Deretan Menu Sehat Tanpa Minyak, Cocok untuk Katering!

4 min read

menu sehat tanpa minyak

Makanan sehat adalah yang memiliki peranan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Tak hanya soal cita rasa, dalam penyajian makanan, kamu juga perlu pertimbangkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Menu sehat tanpa minyak tentu saja bisa jadi solusi untuk jaga kesehatan tubuh dari berbagai penyakit. 

Selain itu, harga minyak goreng yang kian melambung tinggi tentu menjadi pertimbangan bagi para ibu-ibu saat hendak memasak hidangan bagi keluarga tercinta ataupun untuk usaha katering.

Ini dia deretan menu masakan sehat tanpa minyak yang bisa kamu coba sebagai menu harian kamu sekeluarga!

Menu Masakan Sehat Tanpa Minyak Cocok untuk Katering

Tak hanya lezat disantap, daftar menu sehat tanpa minyak ini juga kaya akan gizi dan segudang kebaikan bagi tubuh. Berikut deretan menu tersebut:

1. Sayur Sup Ayam

Menu sehat tanpa minyak pertama adalah sup ayam dengan bahan utama sayur-sayuran segar seperti wortel, kol, kentang, dan buncis. Menu hidangan yang satu ini bisa menjadi sajian lezat dengan kandungan vitamin serta protein yang tinggi.

Untuk tambahan cita rasa, kamu bisa tambahkan daging ayam sebagai pelengkap. Eits, tapi ingat ya, jangan tambahkan kulit ayam tersebut ke dalam sayur sup ini. Hal itu tentu karena kulit ayam mengandung lemak jenuh yang kurang baik bagi tubuh. Untuk cara penyajiannya ikuti langkah berikut:

  • Rebus air dan semua campuran bumbu hingga masak.
  • Kemudian, masukkan potongan daging ayam yang telah diiris tipis. 
  • Setelah ayam mulai matang, masukkan wortel, buncis, kol dan sayuran lain.
  • Jika seluruh bahan tersebut mulai matang, masukan seledri dan bawang sebagai toping.
  • Terakhir, tambahkan lada dan garam secukupnya, dan jadilah sayur sup ayam.

2. Tumis Buncis Kecap Tanpa Minyak

Untuk menu sehat tanpa minyak selanjutnya adalah tumis buncis kecap. Menu masakan ini mungkin cukup populer terutama di acara resepsi pernikahan. Biasanya, tumis buncis dimasak dengan menggunakan sedikit tambahan minyak goreng. Namun, berbeda dengan varian tumis buncis ini. 

Kalian hanya perlu mengganti minyak dengan bumbu pelengkap seperti bawang merah, bawang putih, dan juga penyedap rasa agar cita rasa tumis buncis kecap tanpa minyak ini lebih sedap. Berikut cara penyajiannya:

  • Iris buncis dan cabai hijau tipis-tipis.
  • Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan penyedap rasa.
  • Kemudian, rebus buncis dan cabai hijau tersebut dengan sedikit air.
  • Masukan bumbu yang telah dihaluskan.
  • Lalu tumis semua bahan tersebut hingga matang dan jangan lupa balur tumis tersebut dengan kecap secukupnya.
  • Setelah matang, silakan sajikan.
Baca Juga:   4 Macam Resep Saus Steak Kaya Rasa Ala Restoran

3. Tahu Bakso Kuah

Deretan menu sehat tanpa minyak selanjutnya adalah tahu bakso tanpa kuah. Menu ini tak hanya sehat dan non kolesterol, tapi juga sangat memanjakan lidah ketika kamu menyantapnya. Berikut ini cara penyajiannya:

  • Siapkan tahu bakso yang telah kamu beli.
  • Haluskan bumbu penyedap seperti bawang merah, bawang putih, lada, garam, dan micin atau penyedap rasa.
  • Rebus air secukupnya hingga setengah matang.
  • Masukan tahu bakso beserta bumbu yang telah kamu haluskan.
  • Tunggu hingga masak, kemudian sajikan.
  • Untuk variasi rasa, kamu bisa menambahkan cabai yang telah ditumbuk halus dalam rebusan tahu bakso tersebut.

4. Gado-Gado 

Kalau sajian makanan yang satu ini, tentu sudah sangat populer di seluruh Indonesia. Ya, sajian tersebut adalah gado-gado sayur. Makanan yang terdiri dari berbagai jenis sayuran ini tak hanya lezat, tapi juga non kolesterol dan yang pasti kaya akan vitamin dan protein.

Berikut adalah cara pembuatannya

  • Kukus sayuran segar seperti buncis, kangkung, toge, kentang, tempe, dan tahu hingga matang.
  • Kemudian haluskan bumbu yang terdiri dari kacang tanah matang, terasi, cabai, garam, dan sedikit gula. Untuk alternatifnya, kamu bisa membeli bumbu yang telah jadi dalam bentuk kemasan dan biasanya terdapat di pasar.
  • Setelah sayuran tersebut masak, campurkan sayuran serta bumbu dalam sebuah wadah lalu aduk hingga rata.

5. Pepes Kukus Jamur

Rekomendasi menu sehat tanpa minyak selanjutnya adalah pepes kukus jamur. Sajian ini memang jarang orang ketahui, namun kamu tidak perlu khawatir karena rasanya sudah pasti bikin kamu ketagihan. Berikut bahan dan cara pembuatannya:

Bahan-bahan:

  • 250 gram daging ayam, potong tipis-tipis
  • Susu bubuk 2 sendok makan
  •  Air secukupnya
  • Jamur merang sesuai selera, potong tipis-tipis
  • 20 lembar daun kemangi segar
  • Cabai hijau sesuai selera, iris kasar
  • Kemudian 1 batang daun serai, iris halus

Bumbu:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Kunyit sesuai selera
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara penyajian:

  • Larutkan susu dengan air, kemudian campur bersama bumbu lalu aduk rata.
  • Campur semua bahan di atas dan jangan lupa aduk sampai tercampur rata.
  • Kukus selama 30 menit hingga masak, kemudian angkat dan sajikan.
Baca Juga:  Resep Mac n Cheese Tanpa Oven, Super Duper Creamy!

6. Pepes Ikan Bandeng Presto

Kalau sajian yang satu ini, sudah terjamin tingkat kelezatannya dan bakalan bikin lidah kamu goyang. Pepes ikan bandeng presto ini tak hanya lezat dan non kolesterol lho, tapi juga mengandung banyak sekali protein baik yang terkandung dalam daging ikan.

Sajian yang satu ini juga sangat mudah untuk mendapatkan bahan-bahannya. Kalau kamu ingin membuka usaha katering, menu ini bisa jadi salah satu inspirasi makanan sehat dan nikmat kesukaan banyak orang.

Atau, kamu bisa langsung membeli bahan bandeng presto yang sudah jadi, kemudian kamu kukus di rumah dan menjajakannya kepada orang-orang di sekitar pada hari yang sama. Gimana, simpel dan praktis, bukan?

7. Sayur Asem 

Menu sehat tanpa minyak selanjutnya yaitu sayur asem. Sayur yang terdiri dari berbagai jenis sayuran ini juga bisa menjadi sajian bagi orang yang sedang dalam program non kolesterol, diet, tapi masih ingin makanan yang lezat. Cara pembuatan serta bahannya pun sangat mudah untuk kamu dapatkan serta kamu eksekusi.

Berikut cara penyajiannya:

  • Rebus semua bahan sayur asem yang telah kamu beli. Biasanya, di pasar tersedia bahan sayur serta bumbu sayur asem yang telah siap masak. Jadi, kamu hanya perlu mencampurkannya saja saat merebus sayur tersebut.
  • Setelah mencampurnya, kamu tinggal tunggu hingga masak. Dan untuk variasi rasa, kamu bisa tambahkan ulekan cabai.

8. Pepes Tahu

Sajian menu non kolesterol selanjutnya adalah masakan dengan bahan dasar tahu yang ditumbuk halus dengan tambahan irisan cabai serta bawang sebagai penyedap rasa. Berikut cara penyajiannya:

  • Tumbuk halus tahu kemudian tambahkan irisan cabai dan bawang putih, lalu taburkan garam serta micin secukupnya. Tambahan ini bervariasi, tergantung selera kamu.
  • Kemudian bungkus seluruh bahan tersebut pada wadah daun pisang, lalu kukus hingga matang.

9. Sayur Sawi Tahu

Di urutan kesembilan daftar menu masakan sehat tanpa minyak adalah sayur sawi tahu. Perlu kamu tahu bahwa sayur sawi mengandung banyak sekali mineral dan zat besi yang baik untuk tubuh. Selain itu, sayur sawi juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Kemudian, tahu di sini berperan sebagai bahan tambahan agar sayur sawi lebih memiliki variasi rasa. Berikut adalah cara penyajiannya:

  • Iris tipis-tipis sayur sawi serta tahu, bawang putih dan cabai merah.
  • Kemudian, rebus air hingga setengah matang.
  • Lalu, campurkan seluruh bahan yang telah kamu iris tadi dan tambahkan garam serta penyedap rasa secukupnya.
  • Terakhir, aduk hingga rata dan tunggu sampai matang.
Baca Juga:  Bisnis Makanan Online: Ide dan Tips Sukses untuk Pemula

10. Pecel

Sebagai sajian menu sehat tanpa minyak yang terakhir adalah pecel. Makanan ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat luas dari berbagai daerah. Makanan khas Pulau Jawa ini selain lezat, juga mengandung sayuran yang bernutrisi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, pecel juga sangat praktis penyajiannya. Bahkan, kalau kamu tidak mau ribet untuk memasaknya, pecel sangat mudah kamu beli di berbagai daerah di Indonesia. Berikut adalah cara penyajian pecel:

  • Kukus bahan-bahan sayuran yang terdiri dari kangkung, tauge, bayam, kacang panjang, serta kol hingga matang.
  • Sambil menunggu sayuran tersebut matang, kamu bisa menumbuk halus bumbu yang terdiri dari kacang tanah matang, cabai, bawang putih, kencur, gula merah, serai, dan garam.
  • Setelah seluruh bahan dan bumbu siap, kamu tinggal campurkan keduanya dan aduk hingga rata.
  • Kamu bisa menambahkan telur ayam rebus sebagai variasi bahan tambahan agar lebih lezat.

Jadi, Mau Buat Menu Katering Sehat yang Mana?

Itu dia deretan menu sehat tanpa minyak yang bisa menjadi rekomendasi sajian makanan harian atau ide menu usaha katering menyehatkan.

Tentunya, terlepas dari makanan yang sehat, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh dengan cara rutin berolahraga agar tubuh kamu sehat dari luar dan dalam.

Selamat mencoba!


Temukan inspirasi lainnya seputar bisnis makanan, resep makanan dan makanan sehat hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.