Peluang Bisnis Juice Buah Segar dan Tips Suksesnya!

5 min read

peluang bisnis juice buah sefgar

Bisnis minuman menjadi bisnis yang paling populer bahkan hingga saat ini. Saat ini terdapat banyak orang yang membuka usaha berjualan minuman salah satunya adalah bisnis juice buah segar. Bisnis yang satu ini merupakan bisnis dengan peluang tinggi karena termasuk ke dalam jenis minuman dengan bahan alami.

Nah, sebelum membahas peluangnya, alangkah baiknya apabila kamu memahami terlebih dahulu seperti apa juice buah ini. Untuk itu, simak pembahasan berikut ini!


Mengenal Juice Buah

Apabila melihat dari kata yang digunakan, juice merupakan cairan yang terkandung di dalam jaringan buah-buahan maupun sayur-sayuran secara alami. Juice sendiri juga bisa kamu sebut dengan istilah sari buah karena memang merupakan sari atau inti dari buah-buahan itu.

Untuk cara membuatnya sendiri, biasanya kamu hanya perlu memasukkan daging dari buah segar yang ingin kamu buat sebagai jus ke dalam mesin blender. Agar tidak terlalu kental, kamu bisa menambahkan sedikit air pada wadah blender yang kamu gunakan. 

Setelah itu, kamu hanya perlu menyalakan blender dan menunggu hingga buah itu hancur dan berubah menjadi cairan juice.

Misalnya adalah proses pembuatan jus jeruk. Kamu hanya perlu mengupas kulitnya dan memasukkan dagingnya ke dalam mesin blender yang kamu gunakan. Setelah itu nyalakan blender dan tunggu hingga daging jeruk menjadi hancur dan berubah menjadi cairan. 

Proses pembuatan yang sangat mudah dan cepat inilah yang membuat juice buah segar menjadi ide bisnis yang menarik untuk kamu coba. Pelanggan bisa mendapatkan minuman sehat dan penuh vitamin dengan harga yang relatif murah.


Modal yang Dibutuhkan

Untuk memulai sebuah usaha bisnis juice buah segar, tentunya kamu juga harus mempertimbangkan modal awalnya. Hal ini tentunya berkaitan dengan budget yang harus kamu persiapkan sebelum membuka usaha di bidang yang satu ini.

Sebenarnya, modal yang harus kamu siapkan untuk memulai bisnis minuman semacam ini tidaklah banyak. Kamu hanya perlu menyiapkan modal sekitar 7 juta rupiah saja untuk membeli peralatan dan juga untuk modal biaya operasionalnya. 

Dengan dana sebesar itu, kamu sudah bisa mendapatkan peralatan seperti blender, freezer es, gerobak, dan biaya lain-lain. Selain peralatan itu, biaya tersebut juga sudah mengcover seluruh biaya operasional seperti bahan utama yaitu buah-buahan, sedotan, gelas plastik, bahan tambahan, listrik, air, serta biaya untuk membayar pegawai yang bekerja.

Baca Juga:  25 Jenis Minuman Khas Eropa yang Bisa Kamu Coba

Potensi Keuntungan dari Bisnis Juice Buah Segar

Sebelumnya kamu sudah mengetahui seperti apa modal yang harus kamu keluarkan untuk mendirikan usaha yang satu ini. Nah, dengan modal itu, sebenarnya seberapa besar potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan?

Apabila diasumsikan setiap harinya kamu bisa menjual sebanyak 46 gelas/porsi jus buah dengan harga jual 6 ribu rupiah, maka kamu akan mendapatkan pendapatan kotor sebesar : 46 x Rp. 6.000 = Rp276.000 setiap hari. Jika penjualan terus stabil dalam satu bulan, maka kamu akan mendapatkan pendapatan kotor sekitar : 30 hari x Rp276.000 = Rp8.280.000 tiap bulan.

Dari perhitungan tersebut, kamu dapat mengetahui bahwa pendapatan kotor setiap bulannya dari bisnis ini adalah sekitar Rp. 8.280.000. Kemudian untuk mengetahui pendapatan bersihnya, kamu bisa mengurangkan pendapatan kotor dengan biaya operasional yaitu sekitar Rp2.010.000 sehingga kamu akan mendapatkan pendapatan bersih : Rp8.280.000 – Rp2.010.000 = Rp6.270.000 setiap bulan. 

Melihat jumlah itu, tentunya kamu sudah menyadari bahwa potensi keuntungan dari bisnis juice buah ini sangatlah besar. Untuk itu, kamu tidak perlu ragu saat ingin menjalankan bisnis yang satu ini!


Hal yang Perlu Disiapkan

Setelah kamu memahami modal dan juga potensi keuntungannya, sekarang saatnya kamu mengetahui hal apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum memulai bisnis juice buah segar ini. Siapkanlah beberapa hal berikut ini agar bisnismu bisa berjalan dengan baik nantinya!

1. Pemasok Buah-Buahan

Hal yang harus kamu siapkan pertama kali adalah pemasok buah-buahan. Dalam menjalankan bisnis juice buah segar, kamu tidak bisa asal-asalan dalam membeli buah. Kamu harus menemukan pemasok buah-buahan dengan kualitas bagus dan harga yang lebih murah.

Ini menjadi hal paling penting karena buah-buahan sendiri merupakan bahan utama yang kamu gunakan dalam bisnis jus ini. Jika kamu bisa mendapatkan buah dengan harga murah dan kualitas bagus, kamu akan mendapatkan banyak pelanggan sehingga keuntunganmu juga akan terus meningkat.

Dalam hal ini, penting untuk kamu dalam melakukan negosiasi terlebih dahulu dengan pemasok yang akan memasok buah dalam jumlah besar ke tempatmu. Pastikan kamu sudah menawar harga lebih murah agar kamu bisa mendapatkan buah dengan harga paling rendah. 

Kamu bisa menawar harga dengan menyebutkan bahwa kamu akan bekerja sama dalam jangka waktu yang lama dengan pemasok buah itu.

2. Membuat Brand Bisnis Juice Buah

Brand merupakan nama atau merk yang akan kamu jual kepada pelanggan nantinya. Saat melihat brand yang menarik dan sesuai dengan tema minuman jus buah, maka brand tersebut akan lebih ramai karena orang-orang bisa lebih mudah memahami maksud dari logo brand tersebut. 

Baca Juga:  Inovasi Bisnis Makanan dan Minuman yang Perlu Dilakukan

Selain itu, brand ini juga akan mempengaruhi bagaimana konsep bisnis yang kamu jalankan nantinya. Dengan menentukan brand, kamu bisa melakukan desain untuk logo usaha, kemasan dari jus, warna dominan, dan lain sebagainya. 

Dengan membuat brand yang tepat, kamu bisa dengan mudah mendapatkan pelanggan karena bisnismu sendiri terlihat lebih profesional.

Jangan memilih brand secara asal-asalan! Penting untuk melakukan berbagai pertimbangan sebelum menentukan sebuah brand. Kamu bisa melakukan sebuah riset sebelumnya dalam menentukan brand ini. 

Hal ini karena brand sendiri tidak bisa kamu ubah sesukamu sendiri karena bisa membuat pelanggan menjadi kebingungan nantinya.

3. Siapkan Beberapa Varian Menu

Lalu, kamu juga harus mempersiapkan varian menu apa saja yang akan kamu sediakan nantinya. Dalam hal ini, pastikan kamu sudah membahasnya dengan pemasok yang sudah kamu pilih sebelumnya. 

Konfirmasikan terkait buah apa yang kamu perlukan nantinya. Dengan begitu, pemasok akan mengetahui buah apa yang harus mereka bawa untuk memasok kebutuhan bisnis milik mu ini.

Semakin banyak pilihan menu buah yang kamu sediakan, maka akan semakin bagus juga bisnis milik kamu ini. Orang-orang tidak akan mudah merasa bosan karena rasa buah yang itu-itu saja. U

ntuk itu, siapkan menu sebanyak mungkin untuk berjualan minuman jus buah ini tentunya dengan tetap memperhatikan pasokan dari pemasok buah.

4. Mempersiapkan Peralatan dan Perlengkapan

Kemudian kamu juga perlu mempersiapkan peralatan dan juga perlengkapan dalam memulai bisnis juice buah. Peralatan yang bisa kamu persiapkan mulai dari blender, pisau, talenan, dan lain sebagainya. 

Kemudian kamu juga membutuhkan alat pengemas minuman agar minuman jus yang kamu jual bisa memiliki tampilan yang lebih menarik daripada minuman lainnya.

Tidak cukup hanya itu saja. Kamu juga harus menyiapkan beberapa perlengkapan tambahan seperti wadah untuk menyajikan minuman tersebut. Pilihlah wadah yang bisa dengan mudah pelanggan bawa kesana kemari dan bisa pelanggan minum kapanpun di manapun. 

Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas dengan penyajian minuman jus buah pada bisnis milik kamu ini.


Tips Sukses Bisnis Juice Buah Segar

Setelah mengetahui apa saja yang harus kamu persiapkan dalam bisnis yang satu ini, selanjutnya kamu perlu memperhatikan beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis di bidang minuman ini. Perhatikan selengkapnya!

1. Memperhatikan Lokasi Bisnis

Untuk bisa menjalankan bisnis juice buah segar dengan sukses, kamu harus memperhatikan lokasi bisnis. Lokasi menjadi hal yang sangat besar pengaruhnya terhadap jumlah pelanggan dari bisnis milik kamu. Semakin strategis lokasi yang kamu pilih, maka akan semakin ramai juga pembeli yang mendatangi tempatmu.

Baca Juga:  5 Minuman Khas Maluku yang Wajib Dicoba

Tempat strategis yang bisa kamu pilih misalnya adalah lokasi di pinggir jalan raya. Ini merupakan lokasi paling strategis yang biasanya akan sangat menguntungkan apalagi jika produk yang kamu jual memiliki rasa dan kualitas yang baik. 

Dengan berada di pinggir jalan, orang-orang akan mengetahui bahwa terdapat penjual minuman jus di situ. Nah, kondisi semacam inilah yang membuat lokasi pinggir jalan menjadi lokasi terbaik untuk berjualan. Sayangnya, itu juga membuat lahan di lokasi tersebut memiliki harga yang tidak murah.

2. Menentukan Target Pasar Mu

Selain lokasi, target pasar juga menjadi hal yang harus kamu tentukan agar bisa menjalankan bisnis juice buah segar dengan sukses. Pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu siapa saja yang ingin kamu buat tertarik dengan bisnis milik kamu ini. 

Apakah anak kecil, orang tua, remaja, atau bahkan lansia. Tentukan dulu target mana yang kamu inginkan. Setelah itu, barulah kamu bisa menyusun perencanaan untuk mencapai target tersebut.

Tips yang satu ini terbukti ampuh dalam membuat sukses semua usaha di bidang apapun. Dengan menentukan target pasar, sebuah bisnis bisa memiliki arah dan tujuan dalam berkembang. 

Tanpa arah dan tujuan yang pasti, sebuah bisnis hanya akan mengalami stuck saat mereka mengalami perkembangan karena tidak bisa memaksimalkan potensinya itu.

3. Melakukan Promosi Menarik

Sebuah bisnis juice buah segar bisa dikatakan sukses apabila memiliki banyak pembeli. Banyak pembeli bisa kamu dapatkan tentunya dengan memperkenalkan produk atau bisnis milik kamu ini kepada orang-orang. Nah, inilah yang membuat kegiatan promosi menjadi tips sukses dalam menjalankan bisnis ini yang berikutnya.

Pilihlah metode promosi yang menurutmu paling menarik. Gunakan kata kata dan juga gambar serta pewarnaan yang identik dengan bisnis milik kamu sehingga orang-orang bisa dengan mudah mengenali dan menghafalnya. 

Kamu bisa menggunakan pamflet, banner, atau bahkan iklan online untuk melakukan kegiatan promosi ini. Bahkan, kamu bisa melakukan promosi secara gratis dengan memanfaatkan story yang ada pada akun sosial media milik kamu. Mulai saja dulu mempromosikan bisnis pada orang di sekitarmu. 

Jika mereka puas dengan produk mu, pasti mereka akan secara otomatis merekomendasikan bisnismu kepada orang lain sehingga ini akan menjadi kegiatan promosi berantai yang bisa kamu dapatkan secara gratis.


Bisnis Juice Buah Sangat Menguntungkan, Bukan?

Untuk itu, segeralah kembangkan bisnis jus buah milik kamu sendiri untuk mendapatkan keuntungan yang besar setiap bulannya, good job!

Temukan berbagai tips menarik dan inspirasi ide bisnis minuman sehat lainnya hanya di fnbprenereur.id