3 Resep Gorengan untuk Buka Puasa yang Mudah

1 min read

Resep Gorengan Renyah

Pada bulan Ramadhan, salah satu hal yang paling banyak orang cari ialah hidangan buka puasa. Entah itu kolak, salad buah, minuman manis, ataupun gorengan, pilihannya pasti beraneka ragam. Artikel ini akan membahas tentang macam-macam resep gorengan renyah yang dapat kamu buat sendiri.

Macam-Macam Resep Gorengan untuk Buka Puasa

Berikut ini ialah penjelasan mengenai bahan-bahan serta cara memasak menu gorengan buka puasa pilihan kamu, jadi perhatikan baik-baik.

1. Bakwan Udang

Bakwan Udang

Resep gorengan buka puasa di nomor satu ialah bakwan udang. yang cocok bagi para penggemar seafood. Makanan ini biasanya berisi udang kecil utuh serta sayuran sebagai pelengkapnya.

Kamu perlu udang kecil 250 gram, tepung terigu 150 gram, tepung beras 3 sdm, dan air 250 ml. Adapun daun bawang 2 helai, daun kol 3 lembar, seledri 3 helai, dan minyak untuk menggoreng. Bumbu halusnya bawang putih 3 siung, merica butiran 1/2 sdt, dan garam 1 sdt. Ditambah gula pasir 1/2 sdt dan bumbu penyedap secukupnya.

Berikut ialah cara membuat gorengan bakwan udang: 

  • Haluskan bawang-bawang, merica, dan garam.
  • Kupas kulit udang-udang lalu potong-potong, tetapi biarkan 8 ekor udang utuh.
  • Campur tepung terigu bersama tepung beras, penyedap, dan bumbu halus sambil kamu tuang air sedikit-sedikit, kemudian aduk rata.
  • Masukkan potongan udang serta irisan daun bawang, seledri, dan kol sambil diaduk hingga kental.
  • Berikutnya panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak untuk menggoreng adonan. Sebelum kamu masukkan, berilah satu udang utuh di atas adonan..
  • Goreng adonan bakwan sampai kering dan renyah, lalu angkat dan sajikan.
Baca Juga:  7 Makanan Eropa yang Mudah Dibuat Beserta Resepnya

2. Batagor Goreng

Batagor Goreng

Resep gorengan yang kedua adalah batagor goreng, yang sering kamu jumpai sebagai jajanan pinggir jalan. Batagor tersedia juga dalam bentuk lain, termasuk batagor tahu dan batagor kuah.

Untuk membuat batagor goreng, siapkan tepung tapioka 100 gram, tepung terigu 20 gram, dan putih telur 2 buah. Sediakan kulit pangsit sebanyak 8 lembar dan isian berupa ikan tenggiri fillet 250 gram. Jangan lupa tahu putih kukus 2 buah dan daun bawang 3 helai. Adapun bumbu berupa garam 1 sdt, merica dan gula pasir 1 sdt, serta air 150 ml.

Cara membuat gorengan batagor adalah: 

  • Buat adonan dari ikan tenggiri, irisan daun bawang, garam, dan gula pasir. Kemudian masukkan putih telur dan aduk sampai merata.
  • Sambil diaduk, tuang air sedikit-sedikit, baru masukkan tepung tapioka dan terigu lalu sisihkan adonan.
  • Potong tahu kukus menjadi 8 bagian, kemudian buka kulit-kulit pangsit. Isikan adonan ke bagian tengah tahu dan kulit pangsit, lalu tutupkan.
  • Goreng tahu dan pangsit tersebut hingga semuanya berwarna kuning kecokelatan dan garing.
  • Batagor goreng siap kamu sajikan bersama saus kacang dan sambal.

3. Bala-Bala

Bala bala

Ada lagi satu resep gorengan yang akrab di lidah masyarakat kita, yaitu bala-bala. Gorengan yang satu ini juga sering kita jumpai sebagai jajanan pinggir jalan yang murah dan renyah.

Kamu perlu tepung terigu 350 gram, wortel 1 buah, serta irisan kol secukupnya untuk membuat bala-bala. Untuk bumbunya, siapkan bawang putih 4 siung, lada bubuk 1/4 sdt, minyak goreng, serta air dan garam secukupnya.

Begini cara memasak bala-bala:

  • Haluskan bawang bersama lada dan garam.
  • Campurkan tepung terigu dan irisan-irisan kol serta wortel dalam sebuah wadah. Kemudian masukkan bumbu halus dan air lalu aduk hingga merata.
  • Siapkan wajan, lalu panaskan minyak goreng. Masukkan adonan bala-bala satu per satu.
  • Goreng adonan hingga berwarna kungng keemasan dan kering.
  • Angkat, tiriskan, dan sajikan bala-bala bersama cabai hijau kecil.
Baca Juga:  Kumpulan Jenis dan Resep Nasi Goreng Enak dan Spesial

Demikianlah artikel ini menjelaskan tentang macam-macam resep gorengan renyah untuk berbuka puasa. Apakah kamu sudah menentukan mau memasak resep yang mana? Terima kasih atas perhatiannya!


Dapatkan berbagai informasi seputar bisnis kuliner, resep makanan maupun minuman, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.