Nama Usaha Makanan Islami Beserta Artinya, Cocok Untuk Bisnis!

5 min read

nama usaha makanan islami

Apakah kamu sedang mencari ide nama usaha makanan Islami? Nama merupakan identitas yang membedakan antara satu objek dengan objek lainnya. Ketika ingin mendirikan usaha, penting untuk memperhatikan seperti apa nama yang akan kamu pilih. 

Salah satunya adalah dengan memberikan nama islami. Nama ini memberikan pesan secara tidak langsung kepada pelanggan bahwa makanan yang kamu jual 100% halal.

Rekomendasi Nama Usaha Makanan Islami

Di bawah ini ada beberapa nama usaha makanan islami yang menarik serta penuh makna yang bisa kamu pertimbangkan sebagai brand usaha milikmu:

1. Al-Fazza

Nama pertama untuk usaha makanan yang bisa kamu pilih adalah Al-Fazza. Sebuah kata yang asalnya dari Bahasa Arab, yaitu ‘Fazza’ mempunyai arti keberhasilan dan kejayaan. 

Nama ini cocok bagi kamu yang ingin mendirikan usaha makanan dengan harapan usahamu penuh dengan berkah. Kamu bisa menggabungkannya dengan jenis kuliner yang kamu jual agar berkah, contohnya kebab. 

Kedua nama tersebut sangat cocok kamu sandingkan, karena kebab adalah makanan yang berasal dari Turki. Ketika kamu tambahkan dengan kata berbahasa Arab akan mudah menempel di memori customer.

2. Al-Hadi 

Setiap usaha tentunya harus kamu jalankan sepenuh hati. Ketika ingin usaha makananmu berkembang, maka kamu tidak boleh menjalankannya secara setengah-setengah.

Maka dari itu, melalui nama Al-Hadi ini sebagai doa agar bisnis kuliner kamu bisa sukses kedepannya.

Al-Hadi adalah nama yang berarti pemimpin atau penunjuk. Ketika menggunakan nama tersebut, terbesit harapan supaya usaha yang kamu dirikan mampu menjadi nomor satu di antara para kompetitor.

Kamu dapat menyandingkan nama Al-Hadi dengan jenis kuliner nomor satu yang paling banyak peminatnya di masyarakat, misalnya warung nasi. 

Warung nasi merupakan kuliner paling dicari oleh berbagai kalangan, baik untuk sarapan, makan siang maupun malam.

Selain itu, irama yang sama pada akhiran kata membuat nama usaha ini tampak mudah diucapkan dan sederhana.

3. Ad-Din

Jika kamu membutuhkan ide nama usaha makanan islami dan halal, Ad-Din bisa menjadi rekomendasi. Sebuah nama yang artinya agama, dimana kamu berharap agar usaha yang kamu jalankan mampu menghadirkan banyak berkah dan selalu berpegang teguh kepada nilai-nilai Islami.

Baca Juga:  Warna Logo Bisnis Kuliner yang Bisa Meningkatkan Penjualanmu

Agama adalah suatu kepercayaan yang membuat kita dekat dengan Tuhan. Karena kedekatan tersebut membuat hati menjadi tentram dan damai.

Sehingga, nama ini cocok kamu padu padankan dengan produk makanan yang berhubungan dengan ibadah.

Salah satunya adalah usaha takjil.

Takjil yang umumnya memiliki cita rasa manis dan segar mampu membuat kamu relax ketika memakannya ketika berbuka.

Selain itu, pelafalan nama usaha ini juga tampak bersahabat dan mudah diingat.

4. Ad-Dhiya

Selain ketiga nama di atas, Ad-Dhiya juga bisa menjadi rekomendasi nama usaha kuliner untuk kamu gunakan.

Nama ini mempunyai arti bersinar. Sebagai pemilik usaha, mungkin kamu berharap agar usahamu bersinar dan memberikan cahaya bagi semua orang.

Di dalam nama Ad-Dhiya ini mengandung harapan agar usahamu bisa menjadi tujuan orang-orang yang ingin mencari makanan lezat serta halal. Kamu bisa menggunakan nama Ad-Dhiya untuk berjualan makanan dengan kesan berkilau, misalnya puding.

Puding yang memiliki bentuk kenyal dengan sedikit kilau fla selaras dengan arti Ad-Dhiya, yakni cahaya. Kemudian, penggabungan nama ini juga tampak manis dan mudah dihafalkan.

5. Ad-Dzaki

Ide nama usaha makanan islami berikutnya, yaitu Ad-Dzaki.

Nama Ad-Dzaki atau Zaki mungkin sudah tidak asing lagi.

Nama ini memang mempunyai arti yang bagus. Menurut Islam, Zaki memiliki arti murni dan cerdas.

Sebagai nama usaha makanan, kamu berharap agar usahamu tersebut mampu menjadi sebuah usaha yang murni menyajikan makanan halal dengan bahan berkualitas dan terjaga kesegarannya.

Nama Ad-Dzaki bisa kamu sandingkan dengan kuliner yang terkesan segar, misalnya disajikan dengan kuah seperti bakso.

6. Ariih

Ariih adalah nama yang mempunyai makna bau yang sedap.

Nama ini cocok untuk kamu yang ingin membuka toko makanan dengan menu beraroma rempah kuat. Salah satu contohnya adalah kari ayam yang terkenal kaya akan rempah-rempah.

Kata kari bisa kamu ubah dengan menggunakan bahasa Inggris, yaitu curry agar tampak lebih edgy. Perpaduan bahasa ini akan memberikan kesan unik.  

7. Aasiyah 

Aasiyah adalah sebuah kata yang mempunyai arti ahlinya.

Nama ini cocok bagi kamu yang ingin membuka usaha makanan dengan resep yang memang benar-benar kamu kuasai sehingga makanan yang kamu sajikan nanti merupakan benar-benar dari ahlinya.

Pastikan untuk memilih menu makanan yang disukai oleh banyak orang.

Jika memang belum menguasai resepnya, kamu bisa bereksperimen terlebih dahulu dan memberikan tester kepada orang terdekat.

Jika sudah puas, kamu bisa segera menggunakan nama ini bersanding dengan menumu.

Baca Juga:  12 Jenis Ramen yang Sangat Populer, Enaknya Bikin Nagih!

8. Aniisah 

Sebagian dari kita tentu mengenal arti nama ini sebagai perempuan.

Namun, ternyata juga berarti lemah lembut ini.

Tentu cocok untuk kamu yang ingin memberikan nama usaha untuk makanan bertekstur lembut, misalnya cheese cake.

Cheese cake sendiri merupakan jenis kue yang memiliki tekstur lembut dan menjadi comfort food yang sudah cukup dikenal di Indonesia.

Selain cocok kamu sandingkan dengan jenis makanan bertekstur lembut, nama Aniisah juga dapat menggambarkan bahwa bisnis kamu memiliki pelayanan yang ramah kepada para customer.

9. Abbasy 

Abbasy adalah nama yang berarti rajin berusaha.

Nama Abbasy sendiri sekaligus sebagai doa agar kamu selalu semangat dalam menjalankan usaha yang kadang naik turun.

Kemudian, kamu bisa menggunakan nama tersebut bisnis makanan bertekstur crispy karena memiliki intonasi pengucapan yang sama di akhir kata.

Selain itu, jenis makanan crispy yang bisa kamu jual juga sangat beragam dan memiliki peluang omset  tinggi.

Bagaimana tidak?

Mayoritas masyarakat Indonesia suka mengonsumsi camilan bertekstur renyah ini.

Mulai dari tahu crispy, ayam cripsy, pisang goreng cripsy, jamur crispy, dan masih banyak lagi.

Bahkan kamu juga bisa menciptakan kreasi makanan cripsy baru yang berpeluang lebih di masyarakat.

10. Asjad 

Nama ini mempunyai arti emas dan pertama.

Bisa menjadi referensi jika kamu ingin menghadirkan sebuah makanan dengan tampilan atau berwarna seperti emas maupun permata.

Misalnya coklat dengan balutan warna emas atau es krim gold yang pernah menjadi produk viral dari brand ternama.

Jika tertarik untuk membuka usaha coklat, nama ini sangat cocok menjadi brand usahamu karena tampak unik dan simpel.

Selain itu, bisnis coklat juga merupakan jenis makanan ringan yang tidak akan lekang dimakan oleh zaman karena hampir semua orang suka dan tidak pernah bosan dengan coklat.

Kamu juga bebas berkreasi dengan coklat untuk menghasilkan berbagai produk terbaru yang unik dan berpotensi viral di Indonesia.

11. Atyab 

Atyab memiliki arti wangi.

Kamu bisa menggunakannya untuk nama usaha makanan yang beraroma harum, misalnya pancake durian.

Seperti yang kita ketahui, durian memiliki aroma yang kuat dan harum.

Oleh sebab itu, nama islami yang satu ini sangat cocok kamu sandingkan dengan produk pancake durian.

Dengan begitu, kamu dapat menginspirasi para audiens untuk segera mencoba pancake durian harummu.

12. Basyarah 

Jika sekarang kamu sedang fokus menjalankan usaha cake ulang tahun atau wedding cake yang dituntut untuk mengolah tampilan tampak unik dan indah, Basyarah  bisa menjadi ide nama yang kreatif.

Baca Juga:  20 Makanan Khas Perancis yang Bikin Kamu Ketagihan

Basyarah memiliki arti indah. Sebuah nama yang pas untuk toko kue yang tidak hanya berfokus pada rasa melainkan juga penampilannya. 

Menurut riset, masih belum banyak orang yang menggunakan nama tersebut sehingga akan memberikan ciri khas tersendiri untuk usahamu.

13. Daris

Ide nama usaha makanan islami ini memiliki arti pelajar atau pembaca. Tentu cocok untuk kamu yang ingin membuka warung makan dengan target pasar para pelajar. Misalnya, jika kamu berencana membuka tempat para pelajar sarapan atau makan siang seperti kantin sekolah.

Untuk menunya, kamu bisa memilih untuk menjual batagor. Mengapa batagor? Karena batagor adalah makanan yang tidak akan membuat para pelajar terlalu kenyang, namun juga bisa untuk mengganjal perut. Selain itu, harga batagor juga terjangkau dengan dompet para pelajar sehingga cocok untuk dimulai.

14. Faeyza 

Bagi kamu yang tertarik untuk membuka usaha dengan harapan bisnis kamu akan sukses di masa depan, maka kamu bisa menggunakan nama islami Faezya yang berarti sukses. 

Memiliki irama pelafalan yang sama di akhir kata, membuat nama Faeyza cocok kamu sandingkan dengan berbagai makanan, misalnya Pizza.

Tampak sangat berirama, bukan? 

15. Farhan 

Ide nama usaha makanan islami berikutnya memiliki arti kegembiraan, cocok bagi kamu yang mengharapkan usaha makanan milikmu akan selalu mendapat sambutan baik dari pelanggan. 

Mungkin kamu juga berharap agar orang yang datang ke tempatmu pulang dengan penuh kegembiraan. Mereka senang dengan hidangan yang kamu sajikan, karena memiliki cita rasa  yang khas dan pelayanan terbaik.

Nah, nama farhan bisa kamu padukan dengan usaha kuliner angkringan yang memiliki modal kecil. Selain dari pelafalan yang mudah, nama usaha ini juga memiliki makna yang selaras, yaitu menciptakan kegembiraan.

Nama Usaha Makanan Islami Manakah yang Kamu Pilih?

Itulah kumpulan ide nama usaha makanan islami lengkap dengan artinya. Sekarang kamu bisa mulai mempertimbangkan mana nama yang sekiranya paling tepat untuk usahamu. Sebaiknya pilihlah jenis usaha makanan yang resepnya kamu kuasai atau makanan yang kamu sukai.

Agar kamu bisa menjalankan bisnis dengan perasaan senang dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan usaha di masa depan nantinya. Pilihlah juga nama dengan makna yang sesuai dengan visi misi usahamu agar tampak selaras dan menjadi doa baik.


Temukan inspirasi bisnis makanan, bisnis minuman dan yang lainnya hanya di fnbpreneur.id