Pentingnya Manajemen Stock untuk Bisnis Minuman dan Makanan

3 min read

Pentingnya-manajemen-stock

Pentingnya manajemen stock barang menjadi hal utama dalam melakoni sebuah bisnis, terutama untuk bisnis makanan dan minuman. Jadi, bagaimana bisa kamu menjalankan bisnis jika kamu sendiri kehabisan stok barang jualan. 

Maka dari itu, kamu butuh yang namanya manajemen stok untuk bisa mengatur penyimpanan barang jualanmu tersebut. Manajemen stok dalam hal ini termasuk pendataan barang yang meliputi jumlah barang keluar, sisa stok barang, dan penambahan barang. 

Dengan manajemen stok yang teratur dan akurat, maka bisnis kamu pun bisa berjalan dengan lancar. Untuk itu, simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini.


Apa Itu Manajemen Stock atau Inventory?

Pentingnya manajemen stock merupakan salah satu bagian dari perusahaan atau bisnis. Bagian ini berfungsi untuk menjaga dan mengatur persediaan barang milik perusahaan. Beberapa aktivitas yang terjadi dalam manajemen persediaan stok barang ini meliputi cara memperoleh persediaan, menyimpan barang, hingga memanfaatkan persediaan barang tersebut. 

Perlu kamu ketahui, bahwa mengatur jumlah persediaan barang ini tidak semudah yang kamu perkirakan. Jika memang persediaan barang sudah terlalu banyak, maka akan semakin tinggi pula biaya untuk penyimpanannya. Sebaliknya, jika memang persediaan barangnya kurang, maka akan lebih menghemat proses produksinya. 

Selain itu, perusahaan pun harus menghadapi beragam bentuk ketidakpastian. Mulai dari ketidakpastian atas banyaknya permintaan, waktu pemesanan, hingga pasokan dari supplier. Inilah yang kemudian membuat inventory manajemen sangat penting untuk kamu lakukan.


Fungsi Manajemen Stok

Pentingnya manajemen stock bagi sebuah bisnis karena fungsinya yang cukup beragam. Berikut ada beberapa fungsi dari manajemen stok barang yang perlu kamu ketahui. 

Mengantisipasi Kekurangan Persediaan Stok Barang

Hal ini memang harus kamu perhatikan, terutama bagi sebuah perusahaan yang fokus pada produksi barang. Meski memang pada umumnya supply bahan sudah pasti datang sesuai dengan jadwal, namun langkah antisipasi tetap harus kamu lakukan. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga jika persediaan datang terlambat, bahkan bisa berpotensi mengganggu proses produksi. 

Baca Juga:  6 Tips Sebelum Membuka Cabang Usaha Kuliner

Mengantisipasi Pesanan Persediaan yang Tidak Sesuai Kebutuhan

Kondisi seperti pesanan yang tidak sesuai mungkin memang jarang terjadi. Namun, hal ini bukan tidak mungkin bisa terjadi. Perusahaan tentunya harus selalu memastikan bahwa persediaan stok sudah sesuai atau belum untuk proses produksinya tersebut. 

Berjaga-Jaga Ketika Persediaan Tidak Tersedia 

Fungsi utama dari pentingnya manajemen stock adalah untuk memastikan bahwa persediaan stok selalu tersedia. Langkah ini bisa kamu lakukan untuk mengantisipasi jika bahan yang biasa kamu gunakan tidak kamu temukan. Hal ini bisa saja terjadi karena stok yang habis atau memang karena hal lain. 

Jaminan Kelancaran Atas Proses Produksi

Bagi sebuah bisnis yang fokus pada produksi barang, maka proses produksinya harus benar-benar tetap berjalan. Hal ini harus kamu lakukan agar tetap bisa meraih keuntungan sekaligus menyediakan kebutuhan bagi para konsumen. Oleh karena itu, inventory management sangat penting kamu lakukan untuk menjaga ketersediaan stok agar produksi tetap bisa berjalan dengan baik.


Tips Melaksanakan Manajemen Stock

Meningkatkan manajemen persediaan memang membutuhkan peningkatan komando atas operasi gudang dan stok fisik yang kamu miliki. Berikut ini ada beberapa tips dalam melaksanakan manajemen stok dalam sebuah bisnis makanan dan minuman. 

Evaluasi Praktik Operasional

Sebelum kamu bisa melakukan berbagai macam perbaikan, maka silahkan kamu lihat terlebih dahulu praktik operasional bisnis yang selama ini kamu jalankan secara keseluruhan. Manajemen inventaris yang efektif jelas ada karena dorongan dari tujuan. 

Pahami apa yang kamu lakukan pada setiap poin pentingnya manajemen stock dalam rantai pasokan tersebut. Hal ini tentu akan memungkinkan kamu untuk bisa lebih fokus pada aspek spesifik atas sistem mana yang perlu kamu tingkatkan. Sebaiknya, konsultasikanlah hal tersebut dengan anggota tim lain untuk mengidentifikasi area masalah potensialnya. 

Dalam bisnis makanan dan minuman, ada tujuh area yang harus kamu identifikasi. Tujuannya adalah agar bisa lebih mudah kamu fokuskan dalam pengerjaan ulang proses pengelolaan persediaan barang atas bisnismu tersebut. 

  1. Minimalkan produksi dengan meningkatkan visibilitas dan kontrol bagian produksi, pembelian, dan logistik. 
  2. Hindari terlalu banyak menyimpan persediaan dengan menggunakan alat perencanaan untuk mendukung produksi just in time. 
  3. Kurangi waktu menunggu dengan memberikan staf akses untuk lebih cepat menyelesaikannya. 
  4. Selesaikan masalah transportasi dengan menentukan waktu produksi dan logistiknya. 
  5. Cegah proses yang berlebih dan jangan fokus pada penciptaan nilai saja. 
  6. Hentikan proses yang tidak perlu, dengan menyediakan data yang bisa memastikan mesin bekerja secara efisien, produktif, dan efektif. 
  7. Letakkan kontrol pada tempat terjadinya penyimpangan dan pemborosan, sehingga bisa menghentikannya pada sumbernya. 
Baca Juga:  Contoh Proposal Usaha Minuman dan Cara Membuatnya

Lakukan Review Stok Secara Rutin

Pentingnya manajemen stock juga bisa kamu gunakan untuk mengetahui berapa banyak item yang masih kamu miliki dalam persediaan. Melacak apa yang kamu beli terhadap apa yang sudah kamu jual tidak akan memberimu gambaran secara lengkap. 

Item makanan dan minuman ini bisa hilang, atau rusak setelah masuk ke gudang. Hal ini pun tidak bisa sepenuhnya kamu hindari. Seringkali, barang yang sudah hilang ini tidak segera dilaporkan, hingga pemilik atau penjual menyadarinya. Oleh karena itu, segera atasi masalah ini dengan cara melakukan review stok secara rutin. 

Pelajari Perilaku Pelanggan dan Manfaatkan Big Data

Salah satu manfaat yang cukup signifikan dalam menggunakan big data adalah kemampuannya untuk membuat prediksi yang cukup akurat, sehingga hal tersebut bisa meningkatkan manajemen persediaan dengan lebih baik pada industri produksi makanannya. 

Sepanjang tahun, memang pelanggan akan lebih sering menunjukkan kebiasaan membeli produk makanan dan minuman yang berbeda-beda. Nah, untuk menghindari memiliki terlalu banyak atau kurang persediaan stok, maka kamu bisa mengandalkan teknologi data ini untuk menyimpan barang pada waktu yang tepat. 

Mengoptimalkan Alur Pengelolaan Stok Barang

Memiliki sistem untuk mengisi kembali persediaan juga merupakan salah satu peran pentingnya manajemen stock dalam sebuah bisnis. Hal ini memang sangat penting untuk kamu lakukan demi kelancaran arus produk selama periode sibuk. 

Jika kamu memang menggunakan strategi just in time, maka kamu harus memiliki kebijakan untuk mengisi kembali persediaan pada tingkat yang sudah sesuai. Setiap kali stok barang turun dalam jumlah tertentu, maka kamu harus memesan untuk masuk. Sistematisasi atas proses pengisian ini tentunya bisa kamu gunakan untuk menghindari jeda dalam ketersediaan produk, antara waktu kamu memesan dan menerima kiriman. 

Baca Juga:  Cara dan Contoh Pembukuan Keuangan Usaha Makanan

Pastikan Penarikan Produk Lebih Cepat

Ketika ada hal buruk yang terjadi, maka kamu harus mengingat item makanan dan minuman mana yang memiliki masalah. Jika hal tidak kamu tangani dengan baik, maka akan berpotensi menyebabkan kerusakan permanen pada brand kamu. 

Dengan memiliki data terkini untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, maka kamu bisa dengan cepat mengidentifikasi letak dari permasalahannya, sehingga kamu pun bisa mengatasi masalah dengan lebih baik. 

Kurangi Limbah Makanan

Tujuan pertama dalam hal mengurangi limbah makanan adalah dengan meminta pihak pengecer untuk berbagi data yang tidak hanya bisa membantu kamu dengan perencanaan produksi, meningkatkan efisiensi, dan kualitas saja, melainkan juga bisa mempromosikan agenda ramah lingkungan. 


Kesimpulan

Inilah beberapa penjelasan mengenai pentingnya manajemen stock bagi sebuah bisnis makanan dan minuman. Untuk kemudahan kamu dalam pengelolaan persediaan barang, maka gunakanlah sistem terintegrasi dengan seluruh kegiatan operasional bisnismu tersebut, seperti halnya proses pembukuan, perpajakan, dan lain sebagainya.


Temukan berbagai tips bisnis makanan dan minuman lainnya untuk kembangkan bisnis kamu hanya di fnbprenereur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.