Sudah Tahu Apa Saja Makanan Termahal di Indonesia?

2 min read

makanan termahal di indonesia

Apa saja makanan termahal di Indonesia? 

Beberapa mungkin pernah kamu coba, namun apa yang membuatnya mahal?

Bahkan, terkadang harganya tidak masuk akal. 

Apa Saja Makanan Termahal di Indonesia?

Supaya tidak penasaran, di bawah ini akan kami bahas apa saja makanan termahal di Indonesia.

Berikut beberapa di antaranya yang harganya cukup fantastis.

Simak bersama, ya!

1. Ayam Cemani

Selama ini, masyarakat pada umumnya sering mengkonsumsi ayam ras atau ayam broiler. Sementara untuk ayam cemani sendiri, tidak banyak masyarakat yang mengetahuinya. 

Karena, ayam cemani ini memiliki harga yang cukup fantastis. Jenis kuliner yang satu ini memang sudah cukup populer sejak era kerajaan Majapahit lalu. 

Ayam cemani mempunyai tampilan yang sangat eksotis, karena sekujur tubuhnya memiliki warna yang hitam pekat. Mulai dari jengger hingga cekernya, bahkan hingga organ dalamnya. 

Memang, jenis ayam ini terkesan menyeramkan. Sebab, biasanya ayam ini akan diolah untuk dijadikan sebagai sesajen bagi sebagian masyarakat Jawa. 

Jika ayam ini diolah, maka banyak yang mengatakan jika rasanya sangat gurih. Namun, perlu kamu ketahui, bahwa satu ekor ayam cemani ini bisa dibandrol dengan harga hingga 33 juta rupiah. 

Kopi Luwak

Kopi menjadi komoditi ekspor terbesar untuk Indonesia.

Peminatnya pun berasal dari seluruh dunia.

Kopi luwak sendiri berasal dari biji kopi robusta dengan kualitas terbaik. 

Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi luwak inilah yang paling terkenal. Kopi luwak ini dipilah secara alami oleh hewan luwak. Hewan luwak nantinya akan mengonsumsi biji kopi, lalu melakukan fermentasi dalam sistem pencernaannya. 

Baca Juga:  20 Franchise Makanan Terlaris yang Ada di Indonesia

Setelah proses fermentasinya selesai, maka biji kopi akan keluar dalam bentuk kotoran. Biji tersebut lalu akan diolah kembali melalui serangkaian proses, hingga akhirnya menghasilkan kopi yang lezat. 

Proses yang panjang dan kualitas yang terjaga inilah yang membuat harga kopi luwak cukup tinggi. Harga dari kopi luwak ini sendiri adalah sekitar 3,4 juta hingga 16 juta rupiah per kilogramnya. 

Bagi kamu yang ingin menikmati kenikmatan dari kopi luwak yang sudah siap minum. Maka kamu harus siap untuk mengeluarkan uang sebesar 1,1 juta rupiah per cangkirnya. 

Sup Sarang Burung Walet

Makanan termahal di Indonesia selanjutnya adalah sup sarang burung walet. Sarang burung walet sendiri merupakan kuliner yang sudah biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. 

Namun, perlu kamu ketahui bahwa kuliner yang satu ini terbilang cukup mahal. Hal ini karena tingginya konsumen Tiongkok atas sarang burung walet ini. 

Sebagai informasi, bahwa seluruh bagian dari sarang burung walet ini terbuat dari air liur burung walet itu sendiri. Satu ekor burung walet dapat menghasilkan sarang yang utuh sekitar 44 hari. 

Selain itu, sarang burung walet ini juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Kandungan gizi yang terdapat dalam sarang burung walet ini, antara lain kalsium, mineral, zat besi, dan asam amino. 

Nantinya, zat-zat tersebutlah yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat dari sarang burung walet ini adalah sebagai penyembuhan kanker, meningkatkan daya ingat, dan bisa membantu dalam proses regenerasi sel-sel tubuh. 

Tidak hanya itu, air liur burung walet juga mengandung mineral, glikoprotein, dan zat alami lainnya. Kandungan tersebut ternyata bisa menghilangkan panas, meremajakan sel kulit, dan meningkatkan fokus. 

Baca Juga:  Ide Usaha Makanan Ringan Serba 5000, Banyak Dibeli!

Karena banyaknya manfaat dari sarang burung walet inilah yang membuat harga dari sup burung walet sangat fantastis. Satu mangkuk sup burung walet ini dibanderol dengan harga 1,4 juta rupiah. 

Sementara untuk satu kilogram sarang burung walet sendiri dibanderol dengan harga sekitar 40 juta rupiah. 

Lobster

Lobster bercapit ini merupakan salah satu kuliner yang cukup populer untuk para penikmat seafood

Bagi kamu yang suka dengan berbagai olahan lobster, bisa langsung membelinya di restoran. Namun, bagi kamu yang ingin mengolahnya sendiri, bisa membeli di pasar atau supermarket. 

Harga lobster ini sendiri cukup bervariasi. Misalnya lobster batik, harganya sekitar 900 ribu rupiah per kilogramnya, sementara untuk lobster mutiara memiliki harga sekitar 1,5 juta rupiah per kilogramnya. 

Selain itu, untuk harga lobster Pakistan cenderung lebih murah, yakni seharga 400 ribuan saja per kilogramnya. Sedangkan untuk lobster batu berkisar antara 210 ribu rupiah hingga 400 ribu rupiah per kilogramnya. 

Tiram

Makanan ini sering mendapatkan julukan steak yang berasal dari laut yang merupakan salah satu makanan termahal di Indonesia

Tiram yang berasal dari laut Coffin, Australia ini memiliki ukuran yang sangat besar. Bahkan ukurannya bisa mencapai 2 kilogram per ekornya.

Jadi, sangat tidak mengherankan apabila harga dari seekor tiram mencapai 1 juta rupiah jika di convert kepada mata uang kita.

Benar-benar mahal, bukan?

Kuliner Emas

Emas memang saat ini bukan hanya bisa menjadi logam mulia untuk bahan pembuatan perhiasan saja, melainkan emas juga sudah bisa kamu makan. 

Setelah diolah sedemikian rupa, ternyata emas juga bisa dijadikan makanan yang aman untuk dimakan. Harga emas per lembarnya saja sekitar 260 ribuan per miligramnya.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Kopi di Indonesia: Wajib Tahu untuk Mulai Bisnis

Cukup fantastis, ya!

Sudah Coba Makanan Termahal di Indonesia yang Mana?

Itulah beberapa makanan termahal di Indonesia yang perlu kamu tahu.

Apakah kamu pernah mencicipi salah satu dari daftar di atas? 

Jika belum, mungkin kamu bisa memasukannya ke daftarmu untuk memperkaya pengalaman kuliner.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar makanan Indonesia, minuman Indonesia dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.