Resep Ayam Bakar Kecap Mudah dan Sederhana, Wajib Coba

1 min read

Ayam adalah bahan makanan yang dapat kamu manfaatkan untuk berbagai macam sajian. Salah satunya adalah ayam bakar kecap. Cara membuatnya pun tidak terlalu sulit, asal kamu punya bahan yang sajian ini butuhkan maka kamu bisa membuatnya. Berikut adalah resep ayam bakar kecap mudah dan wajib kamu coba. 

Resep Ayam Bakar Kecap 

Dalam membuat sajian ini, kamu memerlukan tujuh langkah sampai makanan siap dihidangkan. Yuk pelajari resep bumbu ayam bakar kecap dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini! 

1. Menyiapkan Bahan 

menyiapkan bahan ayam

Langkah pertama dalam pembuatan ayam bakar kecap yang sederhana adalah menyiapkan bahan-bahan. Untuk membuat sajian ini, kamu harus punya bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, cabai merah, kunyit, terasi, ketumbar sangrai, lengkuas, dan satu potong ayam. 

Bahan lain yang juga harus kamu siapkan antara lain serai, daun salam, merica, margarin, kaldu bubuk, dan kecap. 

2. Marinasi Ayam

marinasi ayam sebelum jadi ayam bakar

Langkah kedua adalah letakkan ayam di dalam mangkuk besar dan marinasi ayam tersebut selama kurang lebih tiga hingga empat jam. Ayam yang telah dimarinasi akan memiliki cita rasa yang lebih kuat dan bumbu yang lebih meresap. 

Kamu bisa memarinasi ayam malam hari atau sehari sebelum. Sehingga keesokan harinya kamu tidak perlu menunggu ayam dimarinasi dan bisa langsung melanjutkan proses memasak dengan menggunakan resep ayam bakar kecap ini.  

Baca Juga:  Resep Kue Nastar Lembut dan Mudah Dibuat, Cocok Untuk Jualan

3. Haluskan Bumbu Ayam Bakar Kecap

haluskan bumbu ayam bakar kecap

Setelah proses marinasi selesai, kamu bisa melanjutkan langkah ketiga yaitu menghaluskan semua bumbu menggunakan blender. Pastikan kamu menghaluskannya hingga halus dan tidak ada tekstur tertentu agar sajian milikmu terlihat lezat. 

4. Ungkep Ayam dengan Bumbu Halus

ungkep ayam dengan bumbu halus

Langkah keempat dalam pembuatan resep ayam kecap bakar sederhana adalah mengungkep ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan. Namun sebelum mengungkep ayam, kamu harus menumis bumbu di atas teflon. Tumislah hingga aromanya tercium. 

Baca Juga: Resep Ayam Richeese Sederhana yang Perlu Kamu Coba

Yang perlu kamu perhatikan adalah jangan sampai memasukkan air hasil marinasi. Oleh sebab itu tiriskan ayam yang telah dimarinasi dan masukkan ke dalam teflon. Goreng sebentar dan tuangkan air dan beri tambahan kecap, garam, dan kaldu di atasnya. Ungkep ayam selama dua puluh lima menit hingga bumbunya meresap. 

5. Bakar Ayam di Atas Teflon

bakar ayam

Walaupun judul sajian ini adalah ayam bakar, namun sayangnya melakukan proses bakar cukup susah. Kamu dapat menggunakan teflon sebagai alternatif untuk membakar ayam. Tiriskan dahulu ayam yang telah diungkep dan letakkan di atas teflon yang panas. Kemudian pisahkan bumbu bakar dari proses ungkep di wadah. 

Goreng ayam dengan api kecil dan setelah dirasa ayam cukup panas, oleskan bumbu bakar kecap di atasnya. Bakar hingga semua bumbu meresap dan angkat ayam bakar. 

6. Ayam Bakar Kecap Siap Dihidangkan

hidangkan ayam bakar kecap

Resep ayam bakar telah selesai kamu masak. Kamu dapat meletakkannya di atas piring dan jangan lupa untuk membuat sambal terasi yang dapat menambah kelezatan. Ayam bakar kecap buatanmu siap dihidangkan!

Yuk, Praktik Resep Ayam Bakar Kecap Buatanmu!

Membuat masakan harus dengan ketelatenan dan persiapan yang matang. Begitu pula untuk mengikuti langkah resep ayam bakar kecap sederhana di atas. Meskipun kesannya mudah, namun ia tetap membutuhkan berbagai bumbu dan waktu yang cukup banyak agar sajian menjadi lezat dan membuat orang yang makan puas. 

Baca Juga:  10 Resep Olahan Tempe Kekinian untuk Variasi Hidangan

Rasa yang manis dan pedas akan kamu rasakan dari ayam bakar kecap di atas. Jadi, apakah kamu siap mempraktikkan resep di atas?

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, resep makanan dan minuman, serta strategi bisnis kuliner hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.