Resep Ayam Bakar Taliwang Sedap, Cocok untuk Usaha!

3 min read

ayam bakar taliwang

Indonesia memiliki berbagai olahan makanan yang enak. Salah satu menu khas Nusa Tenggara Barat yang saat ini tengah viral adalah ayam taliwang. Umumnya, sajian ini akan dihidangkan dengan plecing kangkung. Jika kamu tertarik untuk mencobanya tapi ingin berkreasi sendiri, ikuti resep ayam bakar taliwang di sini.

Resep ini akan membantu kamu memasak olahan daging ayam yang sedap. Di samping itu, kamu juga dapat menambahkan berbagai sayuran untuk menambahkan kenikmatan. Menariknya lagi, jika sudah ahli dalam membuat masakan ini kamu dapat menjualnya, lho. Ilmu dapat uang pun tak kurang.

Nah, berikut ini cara membuat ayam bakar taliwang yang dapat kamu pelajari. Selain itu, ada penjelasan singkat pula tentang bagaimana tips memilih daging ayam yang bagus untuk kamu olah menjadi masakan. Silakan baca penjelasannya sampai akhir agar memahami informasinya.

Tips Memilih Daging untuk Resep Ayam Bakar Taliwang

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat ayam bakar taliwang, ada baiknya apabila kamu mengetahui dulu tentang cara memilih ayam yang berkualitas. 

Pasalnya, kualitas ayam akan memengaruhi cita rasa masakan yang kamu buat. Apabila ayam yang kamu beli sudah tidak dalam kondisi baik, maka bisa dipastikan rasanya juga kurang mantap.

1. Perhatikan Tekstur Daging

Tekstur daging ayam yang baik memiliki ciri-ciri elastis dan tidak terlalu keras. Sebaliknya, apabila teksturnya lembek ataupun sangat, keras bisa jadi kualitasnya tidak bagus untuk digunakan sebagai bahan resep ayam bakar taliwang

Namun untuk memastikannya, kamu harus menekan dan menguji langsung teksturnya menggunakan tangan.

Ayam segar cenderung akan langsung kembali ke bentuk semula saat kamu sudah selesai memegangnya. Sedangkan ayam tiren kemungkinan besar memiliki tekstur daging yang lembek, berair, dan mudah hancur. Jadi berhati-hatilah saat hendak membelinya.

Baca Juga:   4 Macam Resep Saus Steak Kaya Rasa Ala Restoran

2. Lihat Warna Daging Ayam

Tips yang kedua, silakan kamu lihat warna daging ayam. Daging yang masih segar memiliki warna putih susu dan umumnya terdapat guratan berwarna merah muda di sekitar tubuhnya. 

Apabila kamu menemukan ayam yang warnanya terlihat putih kusam, maka sebaiknya tidak usah membeli. Sekalipun kamu menggunakan bumbu yang banyak untuk membuat ayam bakar taliwang, tetap tidak akan membuat rasanya jadi nikmat. Ayam yang memiliki kondisi tersebut sudah tidak segar dan akan segera membusuk. 

Selain itu, hindari juga membeli ayam yang warnanya putih mengkilap. Pasalnya, meskipun tampaknya segar, tetapi sangat memungkinkan apabila dagingnya tercampur dengan formalin. Tentunya akan sangat berbahaya untuk tubuh jika kamu memaksa untuk mengonsumsinya.

3. Perhatikan Apakah Ada Lalat di Sekitar Ayam atau Tidak

Lalat terkenal sebagai hewan yang kotor dan pengganggu. Ternyata, keberadaan lalat juga bisa menjadi sebuah pertanda atau indikator dalam menentukan kesegaran produk hewani. 

Lalat akan hinggap pada daging-daging yang masih segar. Apabila kamu melihat tak ada lalat di sekitar daging ayam, maka bisa dipastikan ada kandungan kimia.

Jadi kamu bisa memilih ayam yang dikerubungi lalat saja. Asalkan nanti saat hendak memasaknya, kamu cuci dulu dengan bersih agar tetap sehat dan higienis. 

Ingat rasa olahan atau masakan tidak hanya bergantung pada resep ayam bakar taliwang saja, tapi juga kondisi daging yang kamu beli.

4. Lihat Cairan yang Muncul pada Daging Ayam

Kebanyakan daging akan mengeluarkan lendir yang tidak terlalu pekat. Ketika kamu memilih ayam, lakukan sentuhan untuk mengetahui tekstur juga cairan yang keluar dari dalam daging tersebut. 

Apabila cairan yang keluar dari dalam daging seperti mengandung pasir atau tepung, sebaiknya jangan membelinya.

Cairan yang bertekstur tersebut merupakan sisa-saia bahan kimia yang tidak terbilas dengan bersih. Kebanyakan para penjual nakal akan memasukkan bahan kimia dengan cara merendam daging. Untuk itulah cairan sisa akan keluar apabila daging ayam kamu tekan.

Baca Juga:  Resep Nasi Kebuli Sederhana untuk Sajian Istimewa

5. Perhatikan Darah Ayam

Tips terakhir memilih daging untuk mencoba resep ayam bakar taliwang adalah dengan memperhatikan darah ayam. Pilihlah ayam yang tidak banyak mengeluarkan darah, dan untuk mengetahuinya, tekan daging menggunakan jari secara perlahan.

Daging yang mengeluarkan banyak darah menandakan bahwa saat penyembelihan hewan tersebut mengalami penanganan yang kasar. Tentu saja akibatnya bisa berbahaya untuk kesehatan konsumen karena adanya kontaminasi dari bakteri.

Selain itu, bisa jadi daging ayam tersebut juga telah mengalami beberapa kali pembekuan dan pencairan. Jadi, bisa kamu simpulkan bahwa daging ayam yang mereka jual tidak lagi segar karena sudah berada di tempat pendinginan dalam kurun waktu lama. 

Maka dari itu, lebih teliti lagi saat membeli ayam agar tidak tertipu, yang pada akhirnya malah dapat mengganggu kesehatan tubuh kamu.

Baca juga: Resep Ayam Betutu Kuah Pedas Khas Bali, Mudah dan Anti Ribet!

Resep Ayam Bakar Taliwang yang Cocok di Lidah Masyarakat

Sebenarnya, cara membuat ayam bakar taliwang itu bermacam-macam. Ada yang tidak pedas, dan ada pula yang pedas. Jadi, kamu bisa memilih sendiri ingin mencoba membuat olahan sesuai selera.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai langkah-langkah membuat ayam taliwang mudah dan lezat by Youtube Ceceromed Kitchen:

1. Bahan-Bahan untuk Resep Ayam Bakar Taliwang

bahan ayam bakar taliwang

Sebelum itu, siapkan dulu bahan-bahannya sebagai berikut:

  • 5 sdm minyak goreng 
  • 2 sdt air jeruk limau
  • 3 sdt garam
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula merah sisir
  • 750 ml santan
  • ½ butir kelapa
  • 1 ekor ayam kampung (belah tengah tidak sampai putus dan tekan-tekan untuk melebarkan bentuknya)

2. Bahan untuk Bumbu Halus

bahan bumbu halus

Adapun, bahan untuk bumbu halusnya terdiri dari:

  • 1 sdt terasi bakar
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 6-7 cabai keriting, bakar
  • 5 buah cabai merah besar, bakar
  • 4-5 siung bawang putih, bakar
  • 10 butir bawang merah, bakar

3. Langkah-Langkah Pembuatan

langkah pembuatan

Setelah semua bahan di atas selesai kamu siapkan, silakan ikuti langkah-langkah membuat resep ayam bakar taliwang berikut ini:

  • Cuci bersih ayam yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.
  • Kemudian, simpan ke dalam wadah dan lumuri ayam dengan perasan air jeruk limau serta garam.
  • Setelah itu, diamkan sejenak sampai kedua bahan menyerap ke dalam daging ayam.
  • Persiapkan alat bakaran dan silakan bakar ayam sampai setengah matang. Pastikan ketika membakar, bolak-balik dagingnya untuk menghasilkan tingkat kematangan ayam yang merata.
  • Selanjutnya, haluskan semua bahan untuk bumbu halus. Kamu bisa menggunakan blender ataupun alat penumbuk tradisional.
  • Berikutnya, nyalakan kompor dan siapkan alat penggoreng yang sudah kamu beri minyak panas.
  • Panaskan minyak terlebih dahulu.
  • Kemudian, masukkan bumbu yang sudah kamu haluskan, lalu tumis sampai aromanya keluar. Sisakan bumbu halus sedikit untuk menjadi olesan ayam saat proses pembakaran kedua.
  • Masukkan santan, garam, serta gula merah ke dalam alat penggoreng.
  • Masak semua bumbu hingga mendidih.
  • Setelah itu, masukkan ayam dan masak bersama bumbu dengan api kecil.
  • Tunggulah sampai daging ayam matang sempurna dan bumbunya meresap.
  • Kemudian, angkat ayam dan bakar lagi dengan olesan bumbu yang kamu sisakan tadi sampai harum dan matang.
  • Angkat dan sajikan.
Baca Juga:  Resep Ketan Susu Simpel dan Mudah, Dijamin Enak!

Yuk, Segera Buat Resep Ayam Bakar Taliwang!

Setelah kamu membaca penjelasan tentang tips memilih daging beserta resep ayam bakar taliwang, kamu bisa segera meluangkan waktu untuk mencoba memasaknya.

Kamu pasti akan ketagihan dengan cita rasa masakan khas Indonesia ini.

Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.