10 Makanan untuk Meningkatkan Imun Tubuh (Lengkap)

3 min read

makanan-untuk-meningkatkan-imun-tubuh

Ada berbagai cara untuk melindungi tubuh dari penyakit, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Tentu saja makanan yang dikonsumsi harus mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Rekomendasi Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh

Dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin, akan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga kuman penyebab penyakit bisa musnah. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk meningkatkan imun tubuh:

1. Buah Jeruk

buah jeruk untuk meningkatkan imun

Buah jeruk adalah salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menambah imun tubuh. Tidak perlu khawatir, kamu bisa mengkonsumsinya setiap hari. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat sebagai pelindung tubuh dari berbagai penyakit, contohnya seperti flu.

Selain itu, vitamin C dalam jeruk juga bisa meningkatkan produksi sel darah putih. Dimana kandungan ini dapat melawan virus dan bakteri yang ada di dalam tubuh manusia. Buah jeruk memiliki beragam jenis, sehingga kamu tidak akan bosan mengkonsumsinya.

Mulai dari jeruk keprok, jeruk mandarin, jeruk bali, jeruk medan, hingga jeruk sunkist. Jeruk-jeruk tersebut bisa kamu konsumsi secara langsung, tanpa melalui tahapan lainnya. 

Sementara itu, jeruk nipis dan jeruk lemon harus dicampur ke dalam minuman terlebih dahulu. Ini bertujuan agar rasa kecut tidak begitu terasa, sehingga kamu bisa mengkonsumsinya secara nyaman. Perempuan membutuhkan vitamin C sebanyak 75 mg dan laki-laki 90 mg setiap harinya.

2. Sayur Bayam

sayur bayam

Sayuran menjadi salah satu makanan sehat yang memiliki banyak nutrisi. Salah satunya adalah sayur bayam, dimana sayur ini mengandung vitamin E, vitamin C, karotenoid, dan flavonoid.

Bukan hanya itu saja, bayam juga mengandung magnesium yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan beta karoten dalam bayam juga dapat melawan infeksi yang terjadi akibat sistem imun tubuh yang bermasalah.

Baca Juga:  Jenis Melon dan Manfaatnya untuk Tubuh yang Patut Kamu Ketahui

Dengan berbagai kandungan nutrisi tersebut, membuat sayur bayam menjadi makanan yang tepat untuk memperkuat imun tubuh. Agar kamu mendapatkan manfaat terbaik, sebaiknya konsumsi sayur bayam dengan proses masak sebentar atau bahkan dalam keadaan mentah.

3. Buah Paprika

paprika

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh berikutnya adalah paprika. Sama seperti jeruk dan bayam, paprika juga mengandung vitamin C. Bahkan, vitamin C dalam paprika tiga kali lebih banyak dari jeruk. Selain itu, buah paprika juga mengandung beta karoten.

Selain dapat memperkuat sistem kekebalan pada tubuh, vitamin C juga mampu menjaga kulit tetap sehat. Sementara beta karoten dapat berubah menjadi vitamin A di tubuh, jadi kesehatan mata dan kulit akan selalu terjaga. Bayangkan, kedua kandungan tersebut kolaborasi dalam paprika, sangat sehat bukan?

4. Buah Elderberry

makanan untuk meningkatkan imun tubuh

Pernahkah kamu mendengar atau mencicipi buah Elderberry? Buah ini adalah buah dengan antioksidan yang dipercaya dapat menurunkan kadar peradangan tubuh manusia. Menurut penelitian, Elderberry dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi virus flu. Akan tetapi, masih banyak dibutuhkan penelitian untuk memastikan. 

Buah ini termasuk buah yang dapat menambah imun tubuh, karena kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan di dalamnya. Dengan perpaduan tersebut, daya tahan tubuh akan semakin kuat, sehingga kamu dapat tercegah dari virus.

5. Sayur Brokoli

broccoli

Brokoli adalah sayuran sehat dengan kandungan vitamin dan mineral yang banyak. Sayur ini mengandung vitamin A, C, E, dan antioksidan yang bermanfaat untuk daya tahan tubuh.

Selain itu, brokoli juga dapat digunakan sebagai detoksifikasi radikal bebas, mampu menurunkan resiko diabetes, dan meningkatkan imunitas tubuh menjadi lebih baik. Lantas, bagaimana cara untuk mengolahnya? Kamu dapat mengolahnya sendiri dengan pertimbangan nutrisi yang tepat. Caranya, cukup dengan dikukus saja.

6. Telur

telur untuk meningkatkan imun tubuh

Telur adalah salah satu makanan untuk meningkatkan imun tubuh dan terbukti efektif. Makanan ini memiliki kandungan vitamin B12, vitamin A, dan selenium, dimana ketiga kandungan ini adalah nutrisi penting untuk membuat sistem imun yang sehat.

Baca Juga:  10 Ide Promo Ramadan untuk Bisnis Kuliner yang Cocok dengan Usahamu

Selain itu, kuning telur berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu tubuh agar tidak mudah terkena serangan penyakit. Hal ini karena kuning telur memiliki kandungan vitamin D. Jadi, mengkonsumsi telur dapat membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatur pola hidup lebih sehat.

7. Cokelat Hitam

cokelat hitam

Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan theobromine. Kandungan ini berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan ini juga dapat melindungi sel-sel tubuh dari serangan penyakit dan radikal bebas.

Radikal bebas merupakan produksi molekul dalam tubuh yang bersentuhan dengan polutan, sehingga dapat memecahkan nutrisi makanan. Radikal bebas juga dapat merusak tubuh dan mendatangkan penyakit. 

Terlepas dari berbagai manfaatnya, coklat hitam memiliki kalori dan lemak jenuh yang tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit.

8. Kacang Almond

kacang almond

Kacang almond menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki banyak nutrisi. Mulai dari vitamin C, vitamin E, serat, mangan, dan magnesium. Sehingga, tidak heran jika kacang almond efektif untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sumber vitamin E milik kacang almond terbilang bagus untuk menjaga sistem imun tubuh. Akan tetapi, kamu harus mengkonsumsinya minimal 30 gram per hari atau setara dengan 30 butir kacang almond. Ini bertujuan agar kamu dapat memperoleh manfaatnya lebih tepat.

Semua nutrisi dalam kacang almond penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Agar manfaatnya bisa kamu dapatkan secara optimal, konsumsi kacang almond sekitar seperempat cangkir atau setara genggaman kecil.

9. Yogurt

makanan untuk menjaga kesehatan imun tubuh - yogurt

Makanan untuk meningkatkan imun tubuh yang selanjutnya adalah yogurt. Yogurt merupakan makanan hasil fermentasi susu dengan ciri khas rasa yang sedikit asam. Makanan ini memiliki kandungan vitamin D tinggi, sehingga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Baca Juga:  11 Ide Desain Cafe Minimalis yang Unik dan Instagramable

Kamu bisa mengkonsumsi yogurt dalam bentuk frozen maupun minuman. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan buah-buahan sebagai pelengkapnya. Dengan demikian, kandungan gizinya akan semakin banyak. Sehingga, imunitas tubuh juga akan semakin kuat.

Ada berbagai jenis buah yang bisa kamu campurkan ke dalam yogurt, misalnya seperti mangga, leci, kiwi, strawberry, jeruk, pisang, dan lain sebagainya. Sebaiknya, pilihlah yogurt plain, hal ini karena kandungan gula yang lebih rendah. Jadi, sangat bagus untuk kesehatan tubuhmu.

10. Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih tidak hanya berfungsi sebagai bahan masakan, namun juga bermanfaat untuk menambah imunitas tubuh. Makanan ini terkenal dengan kandungan antioksidan yang bagus untuk sistem imun tubuh. Selain itu, makanan ini juga berfungsi untuk menurunkan flu.

Ini terbukti dari beberapa jurnal penelitian yang menganggap bawang putih dapat meningkatkan imun tubuh. Jika kamu mengkonsumsinya setiap hari secara rutin, maka penyakit rutin akan lebih cepat sembuh.

Bahkan, bawang putih dipercaya mampu melawan dan membunuh bakteri serta virus jahat pada tubuh. Dengan demikian, imun tubuh akan jauh lebih kuat, karena berkurangnya bakteri dalam tubuh kita.

Tingkatkan Imun Tubuh dengan Mengkonsumsi Makanan Bernutrisi!

Itulah 10 rekomendasi makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Berbagai nutrisi di dalamnya akan membantu kamu dalam mengatur pola hidup sehat. Tentu saja, banyak manfaat yang akan kamu dapatkan saat mengkonsumsinya. Jadi, segera konsumsi untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat!

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.