkah pertama dalam membuat jus buah ialah mencuci bersih buah-buahan yang kamu pilih sebagai bahan utama. Berikutnya kamu kupas kulitnya dan iris-iris kotak untuk kemudian kamu masukkan ke dalam blender. 

Tambahkan air secukupnya ke dalam blender serta pemanis, baik gula, krimer, atau susu kental manis. Jika kamu menggunakan pemanis gula pasir, jangan lebih dari 1 sdm.

Sekarang kamu nyalakan blender dan haluskan potongan-potongan buah tersebut sampai menjadi kental. Begitu jus buah siap, sediakan gelas-gelas plastik dan tuang jus buah ke dalam wadah tersebut. Berikan tutup pada gelas-gelas plastik tersebut dan produk kamu pun siap dijual bersama sedotan.

Mengingat harga buah-buahan yang cenderung mahal, kamu sebaiknya mematok harga yang sedikit tinggi untuk jus buah. Misalnya untuk jus buah dengan gelas berukuran kecil, kamu bisa menjualnya seharga Rp 10.000,- dan Rp 17.000,- untuk gelas yang besar.

Mana Usaha Makanan yang Tertarik untuk kamu Coba?

Itulah tadi pembahasan mendetail tentang macam-macam usaha makanan untuk mahasiswa yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Jika berani memulai usaha sejak dini, bukan tidak mungkin nantinya kamu berhenti mengandalkan orangtua untuk membiayai kuliahmu.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang bisnis makanan, bisnis minuman dan tips hanya di fnbpreneur.id