Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

5 min read

18 Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

Makanan khas Jepang memang saat ini banyak diminati oleh para milenial. Pada umumnya, makanan Jepang yang paling banyak orang Indonesia sukai adalah sushi dan ramen. 

Namun, sebenarnya masih banyak sekali jenis makanan Jepang yang tidak kalah nikmat. Kudapan yang berasal dari Jepang merupakan salah satu panganan mancanegara yang mudah kamu temukan, bahkan di Indonesia. 

Makanan yang berasal dari negara sakura ini memiliki jenis penyajian yang cukup beragam. Mulai dari penyajian makanan dari restoran cepat saji, kedai, hingga pedagang pinggiran. 

Makanan khas dari negara sakura ini memiliki ciri yang unik. Mulai dari teknik pengolahannya, hingga rasanya yang cocok untuk lidah orang Indonesia, sehingga banyak sekali peminat yang berasal dari Indonesia. 

18 Makanan Khas Jepang yang Terkenal di Indonesia

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba makanan Jepang, maka bisa memilih salah satu dari daftar makanan Jepang berikut ini. 

1. Udon

makanan udon

Makanan khas yang berasal dari negara Sakura ini adalah mie khas Jepang. Mie ini sering masyarakat sebagai mie udon. Udon merupakan salah satu jenis mie yang sangat terkenal dari Jepang. 

Mie udon ini terbuat dari tepung terigu, dan berbentuk cukup tebal namun agar lebar. Ternyata, selain tebal, mie udon ini juga ada yang tipis. 

Nah, mie udon dengan bentuk yang tipis ini adalah Hoso Udon. Hoso udon ini terbuat dari tepung terigu yang rendah protein. 

Tepung tersebut akan diuleni dengan air yang cukup dan sedikit garam. Setelah adonan kalis, potong mie sesuai dengan keinginan. 

Setelah dipotong-potong, maka udon bisa langsung direbus dan dimakan bersama dengan kuahnya. Kuah dari mie udon ini terbuat dari dashi dengan tambahan kecap asin. Kuah inilah yang masyarakat kenal dengan tsuyu. 

2. Dorayaki

kue dorayaki

Makanan khas Jepang selanjutnya adalah kue dorayaki. Dorayaki merupakan kue yang masuk dalam golongan kue tradisional Jepang. 

Makanan Jepang yang satu ini memiliki bentuk yang bulat dan tebal. Dorayaki terbuat dari dua lembar panekuk. Kedua bahan ini kemudian direkatkan dengan menggunakan selai kacang merah.  

Tekstur dari kue dorayaki ini pun sangat lembut dan lebih mirip dengan castella. Sebab, adonan dari kue dorayaki ini diberi madu. 

Dorayaki sendiri merupakan kue khas Jepang yang hampir sama dengan imagawayaki. Namun, kedua kue ini memiliki perbedaan yang terletak pada bentuk dan cara pemanggangannya. 

3. Takoyaki

takoyaki

Kue Takoyaki merupakan makanan khas dari Jepang yang berbentuk bola-bola kecil. Kue ini memiliki diameter sekitar 3 sampai 5 cm. 

Makanan khas dari Jepang ini terbuat dari adonan tepung terigu. Di dalam adonannya terdapat potongan daging gurita. Di Jepang, takoyaki ini pada umumnya banyak di jual di pinggiran jalan sebagai jajanan. 

Kue takoyaki ini bisa kamu makan dengan menggunakan tusuk gigi. Namun, berbeda hal dengan Tokyo yang menggunakan sumpit sekali pakai ketika menikmati kue takoyaki ini. 

Baca Juga:  Makanan Khas Tegal yang Harus Kamu Coba!

Makanan khas Jepang ini bisa kamu beri dengan campuran baking powder atau asinan jahe berwarna merah dalam pembuatannya. 

4. Soba

makanan soba khas jepang

Selain udon, ternyata masih ada lagi makanan Jepang yang menggunakan mie sebagai makanan khas dari negaranya. 

Untuk mie khas Jepang yang satu ini bernama soba. Soba merupakan salah satu mie khas Jepang yang terbuat dari gandum. 

Istilah soba sendiri memiliki arti mie telur yang berasal dari Tionghoa. Soba dimasak menjadi yakisoba atau yang sering disebut dengan ramen. 

Orang Jepang sendiri memiliki tradisi yang cukup unik dalam menikmati soba. Tradisi memakan soba Jepang hanya masyarakat lakukan pada malam pergantian tahun atau malam tahun baru. 

5. Okonomiyaki

okonomiyaki

Makanan khas Jepang selanjutnya adalah okonomiyaki. Okonomiyaki merupakan pangan khas Jepang yang terbuat dari tepung terigu. 

Tepung ini harus kamu campur dengan air yang berisi dengan sayuran, daging, dan ikan. Adonan tersebut lalu dipanggang diatas plat besi, kemudian diolesi dengan saus diatasnya. 

Ada 2 macam okonomiyaki yang perlu kamu ketahui. Pertama, okonomiyaki ala Kansai yang terbuat dari olahan tepung terigu. Aduk adonan tersebut hingga rata, lalu panggang. 

Kedua, okonomiyaki ala Hiroshima yang dibuat tanpa perlu diaduk. Tumpuk adonan tersebut dan langsung panggang adonan pada plat besi panggangan. 

6. Sashimi

sashimi

Sashimi merupakan ikan mentah atau makanan laut yang tersaji secara mentah. Makanan ini seringnya sudah tersaji dengan wasabi yang merupakan bumbu pedas khas Jepang dan kecap. 

Makanan khas Jepang ini juga akan tersaji dengan lengkap bersama irisan lobak. Tujuan dari penambahan irisan lobak ini adalah untuk menambah kegurihan ketika kamu menikmatinya. 

Perlu kamu ketahui, bahwa sashimi sangat berbeda dengan sushi. Sebab, sushi tidak selalu menggunakan ikan mentah dalam penyajiannya. 

Sementara untuk sashimi terbuat dari ikan mentah yang terbalut nasi. Ikan yang bisa kamu gunakan untuk membuat sashimi ini haruslah ikan yang masih segar. 

Hal ini bertujuan untuk meminimalkan resiko kamu terkontaminasi oleh bakteri yang ada dalam ikan serta untuk membuat rasanya tetap segar dan lezat. 

7. Yakitori

makanan khas jepang - yakitori

Makanan khas yang berasal dari Jepang selanjutnya adalah yakitori. Di Indonesia, yakitori hampir sama dengan istilah sate ayam dan sate kambing.

Yakitori ini merupakan sejenis sate yang terbuat dari bahan dasar ayam panggang yang sebelumnya sudah terbalur dengan garam. 

Dalam penyajiannya, makanan khas Jepang yang satu ini sering masyarakat Jepang tambahkan dengan saus, gula, jeruk nipis, dan kecap pada bagian atasnya. 

Sebenarnya, ada banyak sekali jenis yakitori. Namun, jenis yang paling umum adalah momo yang merupakan paha ayam, negima yang merupakan perpaduan antara ayam dan bawang, serta tsukune yang merupakan bakso ayam. 

8. Tempura

makanan jepang tempura

Tempura merupakan salah satu jajanan khas Jepang. Makanan Jepang ini terbuat dari makanan laut dan sayuran. Penyajiannya adalah digoreng terlebih dahulu dan dibumbui dengan saus, kecap, jahe, dan gula. 

Ukuran potongan dari tempura ini biasanya adalah kecil-kecil. Jajanan Jepang ini bisa kamu makan dalam sekali suapan saja. 

Baca Juga:  Deretan Kuliner Rumah Makan Khas Batak, Otentik!

Uniknya, meskipun tempura sudah kamu goreng, namun tempura ini tidak memiliki tekstur yang berminyak. Tempura biasanya akan tersaji dengan saus tentsuyu. 

Saus tentsuyu ini terbuat dari campuran kecap, jahe, lobak, dan rempah-rempah. 

9. Nasi Kari Jepang

nasi kari jepang

Selain mie, ternyata Jepang juga memiliki makanan khas Jepang berupa nasi. Kari ternyata tidak hanya dimiliki oleh Indonesia saja, melainkan Jepang juga memiliki nasi kari. 

Nah, nasi kari khas Jepang ini bernama nasi kari Jepang. Nasi kari ini merupakan salah satu makanan khas dari Jepang yang cukup populer dan mudah kamu temukan. 

Penyajian nasi kari ini sudah lengkap dengan irisan daging dan sayuran yang masih segar. Sayuran yang terdapat dalam makanan Jepang ini antara lain adalah bawang, wortel, ubi jalar, ayam, sapi, bahkan kadang bebek. 

Makanan khas yang berasal dari Jepang ini bisa kamu nikmati dengan cita rasa pedas atau tidak pedas. 

10. Donburi Rice Bowl

donburi rice bowl

Hidangan rice bowl ini memang hampir sama dengan ramen yang berasal dari Jepang. Donburi terbuat dari berbagai daging, ikan, dan sayuran. 

Semua kondimen tersebut akan disajikan diatas nasi kukus yang diletakkan di dalam mangkuk besar. Selain itu, makanan khas Jepang ini sering masyarakat Jepang sajikan dengan berbagai topping. 

Untuk topping dari donburi rice bowl antara lain adalah ayam rebus, telur, daun bawang, gyudon, serta bawang bombay. 

Donburi bisa kamu nikmati dengan tambahan kecap asin dan potongan tempura goreng. 

11. Shabu-Shabu

shabu hot plate

Shabu-shabu merupakan salah satu makanan khas dari Jepang. Makanan Jepang ini sebenarnya merupakan hidangan hot pot yang berasal dari Jepang. 

Makanan yang berasal dari Jepang ini menggunakan beragam jenis daging dan makanan laut dalam penyajiannya. Selain itu, ada juga tambahan sayuran, tahu, dan mie. 

Cara memasak shabu-shabu ini adalah dengan merendam bahan-bahan tersebut kedalam panci besar dengan kuah kaldu sebagai penyedapnya. 

Setelah hidangan matang, maka kamu pun sudah bisa menyantapnya dengan nasi hangat dan saus wijen untuk penambah rasa gurihnya. 

12. Tamagoyaki

tamagoyaki

Apakah kamu suka dengan hidangan telur? Jika ya, maka kamu bisa mencoba untuk mencicipi makanan khas Jepang bernama Tamagoyaki. 

Makanan yang satu ini sangat cocok bila kamu nikmat sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Makanan ala Jepang ini bentuknya memang menyerupai telur dadar dengan bentuk yang menggulung beberapa lapis. 

Terkadang, tamagoyaki ini disajikan dengan bumbu kecap atau gula yang dikucurkan diatasnya. 

13. Gyoza

makanan khas jepang - gyoza

Gyoza merupakan pangsit berbentuk bulat dengan isian yang terbuat dari campuran isian gurih cincang. Makanan dari Jepang yang satu ini memang sedang trend saat ini. 

Isian yang bisa kamu gunakan dalam gyoza ini biasanya adalah daging ayam cincang, kol, daun bawang, dan jamur. Pangsit gyoza ini biasanya dimasak dengan cara digoreng di satu sisinya. 

Setelah itu, kukus pangsit selama kurang lebih 2 sampai 3 menit. Tujuan dari pengukusan ini adalah agar sisa dari pangsit bisa lebih halus dan lembut, dan isiannya pun bisa tetap segar. 

14. Onigiri

makanan onigiri khas jepang

Makanan khas Jepang selanjutnya adalah onigiri. Makanan yang satu ini hampir mirip dengan sushi, namun yang membedakan adalah bentuk dan bumbunya saja. 

Baca Juga:  15 Makanan Khas Yogyakarta yang Terkenal dan Favorit

Onigiri ini terbuat dari campuran garam, merica, wijen panggang, rumput laut kering, dan sedikit gula. 

Nah, untuk bisa menambah cita rasa gurih, kamu bisa mengisi onigiri ini dengan daging tuna pedas atau daging ayam. 

15. Ramen

mie ramen

Ramen merupakan salah satu mie khas Jepang yang tersaji dengan beragam topping dan aneka kuah. Beberapa jenis kuah mie ramen yang cukup populer adalah kuah shoyu atau kecap asin. 

Selain itu, jenis kuah lain dari ramen adalah kuah miso yang sangat gurih dan sedikit kental, serta kuah curry yang kaya akan rempah. 

Tidak hanya kuah tradisional saja, kamu juga bisa menghidangkan ramen dengan kuah kekinian, misalnya saja dengan kuah creamy yang terbuat dari susu. 

16. Miso Soup

miso soup khas jepang

Miso soup merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari kaldu dashi dan miso yang membuat rasanya menjadi lebih gurih dan umami. 

Dalam penyajiannya, sup miso ini bisa kamu berikan potongan tahu sutra serta rumput laut wakame. Jika kamu mau, bisa menambahkan sayuran hijau, seperti bayam atau sawi untuk isian sup misonya. 

17. Chawan Mushi

chawan mushi

Chawan mushi merupakan hidangan yang terbuat dari telur kukus khas Jepang. Makanan ini dimasak dalam wadah yang terbuat dari tanah liat. Tekstur dari chawan mushi ini sangatlah lembut. 

Sementara itu, rasanya sendiri sangatlah gurih. Dalam penyajiannya, makanan dari Jepang ini sering ditambahkan dengan beragam jenis topping. 

Topping yang bisa kamu tambahkan antara lain seperti daun bawang, udang kukus, dan bonito flakes. 

18. Tonkatsu

makanan khas jepang - tonkatsu

Tonkatsu merupakan salah satu makanan khas Jepang yang terbuat dari daging babi. Daging babi ini akan dibaluri dengan tepung lalu digoreng. 

Karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah muslim, maka tonkatsu pun dibuat dengan menggunakan daging ayam atau daging sapi. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan ayam katsu. 

Baca Juga: Cara Membuat Katsu Ala Restoran dengan Mudah

Mana Makanan Khas Jepang yang Menarik Perhatianmu?

Nah, itulah beberapa makanan khas Jepang yang sangat terkenal di Indonesia. Ada banyak rumah makan ala jepang yang telah menyediakan makanan di atas. Penasaran dengan rasanya? 

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar makanan asia, franchise, hingga resep untuk membantu bisnis kulinermu hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.