Cara Membuat Spaghetti Brulee, Creamy dan Anti Gosong!

3 min read

cara membuat spaghetti brulee

Bagaimana cara membuat Spaghetti Brulee creamy yang anti gosong?

Pecinta kuliner pasti sudah sangat mengenal menu spaghetti brulee yang sempat hits beberapa tahun terakhir.

Rasanya yang rich dengan tekstur creamy menjadi salah satu comfor food tepat untuk dinikmati dalam segala suasana.

Di sini kami akan membagikan resep spaghetti brulee anti gosong dan creamy yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Yuk, simak selengkapnya!

Langkah dan Tips Membuat Spaghetti Brulee yang Creamy

Brulee adalah sebuah cream atau tipe masakan yang berarti “dipanggang”.

Maksudnya, masakan dengan teknik brulee umumnya dipanggang sampai sedikit gosong dengan krim di atasnya.

Spaghetti brulee mulai terkenal semenjak pandemi covid-19. Bagi kamu yang ingin memasaknya di rumah, yuk ikuti langkah mudah dari Youtube.com/Luvita Ho berikut ini:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Cara pertama adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang kamu perlukan. Berikut ini bahan-bahannya:

Bahan Spaghetti

  • Siapkan 1 bungkus spaghetti kering dengan merek yang kamu sukai.

Bahan Saos Bolognese

  • Siapkan daging sapi yang sudah dicincang tipis-tipis sesuai selera, 
  • 1 siung bawang bombai
  • Saus tomat sesuai selera
  • 2 buah tomat yang sudah dipotong kecil
  • Garam, lada, dan oregano kering secukupnya

Bahan Saus Bechamel atau Brulee

  • Siapkan butter
  • tepung terigu secukupnya
  • 100 ml susu cair
  • 1 bungkus keju cheddar
  • 1 bungkus keju mozarella
  • Lada dan pala bubuk secukupnya

2. Masak Spaghetti Terlebih Dahulu

Cara membuat spaghetti brulee selanjutnya adalah dengan memasak pasta terlebih dahulu. Panaskan atau didihkan air terlebih dahulu sebanyak ¾ dari panci milikmu. Masukkan 1 bungkus spaghetti kering ke dalam air tersebut dan tunggu sampai lembek.

Baca Juga:  Resep Ayam Richeese Sederhana Ala Rumahan yang Perlu Kamu Coba

Ingat, jangan mematahkan spaghetti. Lama kelamaan, spaghetti akan lembek dan turun sendiri, jadi tidak perlu mematahkan spaghetti agar bentuk pasta tetap cantik. Selain itu, walaupun nantinya rasa spaghetti dipengaruhi oleh bumbu saos, kamu dapat menambahkan garam secukupnya pada air rebusan spaghetti.

3. Buatlah Saus Brulee

Sambil menunggu spageti melembek, kamu dapat memasak saus brulee pada kompor satunya. Siapkan panci dan lelehkan mentega atau butter. Setelah itu, masukkan tepung terigu dalam kisaran perbandingan 1 : 2 antara mentega dan tepung. Aduk sampai adonan merata.

Setelah mentega menyerap, segera masukkan susu cair dan aduk sampai mengental. Matikan kompor dan diamkan sampai suhu saus brulee sama seperti suhu ruangan.

4. Buatlah Saus Bolognese

Cara membuat spaghetti brulee selanjutnya adalah dengan membuat saus bolognese-nya. 

Caranya, siapkan panci dan tumis daging dengan sedikit minyak sampai kamu mencium wangi harum. Setelah itu, tumis bawang bombai dengan gerakan cepat agar bawang tidak gosong.

Ketika sudah merasakan masakan telah tercampur, masukkan tomat yang sudah dipotong-potong kecil sebelumnya dan aduk rata. Masukkan pula 1 kaleng saus atau puree tomat ke dalam panci dan aduk sampai mengental.

Kamu dapat menuangkan air sedikit demi sedikit jika merasa saus bolognese milikmu terlalu kering. Terakhir, tambahkan garam, lada, dan oregano ke dalam saus agar rasa dan aroma bolognese lebih merebak. Jika kamu ingin, kamu juga dapat menambahkan daun rosemary ke dalam panci.

5. Campur Spaghetti dengan Saus Bolognese

Jika rebusan spaghetti sebelumnya sudah melembek dan sudah mencapai konsistensi yang kamu sukai, tiriskan air pada spaghetti dan masukkan pasta tersebut ke dalam saus bolognese-nya.

Aduk rata spaghetti dalam saus bolognese agar saus menyerap secara sempurna ke dalam pastanya. Untuk menghindari masakan yang terlalu kering saat selesai dipanggang, kamu dapat menjaga konsistensi spaghetti dan saus dengan menambahkan air sedikit demi sedikit agar spaghetti tetap lembab.

6. Masukkan Masakan ke Loyang

Cara membuat spaghetti brulee selanjutnya adalah siapkan loyang kaca yang tahan panas. Masukkan masakan spaghetti yang sudah dicampur dengan saus bolognese ke dalam loyang kaca tersebut. Ratakan sampai spaghetti menyebar ke semua sudut loyang.

Baca Juga:  Resep Bubur Ayam Sederhana, Enak dan Cocok untuk Usaha!

7. Tuang Saus Brulee atau Bechamel, Lalu Panggang

Nah, untuk membedakan spaghetti brulee dengan spaghetti bolognese biasa, kamu harus meletakkan saus keju brulee di atas spaghetti yang akan kamu panggang. Letakkan juga keju cheddar dan keju mozarella di atas saus brulee agar lebih nikmat.

Setelah itu, masukkan spaghetti ini ke dalam oven yang sudah kamu panaskan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kondisi matang secara tidak merata. Panaskan oven di suhu 90 derajat selama beberapa menit sebelum memasukkan spageti brulee ke dalam oven.

Setelah itu, naikkan suhu panggangan menjadi 180 derajat celcius dan masukkan spaghetti selama 20 menit. Pastikan keju atau saus brulee yang ada di atas spageti berubah warna menjadi kecokelatan sebelum mengeluarkan spageti.

Jika kamu merasa spaghetti telah matang sesuai dengan yang kamu inginkan namun saus brulee di atasnya masih belum berubah warna menjadi kecokelatan, kamu dapat menggunakan torch atau mancis panggang dan membakar keju secara manual.

Cara Membuat Spaghetti Brulee Tanpa Oven

Nah, untuk kamu yang tidak memiliki oven namun tetap ingin memasak spaghetti brulee ini, kamu dapat melakukannya dengan 3 cara berikut ini.

1. Menggunakan Teflon

Pakailah teflon yang ada. Usahakan bawah teflon datar dan tidak cembung agar bentuk spaghetti brulee milikmu tetap cantik seperti dimasak dalam oven. Masukkan adonan spaghetti brulee yang sudah selesai ke dalam teflon, lalu tutup teflon tersebut sehingga api kompor dapat memasak spaghetti secara merata.

Kecilkan api kompor sampai level paling minimal dan masak selama 40 menit tanpa membuka tutup oven. Namun kekurangan memasak spaghetti brulee dalam teflon adalah hasil masakannya jadi kurang creamy.

2. Menggunakan Kukusan

Cara kedua untuk membuat spaghetti brulee tanpa oven adalah dengan menggunakan kukusan. Tentunya, kamu harus memiliki alat kukusan terlebih dahulu. Tidak seperti spaghetti brulee versi teflon, menggunakan kukusan akan tetap membuat spaghetti creamy dan tidak keras layaknya kue.

Masukkan spaghetti brulee yang sudah jadi ke dalam loyang kaca anti panas lalu siapkan kukusan. Masukkan air ke bawah kukusan dan letakkan loyang kaca di atas penyekat air. Masak selama 40 menit sampai saus brulee yang ada di atas spaghetti mengeras.

Baca Juga:  Olahan Telur Asin Kekinian, Cocok untuk Menu Rice Bowl dan Camilan!

3. Memakai Rice Cooker

Terakhir, cara membuat spageti brulee selanjutnya dapat kamu lakukan dengan menggunakan rice cooker. Tentunya hal ini akan sangat cocok untuk kamu para anak kos yang tetap ingin memasak spaghetti ini. Caranya, masukkan masakan spaghetti brulee ke dalam rice cooker dan tutup rapat.

Atur mode rice cooker ke dalam mode cooking dan tunggu sampai 30 menit. Namun, jangan membuka tutup sampai lebih dari 10 menit setelah rice cooker menghentikan mode cooking-nya. Hal ini dilakukan untuk memastikan spaghetti memiliki brulee yang berwarna kecokelatan tanpa harus menggosongkan spaghetti yang di bawahnya.

Siap Coba Buat Spaghetti Creamy Anti Gosong Sendiri?

Itulah langkah-langkah dan cara membuat spaghetti brulee tanpa oven yang dapat kamu lakukan. Tentunya, makanan ini termasuk simple dan gampang dibuat.

Selain untuk menemani di meja makan, spaghetti brulee juga telah banyak orang-orang jadikan sebagai ide bisnis kuliner kekinian. 

Kira-kira, apakah kamu juga tertarik menjual makanan enak ini?


Temukan inspirasi lainnya seputar resep makanan, resep minuman dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id

GRATIS, DAPATKAN ARTIKEL TERBAIK UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIANMU.
DAFTAR SEKARANG!
Ingin tahu lebih lanjut, KoinWorks NEO mau kenalan sama kamu lebih dekat.