Resep Mac n Cheese Tanpa Oven Mudah, Cocok untuk Usaha!

4 min read

resep mac n cheese tanpa oven

Bagaimana membuat resep mac n cheese tanpa oven yang mudah?

Selain simpel, makanan ini dinilai memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Terlebih lagi rasanya yang enak dan gurih, membuat anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukainya. Inilah yang membuat bisnis kuliner mac n cheese memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Sekilas Tentang Mac n Cheese

Mac n cheese adalah hidangan pasta dan saus keju, secara tradisional menggunakan makaroni dan cheddar, dipanggang dalam casserole atau terkadang dimasak di atas kompor. Ini merupakan salah satu menu makanan dari Amerika Serikat yang digemari banyak orang.

Bagaimana tidak? Teksturnya yang creamy dan rasanya yang gurih membuat makanan ini seolah-olah melting di mulut saat suapan pertama. Karena ketenarannya, warga Amerika menyelenggarakan perayaan Hari Mac n Cheese setiap tanggal 14 Juni. 

Di Indonesia, mac n cheese biasanya tersedia di restoran atau hotel. Namun, karena peminatnya semakin banyak, makanan ini bisa dibuat sendiri di rumah dan bahkan bisa jadi ide usaha. 

Cara memasaknya cukup simpel, bahkan tak harus memakai oven. Mau tahu bagaimana resep mac n cheese tanpa oven? Yuk, simak di poin berikutnya!

Resep Mac n Cheese Tanpa Oven

Berikut ini resep mac n cheese yang creamy dan patut untuk kamu coba sebagai ide usaha. Resep ini hanya membutuhkan waktu memasak beberapa menit, mudah dikreasikan, punya tekstur lembut, terasa hangat, dan pastinya lezat.

1. Menyiapkan Bahan untuk Membuat Resep Mac n Cheese Tanpa Oven 

Mau tahu rahasia membuat saus keju super creamy untuk mac n cheese yang pasti banyak disukai pelanggan? Kuncinya terletak pada krimnya yang kental dan tentu saja menggunakan keju yang berkualitas. 

Baca Juga:  Cara Membuat Rendang Daging Enak dan Mudah

Untuk membuat mac n cheese ini, kamu memerlukan bahan-bahan seperti: 

    • 150 gram macaroni pasta
    • 3 sdm mentega tawar
    • 2 sdm tepung terigu serbaguna
    • 1 sdt garam dan merica bubuk
    • 200 ml susu cair
    • 2 siung bawang putih
    • 1 sdt kaldu jamur
    • ½ siung bawang bombai cincang
    • 150 gram keju cheddar parut
  • 60 gram keju mozarella parut atau keju quickmelt
  • 2 sdm keju bubuk

2. Rebus Macaroni Hingga Matang

Langkah pertama dalam membuat mac n cheese adalah merebus bahan utamanya yaitu macaroni pasta mentah. Beri 1 ½ sdt garam lalu aduk-aduk hingga merata. Yang tak kalah penting, jangan lupa beri 1 sdm minyak. Tujuannya adalah supaya macaroni tidak saling menempel satu sama lain saat direbus.

Rebus selama kurang lebih 10 menit sambil sesekali diaduk sebentar. Jika sudah, angkat lalu tiriskan macaroni pasta yang sudah matang.

3. Tumis Bumbu Mac n Cheese

Sembari menunggu macaroni pasta agak dingin, kamu bisa mulai menyiapkan bumbu-bumbunya. Pertama, ambil bawang putih dan bawang bombai yang tadi sudah disiapkan, lalu cincang kasar. Setelah itu, siapkan wajan anti lengket dan lelehkan 3 sdm mentega atau butter.

Masukkan bawang putih dan bawang bombai cincang, lalu tumis hingga aromanya keluar. Jangan lupa aduk-aduk rata gunakan api sedang cenderung kecil supaya tidak cepat gosong.

4. Membuat Saus untuk Resep Mac n Cheese Tanpa Oven

Jika bumbu sudah harum dan matang, langkah selanjutnya adalah membuat saus mac n cheese. Yang perlu kamu lakukan adalah, menambahkan 200 ml susu cair ke dalam tumisan tadi sambil di aduk-aduk. Kamu juga bisa menambahkan 2 sdm tepung terigu lalu aduk hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan.

Tujuannya adalah supaya saus mac n cheese jadi lebih kental dan creamy. Supaya makin lezat, jangan lupa masukkan 150 gram keju cheddar parut dan aduk kembali hingga merata. Selanjutnya, masukkan bumbu-bumbu seperti garam, kaldu jamur, dan merica bubuk agar makin kaya rasa. 

Agar warnanya makin cantik dan menarik, kamu juga bisa menambahkan 2 sdm keju bubuk. Aduk semua bahan tersebut hingga larut dan mengental.

5. Campurkan Macaroni dan Saus Keju

Selanjutnya, kecilkan lagi api kompor lalu masukkan macaroni pasta dengan saus keju ke dalam panci. Aduk-aduk kembali sampai semua macaroni terbalut saus.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Kimchi Korea yang Enak dan Anti Gagal

6. Sajikan Mac n Cheese

Terakhir, kamu tinggal sajikan mac n cheese ke dalam piring saji, mangkuk, atau kemasan aluminium tray agar bisa dibawa pulang oleh pelanggan. Supaya makin sedap dan wangi, kamu bisa menambahkan taburan parsley di atas mac n cheese sebelum menyajikannya. 

Tips Membuat Resep Mac n Cheese Tanpa Oven

Berdasarkan resep mac n cheese tanpa oven di atas, cara membuatnya cukup simpel, bukan?

Namun, jika kamu ingin kualitas rasanya lebih maksimal, ada beberapa tips yang perlu kamu tahu.

Berikut ulasannya.

1. Penggunaan Jenis Keju

Sebaiknya kamu menggunakan campuran cheddar parut dan mozarella saat membuat mac n cheese tanpa oven. Itu karena perpaduan kedua keju ini membuat teksturnya lebih creamy dan melting. Tetapi, jika kamu punya keju lain seperti velveeta atau parmesan, kamu bisa juga kok menambahkannya supaya rasanya makin sedap.

2. Seasoning untuk Membuat Resep Mac n Cheese Tanpa Oven

Agar mac n cheese makin gurih dan kaya rasa, kamu bisa menambahkan sedikit paprika atau pala bubuk. Sebagai pengganti bawang putih dan merica cincang, kamu bisa juga menggunakan versi bubuk agar rasanya lebih menyatu.

3. Jenis Susu yang Digunakan

Jenis susu apa pun bisa digunakan untuk membuat resep mac n cheese tanpa oven. Ingatlah bahwa semakin tinggi kandungan lemaknya, maka mac n cheese yang kamu buat akan semakin creamy

Namun, di antara semua jenis susu, akan lebih recommended jika menggunakan susu evaporasi karena membuat tekstur saus kejunya jadi sangat smooth dan membantu keju untuk meleleh sempurna di dalamnya. Jika Anda menggunakan susu non-dairy milk, periksa kembali apakah susu tersebut mengandung pemanis tambahan atau tidak. 

Variasi Bahan untuk Resep Mac n Cheese Tanpa Oven

Ingin membuat variasi menu untuk bisnis mac n cheese kamu? Kamu bisa menambahkan beberapa bahan sesuai selera. Berikut ini beberapa variasi yang bisa kamu coba:

1. Mac N Cheese Gluten-Free

Pertama, kamu bisa gunakan macaroni pasta bebas gluten yang terbuat dari tepung singkong. Ini bisa jadi variasi menu mac n cheese untuk konsumen dengan kebutuhan diet dan makanan praktis yang sehat serta kaya serat. 

Baca Juga:  Deretan Menu Sehat Tanpa Minyak, Cocok untuk Katering!

2. Tambahkan Topping

Resep mac n cheese tanpa oven juga bisa kamu kreasikan dengan menambahkan berbagai varian topping. Mulai dari beef bacon, sosis, jagung, crushed cheetos, suwiran ayam, breadcrumb, suwiran daging ikan, dan masih banyak lagi. Untuk varian pedas, kamu bisa menambahkan cabe bubuk atau bumbu balado. Selain itu, sayuran juga dapat digunakan menjadi topping yang lebih sehat. Jenis sayuran yang umum digunakan adalah kacang polong, brokoli, wortel, bayam, dan seledri.

3. Kombinasi Berbagai Jenis Keju

Untuk membuat hidangan mac n cheese semakin mantap, kamu bisa gunakan berbagai variasi keju dengan mematok harga yang berbeda sesuai dengan kualitas kejunya. Misalnya, kamu bisa meningkatkan harga jual menu mac n cheese dengan tambahan keju mozarella

Ada juga kombinasi keju cheddar parut, velveeta, dan keju parmesan menjadikan hidangan mac dan cheese kamu jadi lebih creamy dan cheesy. Untuk variasi ini, kamu juga bisa meningkatkan harga jualnya lebih tinggi dari mac n cheese dengan keju mozarella.

Tertarik Mencobanya untuk Bisnis?

Demikianlah informasi seputar resep mac n cheese tanpa oven yang lezat, simpel, creamy, dan pastinya cocok untuk ide jualan kuliner kekinian.

Setelah mencoba resepnya dan mendapatkan cita rasa yang pas, kini saatnya kamu mulai lakukan perencanaan dan riset untuk memulai bisnis mac n cheese kamu sendiri.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya tentang resep makanan, resep minuman dan sebagainya hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.