Deretan Minuman Khas Banten dan Ngehits yang Hilangkan Dahaga

3 min read

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata Banten? Kemungkinan kamu langsung ingat dengan Ujung Kulon atau suku Baduy. Namun, provinsi yang terletak di ujung barat pulau Jawa ini ternyata mempunyai daya tarik unik, termasuk minuman segarnya. Berikut 10 minuman khas Banten yang bisa menghilangkan dahagamu!

10 Minuman Khas Banten

Minuman segar dan dingin memang yang paling nikmat saat terik matahari menyerang. Di bawah ini adalah deretan minuman unik yang sedap disantap dengan air es. Kamu bahkan bisa membuat beberapa di antaranya di rumah. Ada juga beberapa minuman yang memang bukan asli Banten, tapi cukup terkenal di kalangan anak muda. 

1. Es Sekemu

es sekemu

Cilegon Hills Residence

Es Sekemu mungkin terdengar asing di telinga masyarakat karena memang jarang muncul. Tapi, es yang langka ini sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, melainkan juga segar saat dinikmati. Sebab, bahan utamanya adalah buah kelapa dan buah sawo. 

Keduanya sangat bagus bagi kesehatan sistem pencernaan serta mampu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Jika penasaran akan rasanya, es ini terbilang mudah untuk dibuat di rumah. Kamu tinggal perlu mempersiapkan bahan-bahan utamanya serta sirup pandan, es batu, dan selasih. Siap mencobanya di rumah?

2. Sirup Rosella

sirup rosella

 Alodokter

Minuman khas Banten ini terbuat dari bunga rosella kering yang diseduh bersama gula pasir, sejumput garam, serta air secukupnya. Saat air berubah menjadi warna merah muda, kamu tinggal mematikan proses penyeduhan dan membuang ampas bunga keringnya. 

Langkah terakhir sebelum disajikan adalah didinginkan saja. Kalau tidak sabar menunggu, kamu bisa menambahkan es batu sesuai dengan kemauanmu. Selain itu, minuman ini pun bagus untuk tubuhmu. Sebab, bunga rosella mengandung berbagai vitamin dan zat penting. 

Baca Juga:  Mengenal Ghost Kitchen, Keunggulan, dan Tips untuk Memulainya

3. Bir Pletok Bang Pletok

bir pletok

Bangka Tribunnews

Mendengar kata “bir” pasti membuatmu berpikir bahwa ini adalah minuman beralkohol. Akan tetapi, itu tidaklah benar. Berbeda dengan namanya, minuman satu ini cukup berkhasiat sekaligus segar untuk dinikmati. Bir tradisional ini ternyata terbuat dari rempah-rempah, seperti jahe, secang, dan kapulaga. 

Jahe sendiri akan memberikan sensasi hangat di tenggorokkanmu dan menghilangkan hidung tersumbat. Sementara kapulaga mengandung antioksidan dan mampu menurunkan tekanan darah. Bagaimana, tertarik untuk mencoba bir ini?

4. Es Kuwut

es kuwut

Sajian Lezat

Jika mencari minuman yang segar dan menghilangkan dahaga, minuman khas Banten yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Es Kuwut menawarkan kesegaran dari potongan buah melon, suwiran kelapa muda yang crunchy, biji selasih yang chewy untuk digigit, serta irisan jeruk nipis yang menyegarkan. 

Kalau ragu membuatnya sendiri, minuman ini tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp8.000,00 an saja. Selain itu, kamu pun bisa menikmati es kuwut yang telah diracik sedemikian rupa untuk menarik perhatian generasi lebih muda. Tapi, kamu bisa menyantap yang versi tradisionalnya terlebih dahulu, karena old is gold.

5. Ginger Coffee Mocktail

ginger coffee mocktail

TheFoodMarket

Ginger Coffee Mocktail adalah minuman keluaran terbaru dari sebuah restoran terkenal di Cilegon, yaitu The Surosowan. Minuman yang baru muncul pada Februari 2022 ini dijamin menyegarkan sekaligus menyehatkan. Sebab, mocktail ini merupakan perpaduan dari jahe, madu, soda, serta one shot dari espresso. 

Jahe dan madu sendiri sudah terbukti bisa melegakan pernafasanmu. Rasa manis serta pedasnya juga mampu mengimbangi pahit nikmatnya kopi espresso. Setelah meminum minuman ini, kamu pasti langsung terbangun dan bisa menjalani hari dengan lebih segar dan bersemangat. 

Baca Juga:  5 Resep Ayam Bakar Teflon, Mantap dan Istimewa!

6. Jahe Merah Gula Aren

Jahe Merah Gula Aren

Blibli

Selanjutnya adalah minuman khas Banten yang menggunakan jahe lagi sebagai bahan utamanya. Kalau meminum jahe, kamu pasti merasakan rasa pedas yang menghangatkan. Namun, pasti kurang menikmati jika kamu tidak terbiasa dengan rasa tersebut. Oleh karena itu, minuman ini menambahkan gula aren. 

Gula aren ini akan menyeimbangi pedas dari jahe, sehingga tidak terlalu terasa. Untuk khasiatnya, jahe merah gula aren ini sangat bagus untuk banyak hal, seperti asam urat, sesak napas, demam, kesulitan buang air besar, sampai menambah stamina tubuh. 

7. Jeruk Meletus

Jeruk Meletus

PergiKuliner

Jeruk meletus mungkin bukanlah minuman yang khas, tetapi banyak warga Tangerang yang cukup menikmati kesegarannya. Rasa manis dari jeruk buatan tempat minuman di Pasar Modern BSD ini tidak terlalu kuat, sehingga rasa hausmu tidak malah bertambah. Kamu juga bisa menambah beberapa topping, kalau suka chewing saat minum. 

Selain itu, kamu pun bisa memesan minuman segar ini supaya dikemas di dalam botol. Jadi, kamu bisa meminumnya dengan lebih nyaman. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Tidak perlu khawatir akan harganya, karena cukup ramah di dompet. 

8. Boba Warna Warni

boba warna warni

PergiKuliner

Satu lagi pilihan hits yang mungkin bukan minuman khas Banten, tapi kesegarannya pasti tidak bisa membuatmu menolaknya. Di tempat nongkrong di Alam Sutera ini, ada berbagai varian minuman yang memadukan dua rasa atau lebih. Jadi, rasa yang ditawarkan sangat unik. Salah satunya adalah minuman yang bernama The Atlantis. 

Gradasi warna biru dan putih merupakan teh serta susu segar. Kamu bisa menambahkan topping kesukaanmu, termasuk boba yang berbentuk cukup besar dan kenyal. Ada juga minuman yang bernama Tropical Sunset yang merupakan campuran dari semangka, orange, dan kembang telang. 

9. Happy Lemon

happy lemon

PergiKuliner

Satu lagi kedai yang menawarkan minuman segar yang berbahan dasar lemon. Buah ini sendiri mempunyai rasa asam yang lebih menyegarkan, jika dinikmati dengan batu es. Salah satu menu andalannya adalah honey lemon jasmine tea. Rasa asam dari lemon dengan teh jasmine pastinya bisa membuat rasa hausmu hilang. 

Baca Juga:  10 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur yang Wajib Dicoba

Selain itu, elemen madu di dalamnya menyeimbangi rasa asamnya, sehingga tidak terasa kecut. Ada juga menu-menu lain yang tidak kalah menarik, seperti yakult lemon dan berbagai pilihan milk tea. Kamu pun juga bisa menambahkan topping-topping yang enak ke dalam minuman pilihanmu. 

10. Minuman Pakai Mochi

minuman pakai mochi

PergiKuliner

Minuman terakhir adalah yang sedang hits karena menggunakan mochi sebagai topping. Makanan penutup khas Jepang ini terkenal dengan teksturnya yang kenyal dengan isinya yang beragam. Rasa minumannya juga cukup bervariasi, mulai dari milk tea biasa sampai yang menggunakan teh khusus. 

Salah satu menu yang paling populer adalah kinako domochizu. Di menu ini kamu bisa memilih antara dua teh, yaitu oolong dan teh susu yang hitam. Untuk penyajiannya, kamu akan mendapatkan tambahan beberapa mochi yang disajikan seperti sate. 

Tertarik? Kamu bisa menemukan DOMODOMO di salah satu mal di Karawaci, Tangerang. 

Tertarik Mencoba Minuman Khas Banten yang Mana?

Itulah beberapa pilihan minuman khas Banten, mulai dari yang tradisional sampai yang cocok untuk kalangan anak muda. Kamu bisa mencoba yang menarik perhatian kamu, tapi dijamin semuanya membuatmu segar. Apalagi, minuman tradisionalnya bukan hanya menghilangkan dahaga. Tubuh kamu bisa terasa lebih kuat dan sehat. 

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.