Makanan Khas Suku Dayak yang Pecinta Kuliner Wajib Coba

3 min read

makanan khas suku dayak

Makanan khas suku Dayak mempunya ciri khas yang unik.

Sebagai bentuk cinta pada pelestarian tradisi, tentu saja akan memperkaya pengalaman kuliner saat menyantapnya.

Terlebih jika kamu berkunjung ke Kalimantan, kamu harus mencoba berbagai kuliner khasnya yang unik dan memiliki cita rasa nikmat.

Di sini kami akan membahas beberapa rekomendasi kuliner khas Dayak yang harus kamu coba.

Apa Saja Makanan Khas Suku Dayak?

Masyarakat Dayak punya berbagai macam masakan yang tak boleh kamu lewatkan. Berikut rekomendasinya!

1. Bangamat

bangamat

correto.id

Jika kamu menyukai kuliner unik dan ekstrim, kamu bisa mencoba kuliner bangamat ini. bangamat adalah kuliner khas Kalimantan yang terbilang ekstrim karena terbuat dari daging kelelawar. 

Kelelawar besar dibersihkan dengan cara membuang bulu kasar pada bagian tengkuk dan punggung, serta memotong kuku dan ususnya. Nah, bagian yang nikmat untuk diolah adalah bulu halus dan sayapnya.

Meskipun mempunyai kuliner unik yang sama, namun suku Dayak Maang dan Dayak Ngaju punya sedikit perbedaan dalam menyajikan bangamat. 

Letak perbedaannya ada pada bumbu. Masyarakat Dayak Ngaju lebih suka memberi bumbu banyak, sedangkan Maang lebih suka menambahkan rasa asam dari daun pikauk sebagai pelengkap bumbu bangamat.

Makanan khas suku Dayak ini memang berbahan dasar daging kelelawar. Tapi tenang saja, kelelawar yang digunakan bukanlah kelelawar penghisap darah atau pemakan serangga, namun kelelawar pemakan buah-buahan.

2. Tempoyak Durian

tempoyak durian

resepmasakannusantaraoriginal.blogspot.com

Tempoyak durian sangat cocok untuk kamu yang suka sekali makanan olahan berbahan dasar durian. Pengolahan durian hingga menjadi tempoyak harus melewati proses fermentasi terlebih dahulu selama 7 hari lebih. 

Pembuatan tempoyak durian harus hati-hati, sebab saat memisahkan daging durian dari bijinya, tangan harus kering. Wadah untuk menaruh daging durian nantinya juga harus kering agar tempoyak bisa tahan lama.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Sekali Kamu Coba Cicipi!

Biasanya, penyajian tempoyak dengan cara digoreng atau bisa mencampurkannya dengan makanan berkuah seperti ikan asam pedas dan lain sebagainya.

Cita rasa durian dan aromanya yang khas pasti membuatmu ketagihan dan ingin menyantapnya. Namun, ini hanya berlaku bagi kamu yang memang suka buah durian.

3. Kue Dange

Dange

kabarmakassar.com

Kue dange, cemilan khas Dayak yang cocok kamu nikmati bersama keluarga atau kerabat saat pesta atau acara yang lain. Makanan ini menjadi cemilan favorit tidak hanya bagi penduduk asli Dayak, tapi juga para wisatawan yang sedang berlibur ke Kalimantan.

Kue dange mempunyai cita rasa yang gurih, manis, dan cukup renyah. Karena, makanan ini terbuat dari parutan kelapa, gula, dan tepung yang menghasilkan kombinasi rasa yang sangat enak dan pas.

Jangan lewatkan untuk mencicipi kue ini ketika berkunjung ke Kalimantan. Kue dange akan membuatmu ketagihan dan ingin nambah lagi.

4. Botok Mengkudu

botok

idntimes.com

Siapa yang tidak mengenal kuliner botok yang menggiurkan ini? Orang-orang Indonesia pasti sangat familiar dengan makanan botok yang dibungkus dengan daun pisang. 

Berbeda dengan daerah lainnya, masyarakat suku Dayak membuat botok dengan menggunakan bungkusan daun mengkudu.

Ikan yang sudah berbumbu lalu dibungkus dengan daun mengkudu nantinya akan menghasilkan cita rasa khas dan mantap. Kenikmatan botok mengkudu lebih mantap jika kamu tambahkan irisan cabai membuatnya ada sensasi pedas yang menggoda.

Botok mengkudu sangat cocok kamu nikmati dengan sepiring nasi panas, apalagi makannya bersama dengan keluarga besar atau kerabat dekat. Meski kuliner botok sudah familiar, namun kamu harus mencoba botok mengkudu ini karena rasanya unik dan khas, berbeda dari yang lain.

5. Pulut atau Lemang

Lemang atau Pulut

celebes.co

Makanan khas suku Dayak selanjutnya adalah lemang atau pulut. Kamu bisa menemukan makanan ini saat berkunjung ke Kalimantan Barat. Pulut oleh masyarakat Dayak biasanya hadir saat acara-acara besar seperti pernikahan, syukuran, maupun acara adat.

Makanan ini terbuat dari beras dengan pembukus berupa ruas bambu yang sudah terlapis daun pisang. Rasa gurih dari pulut berasal dari santan yang sudah tercampur dengan beras. Dan yang membuatnya lebih nikmat lagi adalah cara memasak pulut yang dipanggang.

Baca Juga:  25 Menu Lebaran Lengkap yang Praktis dan Mudah Dibuat di Rumah

Kamu bisa menikmati pulut sebagai oleh-oleh atau kamu santap di tempat dalam keadaan hangat bersama kerabat.

6. Juhu Singkah

juhu singkah

rri.co.id

Masyarakat Dayak Ngaju menyebut makanan ini sebagai juhu singkah, sedangkan Dayak Maanyan menyebutnya uwut nang’e atau rotan muda. 

Biasanya penyajian makanan ini paling nikmat adalah dengan mencampurkannya bersama makanan lain seperti terong asam atau ikan baung. Perpaduan rasa terong asam, ikan baung, dan rotan membuat sajian makanan ini begitu lezat dan nikmat. 

Pokoknya wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kalimantan khususnya daerah Dayak.

7. Wadi

wadi

osc.medcom.id

Wadi adalah makanan tradisional masyarakat Dayak yang tidak semua orang bisa menikmatinya. Pasalnya, makanan ini terbuat dari daging babi atau ikan yang sudah melalui proses fermentasi selama 1 minggu. 

Daging babi yang akan melalui proses fermentasi, harus diberi bumbu khas dulu yang terbuat dari ketan putih. Beberapa orang juga menggunakan jagung yang sudah disangrai sebagai bumbu. Setelah itu, jagung atau ketan putih tadi akan dihaluskan menggunakan blender atau tumbuk.

Cara memasak makanan Wadi juga tidak bisa sembarangan. Hanya orang-orang yang sudah berpengalaman yang mampu mengolahnya hingga menghasilkan cita rasa yang enak.

Jika yang memasak adalah orang yang belum berpengalaman, cita rasanya akan tidak karuan. Nah, untuk kamu yang non muslim dan sedang berkunjung ke Dayak, kamu bisa banget mencicipi masakan lezat satu ini.

8. Karuang atau Kalumpe

kalumpe

pegipegi.com

Karuang adalah sebutan untuk makanan dari suku Dayak Ngaju yang artinya sayur. Sedangkan nama kalumpe merupakan sebutan lain dari masyarakat suku Dayak Maanyan.

Makanan ini berbahan dasar tumbukan daun singkong dan terong ukuran kecil. Agar lebih mantap, daun singkong dan terong kemudian dibumbui dengan lengkuas, serai, bawang merah, cabai, dan bawang putih. 

Jika cuaca sedang panas-panasnya, orang-orang asli Dayak biasanya menambahkan cabai yang banyak agar kalumpe terasa lebih nikmat. Apalagi masyarakat juga bisa memakannya bersama ikan asin dan sambal terasi. Perpaduan rasa ikan dan sambalnya semakin menggugah selera dan bikin nagih.

Baca Juga:  Yuk, Coba Minuman Khas Riau yang Segar dan Bikin Nagih ini!

9. Kue Tampi 

Kue Tampi

celebes.co

Kamu yang suka jajanan kue-kuean bisa mencoba kue tampi. Kue ini biasanya ada saat acara-acara besar seperti upacara adat Dayak. Terbuat dari adonan tepung beras yang kemudian digoreng hingga kecokelatan membuat kue ini tetap nikmat meski tidak punya rasa yang dominan.

10. Keripik Kelakai

keripik kelakai

cookpad.com

Makanan khas suku Dayak yang terakhir adalah keripik kelakai. Bagi kamu yang suka olahan keripik dan makanan renyah, kamu harus coba kuliner satu ini.  Jajanan warisan leluhur Dayak ini terbuat dari tanaman kelakai yang mempunyai manfaat mencegah anemia dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Keripik ini sangat renyah dan mempunyai cita rasa gurih yang sangat cocok untuk kamu bawa sebagai oleh-oleh khas Dayak.

Makanan Khas Suku Dayak Mana yang Ingin Kamu Coba?

Itu dia rekomendasi makanan khas suku Dayak.

Kalau kamu paling penasaran dengan menu yang mana?

Yuk, kita coba kulinernya saat berkunjung ke sana!


Temukan inspirasi lainnya tentang makanan Indonesia, makanan Asia dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.