Resep Kolak Singkong yang Empuk dan Enak, Cara Membuatnya Mudah!

1 min read

Resep Kolak Singkong yang Empuk dan Enak

Kolak singkong merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang mungkin sebentar lagi akan banyak orang yang mencarinya mengingat akan tiba waktunya memasuki bulan suci Ramadan. Saat bulan Ramadhan tiba, tentu banyak orang yang mencari sajian manis seperti kolak singkong. Bahan-bahan kolak singkong terbilang sangat mudah untuk kamu dapatkan dan juga resep kolak singkong sangat mudah untuk kamu coba sendiri di rumah. 

Resep Kolak Singkong

Untuk membuat kolak singkong empuk dan enak, berikut ini adalah resep kolak singkong yang empuk dan enak. Sama halnya dengan kolak pisang, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kolak singkong juga cukup mudah untuk didapatkan. Apa sajakah bahan-bahannya dan juga bagaimana cara membuat kolak singkong tersebut? Simak informasinya berikut ini:

Alat dan Bahan-bahan

siapkan singkong dan bahan lainnya

Untuk membuat kolak singkong yang empuk dan enak ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Bahan-bahan ini sangat mudah untuk kamu dapatkan dan berikut adalah bahan-bahan untuk membuat kolak singkong tersebut

  1. Wadah untuk memasak seperti panci 
  2. Centong atau sendok untuk mengaduk
  3. 1 KG singkong
  4. 1000 ML santan kental
  5. Santan cair
  6. Gula merah 
  7. Daun pandan
  8. Garam

Cara Membuat Kolak Singkong dengan Mudah

Setelah mengetahui alat-alat dan juga bahan-bahan untuk membuat kolak singkong, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara membuat kolak singkong. Berikut ini adalah tahapan-tahapan membuat kolak singkong yang empuk dan enak.

kupas singkong dan cuci bersih

Langkah pertama adalah mempersiapkan singkong yang nantinya akan kamu gunakan sebagai bahan utama dalam membuat kolak singkong. Cara mempersiapkannya adalah dengan mengupas kulit singkong lalu memotong singkong tersebut dengan ukuran yang cukup dan tidak terlalu lebar.

Baca Juga:  Resep dan Cara Membuat Wedang Ronde untuk Jualan

masukkan santan untuk membuat kolak singkong

Langkah selanjutnya dari resep kolak singkong yang empuk dan enak adalah memasak santan cair dan singkong ke dalam wadah yang telah kamu siapkan. Masak kedua bahan tersebut hingga mendidih dan singkong yang telah kamu siapkan sebelumnya menjadi matang serta benar-benar empuk.

masukkan gula aren

Langkah berikutnya adalah memasukkan gula merah yang telah kamu siapkan ke dalam wadah yang sudah berisi santan cair dan juga singkong yang telah empuk. Masak hingga gula merah tersebut menjadi cair.

masukkan daun pandan supaya kolak singkong jadi harum

Sambil menunggu gula merah tersebut cair kamu juga harus memasukkan daun pandan yang telah kamu siapkan sebelumnya ke dalam wadah yang sudah berisi singkong yang telah empuk tersebut.

masukkan garam di kolak singkong

Setelah memasukkan singkong, gula merah dan juga daun pandan ke dalam wadah yang berisi santan cair, masukkan juga garam yang telah kamu siapkan sebelumnya. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata dan gula merah cair sempurna.

masukkan santan kental

Setelah gula merah cair secara sempurna langkah selanjutnya dari resep kolak singkong yang empuk dan enak adalah memasukkan 1000 ML santan kental yang telah kamu siapkan sebelumnya. 

Aduk bahan-bahan tersebut dan juga cobalah untuk mencicipi sedikit kolak singkong yang sudah kamu buat. Apabila kamu merasa kurang manis, maka kamu dapat menambahkan sedikit gula pasir lagi kedalam bahan-bahan tersebut. 

Aduk terus bahan-bahan tersebut hingga muncul buih-buih dari bahan-bahan yang telah kamu masak. Jangan sampai bahan-bahan tersebut mendidih karena bisa membuat santan yang telah kamu masukkan pecah. Setelah muncul buih-buih dari bahan-bahan tersebut maka kolak singkong siap untuk kamu sajikan.

Kolak Singkong Empuk dan Enak Siap untuk Kamu Nikmati

Itulah resep kolak singkong yang empuk dan enak serta cara membuatnya yang mudah karena bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahan untuk membuat kolak singkong tersebut juga sangat mudah untuk kamu dapatkan. 

Baca Juga:  Deretan Menu Sehat Tanpa Minyak, Cocok untuk Katering!

Kolak singkong tersebut tentunya menjadi pilihan yang sangat tepat untuk berbuka puasa. Selamat mencoba dan menikmati kolak singkong empuk dan enak. 

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, resep makanan, franchise, dan masih banyak lagi hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.