20 Makanan Khas Perancis yang Bikin Kamu Ketagihan

5 min read

20 Makanan Khas Perancis yang Bikin ketagihan

Perancis merupakan salah satu kota yang terkenal untuk dijadikan tujuan wisata. Tidak hanya karena tempat wisatanya, ada banyak sekali makanan khas Perancis yang terkenal akan enak dan terkenal ke seluruh dunia termasuk di Indonesia

Makanan Perancis terkenal akan cita rasanya yang nikmat dan khas. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini juga terkenal unik dan berbeda dari makanan pada umumnya. Selain bumbunya, beberapa makanan  ini juga membutuhkan waktu penyajian yang tidak singkat.

20 Makanan Khas Perancis yang Bikin Kamu Ketagihan

Ada beberapa makanan khas Perancis yang terkenal akan kenikmatan dan bisa bikin ketagihan. Apa sajakah makanan tersebut? Berikut ini adalah beberapa makanan khas Perancis yang perlu kamu ketahui.

1. Escargot

escargot

Makanan khas Perancis yang pertama adalah escargot. Escargot merupakan makanan yang terkenal karena bahan utamanya yang unik. Escargot terkenal unik karena makanan ini terbuat dari siput atau bekicot. 

Makanan khas Perancis yang terbuat dari siput atau bekicot ini ternyata juga memiliki beberapa nutrisi yang bagus untuk tubuh. Escargot ini ternyata memiliki kandungan gizi protein, vitamin B2, dan asam amino yang bagus untuk tubuh kamu.

2. Ratatouille

makanan khas perancis yang enak - ratatouille

Makanan khas Perancis yang kedua dan sudah terkenal bahkan pernah dijadikan sebagai film adalah ratatouille. Makanan ini awalnya terkenal hanya sebagai makanan para petani saja.

Namun seiring berjalannya waktu, makanan ini kini terkenal bahkan ke seluruh dunia dan juga Indonesia. Makanan yang terbuat dari sayur-sayuran ini dipanggang dan sering disajikan bersama dengan roti, nasi, atau kentang atau sajian pelengkap lainnya.

3. Coq Au Vin

coq au vin

Makanan khas Perancis yang berikutnya adalah coq au vin. Coq au vin sendiri dalam bahasa Perancis memiliki arti ayam jantan di wine. Sesuai dengan artinya makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan ayam atau lebih tepatnya menggunakan paha ayam. Makanan ini juga dimasak menggunakan anggur merah atau wine dan juga bahan-bahan lainnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat masakan khas Perancis ini tidaklah singkat. Hal ini karena bertujuan agar seluruh bahan-bahan makanan bisa menyerap sempurna kedalam ayam. Dengan bahan makanan yang mewah yaitu anggur merah atau wine, tidak heran jika makanan ini pastinya akan sangat lezat untuk kamu nikmati.

4. Confit de Canard

confit de canard (1)

Bagi kamu yang menyukai daging bebek, makanan khas Perancis yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Confit de canard merupakan olahan dari daging bebek yang membutuhkan waktu lama untuk penyajiannya.

Setidaknya membutuhkan waktu sekitar 36 jam untuk membuat makanan lezat ini. Proses yang lama ini bertujuan agar bumbu-bumbu meresap sempurna ke dalam daging bebek. Proses membuat makanan yang tidak singkat ini membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih dan juga aroma yang sangat nikmat.

Baca Juga:  Cara Promosi Restoran Baru, Kunci Sukses untuk Pemula!

5. Foie Gras

foie gras - makanan khas perancis dari bebek

Makanan khas Perancis yang terbuat dari bahan utama daging bebek atau angsa lainnya adalah foie gras. Foie gras ini termasuk makanan tertua di Eropa dan sudah digemari bahkan sejak abad pertengahan.

Foie gras ini biasanya dibuat dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar dengan menggunakan bumbu-bumbu nikmati dan kemudian disajikan dengan saus yang nikmati. Namun umumnya makanan nikmat ini memiliki harga yang cukup mahal.

6. Soupe A L’oignon

soupe a l'oignon

Makanan yang berikutnya adalah soupe a l’oignon. Makanan ini juga termasuk makanan yang sudah terkenal sejak zaman dahulu, tepatnya sejak zaman romawi dan kini sudah terkenal ke seluruh dunia.

Soupe a l’oignon merupakan makanan yang terbuat dari daging ayam yang kemudian diolah dengan bawang putih dan parutan keju. Makanan ini terkenal karena memiliki tekstur yang kental dan memiliki rasa yang gurih serta nikmat. 

7. Bouillabaisse

bouillabaisse

Jika kamu merupakan penggemar makanan seafood atau hidangan laut, makanan khas Perancis yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Bouillabaisse merupakan makanan yang berasal dari para nelayan yang berada di Goudes. Mereka membuat makanan ini dengan memanfaatkan hasil tangkapan mereka yang melimpah.

Makanan khas Perancis ini merupakan makanan yang terbuat dari kerang dan dihidangkan bersama dengan kuah nikmat serta bumbu-bumbu nikmat lainnya. Makanan ini sangat cocok sekali untuk kamu yang suka dengan makanan hidangan dari laut atau seafood.

8. Langue de Boeuf

langue de boeuf (1)

Makanan yang terkenal berikutnya adalah langue de boeuf. Langue de boeuf ini terkenal karena menggunakan bahan utama yang unik yaitu lidah sapi. Makanan yang terbuat dari lidah sapi yang telah dipotong tipis dan juga dimasak dengan menggunakan bumbu-bumbu rempah dan potongan sayur.

Karena terbuat dari lidah sapi, makanan ini mempunyai tekstur yang lembut dan gurih serta berpadu dengan bumbu-bumbu yang nikmat. Makanan ini juga termasuk makanan yang wajib kamu nikmati saat kamu berlibur ke Perancis.

9. Farci Poitevin

farci poitevin

Makanan khas Perancis yang satu ini memiliki bentuk yang sangatlah unik. Farci poitevin dari luar terlihat hanya seperti buah kubis biasa, namun ternyata di dalam buah kubis tersebut sudah terdapat berbagai macam sayuran lainnya.

Sayuran lainnya yang tersaji dalam makanan lainnya adalah seperti gelatin, sayuran hijau, buah bit, dan rempah-rempah. Farci poitevin yang berasal dari Poitou-Charentes ini sering menjadi hidangan pembuka yang disajikan bersama dengan sepotong roti. 

10. Beef Bourguignon

makanan khas perancis yang enak - beef bourguignon

Makanan khas Perancis yang satu ini sekilas terlihat seperti makanan khas Indonesia yaitu rendang yang berasal dari Padang. Makanan ini juga terbuat dari bahan utama yang sama yaitu daging sapi yang menggunakan bumbu-bumbu khusus yang membuatnya nikmat.

Namun berbeda dengan rendang yang berasal dari Padang, hidangan lezat ini menggunakan anggur merah atau wine sebagai salah satu bumbu yang digunakan untuk memasak. Beef bourguignon memiliki tekstur yang lembut dan lezat.

Baca Juga:  14 Makanan Khas Semarang Lengkap dengan Harganya

11. Cassoulet

cassoulet

Makanan khas Perancis berikutnya adalah cassoulet. Makanan ini merupakan perpaduan antara sosis dan kacang putih yang kemudian dimasak menjadi satu. Sekilas makanan ini terlihat seperti sebuah sup namun memiliki kuah yang lebih kental.

Makanan ini juga akan membuat kamu cukup kenyang karena memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Cassoulet sering disajikan pada saat musim dingin di Perancis. Sama seperti yang lainnya, cassoulet ini juga sudah terkenal di dunia.

12. Couilles de Mouton

couilles de mouton merupakan makanan khas perancis dari testis domba

Jika kamu termasuk orang yang suka dengan makanan yang berbeda dan cukup ekstrim, makanan ini sangat cocok untuk kamu karena terbuat dari testis domba. Meskipun terbuat dari testis domba, namun makan ini telah diolah hingga memiliki cita rasa yang nikmat.

Makanan ini merupakan makanan khas Perigord. Cara mengolah makanan ini adalah dengan direndam selama tiga jam. Setelahnya makanan ini kemudian dipotong tipis serta dibakar dengan lemon, parsley dan juga wine putih.

13. Ris de Veau

ris de veau

Makanan selanjutnya yang tergolong unik adalah ris de veau. Ris de veau ini terkenal unik karena menggunakan bahan utama yaitu pankreas sapi muda yang kemudian diolah menjadi makanan nikmat.

Ris de veau ini diolah dengan cara dimasak dan ditumis dengan menggunakan tepung serta jamur. Makanan lezat ini juga terkenal karena memiliki cita rasa yang gurih dan creamy.

14. Pieds de Porc

pieds de porc

Bagi kamu yang suka dengan daging babi, maka hidangan ini sangatlah cocok untuk kamu. Pieds de porc terbuat dari kaki babi atau yang lebih sering dikenal dengan nama trotters.

Makanan ini termasuk makanan favorit di Perancis karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Untuk membuat makanan lezat ini juga tidaklah singkat, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat makanan lezat ini

15. Crepes

crepes - makanan khas perancis yang mudah dijumpai di indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan crepes. Crepes ini ternyata berasal dari Perancis. Hidangan ini sudah sangat mudah untuk ditemukan dan bahkan sudah sering menjadi makanan bagi orang-orang di Indonesia. 

Makanan ini terkenal akan kelembutan dan renyah ini sering disajikan dengan berbagai topping yang dapat menambah kelezatannya seperti saus coklat, strawberry, taburan gula dan masih banyak lagi sesuai dengan selera kamu.

16. Croissant

croissant

Sama seperti crepes, makanan khas Perancis ini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang di dunia termasuk di Indonesia. Croissant merupakan roti kering yang kini sangat mudah kamu temukan di berbagai toko roti yang ada di Indonesia.

Saat ini croissant telah memiliki berbagai macam variasi rasa yang dapat kamu nikmati dan makanan ini termasuk salah satu makanan terlezat dunia. Croissant ini juga sering menjadi makanan yang menemani saat waktu santai dan menjadi teman untuk menemani segelas kopi yang nikmati.

17. Baguette

baguette

Makanan khas Perancis lainnya yang terbuat dari roti dan sudah terkenal adalah baguette. Roti khas Perancis ini terkenal karena bentuknya yang unik dan beda dari roti pada umumnya.

Roti ini memiliki bentuk yang sangat panjang dengan tekstur yang lembut. Sama seperti croissant, roti ini juga sering menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati segelas kopi nikmati saat waktu bersantai.

Baca Juga:  8 Makanan Khas Bali Favorit Wisatawan Lokal dan Internasional

18. Pai Au Chocolate

pai au chocolate

Dari namanya tentu kamu sudah bisa menebak bahwa makanan ini tentunya memiliki coklat didalamnya. Pai au chocolate merupakan makanan khas Perancis yang terkenal sebagai salah satu hidangan penutup atau dessert.

Makanan ini sekilas terlihat seperti croissant. Makanan ini terbuat dari roti yang kemudian digulung dan juga ditambahkan coklat pada bagian tengahnya. Pai au chocolate lebih sering disajikan dalam kondisi hangat dan cocok untuk waktu bersantai kamu.

19. Creme Brulee

creme brulee

Makanan khas Perancis yang terkenal sebagai hidangan penutup adalah creme brulee. Creme brulee merupakan makanan yang terbuat dari campuran susu, vanila dan buah-buahan dan bumbu pelengkap lainnya. Untuk memasakan creme brulee ini hanya perlu menggunakan oven saja.

Creme brulee juga termasuk salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi bahkan di Indonesia. Makanan lembut yang memiliki rasa manis dan segar ini bisa kamu temukan dengan mudah saat berada di beberapa restoran di Indonesia.

20. Tarte Tatin

tarte tatin - makanan khas perancis seperti tart buah

Makanan khas Perancis yang sering menjadi hidangan penutup lainnya adalah tarte tatin. Tarte tatin ini sering mendapat julukan sebagai tart buah khas Perancis. Makanan ini terbuat dari buah-buahan yang kemudian diolah menjadi kue tart.

Tarte tatin ini terbuat dari buah apel dan juga buah aprikot. Makanan ini terkenal karena memiliki cita rasanya yang manis dan lezat. Karena cita rasanya inilah makanan ini sering menjadi makanan bagi orang-orang di Perancis.

Mana Makanan Khas Perancis yang Ingin Kamu Coba?

Itulah beberapa makanan khas Perancis yang nikmat dan juga lezat. Beberapa makanan tersebut sudah terkenal ke seluruh dunia termasuk ke Indonesia. Makanan tersebut juga ada yang terbuat dari bahan-bahan makanan yang tidak biasa seperti anggur merah atau wine dan juga wine putih.

Selain bahan makanannya, beberapa makanan tersebut juga ada yang membutuhkan waktu yang tidaklah singkat untuk membuatnya bahkan ada yang sampai 36 jam. Waktu yang lama ini bertujuan agar bumbu-bumbu meresap sempurna ke dalam makanan tersebut.

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis makanan maupun minuman untuk mengembangkan bisnismu hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.