Bisnis Soto Ayam: Modal, Keuntungan dan Tips Sukses Menjalankannya

4 min read

Bisnis Soto Ayam - Modal, Keuntungan, dan Tips Sukesnya (1)

Indonesia memiliki sangatlah kaya akan kuliner atau hidangannya. Banyak makanan yang khas dengan cita rasa yang sangat nikmat. Salah satu yang pastinya mudah orang-orang temui dan sangat favorit adalah kuliner soto ayam. 

Memiliki cita rasa yang khas, kuliner yang satu ini sangatlah masyarakat Indonesia gemari dan hampir di setiap daerah sangat mudah menemukan warung-warung yang menjualnya. Karena sudah menjadi makanan sejuta umat, banyak orang berpikir untuk membangun bisnis soto ayam.

Karena banyak yang pada akhirnya membangun usaha soto ini, berarti memang menguntungkan. Jadi, berapa keuntungan saat menjalankannya? Berapa modalnya? Bagaimana cara yang tepat untuk mulai membangun usaha soto ayam sebenarnya?

Jawaban dari semua pertanyaan di atas tentu akan ada penjelasannya di bawah ini. Tambahan juga tips untuk kamu yang memang ingin mencoba menjalankan bisnis kuliner yang satu ini.


 Peluang Bisnis Soto Ayam

Soto adalah sebuah kuliner khas Nusantara yang menjadi satu dari lima panganan nasional. Kementerian Pariwisata menjadikannya makanan nasional bersanding dengan beberapa yang lainnya seperti nasi goreng, sate, gado-gado serta kuliner khas padang yaitu rendang. Karena itulah peluang usaha soto, terutama soto ayam sangatlah besar dan pastinya bisa mendatangkan penghasilan yang menggiurkan.

Apalagi hampir masyarakat di Indonesia menyukai menu yang satu ini. Mulai dari kelas bawah hingga pejabat tinggi pastinya jatuh cinta dengan rasa dari soto ayam. Di Indonesia bahkan ada sejumlah makanan yang menjadikan soto ayam sebagai varian rasanya. Contohnya saja mie instan berbagai merk lokal. Kepopulerannya memang sangat besar dan bukan kaleng-kaleng lagi.

Soto menjadi hidangan yang cocok untuk santapan segal waktu dan kondisi. Para pecinta soto ayam, bisa memakannya saat pagi hari, siang hari, bahkan malam hari. Selain itu juga, pertemuan-pertemuan penting sering menjadikannya menu wajib yang ada untuk menjadi hidangannya. Pokoknya, jika kamu ingin membangun sebuah bisnis soto ayam, peluangnya sangat bagus dan menjanjikan.


Mempersiapkan Bisnis Soto Ayam Milikmu Sendiri

Peluangnya memang sangatlah besar dan menjanjikan. Kamu perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum nantinya benar-benar membangun bisnis kuliner yang satu ini. Beberapa yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut ini.

Baca Juga:  15 Tips Memilih Lokasi untuk Bisnis Kuliner yang Tepat

Modal Usaha

Paling awal yang perlu kamu lakukan adalah merinci modal yang perlu kamu punyai untuk membuat bisnis ini. Rincilah modal dengan akurat agar nantinya bisa mendapatkan jumlah keuntungan yang kamu harapkan.

Skill Membuat Soto

Setelah modal kamu punyai dan rinci, kamu perlu siapkan diri untuk memiliki skill dalam memasak soto. Jika memang belum memiliki keterampilan ini kamu bisa belajar atau bisa perhitungkan untuk menggunakan seorang chef khusus.

Meramu Resep Paling Enak

Ciptakanlah sebuah resep untuk bisnis soto ayam milikmu ini. Resep makanan yang mantap dan nikmat menjadi kunci dalam menarik pelanggan dan membuat mereka kembali lagi. Buat ciri khas dalam soto yang kamu akan jual nantinya.

Memikirkan Strategis Dalam Bisnis Soto Ayam

Satu hal lagi yang perlu kamu pikirkan dan persiapan adalah strategi bisnis. Misalnya memilih lokasi tempat, menentukan harga jual, promosi, dan SOP pelayanan.


Berapa Modal yang Kamu Butuhkan dan Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan?

Tentu saja, menjalankan sebuah usaha kamu perlu menghitung modal yang akan kamu keluarkan. Begitu juga kamu harus memperkirakan keuntungan yang akan keluar ketika menjalankan usaha soto ayam ini. Berikut inilah perhitungan keduanya yang bisa menjadi acuan kamu dalam memulai bisnis.

Perhitungan Modal

Modal atau investasi awal yang kamu butuhkan saat membangun sebuah bisnis soto ayam adalah sekitar 3 jutaan. Untuk gerobak adalah sekitar Rp 1.000.000, peralatan pendukung Rp 2.000.000, serta biaya untuk lain-lain sekitar Rp 100.000. Jumlahnya Rp 3.100.000 untuk investasi awalnya belum termasuk untuk biaya operasional. Belum ada perhitungan juga di sini akan menyewa kios atau membeli ruko sendiri.

Khusus biaya operasional akan yang kamu perlu siapkan adalah sejumlah estimasi sebulan, yaitu 26 hari karena ada satu hari warung tutup. Pertama adalah bahan perharinya kasaran adalah Rp 150.000 nanti kali 26 jadi Rp Rp 3.900.00. 

Bahan bakar gas Rp 20.000 kali 12 dalam waktu sebulan menjadi Rp 240.000. Bahan untuk minuman pendamping menyantap soto ayam selama 26 hari sama dengan Rp 200.000, serta biaya lain-lain totalnya Rp 100.000. Jumlah total biaya operasional adalah Rp 4.400.000 selama sebulan.

Buat kamu yang masih kekurangan modal usaha. Koinworks siap membantu memberikan pinjaman modal usaha agar bisnis soto ayam kalian dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Cara Daftar GoFood untuk Pemula dengan Mudah

Perhitungan Keuntungan

Untuk menghitung jumlah keuntungan dalam sebulan, kamu perlu menhitung jumlah pendapatan selama sebulan dahulu. Andaikan dalam sehari minimalnya kamu bisa menjual 30 porsi soto dengan harga Rp 10.000 dan kali 26 hari, maka pendapatan kotor dari bisnis soto ayam adalah Rp 7.800.000. Sama halnya 30 gelas minuman seharga Rp 3.000 kali 26 hasilnya Rp 2.340.000.

Jika kamu total pendapatan kotor perbulannya adalah Rp 10.140.000. Lalu, berapa keuntungannya?

Keuntungan bisa kamu dapat ketika melakukan pengurangan pendapatan kotor dengan biaya operasionalnya. Jadi, Rp 10.140.000 kurangi dengan Rp 4.440.000 dan hasilnya adalah keuntungan Rp 5.700.000 untuk satu bulan operasional warung soto ayam yang kamu miliki tersebut.


Tips Sukses Bisnis Soto Ayam

Kamu sudah tahu modal dan keuntungan yang perlu disiapkan serta penghasilan kasar yang bisa kamu dapatkan lewat bisnis ini. Jika kamu benar-benar tertarik menjalankan usaha yang satu ini, maka kamu bisa memperhatikan beberapa tips yang ada di bawah ini agar nantinya usaha yang kamu jalankan bisa sesuai dengan harapan yaitu lancar dan menghasilkan banyak keuntungan.

Memilih Lokasi Jualan yang Paling Baik

Bagaimana cara untuk mendapatkan hasil keuntungan yang maksimal? Setiap pengusaha pemula akan memikirkan jawaban dari pertanyaan ini. Salah satu faktor yang mempengaruhi penjualan soto adalah lokasi berjualannya. Tempat warung kamu berjualan haruslah strategis.

Warung akan lebih laris apabila kamu tempat di dekat pusat aktivitas orang. Misalnya di lokasi perkantoran, perkampusan, dan juga pusat-pusat perbelanjaan seperti pasar serta tempat lainnya. Menempatkan warung pada tempat tersebut membuat pelanggan mudah menjangkaunya. Usaha kamu juga bisa lebih mudah orang jumpai daripada berjualan di gang-gang.

Harganya Harus Bersaing

Tentu saja banyak pertimbangkan yang membuat seorang pelanggan memilih warung kamu sebagai tempatnya makan soto. Salah satunya adalah perihal harga soto. Jika ingin bisnis kamu berkembang, maka perlu sekali memberikan harga yang bersaing dengan para pesaing lainnya.

Para pelanggan cenderung akan memilih warung soto ayam yang memberikan harga yang lebih murah daripada warung yang lainnya meskipun hanya berbeda seribu rupiah sekalipun. Meskipun murah, haus tetap kamu pertahankan kualitas rasanya.

Kualitas Rasa Terbaik

Karena merupakan kuliner, produk yang kamu jual harus memiliki kualitas rasa yang enak. Harus bisa lebih baik dari pesaing lainnya. Karena itu, persiapan meracik bumbu sangatlah penting. Rasa itulah yang kamu tawarkan ke para pelanggan, maka dari itu soto yang nikmat tentunya akan laku dan ludes.

Baca Juga:  3 Cara Menentukan Harga Jual Makanan dan Minuman Agar Tetap Cuan

Tidak hanya memiliki rasa yang enak saja, tetapi kamu harus menjaga agar rasanya juga konsisten. Para pelanggan yang pernah ke warung milikmu pastinya mengharapkan kalau rasa yang mereka cicipi tidak berubah ketika datang kembali. Saat nantinya rasanya berubah, maka mereka bisa kecewa karena telah berharap mendapatkan rasa soto ayam yang sama enaknya dengan yang pertama kali mereka rasakan.

Memakai Strategi Pemasaran yang Jitu

Promosi menjadi hal yang sangat vital dalam sebuah bisnis soto ayam apalagi jika itu baru kamu rintis. Pasalnya tanpa adanya promosi pelanggan tidak akan mengenal hidangan yang kamu punya. Melakukan promosi dengan strategi yang jitu sudah menjadi hal yang wajib kamu serius. Seperti apa contohnya?

Misalnya, jika warung itu baru buka, maka berikan diskon untuk pembeli pertama yang datang ke warung kamu. Memberikan diskon semacam ini bisa menjadi pancingan terhadap para pelanggan yang tertarik mencicipi sotomu. 

Kamu juga bisa memberikan semacam merchandise jika telah membeli soto dalam jumlah tertentu di warung milikmu. Banyak cara lain yang bisa kamu lakukan.


Berminat Membuat Bisnis Warung Soto Ayam?

Di atas telah kamu baca bagaimana bisnis soto ayam ini. Pastinya kamu mulai memikirkan untuk membuatnya juga. Jangan tunggu nanti-nanti karena kamu bisa memulainya sekarang. Jika memang modalnya belum cukup, maka ajak kawan kamu untuk ikut bergabung!

Dapatkan berbagai informasi maupun tips seputar bisnis makanan, franchise, tips bisnis kuliner, franchise, dan lain lain hanya di fnbpreneur.id.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.