Jenis-Jenis Teh Terbaik di Indonesia dengan Rasa Enak

3 min read

Jenis Jenis Teh Terbaik di Indonesia

Siapa yang suka minum teh? Jika kamu berkunjung ke kafe atau restoran, kamu akan melihat bahwa teh adalah salah satu minuman yang tertera pada menu hidangan mereka. Di Indonesia, ada beragam jenis-jenis teh yang sering penduduknya konsumsi, baik sebagai obat herbal maupun minuman biasa. 

Minuman teh yang rakyat Indonesia dan dunia kenal sejak zaman dahulu datang dari tanaman teh. Tanaman ini, yang nama latinnya Camellia sinensis, memiliki pucuk-pucuk berwarna hijau muda sebagai bahan baku membuat teh. Jenis-jenis teh yang dijual di pasar-pasar bisa berupa daun teh kering, daun teh giling, teh celup, dan juga teh botol.

Jenis-Jenis Teh yang Digemari Masyarakat

Dari macam-macam teh yang masyarakat kita kenal, berikut ini adalah teh yang paling populer bagi orang-orang.

1. Teh Matcha

teh matcha

Minuman ini juga terkenal dengan nama teh Jepang, karena dia berasal dari tradisi upacara minum teh di Jepang. Banyak orang yang mengira jika teh matcha dan teh hijau itu sama hanya gara-gara warna minumannya yang hijau, padahal keduanya berbeda.

Matcha dan teh hijau berasal dari tanaman teh yang sama. Bedanya ialah, daun teh kering untuk membuat matcha ditumbuk halus, sementara teh hijau daun tehnya hanya mengalami proses penyaringan saja. Karena teh ini berbentuk bubuk halus, maka kandungan nutrisinya lebih banyak daripada teh hijau.

Teh matcha mengandung bermacam-macam nutrisi seperti kalium, vitamin A, dan vitamin C. Ada pula kandungan antioksidan yang berfungsi melawan penyakit degeneratif.

2. Teh Hijau

jenis teh - teh hijau

Teh ini dalam Bahasa Inggris disebut green tea. Sepintas, teh hijau dan teh Jepang tampak mirip karena warna minumannya yang sama-sama hijau, belum lagi karena dua-duanya juga ada di Jepang. Perbedaannya adalah, untuk teh Jepang, daun tehnya mengalami proses pengeringan dan penumbukan. Sementara itu, teh hijau hanya mengalami proses penyaringan setelah pengeringan, tidak ada proses penumbukan.

Baca Juga:  13 Minuman Segar Saat Bulan Puasa yang sering Ditemui

Teh hijau mengandung protein, magnesium, kalium, dan katekin. Fungsi zat-zat tersebut ialah untuk melawan penyakit seperti kanker dan diabetes, serta menurunkan kolesterol..

3 Teh Melati

teh melati

Teh melati sebetulnya hanyalah teh biasa (hijau atau hitam) yang belum mengalami fermentasi, yang kemudian menghasilkan aroma harum. Bunga melati berfungsi sebagai penambah rasa sehingga teh ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit manis.

Teh melati mengandung zat-zat katekin dan polifenol yang dapat menjaga tubuh dari obesitas dan serangan jantung sehingga baik untuk kesehatan.

4. Teh Susu

teh susu

Dari jenis-jenis teh yang kita ketahui, yang satu ini adalah minuman teh zaman modern, karena teh susu merupakan campuran antara teh dan susu kental manis. Di beberapa daerah di Indonesia, orang-orang mengenal teh susu dengan nama teh tarik. Mereka yang biasa mencampurkan susu dan teh menyebut jika rasa manis pada susu dapat menetralkan rasa pahit pada teh.

Kandungan kafein dan kalsium dalam teh susu ini dapat mencegah kantuk dan melawan osteoporosis. Hanya saja, karena teh susu juga mengandung banyak gula dan kalori, minuman ini berpotensi menumbulkan diabetes.

Baca Juga: Minuman Khas Asia yang Bisa Dijadikan Bisnis Kuliner

5. Teh Madu

teh madu

Jenis teh ini sebetulnya mirip dengan teh susu; yang membedakannya ialah zat penambah yang berupa madu ketimbang susu. Madu bisa berfungsi sebagai pemanis alami jika kamu tidak suka gula, tetapi hanya jika teh yang kamu buat adalah teh biasa / tanpa gula. Jangan mengonsumsi minuman yang terlalu manis, karena belum tentu itu sehat!

Beberapa kalangan di Indonesia percaya bahwa teh madu dapat menjadi obat untuk menyembuhkan demam, batuk-batuk, dan diare. Sebagian lagi berkata jika teh ini baik untuk menurunkan kadar gula darah.

Baca Juga:  10 Minuman Khas Nusa Tenggara yang Wajib Dicoba

6. Teh Lemon

teh lemon

Baik kamu para wanita yang sedang haid, ini bisa jadi minuman yang tepat untuk membantumu pulih dari menstruasi. Teh lemon memiliki zat anti-inflamasi yang mampu meredakan nyeri setelah wanita menjalani proses menstruasi, dan kandungan anti-inflamasi ini berfungsi pula sebagai pereda sakit tenggorokan.

Di masa kini, kebanyakan orang di Indonesia ternyata lebih suka menyajikan teh lemon dengan es batu, lho!

7. Teh Mawar

jenis teh - teh mawar

Di penutup daftar jenis-jenis teh yang populer di Indonesia ialah teh mawar. Kamu mungkin belum pernah mendengar bunga mawar sebagai bahan membuat teh, tetapi ini nyata! Tergantung jenis bunganya, teh mawar bisa berasa manis hingga pahit, namun harumnya tetap harum mawar.

Para penggemar teh meyakini jika teh mawar mampu menurunkan berat badan sehingga cocok sebagai minuman diet bagi orang gemuk.

Kelebihan dan Kekurangan Teh

Karena teh adalah minuman herbal, banyak kebudayaan di dunia yang percaya jika teh berkhasiat baik bagi tubuh. Di Indonesia saja ada ratusan artikel dan buku yang secara khusus membahas tentang berbagai manfaat minum teh. Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah peradangan,
  2. Mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti kanker atau serangan jantung,
  3. Menurunkan berat badan berlebih,
  4. Membantu memperbaiki pola tidur,
  5. Menjaga kesehatan otak dan melawan Alzheimer.

Dari jenis-jenis teh yang tersedia di masyarakat, boleh jadi ada beberapa jenis teh yang mampu memberikan semua manfaat tersebut secara sekaligus ketimbang jenis teh yang lain. Namun tetap saja, semua yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan. Ada sejumlah kekurangan dari minuman teh yang harus kamu waspadai, yaitu:

  1. Memicu kecemasan berlebih / anxiety karena teh mengandung zat kafein,
  2. Mengurangi jumlah zat besi yang terserap oleh tubuh,
  3. Menyebabkan iritasi pada lambung jika kamu minum teh sebelum makan.
Baca Juga:  12 Minuman Khas Perancis yang Terkenal

Kesimpulan Mengenai Teh dan Jenis-Jenis Teh

Dari penjelasan panjang lebar diatas, apa saja informasi yang sudah kamu dapat? Apabila kamu masih bingung, ayo baca poin-poin rangkuman ini.

Minuman teh bahan bakunya berasal dari pucuk-pucuk tanaman bernama Camellia sinensis. Daun pucuk ini kemudian diolah dengan cara dikeringkan dan digiling, tergantung dari jenis-jenis teh yang orang sukai. Minuman teh yang ada di toko dan pasar kita dapat berupa teh celup, daun teh seduh, atau bubuk teh yang perlu air panas atau dingin untuk membuatnya.

Ada macam-macam teh yang masyarakat kita kenal, yaitu teh matcha, teh hijau, teh melati, teh susu, teh madu, teh lemon, dan teh mawar. Masing-masing jenis teh punya kandungannya tersendiri seperti antioksidan, kafein, maupun katekin.

Minum teh bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut bisa berupa meningkatkan metabolisme tubuh, meredakan sakit, atau mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya. Di sisi lain, minum teh yang terlalu banyak dapat berakibat iritasi pada lambung atau menimbulkan kecemasan berlebih.

Dan itulah pembahasan mengenai minuman teh, kelebihan dan kekurangannya, dan juga jenis-jenis teh. Ada banyak sekali minuman teh yang tersedia di pasar-pasar negeri kita, jadi kamu tak usah ragu dalam memilih teh yang sedianya baik bagimu. Terima kasih atas perhatiannya!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis makanan dan bisnis minuman untuk mengembangkan bisnis kulinermu hanya di fnbpreneur.id.