10 Menu Makanan Wajib Saat Lebaran yang Mudah Dicoba

5 min read

menu makanan wajib saat lebaran

Saat lebaran, kamu tentu merencanakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar. Namun, selain berkumpul bersama dengan keluarga kamu juga dapat menghadirkan makanan wajib saat momen lebaran loh! Tak perlu khawatir tentang variasi menu, karena artikel ini akan mengulas 15 hidangan yang dapat kamu jadikan inspirasi.

Berbincang mengenai hidangan wajib ketika hari raya sebenarnya berdasar pada lokasi dan juga selera. Hal ini karena Indonesia memiliki wilayah yang beragam, sehingga menyebabkan banyaknya variasi makanan wajib saat lebaran. Namun apapun itu, kamu dapat mencatat menu berikut sebagai inspirasi dan sesuaikan dengan selera masing-masing ya!


10 Menu Makanan Wajib Saat Lebaran

Selain ketupat, nyatanya banyak variasi makanan yang dapat kamu hidangkan saat hari raya lebaran. Beragamnya variasi ini semakin mempermudah kamu dalam menyajikan hidangan. Selain itu, momen lebaran terasa lebih hangat saat makanan wajib saat lebaran turut hadir. Maka dari itu, simak daftar menu masakan saat lebaran yang mudah dicoba berikut ini:

1. Gulai Daging Adalah Menu Makanan Wajib Saat Lebaran

gulai daging
source: pinterest

Gulai  merupakan salah satu kuliner yang tak boleh dilewatkan dalam daftar ini. Walaupun jenis gulai yang populer dihidangkan saat lebaran adalah Gulai Daging, tetapi kamu dapat membuat jenis lain sesuai dengan selera. Selain menggunakan daging sapi, gulai dapat berisi ayam, bebek, kambing, jeroan, dan bahan lain seperti tahu atau nangka. Hal tersebut kembali lagi menyesuaikan selera.

Namun karena yang paling populer dihidangkan adalah gulai daging, maka dalam artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai jenis sajian daging sapi. Memasak hidangan gulai daging sapi membutuhkan bahan yang bisa kamu temui di dapur. Bahan tersebut yakni daging sapi, daun jeruk, lengkuas, gula merah, santan, daun kari, serai, garam, dan bumbu halus untuk penyedap.

Setelah bahan tersedia, maka kamu dapat mulai memasak gulai dengan cara menumis bumbu halus hingga wangi. Kemudian saat bumbu telah siap maka kamu dapat memasukkan daging dan bumbu selain santan kedalamnya. Membutuhkan waktu sekitar 12 menit agar bumbu meresap, kemudian tuang air kedalam dan tunggu hingga tekstur daging menjadi empuk. Langkah terakhir setelah memastikan daging sapi menjadi empuk adalah memasukkan air santan setelah itu kamu dapat mengaduk masakan hingga mendidih.

2. Rendang Daging

rendang daging
source: cookpad

Daftar kedua dalam makanan wajib saat hari raya lebaran adalah kuliner yang berasal dari kota Padang. Apalagi kalau bukan rendang! Selain berasal dari kota Padang, kuliner ini bahkan masuk dalam jajaran makanan paling enak di seluruh dunia.

Baca Juga:  Rekomendasi Bisnis Makanan Sehat untuk Anak Sekolah

Hidangan ini memiliki isian daging sapi dan dapat kamu variasikan dengan kentang, selain itu rendang juga merupakan makanan yang mengandung santan. Rendang memiliki dua jenis bumbu untuk pembuatannya. Kedua bumbu tersebut adalah jenis bumbu halus dan bumbu tidak halus.

Bumbu halus terdiri dari jahe, bawang putih, lengkuas garam, jinten, pala, kemiri, cabe merah dan kunyit. Sedangkan bumbu yang tidak halus adalah bawang merah, asam kandis, daun jeruk purut, daun serai, daun kunyit, dan daun salam.

Langkah memasak hidangan ini butuh waktu yang sedikit lebih lama daripada dengan yang lain. Hal ini karena perlu beberapa waktu untuk mengaduk masakan. Pertama-tama, masukkan santan dan bumbu halus terlebih dahulu kemudian aduk. Setelah beberapa saat maka kamu dapat memasukkan bumbu yang tidak halus. 

Ketika campuran santan dan bumbu telah cukup maka kamu dapat memasukkan irisan daging sapi. Hal yang perlu kamu perhatikan dalam mengaduk dan memasak rendang adalah gunakan api yang tidak terlalu besar. Setelah daging sapi masuk kedalam campuran santan maka kamu dapat mengaduknya dengan rata sampai santan tersebut terasa mengental dan mengeluarkan minyak.

3. Ketupat

ketupat
source: pinterest

Ketupat merupakan makanan wajib saat lebaran. Kamu tak boleh melewatkan hidangan yang terbuat dari beras ini. Pada beberapa wilayah, ketupat juga memiliki nama lain yakni kupat yang disajikan sebagai pengganti nasi. Kamu dapat membuat ketupat dengan mudah loh, bagaimana caranya?

Pada dasarnya, ketupat dan nasi memiliki bahan utama yang sama namun yang membedakan adalah bungkusnya. Jika nasi biasanya dimasak dalam rice cooker, maka ketupat adalah masukkan beras kedalam wadah seperti bungkus daun atau plastik. Setelah itu, ketupat dapat dimasak hingga matang dan kemudian dapat disajikan.

Membuat ketupat yang merupakan salah satu dalam daftar menu makanan saat lebaran ini dapat kamu jadikan sebagai agenda bersama anggota keluarga juga loh. Tetapi jika memang sedang berhalangan dengan aktivitas lain maka kamu dapat membeli ketupat di pedagang yang menjualnya. Harga yang ditawarkan biasanya pada kisaran mulai dari Rp1.500 ya.

4. Opor Ayam

opor ayam
source: cookpad

Daftar selanjutnya dalam menu makanan wajib saat lebaran adalah opor ayam. Hidangan ini cocok bagi kamu atau anggota keluarga yang lebih memilih bahan ayam daripada daging. Selain itu, makanan ini biasanya dikolaborasikan bukan dengan nasi namun dengan ketupat.

Hidangan ini memiliki kuah yang berasal dari sari daging ayam rebus dan menggunakan campuran santan. Selanjutnya, opor ayam merupakan masakan dengan rasa yang kuat karena menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu dalam proses pembuatannya.

Baca Juga:  Bisnis Frozen Food: Tips Agar Sukses dan Laris Manis

5. Kurma Sebagai Buah Wajib Saat Lebaran

kurma sebagai buah wajib saat lebaran
source: pexels

Saat Ramadhan hingga hari raya lebaran, rasanya tidak akan afdol tanpa hadirnya buah kurma. Kamu wajib menghidangkan buah ini saat suasana lebaran. Selain menjadi ciri khas hari raya, buah yang berasal dari Timur Tengah ini memiliki segudang nutrisi yang baik bagi tubuh.

Buah ini memiliki rasa yang manis dan bertekstur saat kamu konsumsi. Kamu dapat memakan buah ini secara langsung dan juga dapat mengolah kurma terlebih dahulu. Ada cara lain untuk menikmati buah ini, yakni menggunakan buah ini juga sebagai bahan campuran susu, selai, atau dessert yang lezat. Kamu dapat menyesuaikan jenis kurma yang tepat berdasarkan olahan hidangan sesuai selera ya.

6. Sop Ayam Pecok

sop ayam pecok
source: pinterest

Dalam daftar makanan saat lebaran selanjutnya adalah sop ayam pecok. Makanan ini memiliki kuah yang gurih dan dapat kamu hidangkan dengan sajian lain seperti telur, tempe, dan jamur. Ciri khas dari sop ini adalah penggunaan daging ayam beserta dengan tulangnya saat memasak. 

Daging ayam beserta tulangnya inilah yang menjadi bintang utama dalam masakan ini. Selain itu, kehadiran bumbu lain seperti jahe, wortel, bawang, merica, daun salam, kayu manis, kaldu, seledri, gula dan garam turut memperkuat cita rasa. 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan untuk memasak hidangan ini adalah merebus daging ayam hingga mencapai tekstur yang pas. Kemudian kamu dapat menumis bumbu hingga harum lalu setelahnya merebus air dan wortel. Ketika wortel telah mendidih maka masukkan ayam dan kayu manis kedalamnya. Setelah beberapa saat maka masukkan bumbu yang lain kedalam rebusan tersebut.

7. Lontong Sayur Makanan Wajib Saat Lebaran Khas Betawi

lontong sayur makanan wajib saat lebaran khas betawi
source: pinterest

Ada pilihan menu makanan saat lebaran selain daging yang dapat kamu coba. Salah satunya adalah kuliner yang berasal dari Betawi yakni lontong sayur. Kuliner ini menjadi makanan wajib saat lebaran karena memiliki sejarah yang menarik untuk diperhatikan. Pada awalnya, makanan ini sebagai simbol harmonisasi antara masyarakat Betawi dan Tionghoa.

Maka dari itu hingga saat ini lontong sayur tetap lestari dan tersedia saat perayaan hari raya lebaran. Sebenarnya apa yang membuat kuliner ini tetap eksis? Tentunya apalagi jika bukan karena perpaduan lontong dan kuah sayur yang lezat. Kamu dapat merasakan legitnya kuah dari lontong sayur tersaji dengan tepat bersama dengan isinya. Perpaduan dari menyantap lontong dan sayur yang segar saja sudah terasa sangat lezat bukan.

8. Lontong Balap

lontong balap
source: pinterest

Bosan dengan hidangan yang hanya menyajikan olahan daging? Tak perlu khawatir, karena dalam daftar ini kamu dapat menemukan hidangan yang tidak mengandung daging seperti yang satu ini. Apalagi kalau bukan lontong balap, kuliner yang berasal dari kota Surabaya dapat menjadi salah satu pilihan makanan saat lebaran. 

Baca Juga:  15 Makanan Khas Sulawesi yang Wajib Sekali Kamu Coba Cicipi!

Kuliner ini memiliki isian lontong beserta dengan kuah segar, bumbu lezat dan sambal kriuk. Kamu tidak salah baca kok, sambal dari lontong balap ini hadir bersama lentho yang terbuat dari kacang tolo. Elemen itulah yang membuat kuliner ini semakin lezat. Selain itu kamu juga dapat menambahkan sate kerang sebagai makanan pendamping saat melahap lontong balap ini ya!

9. Rawon Daging

rawon daging
source: pinterest

Rawon merupakan masakan berkuah yang disajikan dengan daging sapi. Kuliner ini pada awalnya umum ditemukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk tekstur daging yang digunakan dalam rawon merupakan potongan daging seperti dadu atau kecil-kecil. Selain itu, rawon memiliki kuah yang berwarna hitam pekat.

Kuah dalam rawon memiliki warna yang pekat karena bumbu yang digunakan. Dalam proses pembuatannya, rawon menggunakan kluwek untuk kuahnya. Bumbu yang dibutuhkan saat memasak rawon adalah cabai, garam, ketumbar, lengkuas, bawang, kemiri, dan serai. Seluruh bumbu ini digiling halus dan dicampurkan kedalam rebusan daging bersama kluwek.

Namun saat ini, sudah terdapat bumbu instan untuk memasak rawon yang dapat kamu temui di pasar atau supermarket. Bumbu ini praktis karena tidak perlu untuk menggiling terlebih dahulu dan mempersingkat waktu. Saat penyajian, rawon dapat kamu hidangkan bersamaan dengan tauge, tempe, dan kerupuk udang. Jika kamu suka masakan yang pedas maka dapat menambahkan sambel saat memakannya.

10. Kue Nastar: Makanan Wajib Saat Lebaran

kue nastar makanan wajib saat lebaran
source: Tokopedia

Nastar merupakan makanan ringan yang tergolong dalam kue dan terbuat dari tepung terigu yang biasanya memiliki isi selai nanas. Jika zaman dahulu nastar hanya memiliki nanas sebagai variasi isiannya, namun sekarang sudah lahir variasi rasa nastar. Pilihan rasa tersebut terdiri dari selai coklat, kismis, dan stroberi.

Kue ini masuk kedalam jajaran makanan wajib saat lebaran karena memiliki citarasa manis dan asam yang seimbang. Maka tidak salah jika kebanyakan umat muslim di Indonesia menyajikan kue nastar di meja sebagai jajanan. Kamu dapat membuat sendiri kue nastar bersama dengan anggota keluarga atau dapat membeli langsung ke toko yang telah kamu pilih.

Mana yang Menjadi Pilihanmu?

Itulah 10 daftar menu makanan yang wajib dihidangkan saat hari raya lebaran. Mulai dari makanan berat yang mengandung daging sapi, ayam, sayur, hingga makanan ringan seperti kue dan buah dapat kamu jadikan pilihan. Keputusan terakhir dapat kamu diskusikan dengan anggota keluarga agar semakin memperhangat momen bersama ya!


Temukan lebih banyak informasi hindangan makanan Indonesia dan bisnis makanan hanya di fnbpreneur.id.