10 Fasilitas Cafe Yang Harus Ada untuk Menarik Pelanggan

4 min read

fasilitas cafe yang harus ada

Memiliki sebuah cafe atau coffee shop adalah salah satu usaha yang sangat tenar sekarang ini. Banyak sekali pengusaha-pengusaha, baik itu yang sudah berumur maupun yang masih muda mulai menjalankan usaha dengan membuka sebuah cafe. Karena hal itulah, usaha wiraswasta dengan membuka sebuah cafe mempunyai banyak sekali saingan akhir-akhir ini. Para pengusaha atau pemilik cafe berlomba-lomba untuk memberikan fasilitas cafe terbaik untuk dapat unggul dari cafe saingan mereka.

Fasilitas Yang Harus Ada Pada Cafe

Fasilitas ini biasanya tersedia secara gratis untuk para pelanggan yang membeli makanan ataupun minuman. Nah, inilah 10 fasilitas cafe yang bisa kamu sediakan agar dapat mendongkrak bisnismu!

1. Wifi

Fasilitas pertama dan paling utama dari semuanya adalah Wifi. Sekarang ini tidak perlu ragu lagi untuk membuat fasilitas wifi gratis dan cepat untuk tempat bisnis kamu. Layanan ini memang sangat penting dan terkadang menjadi tolak ukur orang dalam menilai sebuah cafe maupun tempat nongkrong.

Selain untuk makan dan mencicipi hidangan, banyak orang yang menjadikan cafe sebagai tempat belajar ataupun bekerja. Mereka biasanya melakukan ini karena identitas cafe yang akrab dengan ketenangan. Tidak sedikit juga orang yang gagal untuk memesan dan nongkrong pada sebuah cafe yang tidak memiliki fasilitas wifi. Kamu tentunya tidak ingin dong para pelanggan pergi hanya karena hal ini?

2. Stop Kontak

Nah untuk fasilitas kedua ini berhubungan erat dengan fasilitas sebelumnya. Hal ini penting kamu sediakan pada setiap meja yang ada pada cafe kamu. Pasti ada diantara para pengunjung cafe milikmu yang membutuhkan pengisi daya untuk gadget mereka.

Fasilitas cafe satu ini juga dapat memanjakan para pengunjung karena mereka dapat menggunakan internet gratis dari wifi cafe dan bisa terus menerus internetan tanpa harus memikirkan bagaimana jika baterai gadget mereka habis.

Baca Juga:  20 Franchise Makanan Terlaris yang Ada di Indonesia

Mungkin kamu akan memikirkan dampak lain dari memasang stop kontak beserta wifi pada cafemu. Seperti bagaimana jika para pengunjung cafe mu terlalu nyaman berada pada cafe mu sampai mereka tidak ingin pulang padahal mereka hanya memesan makanan yang murah? Kamu bisa mengakalinya dengan hanya membuat satu colokan stop kontak pada setiap meja yang ada.

3. AC atau Pendingin Ruangan

Banyak orang yang mendatangi wifi dengan harapan dapat mendinginkan diri pada siang hari yang terik. Hal ini juga berdasar dari kenyataan bahwa banyak cafe-cafe yang buka dan ramai pada waktu siang hari.

Maka dari itu, fasilitas cafe selanjutnya yang bisa kamu adakan pada cafe kamu adalah membuat pendingin ruangan (AC atau Kipas Angin). Pendingin ruangan itu tidak perlu terlalu banyak, yang penting cukup untuk melawan teriknya matahari.

4. Spot Foto

Fasilitas cafe keempat yang bisa kamu pikirkan adalah membuat spot foto. cafe-cafe unik dan aesthetic memang sangat dicari oleh para pengunjung belakangan ini. Banyak sekali orang yang bertemu sapa ataupun berkumpul dengan teman-teman lama mereka pada cafe yang menurut mereka cantik.

Usahakan membuat eksterior cafe milikmu secantik mungkin namun tetap dalam citra yang ingin kamu tampilkan. Misalnya jika kamu ingin membuat cafe minimalis dengan tema retro yang notabene kental dengan vibe vintagenya, namun kamu malah mendekorasi cafe dengan warna-warna cerah dan nabrak.

5. Toilet

Fasilitas ini juga cukup penting untuk menambah nilai citra cafe kamu di mata pelanggan, loh. Kebersihan adalah salah satu faktor utama yang harus ada pada setiap rumah makan publik. Bukan hanya kebersihan dalam segi makanan dan dekorasi cafe, kamu juga harus menetapkan kebersihan pada toilet cafe.

Kamu tidak mau kan citra baik yang kamu bangun dengan dekorasi-dekorasi yang menarik mata akan terhapus karena kamu mempunyai toilet yang jorok?

Selain itu, hiaslah toiletmu sedemikian rupa karena para pengunjung (khususnya yang wanita) senang untuk berfoto dalam toilet. Hal ini pasti hanya akan terjadi jika toilet cafe kamu dinilai cukup menyenangkan mata.

Baca Juga:  Happy Hour Promo! Strategi Meningkatkan Penjualan yang Bisa Dicoba!

6. Smoking Room atau Outdoor Area

Fasilitas cafe yang keenam yang wajib ada pada cafe kamu adalah adanya tempat bebas rokok. Kamu perlu tahu bahwa akan kamu tidak mungkin memberi peraturan pada pengunjung cafe untuk tidak merokok. 

Selain itu, kamu juga perlu menjaga para pelanggan yang lain yang kemungkinan tidak menyukai asap rokok. Apalagi jika cafe mu mempunyai pendingin ruangan, biasanya asap rokok yang terhembus akan terhisap ke dalam Air Conditioner dan akan membuat seluruh ruangan cafe kamu berbau asap rokok.

Maka dari itu, sediakanlah ruangan khusus bebas asap rokok atau smoking room pada cafe kamu. Kamu juga bisa membuat area outdoor untuk para pengunjung kamu yang ingin merokok dengan bebas.

7. Kursi Anak-Anak

Selanjutnya, kamu bisa menyediakan kursi khusus untuk anak-anak pada cafe milikmu. Para pelanggan yang datang ke cafe mu tentunya berasal dari kalangan mana saja. Bisa dari anak sekolahan, pekerja kantoran, ataupun keluarga yang membawa serta anak mereka.

Untuk anak-anak kecil, memakai bangku normal akan membuat mereka kesulitan dalam mengambil makanan mereka karena tubuh mereka yang notabene masih mungil. Maka dari itu, kamu bisa menyediakan kursi tinggi khusus anak-anak agar mereka dapat menyantap hidangan mereka dengan nyaman.

8. Permainan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cafe mempunyai banyak sekali fungsi selain untuk memesan makanan. Banyak orang yang pergi ke cafe untuk berkumpul bersama dengan teman-teman mereka, ataupun untuk menghabiskan waktu sendiri. 

Untuk itu, kamu perlu menyediakan fasilitas yang dapat mengurangi rasa bosan dan meningkatkan kebersamaan.

Permainan-permainan yang kamu sediakan tidak perlu harus mahal ataupun besar sampai kamu harus merogoh kocek yang dalam. Kamu bisa menyediakan permainan-permainan simple seperti kartu uno, atau balok. 

Bisa juga kamu menyediakan dam batu yang terkenal akan keseruannya jika dimainkan secara bersama. Selain itu, menyediakan fasilitas permainan juga berguna agar para pengunjung cafe mu dapat sabar menunggu saat kamu menyiapkan pesanan mereka.

9. Koran Atau Novel

Fasilitas cafe ke Sembilan yang bisa kamu sediakan saat ingin membuka cafe baru adalah bahan-bahan bacaan seperti Koran atau novel. Tidak sama dengan permainan-permainan yang biasanya dimainkan secara berkelompok dengan para sahabat ataupun teman lain. 

Baca Juga:  Jenis-Jenis Kopi di Indonesia: Wajib Tahu untuk Mulai Bisnis

Menyediakan bahan bacaan bisa membuat pengunjung cafe mu yang datang sendirian juga bisa meluangkan waktu mereka tanpa harus memakai gadget. 

Kamu bisa menyediakan Koran pada hari itu, ataupun novel-novel seru dengan banyak genre. Fasilitas cafe seperti ini sudah banyak diterapkan oleh para pemilik rumah makan.

10. Halaman Parkir

Nah, fasilitas terakhir yang bisa kamu sediakan adalah lahan parker yang mumpuni dan cukup untuk menampung banyak kendaraan. Banyak sekali cafe-cafe tidak terlalu mementingkan adanya lahan parkir untuk cafe mereka dan selalu terfokus pada dekorasi dan hal-hal lain. 

Padahal memiliki halaman parkir luas juga sebuah fasilitas untuk para pelanggan, loh. Bayangkan jika kamu ada pada posisi pelangganmu, kamu ingin datang ke sebuah cafe yang terkenal nyaman dan makanannya yang enak, tapi ternyata tempat tersebut sangat sempit sehingga kamu harus memarkirkan kendaraanmu agak jauh dari cafe tersebut. 

Tentu kamu akan pikir dua kali untuk kembali, kan? Itulah mengapa pentingnya mempunyai halaman parkir yang luas.

Pastikan bahwa halaman parkir milikmu dapat menampung beberapa kendaraan sesuai dengan berapa orang yang dapat kamu tampung untuk makan di cafemu. 

Selain itu, pastikan juga halaman parkir cafe mu tersebut sudah aman dengan mempekerjakan beberapa orang penjaga atau dengan menggunakan tiket karcis. Hal ini supaya menjaga pengunjungmu agar tidak khawatir sehingga tidak dapat menikmati makanan mereka dengan santai.

Fasilitas Cafe Mana yang Kamu Perlukan?

Seperti itulah 10 fasilitas cafe yang wajib ada jika kamu ingin membuat tempat makan baru yang berkualitas. Tetap pastikan bahwa para pelanggan mu dapat mengakses fasilitas yang kamu beri dengan gratis tanpa harus mengurangi biaya tambahan. 

Fasilitas yang unggul dapat menjadikanmu sebagai cafe yang lebih unggul dibanding para sainganmu. Hal ini pastinya akan membuat para pelanggan senang untuk kembali. Semoga bermanfaat!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips bisnis kuliner untuk membesarkan bisnis kulinermu tentunya hanya di fnbpreneur.id.