Minuman Khas Arab Saudi, Wajib Dicoba Saat Kesana!

3 min read

minuman khas arab saudi

Mencari minuman khas Arab Saudi? Arab Saudi menjadi negara yang memiliki beragam minuman khas. Di negara ini, kamu bisa menemukan berbagai olahan minuman dari bahan-bahan sederhana maupun rempah khasnya.

Selain itu, minuman dari Arab Saudi ini juga menyehatkan tubuh. Lalu, apa saja minuman yang populer di sana? Berikut pembahasannya.

Rekomendasi Minuman Khas Arab Saudi

Berikut ini beberapa rekomendasi minuman khas dari Arab Saudi yang khas. Minuman tersebut juga mempunyai cita rasa khas dan pastinya membuatmu ketagihan.

1. Mint Lemonade

Mint Lemonade

Pexels

Rekomendasi pertama yaitu mint lemonade. Ini merupakan salah satu yang populer dan kamu harus mencobanya ketika mengunjungi Arab Saudi. Sesuai namanya, minuman tersebut menggunakan bahan dasar berupa lemon.

Kemudian, tambahan daun mint membuat minuman tersebut semakin segar dan kaya akan manfaat. Kita tahu Arab Saudi merupakan negara dengan kondisi cuaca yang panas. Inilah momen terbaik mengonsumsi minuman tersebut, karena akan memberikan kesegaran di tenggorokan.

Apalagi ketika musim haji, suhu udara mencapai sekitar 50 derajat celcius. Bukan hanya segar, minuman tersebut juga mampu menggantikan cairan tubuh yang hilang.

2. Qishr

Qishr

Pinterest 

Pernah mendengar minuman bernama qishr? Sebenarnya, minuman tersebut pertama kali populer ketika masyarakat dari Yaman serta Utopia membuatnya. Kemudian, minuman tersebut menyebar hingga sampai ke Arab Saudi.

Sekarang, banyak tempat yang menjual minuman tersebut. Qishr menggunakan beberapa bahan, seperti jahe, kopi, kapulaga, serta kayu manis. 

Bukan hanya terkenal sebagai minuman khas, qishr juga merupakan minuman yang kaya akan manfaat. Salah satunya mampu membuat tubuh tetap hangat serta memberikan energi.

Untuk memberikan rasa manis, biasanya masyarakat di Arab Saudi mencampurkannya dengan gula maupun kurma ke minuman tersebut. Bagi yang datang ke Arab Saudi, jangan sampai kamu melewatkannya.

Baca Juga:  Makanan Khas India yang Terkenal, Favorit Wisatawan!

3. Sahlab

Sahlab

Family-Friends-Food

Minuman khas Arab Saudi yang ketiga adalah sahlab. Minuman ini sebenarnya bukan hanya terkenal di Arab Saudi maupun di Timur Tengah secara umum. Bahkan sahlab sendiri sudah sampai ke India.

Sahlab adalah minuman yang memakai bahan campuran berupa susu serta beragam rempah-rempah. Biasanya, orang-orang mengkonsumsinya ketika musim dingin tiba. Itu artinya, minuman tersebut memang sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh.

Selain itu, masyarakat di Arab Saudi juga biasanya menambahkan kacang almond atau kacang pistasi. Teksturnya yang kental memberikan rasa kenyang ketika meminumnya. 

Selain itu, adanya kayu manis membuat aromanya semakin mengunggah selera. Kemudian, untuk kacang almond membuat minuman tersebut terlihat cantik.

4. Jallab

Jallab

IDN Times

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba mengkonsumsi jallab. Sebuah minuman khas yang memakai beragam bahan yang pastinya sangat lezat. Jallab terbuat dari anggur, kurma, gula, es batu, serta air tawar. Kemudian, ada juga topping berupa taburan kacang pinus maupun kismis.

Minuman jallab ini sangat terkenal di Arab Saudi. Namun, sebenarnya kamu juga dapat menemukannya di negara-negara Timur Tengah lainnya. Beberapa negara tersebut, misalnya Syria, Lebanon, serta Palestina.

Selain rasanya yang lezat, jallab juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. Umumnya masyarakat menyajikan minuman tersebut ketika bulan puasa. Jadi, kamu bisa menjadikan jallab sebagai salah satu hidangan berbuka puasa.

5. Tamer Hindi

Tamer Hindi

lookancook 

Tamer hindi juga masuk kategori minuman khas Arab Saudi. Bagi masyarakat Arab tentu minuman tersebut tidak asing. Setiap hari kamu bisa menemukannya. Namun, tidak ada salahnya membuat sendiri minuman tersebut, karena bahan-bahannya mudah ditemukan.

Tamer hindi merupakan jus yang memiliki cita rasa khas, yaitu asam. Minuman yang menyegarkan ini sangat cocok kamu konsumsi ketika sedang haus atau lelah setelah seharian beraktivitas. Bahan pembuatan Tamer hindi adalah buah asam serta gula.

Baca Juga:  Cara Mempromosikan Bisnis Kuliner di TikTok dengan Mudah

Selain terkenal di Arab Saudi, ternyata kamu juga bisa menemukannya di India. Rasanya yang khas tersebut tentu membuatmu ingin mencobanya lagi.

6. Sobya

Sobya

Egypt Today 

Berikutnya ada sobya yang juga sangat terkenal di Arab Saudi. Ketika kamu berkunjung ke negara King Saud ini, kamu akan menemukan banyak tempat yang berjualan sobya. Salah satu ciri khas minuman tersebut adalah warna putih dengan tekstur agak kental.

Sobya merupakan minuman yang berasal dari fermentasi roti coklat. Sebelum kamu menyajikannya, kamu bisa memberikan beberapa tambahan seperti gula, bubuk kelapa, sampai dengan susu. Lalu, seperti apa kesan pertama yang kamu dapatkan ketika mencicipinya?

Rasa yang khas dan menyegarkan membuatmu ingin terus mencobanya. Saat ini, sobya juga menjadi minuman yang selalu diincar wisatawan. Jadi, pastikan kamu mengkonsumsinya ketika datang ke Arab Saudi.

7. Jus Carob

Jus Carob

VOA Indonesia

Minuman khas Arab Saudi berikutnya yang juga populer adalah jus carob. Bahan utama minuman tersebut yaitu pod carob. Ketika kamu datang ke Arab dan ingin berburu kuliner, jus tersebut harus masuk dalam daftar minuman yang harus kamu konsumsi.

Rasanya yang lezat akan memanjakan lidah serta menyegarkan tenggorokan. Apalagi ketika kamu meminumnya di siang hari. Pasti minuman ini akan membuat tenggorokanmu terasa sangat segar.

Sekedar informasi, carob adalah bahan yang dipercaya lebih sehat dari coklat. Karena inilah, masyarakat di Arab Saudi lebih memilih menggunakan carob untuk  membuat minuman khas yang satu ini. Banyak tempat yang menjual jus carob, sehingga tidak sulit menemukannya.

8. Leban

Leban

Pinhome 

Selanjutnya ada leban yang juga menjadi minuman populer dan khas di Arab. Minuman tersebut bukan sekadar khas melainkan juga menyehatkan tubuh. Banyak masyarakat di Arab yang menjadikannya sebagai salah satu minuman menyehatkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Leban sendiri adalah minuman dari butter milk. Masyarakat Arab biasa menghidangkannya di pagi hari. Pada saat kamu berkunjung ke Arab, menemukan leban tidak sulit. Kamu bisa datang langsung ke pasar maupun swalayan yang ada di Arab Saudi.

Baca Juga:  Ketahui Macam-Macam Teh dan Manfaatnya untuk Tubuh!

Ketika pertama mencicipinya, leban akan menjadi minuman yang memberikan kesan berbeda. Untuk itu, jangan sampai melewatkan minuman yang khas serta menyehatkan tersebut.

9. Ayran

Ayran

Fermenting for Foodies 

Tidak kalah dari leban, ayran juga menjadi minuman yang lezat dan khas Arab Saudi. Jika leban memakai butter milk sebagai bahan utama, untuk ayran sendiri memakai yoghurt sebagai bahan utama.

Ketika pertama kali mencoba ayran, mungkin kamu akan merasakan rasa asin. Namun ketika mencicipinya beberapa kali, kemungkinan besar kamu akan langsung menyukainya. Sama dengan beberapa minuman khas Arab Saudi yang lain, ayran juga bisa kamu temukan di negara lain di Timur Tengah.

Salah satu negara yang pastinya kamu jumpai orang berjualan ayran adalah Turki. Jadi, minuman yang satu ini sangat disayangkan jika kamu tidak sampai mencobanya.

Ingin Coba Minuman Khas Arab Saudi Yang Mana?

Demikian beberapa rekomendasi minuman khas Arab Saudi. Setiap minuman yang dihadirkan tadi memiliki penyajian serta rasa yang tentu berbeda. Tidak ada salahnya mencoba beberapa atau bahkan semua minuman tersebut. Ini akan menjadi salah satu momen kuliner terbaikmu.

Selamat mencoba!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.