12 Minuman Khas Bali yang Wajib Dicoba

5 min read

minuman khas bali

Selain terkenal dengan banyaknya tempat wisata, Bali juga terkenal dengan banyaknya wisata kuliner yang tentunya harus kamu coba. Selain makanan, yang perlu kamu coba adalah minuman khas Bali. Ada banyak minuman yang bisa kamu coba ketika datang ke Bali. 

Dengan suasana yang panas khas pinggir pantai, kebanyakan minuman Bali merupakan minuman dengan bahan es yang tentunya akan membuat kamu segar. Selain itu, banyak juga minuman kha Bali yang cocok untuk menemani kamu bersantai. Jadi, apa saja minuman khas tersebut?

Minuman Khas Bali Wajib Dicoba

Salah satu wisata yang terkenal di Bali adalah wisata kuliner. Selain memiliki banyak makanan yang enak, Bali juga terkenal dengan banyak minuman khas yang memiliki banyak rasa yang unik dan nikmat.

Selain masalah rasa, Minuman khas Bali ini juga terkenal karena memiliki banyak khasiat yang sangat baik untuk kesehatan. Hal ini karena beberapa minuman ini masih menggunakan bahan-bahan tradisional langsung dari alam. Bahan-bahan tanpa zat dan campuran kimia inilah yang juga akan menambah rasa dari minuman ini. Berikut adalah beberapa minuman khas Bali yang harus kamu coba:

1. Es Kuwut

es kuwut

Salah satu minuman khas Bali yang tentunya tidak boleh kamu lewatkan adalah es kuwut. Ini merupakan salah satu minuman khas yang sudah sangat terkenal. Secara bentuk, minuman ini memiliki bentuk yang mirip seperti es campur. Minuman ini sendiri akan berisi berbagai campuran buah.

Selain itu, di dalam minuman ini juga akan terdapat kelapa, blewah, dan juga biji selasih. Minuman ini juga cukup mudah untuk kamu temukan. Ini merupakan minuman yang cocok dengan suasana Bali yang panas. Selain dari es, rasa buah yang manis dan segar juga akan menambah nikmat dari minuman ini.

2. Es Daluman

es daluman

Cuaca Bali yang panas memang cocok untuk kamu minum es. Rasa segar yang ditawarkan merupakan salah satu kenikmatan yang akan kamu dapatkan. Salah satu minuman es yang tentunya nikmat dan tidak boleh kamu lewatkan adalah es daluman.

Es daluman sendiri mungkin lebih terkenal dengan nama es cincau. Daluman sendiri merupakan sebutan untuk cincau hijau. Selain memiliki rasa yang nikmat, minuman ini juga memiliki banyak khasiat. Salah satu manfaat yang akan kamu dapatkan adalah minuman ini sangat baik untuk pencernaan.

Baca Juga:  15 Jus Buah Untuk Diet Ini Wajib Dicoba

Dalam penyajiannya, es daluman ini akan disajikan dengan menggunakan siraman gula merah, kuah santan, dan tentunya es. Es daluman ini juga sangat mudah kamu temukan, hampir di semua tempat makan kamu bisa menemukan es daluman ini.

3. Es Tambring

es tambring

Minuman khas Bali lainnya yang mungkin hanya akan kamu temukan di Bali adalah es tambring. Jika dilihat sekilas bentuknya mirip es kelapa muda.. Namun yang membedakan dengan es kelapa muda pada umumnya, es tambring ini merupakan campuran es kelapa muda dengan gula jawa dan juga ditambahkan putih telur ayam kampung dan juga asam jawa.

Jika hanya melihat campurannya, mungkin kamu akan bingung dengan bagaimana rasa dari minuman ini. Namun setelah mencobanya, kamu akan mendapatkan rasa yang nikmat dan juga segar. Selain masalah rasa, minuman ini juga memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah minuman ini sangat baik untuk mengobati panas dan juga masalah pencernaan.

4. Es Loloh

es loloh

Salah satu minuman tradisional Bali yang perlu kamu coba adalah es loloh. Loloh sendiri memiliki arti jamu. Memang pada dasarnya minuman ini merupakan jamu. Namun yang membedakan dengan jamu pada umumnya adalah masalah rasa. Rasa minuman ini adalah pedas bercampur manis, asam, dan, asin. Semua rasa tersebut akan bercampur menjadi satu.

Sebagian orang Bali menyebut minuman ini dengan nama loloh cemcem, hal ini karena salah satu kandungan yang ada pada minuman ini adalah daun cemcem. Selain masalah rasa yang unik, minuman ini juga memiliki banyak manfaat. Selayaknya jamu, minuman ini memang baik untuk tubuh. Beberapa manfaat minuman ini adalah membantu menurunkan tekanan darah dan juga melancarkan pencernaan. Untuk ibu menyusui, minuman ini juga sangat baik.

5. Kopi Khas Bali

kopi khas bali

Untuk kamu yang merupakan pecinta kopi, maka ketika ke Bali salah satu minuman khas Bali yang harus kamu coba adalah kopi khas Bali. Kopi khas daerah ini memang memiliki rasa yang berbeda dan unik. Secara bentuk, kopi ini mungkin terlihat seperti kopi biasa pada umumnya. Namun ketika mencobanya, kamu akan mendapatkan rasa yang sangat nikmat.

Salah satu keunikan yang ada dari minuman ini adalh pada proses pembuatannya. Kopi khas ini masih menggunakan cara tradisional dalam semua proses pembuatannya. Proses pengolahanya masih menggunakan kayu bakar, inilah salah satu alasan mengapa kopi ini memiliki aroma yang khas.

6. Teh Jahe

teh jahe

Selain untuk pecinta kopi, bagi kamu yang pecinta teh, Bali juga memiliki minuman yang cocok untuk kamu coba. Terutama untuk kamu yang mencari teh dengan rasa yang unik, maka minuman ini sangat cocok untuk pilihan kamu. Teh jahe, merupakan minuman khas Bali yang memiliki rasa unik.

Baca Juga:  Minuman Khas Asia Tenggara yang Bisa Kamu Coba

Selain aroma teh yang nikmat, kamu juga akan mendapatkan hangatnya jahe yang tentunya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Campuran antara teh dan jahe ini juga akan menghasilkan rasa yang menyegarkan.

7. Es Bir

es bir

Meskipun memiliki nama bir, namun minuman khas Bali ini tidak memiliki campuran alkohol sedikitpun. Minuman ini merupakan campuran antara kelapa muda dan juga perasan jeruk nipis. Ini merupakan minuman yang sudah sangat terkenal, baik di kalangan turis dalam negeri maupun luar negeri. Dengan rasa yang segar, minuman ini memang cocok dengan udara Bali yang panas.

8. Es Gula

es gula

Salah satu minuman khas Bali lainnya yang juga cocok untuk kamu coba adalah es gula. Ini juga merupakan minuman yang sudah sangat populer di Bali. Cara membuat minuman ini juga sangat sederhana. Minuman ini sendiri sebenarnya hanya merupakan campuran dari air, es, dan juga sirup. Sirup yang digunakan juga merupakan gula yang sudah dicairkan, lalu dicampur dengan pewarna makanan. Meski sangat sederhana, namun rasa dari minuman ini tentu sangat segar dan nikmat.

Karena cara membuatnya yang sangat sederhana, minuman ini akan sangat mudah kamu temukan. Kamu bisa mendapatkan minuman ini di hampir semua rumah makan lokal yang ada di Bali.

9. Es Kolak Ancruk

es kolak ancruk

Karena cuaca yang panas, maka tidak heran jika minuman khas Bali banyak sekali yang menggunakan es. Salah satu es Bali yang sudah sangat terkenal diantaranya adalah es kolak ancruk. Ini merupakan minuman yang akan sangat mudah kamu temukan, terutama ketika kamu berkunjung ke daerah Singaraja. Minuman ini terdiri dari kolak, ancruk, bubur sumsum, kolang kaling, es serut, agar-agar, sirup dan juga kuah santan.

Ancruk sendiri merupakan makanan yang bentuknya mirip dengan jenang. Ancruk sendiri merupakan makanan dengan bahan dasar tepung ketan yang kemudian kamu buat menjadi beberapa bulatan kecil. Sementara kolak yang akan kamu gunakan merupakan kolak pisang seperti umumnya.

Ini merupakan minuman yang sangat cocok untuk kamu jadikan teman saat bersantai. Di daerah asalnya, Singaraja, minuman ini akan sangat mudah kamu temukan.

10. Es Kelapa Kopyor

es kelapa kopyor

Es kelapa kopyor, mungkin ini merupakan minuman yang sudah sangat familiar. Ini merupakan minuman yang sangat cocok untuk kamu coba saat cuaca sedang panas. Minuman ini memiliki rasa yang unik dan cara membuatnya juga cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan hanya kelapa kopyor, agar-agar, sirup, dan juga es batu.

Baca Juga:  13 Minuman Segar Saat Bulan Puasa yang sering Ditemui

Kamu juga akan mudah mendapatkan minuman ini. Hampir di semua tempat wisata, kamu bisa menemukan orang yang menjual es kelapa kopyor ini. Dengan cuaca Bali yang cukup terik, maka ini merupakan minuman yang cocok untuk kamu jadikan pilihan.

11. Brem Bali

brem bali

Minuman khas Bali lainnya yang juga tidak bisa kamu lewatkan adalah brem bali. Ini merupakan minuman hasil fermentasi dari ketan merah. Minuman ini bahkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Bali. Kamu bisa mendapatkan minuman ini dengan mudah di banyak tempat di Bali.

Sebagai catatan, brem bali ini termasuk minuman beralkohol. Hal ini karena, pada proses fermentasinya menggunakan ragi tape. Pada awalnya, minuman ini merupakan minuman khusus untuk ritual adat. Namun saat ini, kamu juga bisa mengkonsumsinya dengan bebas dan juga bisa membeli dengan mudah. Ada banyak varian rasa dari brem bali. ini merupakan minuman yang cocok untuk kamu konsumsi setelah makan.

12. Arak Bali

arak bali

Salah satu minuman beralkohol lainnya dari Bali yang juga sudah sangat terkenal adalah arak Bali. ini merupakan minuman yang namanya mungkin sudah terkenal ke seluruh penjuru negeri bahkan sampai luar negeri. Selain masalah rasa, banyak orang yang menilai arak Bali memiliki kualitas yang cukup baik.

Yang unik dari minuman yang satu ini adalah bahan bakuna. Jika minuman fermentasi lain umumnya menggunakan anggur, maka bahan utama arak bali adalah kelapa. Kelapa akan diambil airnya, lalu air kelapa ini akan diolah dan disuling. Proses destilasi inilah yang akhirnya membuat air kelapa akan mengandung alkohol.

Yang perlu kamu perhatikan adalah minuman ini mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi. Sehingga, selain jumlah takaran, kamu juga perlu memperhatikan proses dan cara meminumnya. Meminum arak Bali dengan menggunakan campuran lain biasanya akan menimbulkan akibat yang fatal.

Dengan status yang merupakan destinasi wisata utama, sehingga mungkin saja kamu juga akan pergi ke Bali untuk berlibur. Ketika berlibur itulah, maka kamu bisa mencoba beberapa minuman kha Bali tersebut. Yang perlu kamu perhatikan adalah beberapa minuman khas Bali merupakan minuman beralkohol. Sehingga untuk kamu yang tidak mengkonsumsi alkohol, maka bisa memperhatikan bahan dan kandungan dari minuman sebelum mencobanya.

Meski demikian, masih banyak minuman khas Bali tanpa alkohol yang bisa kamu coba. Dan tentu saja, minuman tersebut juga memiliki rasa yang sangat nikmat. Yang pasti, karena Bali memiliki cuaca yang panas, maka tidak heran jika banyak minuman yang menggunakan es.


Temukan lebih banyak informasi hindangan minuman Indonesia dan bisnis minuman hanya di fnbpreneur.id.