Papeda Makanan Khas Papua yang Terbuat dari Sagu!

5 min read

Papeda Makanan Khas Papua

Apakah kamu pernah mendengar atau memakan khas Indonesia? Tentunya, sebagai warga Indonesia, kamu tentunya mengenal apa itu papeda, bukan? Ya, makanan khas papua ini sering tersaji dan dapat kamu temui pada berbagai daerah Indonesia. Yuk simak penjelasan yang dapat kamu ketahui tentang makanan ini!

Apa itu Papeda dan Sejarahnya?

Sebelum mengenal bagaimana resep papeda dan cara membuatnya, kamu harus terlebih dahulu mengenal sejarah pembuatan dan terbentuknya makanan khas papua yang banyak digemari orang ini.

Jadi, papeda sendiri adalah sebuah makanan yang berbentuk bubur kental yang berasal dari daerah Maluku dan Papua. Seperti makanan khas lain pada daerah yang sama, makanan yang satu ini terbuat dari sagu dan mempunyai tekstur yang cukup lengket seperti lem.

Biasanya, orang-orang menikmati makanan ini dengan campuran atau tambahan lauk yang gurih sehingga rasa papeda akan semakin meledak-ledak dalam mulut. Keseringan, penyajian ini diikuti oleh kehadiran ikan tongkol ataupun mubara yang telah dibumbui secara merata dengan kunyit.

Sejarah makanan ini juga cukup menarik untuk kamu ketahui. Menurut sejarah Indonesia, makanan khas Papua dan Maluku ini adalah salah satu makanan yang dihormati oleh masyarakat papua karena bahan dasarnya. Masyarakat papua mengenal mitologi yang mengatakan bahwa sagu adalah tanaman yang berasal dari penjelmaan manusia.

Itulah mengapa sagu menjadi sangat istimewa hingga kerap kali masyarakat setempat merayakan acara khusus saat memanen tanaman ini. Papeda sendiri sering tersaji dan muncul pada upacara adat yang ada di Papua. Upacara adat tersebut adalah Watani Kame.

Upacara yang ada untuk memperingati siklus berakhirnya kematian seseorang ini akan ditandai oleh pembagian papeda pada relasi yang membantu melaksanakan upacara Watani Kame tersebut.

Cara Menikmati Papeda

Setelah mengetahui bagaimana sejarah dari makanan khas Papua dan Maluku ini, kamu selanjutnya dapat mengenal lebih dalam mengenai bagaimana cara menikmati papeda.

Memakannya tentu memiliki teknik yang agak berbeda dengan cara makan makanan lainnya. Karena teksturnya yang lengket seperti lem, tentu saja papeda harus dimakan dengan cara spesial untuk dapat menikmati makanan ini dengan maksimal.

Baca Juga:  7 Ide dan Tips Bisnis Kuliner Ramadan Sukses Meraup Keuntungan

Cara yang paling populer adalah dengan menggulungnya dengan sumpit, garpu atau alat makan lainnya. Papeda yang lengket biasanya akan tersaji dengan ikan kuah kuning yang dapat kamu pesan terpisah ataupun bersamaan sesuai dengan kebijakan restoran.

1. Tuang Kuah Ikan Terlebih Dahulu

tuang kuah ikan

Sumber : Youtube Nex Carlos

Karena teksturnya yang lengket, kamu dapat menuangkannya ke kuah ikanmu agar mengurangi kelengketan pada papeda. Dengan menggunakan teknik ini, kamu tentunya dapat menggigitnya dengan leluasa dan mencegah makanan tersebut untuk lengket pada rongga mulutmu.

2. Gulung Papeda Menggunakan Sumpit

gulung papeda menggunakan sumpit

Sumber : Youtube Nex Carlos

Beberapa restoran penjual papeda akan memberikan sebuah sumpit besar untuk menggulung dan mengambil papeda dari mangkok untuk nanti akan kamu tuang ke piringmu.

Pegang sumpit masing-masing pada kedua tangan lalu ambil makanan tersebut dan gulung-gulung secara cepat ke kedua sumpit tersebut.

3. Tuangkan Papeda ke Piring

tuangkan papeda ke piring

Sumber : Youtube Nex Carlos

Langkah selanjutnya adalah dengan menuangkan makanan khas Papua tersebut ke dalam piring yang sudah kamu baluri dengan kuah papeda. Selanjutnya, kamu bisa memakan papeda dengan sendok seperti biasa karena tekstur papeda yang lengket akan bercampur dengan kuah kuning yang sedap.

Manfaat Makan Papeda

Selain enak, makanan khas Papua ini juga kerap kali menjadi sumber vitamin karena kandungannya yang kaya akan vitamin. Terbuat dari Sagu yang sering terpakai menjadi pengganti nasi, inilah beberapa manfaat papeda.

1. Sumber Energi

Manfaat jenis makanan ini yang paling utama adalah menjadi sumber energi. Walaupun makanan ini tidak memiliki banyak vitamin, tapi papeda sendiri tercatat mengandung vitamin tiamin dan vitamin B1.

Akan tetapi, kandungan yang paling banyak ditemukan dari makanan ini adalah karbohidrat yang menjadi sumber energy untuk tubuh. Tentunya, sebagai makanan pengganti nasi, makanan ini sangat baik untuk dimakan sebagai sarapan.

2. Antioksidan yang Tinggi

Fungsi antioksidan untuk tubuh adalah untuk menangkal dan menyingkirkan zat radikal yang dapat masuk ke dalam tubuh. Zat radikal ini nantinya akan berkembang menjadi resiko penyakit berat seperti penyakit jantung.

Selain itu, untuk kamu yang ingin meningkatkan imun tubuh apalagi pada situasi pandemic seperti ini, memakan papeda yang memiliki anti oksidan yang tinggi juga cukup membantu, loh.

3. Menurunkan Resiko Diabetes

Manfaat yang selanjutnya adalah menurunkan resiko diabetes untuk pemakannya. Sagu sendiri mempunyai sekitar 7,5 persen pati resisten. Fungsi dari pati resisten ini adalah asam lemak rantai pendek yang dapat masuk ke dalam tubuh tanpa dicerna.

Jika asam lemak rantai pendek pada ususmu mempunyai jumlah yang cukup, dia akan mengurangi resiko resistansi (pengurangan) insulin sehingga akan menjauhkanmu dari resiko diabetes.

Baca Juga:  5 Resep dan Cara Membuat Corndog yang Enak, Gurih dan Lezat

4. Melancarkan Pencernaan

Tak hanya pati resisten, salah satu kandungan yang ada pada makanan khas Papua ini juga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan tersebut bernama serat.

Peneliti mencatat bahwa laki-laki dewasa membutuhkan 28-37 gram serat untuk memperlancar pencernaan, sedangkan untuk perempuan, mereka membutuhkan 27-32 gram.

Resep Membuat Papeda yang enak

Resep papeda sendiri sangat mudah dan gampang untuk kamu cari. Selain menjadi pengganti nasi dan kamu makan begitu saja, ternyata papeda sendiri dapat kamu buat menjadi apa saja sehingga menciptakan kreasi makanan yang lebih menarik lagi, bahkan menjadi ide jualan. Berikut ini adalah beberapa resep yang enak :

1. Resep dengan Kuah Kuning

resep papeda dengan kuah kuning

Sumber : Kompas.com

Resep yang pertama yang terpopuler dan menjadi ide jualan dari papeda adalah menyajikannya dengan kuah kuning. Kuah kuning ini biasanya adalah kuah hasil dari masakan ikan seperti ikan tongkol, gurame, atau kakap.

Tentunya, ikan yang segar dan juga kuah yang enak akan menambah cita rasa sehingga makin nikmat untuk kamu makan.

2.    Papeda Gulung

resep papeda gulung

Sumber : Cookpad mama rhea

Ide resep kedua yang dapat kamu masak ataupun jadikan ide jualan adalah papeda gulung. Varian makanan ini akan berbentuk seperti telur gulung dan cocok untuk menjadi jualanmu. Tentunya, selain sehat, jajanan yang satu ini akan laku kamu jual di sekolahan.

Cara buatnya juga mudah dengan bahan-bahan yang cukup murah akan menambah keuntunganmu.

3. Papeda Manis

cara membuat papeda manis

Sumber : Instagram Jajan Beken

Selain menjadi makanan berat atau makanan asin, ternyata papeda juga bisa kamu jadikan makanan manis untuk menangkal terik matahari, loh. Cara buatnya juga cukup mudah. Cukup sediakan gula merah, susu, es batu dan tepung sagu.

Masaklah terlebih dahulu tepung sagu dan air sehingga papeda tersebut mengental setelah itu campurkanlah susu dan gula merah ke dalam minuman.

4.    Papeda Gulung Roti Isi Abon

papeda gulung roti isi abon

Sumber : Cookpad aprilia_ekptri

Nah, resep yang satu ini juga cukup menarik untuk kamu masak ataupun kamu jadiin ide jualan. Papeda akan berbentuk seperti hotdogs dan akan semakin nikmat untuk kamu santap.

Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan papeda yang telah jadi, roti tawar, abon dan tusuk sate.

Cara Membuat Papeda Ikan Kuah Kuning yang Enak

Setelah melihat beberapa resep diatas, kamu tentunya penasaran untuk langsung membuat papeda, bukan. Nah, berikut ini adalah cara membuat papeda yang enak untuk kamu santap sendiri ataupun bersama teman dan keluarga.

1. Bahan

bahan membuat papeda

Sumber : Youtube Keluarga Bahagia di Jerman

Resep berikut ini adalah resep memasak bersamaan dengan ikan kuah kuning sebagai pelengkap. Ada beberapa bahan yang dapat kamu siapkan sebelum masuk ke tahap memasak, yaitu :

  • Sagu, jika tidak ada sagu, kamu dapat menggantinya dengan tepung kanji atau tepung tapioka
  • Ikan Tongkol, dapat kamu ganti dengan ikan segar lainnya seperti ikan gurame, ikan nila ataupun ikan segar lainnya. (Pastikan ikan tersebut segar agar rasanya semakin nikmat).
  • 3 Siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 3 ruas jari kunyit untuk membuat warna pada kuah kuningnya.
  • Cabai sesuai selera.
  • Kemiri
  • 2 batang serai
  • Jahe
Baca Juga:  Rekomendasi Takjil Buka Puasa yang Wajib Dicoba

2. Langkah Pembuatan Ikan Kuah Kuning

Setelah menyiapkan bahan-bahan, kamu sudah mulai dapat memasak ikan kuah kuning tersebut dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Peras jeruk dan tambahkan garam ke potongan ikan dan diamkan beberapa saat agar ikan tidak terlalu berbau amis.
  • Blender bahan seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, cabai dan kemiri hingga halus.
  • Panaskan wajan dan minyak lalu masukkan bahan yang telah diblender ke dalam wajan dan tumis sampai berbau wangi.

panaskan wajan dan minyak lalu masukkan bumbu

Sumber : Youtube Keluarga Bahagia di Jerman

  • Masukkan serai dan jahe agar menambah rasa wangi pada ikan kuah kuning.

aduk bumbu yang telah dimasak

Sumber : Youtube Keluarga Bahagia di Jerman

  • Masukkan 1.5 Liter air ke dalam tumisan bumbu yang telah masak dan berubah warna menjadi coklat keemasan. Masukkan pula garam dan penyedap rasa.

masukkan air 1.5 liter ke tumisan bumbu

Sumber : Youtube Keluarga Bahagia di Jerman

  • Masukkan ikan ke dalam panci kuah kuning dan tunggu sampai mendidih dan ikan mulai wangi dan matang.
  • Setelah semua matang, masukkan sentuhan akhir berupa kemangi, bawang goreng, cabai dan sebagainya sesuai selera kamu.

sajikan papeda yang sudah jadi

Sumber : Youtube Keluarga Bahagia di Jerman

3.    Langkah Pembuatan Papeda

Terakhir, kamu dapat langsung membuat papeda. Perlu kamu ingat bahwa membuat makanan ini haruslah dilakukan terakhir kali. Hal itu karena jika makanan khas Papua ini sudah dingin, maka tentunys sudah tidak nikmat lagi. Jadi, buatlah pada saat masa penyajian. Berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan sagu atau tepung kanji ke dalam mangkok yang tidak terlalu kecil.
  • Masukkan air dingin secara perlahan-lahan dan aduk sagu atau tepung kanji tersebut sampai encer.
  • Setelah encer, masukkan air mendidih ke dalam papeda encer dan aduk cepat hingga mengental.

masukkan air mendidih ke papeda encer

Sumber : Youtube Keluarga Bahagia di Jerman

  • Makanan siap disajikan

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang penjelasan, manfaat dan resep papeda. Selain cara buatnya yang gampang, papeda juga populer karena rasanya yang nikmat. Jadi, tunggu apalagi untuk membuatnya sendiri. Semoga artikel ini dapat membantu!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, makanan Indonesia, franchise, resep, dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id.