Olahan Telur Asin Kekinian, Cocok untuk Menu Rice Bowl dan Camilan!

4 min read

olahan telur asin

Beberapa tahun terakhir, rice bowl dan salted egg menjadi sangat populer di Indonesia.

Selain praktis, perpaduan nasi putih hangat dengan beberapa jenis olahan telur asin (salted egg) menjadi menu kombo maksimal yang membuat lidah tidak bisa menolak. 

Melansir dari laman cuisinesia, menu rice bowl terpopuler top 3 dari 36 franchise adalah sambel bawang, sambal matah, dan salted egg.

Alasan yang membuat nama salted egg melambung tinggi dikarenakan rasanya yang memang cocok diolah dengan apa saja. 

Olahan Telur Asin untuk Menu Rice Bowl

Cara mengeluarkan aroma yang khas dari telur asin tidak bisa dengan cara sembarangan. Rahasianya terletak di penambahan daun kari atau salam koja.

Karena, wangi daun kari dapat menyamarkan bau amis yang menyengat pada telur asin. Jadi, tambahkan daun kari untuk mendapatkan aroma gurih dari telur asin.

Nah, buat kamu yang tertarik membuat olahan telur asin untuk rice bowl, baik untuk santapan sendiri maupun ide bisnis, ini dia beberapa ide olahan terenak dan terpopulernya. Simak sampai akhir, ya!

1. Salted Egg Chicken

Saus telur asin mulanya populer di Singapura. Kemudian, muncullah tren Salted Egg Chicken Rice Box yang diprakarsai oleh Eatlah. Setelah itu, menu ini meledak dan menginspirasi banyak pengusaha untuk menciptakan menu-menu salted egg dengan variasi lainnya.

Olahan telur asin kekinian yang disiramkan di atas nasi putih hangat bertoping fillet ayam tepung crispy sepertinya memang pas menjadi idola banyak kalangan. Kamu akan merasakan rasa khas dari kombinasi saus yang creamy dan potongan daun kari yang wangi. 

Jika kamu masih menginginkan topping pelengkap, tambahkan telur mata sapi setengah matang di samping ayam. Taburkan irisan cabai merah di atas saus salted egg untuk kamu yang pecinta pedas. Karena menu ini sangat populer, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai variasi resepnya di internet. 

2. Salted Egg Dory

Olahan telur asin yang paling diminati setelah salted egg chicken, yaitu salted egg dory. Selain protein dari ayam, protein ikan juga cocok dipadukan dengan saus legendaris ini. Apalagi kini ikan dori sangat melimpah, sehingga kamu mudah mendapatkannya di mana saja.

Baca Juga:  Resep dan Cara Membuat Wedang Ronde untuk Jualan

Cara memasaknya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menggoreng ikan dori dengan balutan paduan tepung terigu, tepung maizena, dan baking powder. Setelah itu, buat sausnya dengan mencampurkan susu dan kuning telur asin. 

Lelehkan margarin dan tumis bawang putih, daun kari, merica, garam, serta cabai bubuk. Masukkan campuran susu dan kuning telur asin lalu tunggu hingga meletup kecil. Terakhir, aduk merata dori crispy di api kecil. Sajikan selagi panas bersama nasi hangat dan taburan potongan cabai merah. Simpel, kan?

3. Salted Egg Prawn

Kamu jangan sampai melewatkan menu yang satu ini. Hidangan yang menyajikan udang goreng renyah yang diselimuti saus telur asin yang creamy pastinya memanjakan lidahmu hingga lahapan terakhir. 

Haruskah kulit udangnya dibuang? Ada beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya menyertakan kulit udangnya. Pertama, kulit udang bisa mengunci kelembutan daging yang ada di dalamnya, sehingga daging udang tidak akan kering sepenuhnya ketika digoreng.

Kedua, kerenyahan ekstra bisa kamu dapatkan pada setiap gigitanmu. Alasan ini yang membuat kulit udang menjadi lebih menarik. Namun, kamu juga bisa membuangnya kalau tidak suka. 

Walau tanpa kulit, udang tetap bisa crispy setelah digoreng. Sajikan ketika masih panas dengan irisan lemon atau mayones pedas, ya!

4. Salted Egg Calamari

Hidangan fusion Mediterania-Asia yang memadukan cumi yang segar dan juicy dengan olahan saus telur asin yang pedas. Kamu hanya butuh waktu 40 menit dan 3 steps saja untuk membuat salted egg calamari. Simak tahapan berikut ini:

  • Aduk merata cumi, tepung beras, penyedap rasa, dan marinasi selama 15 menit.
  • Lumuri cumi dengan adonan (air, minyak, tepung serbaguna, tepung maizena), lalu goreng kurang lebih 20 menit.
  • 5 menit terakhir. Lelehkan margarin, masukkan daun kari, gula, dan kuning telur asin. Masukkan cumi yang sudah digoreng dan aduk rata. Kemudian, sajikan selagi panas.

5. Salted Egg Crab

Rasanya tidak ada yang bisa mengalahkan hidangan kepiting saus telur asin dalam menu seafood. Oleh karena itu, perpaduan kepiting dan telur asin adalah cara terbaik untuk menghadirkan cita rasa unik dan klasik yang patut kamu coba di rumah.

Kamu bisa mencoba kreasikan resep khas masakan Singapura dari Women’s Weekly. Semua step-by-step nya dijelaskan dengan gamblang. Jadi kamu bisa sangat mudah mempraktikkannya dan rasanya pasti menggugah selera kamu. 

Baca Juga:  Aneka Resep Olahan Udang yang Praktis dan Lezat

6. Salted Egg Silken Tofu

Hidangan ini menampilkan tahu putih atau tahu sutra yang digoreng hingga garing di bagian luar, lalu saus kuning telur asin yang kental melapisi seluruh permukaannya. Salted egg tofu sangat cocok sebagai menu pembuka atau menjadi pendamping nasi untuk rice bowl kamu. 

Kamu jangan khawatir, pembuatan hidangan olahan telur asin ini tidak sulit kok. Kamu hanya perlu menyiapkan tahu putih/tahu sutra dan kuning telur asin saja untuk bahan utamanya. 

Biasanya, tahu sutra memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah hancur. Kamu memerlukan adonan tepung untuk melapisi bagian luarnya sebelum digoreng.

Campurkan tepung kentang, tepung serbaguna, dan sedikit baking powder untuk membuat adonan luarnya. Adonan ini yang akan membuat tahu menjadi renyah dan menghasilkan warna keemasan yang bagus. Sebagai catatan, jangan menggunakan tepung kanji karena warnanya akan pucat dan tidak garing sempurna.

7. Salted Egg Fried Rice

Resep menu dari Delightful Plate ini bisa kamu sajikan dengan cepat dan mudah, namun tetap memberikan cita rasa yang kaya akan rempah dan gurih yang khas. Disamping itu, kamu hanya memerlukan dua bahan utama saja, yaitu nasi dan telur asin, selebihnya hanya bumbu nasi goreng seperti yang biasa kamu masak. 

Meskipun pembuatannya mudah, kamu perlu memerhatikan beberapa catatan, seperti memastikan panas wajannya merata dan aduk dengan cepat agar kuning telur asinnya merata. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan nasi goreng berwarna keemasan dengan tekstur yang kenyal dan lembut.

8. Salted Egg Noodle

Kreasi olahan telur asin kekinian yang cocok untuk rice bowl atau paper box lainnya adalah  mie goreng telur asin. Tak melulu pakai nasi, banyak penjual yang menjajakan mie goreng ke dalam wadah kecil atau paper box agar praktis. Di samping itu, rasa salted egg yang gurih akan membuatmu semakin ketagihan mi.

Rekomendasi Olahan Telur Asin untuk Camilan

Setelah beberapa olahan salted egg sebagai lauk rice bowl, kini giliran olahan untuk camilan yang bisa kamu santap saat nongkrong atau nonton film di rumah.

1. Salted Egg Fries

Saat nongkrong di kafe, tiba-tiba perut kamu terasa sedikit lapar tapi tidak mau makanan yang terlalu berat. Nah, pilihan kamu pasti jatuh pada french fries atau kentang goreng. 

Mengikuti arus popularitas salted egg, banyak pebisnis menambahkan varian ini ke dalam menu mereka. Sehingga, kamu bisa menikmati kentang goreng yang garing di luar dan lembut di dalam dengan saus telur asin sebagai cocolan atau balutan luarnya.

Baca Juga:  Inspirasi Resep Ikan Dori Sehat untuk Menu Kateringmu

2. Salted Egg Chips

Mulanya chips atau keripik terbuat dari bahan kentang saja. Lama kelamaan banyak variasi muncul dan terus berkembang sampai saat ini. Sajian camilan yang satu ini juga terkena imbas dari populernya saus telur asin. Contohnya, seperti keripik kentang merah, keripik kale, sampai keripik pare sekalipun. 

3. Salted Egg Rissole

Pernah mencoba risoles dengan isian saus telur asin belum? Rasanya unik tapi familiar akan membuatmu terkejut saat gigitan pertama. Penasaran dengan rasanya? Coba saja resepnya.

Menu Olahan Telur Asin Mana yang akan Kamu Coba?

Demikian, olahan salted egg kekinian yang cocok untuk lauk rice bowl atau camilan di waktu senggang. Kamu bisa menggunakan olahan di atas sebagai ide menu bekal, menu makan di rumah, atau menjadi variasi menu bisnismu. 

Kalau masih ragu dengan rasanya, kamu bisa mencoba membuat menu-menu di atas lalu cari tahu apakah rasanya cocok di lidah kamu atau tidak. Kamu juga bisa mengkreasikan olahan salted egg tersebut sesuai kreativitas masing-masing. 

Jika suka dengan rasanya, jangan lupa ajak keluarga atau teman untuk mencicipi resep buatanmu. Kalau tertarik, kamu juga bisa menjadikan resep olahan telur asin kekinian tersebut untuk ide bisnis kuliner baru.

Yuk, coba segera menu-menu populer di atas!


Temukan inspirasi seputar resep makanan, resep minuman dan lain-lain hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.