Makanan Khas Italia yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan 

5 min read

Makanan Khas Italia yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan

Italia merupakan salah satu negara yang berada di benua Eropa yang terkenal karena berbagai macam hal. Salah satu hal yang membuatnya terkenal adalah makanan khas Italia yang sudah terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, beberapa makanan khas Italia pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Ada beberapa makanan khas Italia yang kini sangat mudah kamu temukan di berbagai tempat di Indonesia seperti restoran atau tempat makan lainnya.

Makanan Khas Italia

Apakah kamu sudah mengetahui berbagai macam makanan khas Italia yang terkenal di dunia? Berikut ini adalah beberapa makanan khas Italia yang sudah terkenal di dunia. Tak hanya di Indonesia, beberapa makanan ini ternyata juga sudah tidak asing lagi di berbagai negara dan berikut ini adalah daftarnya.

1. Pizza

pizza adalah makanan khas italia yang terkenal

Makanan khas Italia yang pertama dan tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu adalah pizza. Pizza telah lama menjadi makanan umum atau cemilan di Italia termasuk di Napoli tempat pertama kali ditemukannya saus tomat. 

Pizza merupakan sebuah makanan yang terbuat dari adonan roti pipih berbentuk lingkaran yang kemudian dipanggang. Setelah dipanggang, roti ini kemudian disajikan dengan cara dipotong-potong menjadi segitiga serta ditambahkan berbagai toping lezat pada bagian atasnya.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Topping Pizza yang Paling Disukai Masyarakat

2. Bruschetta

bruschetta (1)

Makanan khas Italia yang kedua adalah bruschetta. Bruschetta ini sering menjadi pilihan sebagai salah satu makanan pembuka di Italia. Makanan lezat ini adalah sebuah roti panggang yang telah diberikan beberapa bumbu dan juga topping yang nikmat.

Beberapa bumbu yang digunakan adalah seperti bawang putih, garam. kemangi, dan minyak zaitun. Sementara untuk topping makanan ini umumnya menggunakan tomat, tapi ada juga variasi lainnya yang menggunakan hati ayam atau kangkung pada bagian atas makanan ini.

3. Lasagna

lasagna

Makanan khas Italia berikutnya yang juga sudah terkenal ke seluruh dunia adalah lasagna. Lasagna adalah mie pasta yang memiliki bentuk panjang dan lebar yang kemudian dimasak dengan menggunakan oven secara berlapis. 

Pada awalnya makanan ini adalah makanan bagi orang miskin di Italia pada dahulu kala. Namun seiring berjalannya waktu, makanan ini bisa dinikmati bagi semua orang termasuk orang-orang kaya.

4. Fiorentina Steak

fiorentina steak

Bagi kamu yang suka dengan hidangan steak, makan makanan khas Italia yang bernama fiorentina steak pastinya sangat cocok untuk kamu. Fiorentina steak adalah steak tulang T yang dipotong tebal dengan ketebalan kurang lebih 5 cm. Daging steak ini kemudian dimasak selama kurang lebih 5 sampai 7 menit tergantung pada ketebalan daging tersebut.

Baca Juga:  14 Makanan Khas Semarang Lengkap dengan Harganya

Fiorentina juga akan memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan daging steak pada umumnya. Hal ini karena daging steak ini memiliki keunikan dimana akan terasa matang pada bagian luarnya, namun kurang matang atau rare pada bagian dalamnya. Saat kamu memesan makanan ini di Italia, makanan ini akan dihargai berdasarkan berat daging yang kamu pesan.

Baca Juga: 19 Rekomendasi Side Dishes untuk Menu Steakmu

5. Ribollita

ribollita

Makanan khas Italia yang berikut ini sudah terkenal selama ratusan tahun di Italia, makanan tersebut adalah ribbolita. Ribollita adalah sebuah sup hangat yang menggunakan roti sebagai bahan utama dan sudah populer di Italia. 

Selain roti, sup tradisional khas Italia ini juga berisi sayur-sayuran dan kacang-kacangan. Untuk menambah kelezatan sup ini, sup ini juga sering disajikan dengan tambahan minyak zaitun dan keju parmesan.

6. Polenta

polenta

Meskipun Italia terkenal dengan pasta, namun ternyata makanan pokok bagi orang-orang utara di Italia adalah polenta. Polenta adalah makanan khas Italia yang umumnya dimakan pada saat musim dingin di beberapa kota seperti Milan, Turin dan Venesia. 

Makanan lezat ini adalah sejenis bubur jagung yang mulai dikenal pada abad ke-16 dimana pada saat itu jagung yang merupakan bahan pokok untuk membuat makanan ini mulai masuk ke Eropa. Makanan ini sering menjadi pilihan untuk menikmati daging terutama daging rebus di Italia.

7. Ossobuco

ossobuco

Jika kamu sangat menyukai olahan daging sapi, maka makanan khas Italia yang berikutnya ini sangat cocok untuk kamu, makanan tersebut adalah ossobuco. Ossobuco merupakan makanan yang menggunakan bahan utama daging tulang belakang sapi muda.

Daging ini kemudian dimasak dalam suhu rendah sampai meleleh dalam kaldu daging, anggur putih dan sayuran. Meskipun makanan ini cukup terkenal di Italia, namun tidak banyak tempat makan yang menyediakan makanan ini. Hal ini karena waktu untuk membuat makanan ini tidaklah singkat, yaitu lebih tepatnya butuh waktu 3 jam untuk menyiapkan makanan yang lezat ini.

8. Risotto

makanan khas italia - risotto

Italia ternyata tidak hanya mempunyai makanan yang berbentuk pasta saja, ada juga makanan yang terbuat dari bahan makanan pokok orang Indonesia yaitu nasi. Makanan lezat tersebut bernama risotto. Italia juga termasuk salah satu negara penghasil beras terbesar di Eropa, meskipun mayoritas negara tersebut tidak mengkonsumsi nasi.

Makanan yang dibuat dengan cara mencampurkan nasi dan kaldu lalu kemudian diaduk sampai hingga membentuk semi sup. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan paling ikonik di Italia. Jenis risotto yang paling terkenal adalah risotto alla milanese. Ada juga beberapa versi klasik dari risotto yang bisa kamu coba seperti risotto al nero di sepia dan risotto risi e bisi.

9. Carbonara

carbonara

Makanan khas Italia yang satu ini sepertinya sudah tidak asing lagi bagi kamu, makanan tersebut adalah carbonara. Makanan ini sudah sangat terkenal di dunia dan juga sudah sampai ke Indonesia. Ada beberapa restoran yang menyajikan makanan lezat ini.

Baca Juga:  Peluang Usaha Ayam Geprek dan Tips Suksesnya untuk Kamu!

Carbonara merupakan makanan khas Italia yang terdiri dari spaghetti, telur, keju pecorino, guanciale, dan lada hitam. Ada juga versi lainnya yang meniru carbonara yang asli yaitu dengan membuat kuah yang lebih kental atau mengganti guanciale dengan daging. Saat kamu berkunjung ke Italia, maka sempatkanlah memakan makanan ini dengan berdasarkan rekomendasi dari penduduk lokal Italia.

10. Truffle

makanan khas italia - truffle

Makanan khas Italia berikutnya yang cukup unik adalah Truffle. Truffle merupakan makanan yang terbuat dari jamur. Makanan ini juga termasuk makanan paling mahal di dunia dan beruntungnya tidaklah sulit untuk menemukan jamur yang merupakan bahan pokok makanan ini di Italia.

Jamur ini tumbuh di alam liar dan bisa ditemukan ketika berburu di hutan atau pegunungan Umbria dan Piedmont dengan anjing atau babi yang sudah terlatih. Truffle di Italia hadir dalam dua bentuk. Truffle yang pertama adalah truffle putih yang langka dan lebih aromatik, dan truffle yang kedua adalah truffle hitam yang lebih umum dan sedikit kurang aromatik.

11. Focaccia

focaccia

Makanan khas Italia yang satu ini sekilas terlihat seperti pizza, dan makanan ini bernama focaccia. Perbedaanya adalah makanan ini lebih banyak menggunakan ragi dalam proses pembuatannya. Hal ini membuat makanan ini lebih mengembang dan pulen seperti roti jika membandingkannya dengan pizza.

Orang-orang sering memakan makanan ini sebagai makanan pembuka, camilan atau makanan penutup di Italia. Orang-orang juga sering memberikan bumbu seperti minyak zaitun dan beberapa topping seperti tomat, keju, bawang putih, atau rempah-rempah. 

12. Panini

panini

Makanan khas Italia yang bernama panini ini memiliki tampilan yang mirip dengan sandwich. Panini sendiri biasanya menggunakan beberapa jenis roti seperti baguette, ciabatta, rosetta, dan michetta. Kemudian orang-orang biasa memotong roti ini secara horizontal dan ada beberapa isian pada bagian dalam roti ini.

Isian yang biasa ada dalam makanan ini adalah irisan daging olahan seperti salami, mortadella, atau prosciutto dan juga irisan tomat, keju, serta tuna. Orang-orang biasa membuat makanan ini dengan alat khusus yaitu panini press dan kemudian dipanggang. Variasi rasa dari panini yang paling menjadi favorit banyak orang adalah panini dengan isian daging panggang atau porchetta. 

13. Aranici

makanan khas italia - aranici

Makanan khas Italia berikutnya yang wajib kamu coba ketika berada di negeri ini adalah aranici. Aranici adalah makanan yang terbuat dari bola nasi yang berlapiskan remah roti renyah dan terdapat isian serta orang-orang biasanya mengolahnya dengan cara menggorengnya. 

Isian yang ada pada makanan ini adalah seperti ragu atau sejenis keju, saus tomat, mozarella, kacang polong, jamur, dan terong. Makanan yang lezat ini sangat mudah untuk ditemukan di Italia karena banyak tempat yang menjualnya. 

Baca Juga:  Bisnis Makanan Sehat untuk Diet yang Rupanya Menjanjikan

14. Cannoli

cannoli

Salah satu makanan khas italia yang terkenal sebagai makanan penutup di negara tersebut adalah cannoli. Cannoli ini adalah sebuah hidangan yang berasal dari daerah Sisilia, Italia. Makanan yang lezat ini memiliki bentuk tabung dengan isian yang nikmat pada bagian tengahnya.

Isian yang biasa ada dalam makanan ini adalah krim manis yang biasanya mengandung ricotta. Ukuran dari makanan yang lezat ini juga beragam, mulai dari yang berukuran tidak lebih besar dari sebuah jari sampai dengan yang berukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa.

15. Gelato

makanan khas italia enak - gelato

Makanan khas Italia yang satu ini juga tentunya sudah tidak asing lagi di Indonesia karena banyak tempat makan yang menyajikan makanan ini. Gelato adalah sejenis es krim yang berasal dari Italia dan memakan gelato secara rutin sudah menjadi hal yang umum di Italia. Meskipun terlihat seperti es krim, tapi ternyata gelato berbeda dengan es krim pada umumnya. 

Gelato ternyata memiliki kandungan lemak mentega yang jauh lebih sedikit jika membandingkannya dengan es krim pada umumnya. Jika pada umumnya es krim memiliki kandungan lemak sebesar 14 persen, maka gelato hanya memiliki kandungan lemak mentega sebesar 4 sampai 8 persen saja. Selain itu, gelato juga memiliki kepadatan yang jauh lebih tinggi jika membandingkannya dengan es krim.

16. Tiramisu

tiramisu

Pilihan makanan penutup yang bisa kamu coba selain gelato adalah tiramisu. Makanan khas Italia ini sudah ada sejak tahun 1960-an dan juga sudah menjadi makanan penutup yang paling favorit di Italia. 

Tiramisu merupakan makanan yang dibuat dengan cara tanpa dipanggang. Makanan ini juga memiliki lapisan keju mascarpone yang lembut dan kue jari yang sudah direndam kopi. Untuk memberikan tekstur yang lebih ringan, krim dan putih telur kadang ditambahkan pada keju mascarpone dalam tiramisu ini.

17. Torrone

torrone - makanan khas italia yang sangat populer

Makanan khas Italia lainnya yang sering menjadi pilihan sebagai makanan penutup adalah torrone. Torrone ini termasuk makanan penutup yang sayang untuk kamu lewatkan. 

Torrone merupakan sebuah permen tebal dengan tekstur krim dan lengket. Makanan penutup sangat mudah untuk kamu temukan di Italia. Torrone sendiri terbuat dari bahan-bahan seperti madu, putih telur, kacang panggang, dan kulit jeruk.

Mana Makanan Khas Italia Favoritmu?

Itulah beberapa makanan khas Italia yang perlu kamu ketahui. Beberapa makanan tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu karena sudah banyak hadir di beberapa tempat di Indonesia. Dari beberapa makanan tersebut, manakah yang sudah kamu pernah coba dan menjadi favorit kamu?

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis kuliner, seperti bisnis makanan dan minuman, resep, tips, hingga franchise hanya di fnbpreneur.id.