15 Makanan Khas Yogyakarta yang Terkenal dan Favorit

5 min read

makanan khas yogyakarta

Apakah kamu sedang berkunjung ke Yogyakarta? Jika iya, menikmati kuliner khas Yogyakarta tidak bisa kamu lewatkan. Apalagi makanan khas Yogyakarta terkenal dengan harganya yang murah dan terjangkau.

Tidak hanya terkenal dengan tempat wisatanya saja, tetapi Yogyakarta juga terkenal dengan makanannya yang enak-enak. Jika kamu sedang mencari rekomendasi kuliner khas kota pelajar ini, kamu bisa mengecek daftar berikut untuk referensi kulinermu.

15 Makanan Khas Yogyakarta Wajib Coba

Ini dia daftar makanan khas Yogyakarta yang wajib untuk kamu cicipi saat kamu berkunjung ke kota ini. Rasanya yang otentik tentu akan memberikan kenikmatan tersendiri saat kamu memakannya.

1. Gudeg

\Makanan khas Yogyakarta yang pertama yang selalu menjadi andalan untuk para wisatawan adalah gudeg. Kuliner yang satu ini sudah terkenal sekali sebagai santapan yang wajib untuk kamu coba saat ke Yogyakarta. Rasanya ke Yogyakarta belum lengkap jika belum mencoba gudeg.

Gudeg adalah makanan tradisional yang terbuat dari nangka muda mentah atau gori yang dimasak selama berjam-jam dengan gula aren, santan, rempah-rempah, dan bumbu-bumbu lain. Gudeg kemudian disajikan dengan potongan daging ayam, telur, tahu, dan juga sambal goreng krecek. Makanan ini memiliki kombinasi rasa manis dan gurih.

Di Yogyakarta, ada beberapa jenis gudeg yang bisa untuk kamu coba. Pertama, ada gudeg basah yang disajikan dengan kuah santan kental atau areh. Kedua, ada gudeg kering yang menggunakan santan sedikit sehingga cocok untuk oleh-oleh. Dan terakhir, ada juga gudeg manggar yang terbuat dari bunga kelapa.

Beberapa tempat makan untuk mencoba gudeg adalah Gudeg Yu Djum Wijilan, Gudeg Mercon Bu Tinah, Gudeg Pawon, Gudeg Sagan, Gudeg Hj. Ahmad. Kamu bisa menikmati makanan ini baik di pagi atau malam hari.

2. Oseng-Oseng Mercon

Saat ke Yogyakarta, belum lengkap juga rasanya jika kamu belum mencoba oseng-oseng mercon. Sesuai namanya, kuliner ini sangat cocok jika kamu pecinta makanan pedas.

Oseng-oseng mercon adalah makanan yang terbuat dari tetelan daging sapi, jeroan, dan kikil yang dimasak dengan cabe rawit yang sangat banyak sehingga menghasilkan masakan yang sangat pedas.

Kamu bisa mencoba masakan ini di sepanjang jalan KH. Ahmad Dahlan atau daerah barat Malioboro dekat rumah sakit PKU Muhammadiyah. Disana, banyak penjual yang menawarkan masakan ini. Salah satu yang terkenal adalah oseng-oseng mercon Bu Narti.

Harga makanan ini pun cukup terjangkau. Untuk satu porsinya mulai dari Rp. 16.000 sampai dengan Rp. 30.000 saja. Kuliner ini sangat cocok untuk menjadi menu makan malammu saat di Yogyakarta.

Baca Juga:  Resep Tom Yam dengan Cita Rasa Seenak Restoran Thailand

3. Sate Klathak

Sate klathak yang selanjutnya menjadi makanan khas yogyakarta adalah sate kambing yang dibakar dengan menggunakan tusuk besi. Makanan ini bernama sate klathak karena saat kamu mengunyahnya akan muncul suara klathak klathak dari daging kambing muda.

Selain sate klathak, kamu juga bisa menikmati sajian ini dengan gulai kambing dan nasi panas. Salah satu tempat yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Sate Klathak Pak Pong yang sangat terkenal. Lokasinya terletak di daerah Pleret.

Sebagai informasi, karena warung yang cukup ramai untuk mengantrinya, pastikan kamu sedang tidak terburu-buru karena untuk mengantrinya bisa sampai dengan 1 jam. Namun tidak hanya Sate Klathak Pak Pong saja, ada banyak penjual sate klathak lain yang bisa kamu cicipi di daerah Pleret.

4. Tengkleng Gajah

Tengkleng gajah yang juga menjadi makanan khas yogyakarta adalah masakan yang terbuat daging kambing yang dimasak dalam porsi besar. Menu ini cocok untuk kamu yang sedang membawa keluarga besar untuk berlibur karena porsinya yang banyak.

Salah satu tempat yang bisa kamu coba untuk menikmati kuliner ini di Tengkleng Gajah Jalan Kaliurang KM 9,3 Bulurejo, Minomartani, Sleman. Kamu juga bisa memilih penyajiannya apakah ingin tengkleng dengan kuah atau tengkleng goreng.

5. Belalang Goreng

Dari daerah Gunungkidul, makanan khas yogyakarta adalah belalang goreng. Mungkin kamu sedikit terheran karena belalang dapat dijadikan makanan, namun jangan salah belalang goreng juga cukup enak lho.

Kamu bisa menikmati makanan ini jika sedang pergi ke Gunungkidul. Makanan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, jadi kamu perlu berhati-hati juga jika kamu memiliki alergi. Selain itu, belalang goreng juga cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Jogja.

6. Jadah Tempe

Kuliner selanjutnya yang wajib untuk kamu cicipi adalah jadah tempe. Santapan ini bisa kamu temukan di daerah Kaliurang atau Gunung Merapi. Jadah tempe adalah makanan yang terbuat dari ketan yang disajikan dengan tempe bacem.

Makanan kesukaan Sri Sultan Hamengkubuwono ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan bisa kamu jadikan oleh-oleh. Salah satu penjual yang terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik yang terletak di Jalan Kaliurang KM. 12.

7. Mie Lethek

Jika kamu pecinta mie, kamu wajib coba kuliner mie lethek yang terkenal. Lethek yang berarti kotor ini karena mie lethek yang tersaji berwarna kecoklatan. Makanan khas Yogyakarta ini bisa kamu temukan di daerah Bantul.

Mie lethek adalah mie goreng dengan menggunakan bahan dasar mie yang terbuat dari tepung ketela yang disajikan dengan sayuran lain seperti wortel, kol, sawi dan daun bawang sehingga lebih sehat.

Salah satu penjual mie lethek terkenal yang bisa kamu coba adalah Mie Lethek Mbah Mendes. Satu porsinya pun cukup terjangkau, cukup dengan membayar Rp. 15.000 hingga Rp. 25.000 saja. Kuliner ini cocok untuk kamu nikmati saat malam hari.

Baca Juga:  Makanan Kekinian Yang Mudah Dibuat Bisa Dicoba Sendiri

8. Bakmi Jawa

Selain mie lethek, ada juga bakmi jawa yang juga cocok kamu nikmati saat kuliner malam di Yogyakarta. Bakmi jawa adalah makanan dengan berbahan dasar mie yang direbus dengan sayuran lain.

Yang membuat bakmi jawa menarik adalah cara memasaknya yang masih menggunakan cara tradisional atau dengan anglo atau tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas.

Beberapa tempat yang sudah menjadi favorit untuk mencicipi masakan ini adalah Bakmi Jawa Mbah Gito, Bakmi Jawa Mas Timbul, Bakmi Jawa Pak Kadin, dan lain sebagainya.

9. Sambal Goreng Krecek

Untuk makanan berat, kamu bisa mencoba sambal goreng krecek yang cocok disajikan dengan bubur atau nasi. Kamu bisa menjadikan kuliner ini sebagai salah satu menu sarapanmu.

Sambal goreng krecek terbuat dari kerupuk kulit krecek yang dimasak dengan santan. Sajian ini juga cukup sering disajikan sebagai pendamping makanan gudeg. Menu ini memiliki rasa yang gurih dan tidak terlalu pedas meski berwarna merah.

10. Geplak

Jika kamu sedang mencari oleh-oleh, geplak sebagai makanan khas Yogyakarta adalah salah satu contoh makanan yang cocok. Geplak adalah kue tradisional yang berbentuk bulat, terbuat dari kelapa parut, tepung, dan gula. Makanan dari daerah Bantul ini memiliki cita rasa yang manis.

Geplak yang memiliki warna yang bervariasi ini cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh karena camilan ini tahan lama. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh khas Jogja dengan harga yang bervariasi.

11. Yangko

Rekomendasi selanjutnya untuk makanan khas Yogyakarta adalah yangko yang juga cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh. Makanan ini adalah makanan dari daerah Kotagede yang terbuat dari tepung ketan dengan bentuk kotak-kotak.

Satu kotak yangko memiliki harga yang cukup terjangkau, mulai dari Rp. 20.000 saja dengan rasa yang bervariasi seperti durian, kombinasi, cokelat, dan lain sebagainya. Makanan ini cukup tahan lama sehingga bisa untuk kamu berikan ke orang lain sebagai oleh-oleh dari Jogja.

12. Kipo

Jika kamu sedang ke Yogyakarta, jangan lupa juga untuk mencoba makanan tradisionalnya yang bernama kipo. Kipo memiliki tekstur yang legit ini terbuat dari tepung beras ketan dan campuran daun pandan sehingga memiliki warna hijau yang unik.

Karena memiliki isian dari gula kelapa, makanan yang satu ini kurang tahan lama. Kipo memiliki rasa yang manis dan bisa mudah kamu temukan jika kamu pergi ke pasar tradisional di kota pelajar ini.

13. Sayur Lombok Ijo

Rekomendasi lain kuliner dari kota gudeg ini adalah sayur lombok ijo atau jangan lombok ijo. Dalam bahasa jawa, jangan memiliki arti sayur. Makanan ini bisa kamu temukan jika kamu sedang berkunjung ke daerah Gunungkidul.

Hal istimewa dari sayur ini adalah rasanya yang gurih dan pedas karena menggunakan jenis cabe yang berbeda. Tak hanya itu, sayur tempe dalam menu ini pun menggunakan cara tradisional dalam pembuatannya atau menggunakan tempe daun. Umumnya, sayur ini disajikan bersama dengan nasi merah. Menu ini sangat cocok untuk makan siang.

Baca Juga:  Rekomendasi Pet Friendly Cafe Jakarta, Bersantai dengan Anabul!

14. Miedes

Menu selanjutnya yang wajib kamu coba saat di Yogyakarta adalah miedes. Miedes yang terkenal dari daerah Pundong ini memiliki rasa yang kenyal karena terbuat dari tepung pati ketela.

Sajian ini bisa kamu nikmati baik dalam bentuk goreng atau kuah dan juga kamu bisa memilih tingkat pedas yang kamu inginkan. Kamu bisa menemukan kuliner ini di daerah Bantul, tepatnya daerah Pundong. Makanan ini cocok untuk kamu jadikan santapan di malam hari karena umumnya banyak penjual yang membuka warungnya di sore hari sekitar pukul 17.00.

15. Bakmi Pentil

Memiliki sedikit kemiripan dengan miedes, kamu juga bisa mencoba bakmi pentil yang menjadi salah satu makanan khas Yogyakarta. Bakmi pentil juga terbuat dari tepung pati ketela, disajikan dalam dua warna merah dan kuning dengan sedikit sambal.

Makanan tradisional ini bisa kamu temukan di pasar tradisional. Harganya pun sangat murah mulai dari Rp. 2000 saja untuk satu porsinya. Rasanya yang kenyal seperti karet pentil membuat makanan ini bernama bakmi pentil.

Kuliner Khas Yogyakarta yang Terkenal dan Favorit

Makanan khas Yogyakarta terkenal memiliki rasa yang otentik, unik, serta sehat karena umumnya sajian-sajian tersebut dibuat dengan cara-cara yang tradisional. Saat di Yogyakarta pun, kamu bisa memiliki banyak pilihan kuliner karena menu khas kota gudeg ini sangat bervariasi.

Mulai di pagi hari, kamu bisa sarapan dengan bubur sambal krecek atau gudeg dan mencoba makanan tradisional bakmi pentil. Saat siang, kamu bisa memilih menu tengkleng gajah atau sate klathak yang nikmat. Menjelang malam, tentu sangat nikmat untuk menikmati satu porsi bakmi jawa atau miedes yang khas. Jangan lupakan juga oleh-olehnya seperti yangko, geplak, atau juga bakpia yang terkenal dari Jogja.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi tentang bisnis makanan, bisnis minuman, makanan Indonesia dan lainnya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.